Berita acara adalah salah satu bentuk bukti yang legal, di dalamnya berisi suatu informasi pengesahan atau pernyataan pada suatu acara yang telh dilakukan. Berita acara ini merupakan bukti laporan yang sah dan dijadikan sebagai tanda telah berlangsungnya mengenai suatu kegiatan, acara, transaksi dan kejadian lainnya. Pada saat ini, berita acara telah banyak digunakan oleh instansi pemerintah maupun swasta.
Bagi anda yang baru pertama kali menulis berita acara, mungkin anda akan mengalami kesulitan. Sehingga anda membutuhkan contoh berita acara yang bisa anda jadikan sebagai acuan. Berikut ini contoh berita acara:
Daftar Isi
Definisi Berita Acara
Berita acara adalah catatan atau keterangan yang berisi pengesahan serta pernyataan suatu peristiwa, acara, transaksi jual beli, dan insiden yang dijadikan sebagai bukti legal. Berita acara ini digunakan sebagai bukti yang sah dan legal untuk membuktikan terjadinya suatu peristiwa atau acara. Berikut ini definisi berita acara menurut para ahli:
- Menurut Charles A. Dana
Definisi berita menurut Charles A.Dana adalah laporan yang sengaja dibuat mengenai sesuatu yang bisa menarik perhatian pembaca dan berita yang bisa nilai oleh para pembacanya.
- Menurut Kamus Komunikasi
Berita acara adalah laporan yang dibuat oleh seseorang mengenai peristiwa yang terjadi baru saja dan berhubungan dengan kepentingan umum lalu disiarkan dengan cepat dari media massa seperti majalah, surat kabar, radio, atau media lain. Yang mana informasi tersebut berdasarkan dengan fakta yang ditulis secara rinci.
Cara Membuat Berita Acara
Membuat berita acara hampir sama dengan membuat surat resmi lainnya. Terdapat kaidah atau aturan untuk membuat dokumen ini, seperti penggunaan kata-kata yang baku dan resmi. Selain itu, anda juga dituntut untuk membuat dengan langkah-langkah yang runtut sehingga berita acara bisa tersusun dengan baik dan sistematis. Berikut ini langkah membuat berita acara:
- Pastikan anda mengetahui dan mencatat secara terperinci mengenai pihak-pihak yang terlibat dalam acara atau kegiatan yang diselenggarakan. Seperti nama, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, alamat kantor, nomor telepon dan poin-poin penting yang mendukung kevalidan informasi.
- Anda harus mencatat mengenai latar belakang atau kronologi acara yang diselenggarakan mulai dari hari, tanggal di ikuti bulan dan tahun. Hal ini penting dan wajib dilakukan mengingat bagian ini adalah bagian penting.
- Mencatat tempat pelaksanaan acara atau kegiatan juga penting dilakukan seperti alamat lengkap.
- Usahakan untuk mendapatkan tanda tangan dari pihak-pihak yang turut berkontribusi dalam acara tersebut.
- Anda bisa meminta seseorang untuk menjadi saksi atas pelaksanaan acara atau kegiatan yang dilaksanakan.
- Jika anda membuat berita acara tentang serah terima barang, maka anda harus menuliskan secara detail mengenai hal yang akan diserahterimakan.
Contoh Berita Acara Berdasarkan Jenisnya
Berita acara berdasar jenisnya dibagi menjadi 4 macam, yaitu sebagai berikut:
1. Contoh Berita Acara Serah Terima Barang
Berita acara serah terima barang merupakan suatu dokumen yang sengaja dibuat untuk penyerahan suatu barang dari pihak satu ke pihak lain. Surat ini sengaja dibuat sebagai bukti apabila suatu saat terjadi permasalahan maka akan ada bukti yang kuat untuk membuktikannya. Berikut ini contoh berita acara serah terima barang:
BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama: Nova Siti
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 8 Mei 2004
Alamat: Jl. Kepodang 57, RT 8/9, Kebon Mangga, Jakarta Timur
Pekerjaan: Karyawan Swasta
Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.
Nama: Toni Alhadi
Tempat, Tanggal Lahir: Medan, 8 April 2002
Alamat: Jl. Mera 5, RT 07/06, Kelapa Tinggi, Jakarta Timur
Pekerjaan: Karyawan Swasta
Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.
Pada hari ini Kamis, 04 Oktober 2019, PIHAK PERTAMA telah menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA. Dan PIHAK KEDUA dengan ini menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa:
1 Unit Laptop HP Mini AOT98 Warna Hitam
Demikian berita acara ini dibuat dan disetujui oleh kedua belah pihak. Adapun barang yang sudah diserah terima kan dalam keadaan baik dan selanjutnya menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.
