5 Contoh Surat Block Style, Definisi, Fungsi Serta Formatnya!

By | 8 April 2019

Surat block style atau dikenal sebagai surat bentuk lurus. Banyak perusahaan/ instansi yang menggunakan bentuk surat ini dalam melakukan bisnis/ kerjasama. Mengapa? Karena surat block style sudah memenuhi kriteria surat menyurat dalam melakukan kerja sama antar perusahaan. Bagaimana sih contoh surat block style? Nah di artikel ini akan membahasnya.

Contoh Surat Block Style

Contoh Surat Block Style

Surat dengan format yang rapi dan lengkap merupakan jenis surat yang digunakan untuk bisnis/ kerja sama seperti block style. Format surat ini terdiri dari penulisan nomor surat, salam pembuka, lampiran dan tembusan. Dalam melakukan penulisannya harus dimulai dari rata kiri/ margin kiri. Penasaran? Berikut informasi mengenai contoh surat block style.

Apa