Yang Menyerahkan : Yang Menerima :
PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA
(……………………) (………………….)
2. Contoh Berita Acara Rapat
Berita acara rapat adalah suatu dokumen yang dibuat untuk membuat pernyataan mengenai rapat yang sudah diselenggarakan mulai dari awal rapat hingga berakhirnya rapat. Berikut ini contohnya:
BERITA ACARA DESA KAJAR JAWA TENGAH
PROGRAM PENDAMPINGAN
Sehubungan dengan pelaksanaan rapat rencana perbaikan jalan Desa Kajar yang dilaksanakan pada:
Hari/ Tanggal : Kamis, 04/10/2019
Waktu : 10.00 s/d selesai
Tempat : Balai Desa Kajar Jawa Tengah
Topik yang dibahas pada rapat tersebut disampaikan oleh pimpinan rapat yang sekaligus merangkap sebagai narasumber. Dengan rincian sebagai berikut:
- Topik : Perbaikan Jalan Desa Kajar
- Kepengurusan Rapat: Pimpinan Rapat : Bp. Rubiyono
Notulis/sekretaris : Ibu Endang
Nara Sumber : Bp. Maryanto dari Dinas Pariwisata
Setelah dilaksanakan diskusi materi rapat maka seluruh peserta akan menyepakati keputusan hasil rapat, yaitu sebagai berikut:
- Rute perbaikan jalan dimulai dari tugu batas desa sejauh 10 km
- Rincian bantuan dana dari Dinas Pariwisata dan alokasinya
Demikian berita acara ini dibuat agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Kajar,
Pimpinan Rapat Sekretaris
Rubiyono Endang
3. Contoh Berita Acara Kerusakan Barang
Berita acara kerusakan barang adalah dokumen dibuat guna melaporkan terjadinya kerusakan barang di suatu tempat dan dijadikan sebagai bukti. Berikut ini contohnya:
BERITA ACARA KERUSAKAN KOMPUTER SMP 4 JAKARTA
Nomor: 098/BNK/BA/X/2019
Pada hari ini, Kamis tanggal 04 Oktober 2019 menerangkan bahwa telah terjadi kerusakan komputer di Laboratorium SMP 4 Jakarta, dengan rincian:
Nomor Unit : 090
Nomor Komputer : AOC-76
Merek : Toshiba
Kerusakan : Kabel CPU terputus
Dengan ini dibuat berita acara kerusakan komputer yang telah diperiksa oleh Pihak Tata Usaha.
Demikian berita acara ini dibuat sebagai informasi dan bukti kerusakan.
Jakarta, 14 April 2019
Mengetahui Diperiksa
Elsa Rohani Doni Siahaan
Kepala Tata Usaha Teknisi
4. Contoh Berita Acara Jual Beli
Berita acara jual beli adalah laporan yang dibuat untuk melaporkan proses jual beli barang atau transaksi yang telah dilakukan oleh seseorang. Berikut ini contoh berita acara jual beli:
BERITA ACARA JUAL BELI TANAH
Yang bertanda tangan dibawah ini selaku PIHAK PERTAMA:
Nama : Suhidin
Umur : 54 tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Swadaya 6, RT 10/17, Bekasi
Untuk selanjutnya PIHAK PERTAMA telah menjual sebidang tanah:
Panjang : 45 meter
Lebar : 30 meter
Kepada PIHAK KEDUA:
Nama : Roni Bustamir
Umur : 60 tahun
Pekerjaan : PNS
Alamat : Jl. Kepodang 4, RT 15/09, Bekasi
Untuk selanjutnya PIHAK KEDUA telah membeli dan membayarkan uang sebesar Rp. 98.000.000 (sembilan puluh delapan juta rupiah) kepada PIHAK PERTAMA.
Demikian berita acara dibuat oleh kedua belah pihak dengan pembuktian surat perjanjian jual beli yang disepakati.
Bekasi, 14 September 2019
Pihak Pertama Pihak Kedua
Suhidin Roni
Bustamir
Saksi
Satiman
Jika anda ingin membuat berita acara hendaknya memperhatikan poin penting yang akan disampaikan dan mencatat seluruh detail informasi untuk dijadikan bukti yang kuat.
Baca juga: 6 Contoh Notulen Rapat Terlengkap Untuk Berbagai Kegiatan
Mengingat berita acara memiliki peranan yang sangat penting untuk suatu instansi sebagai bukti yang sah.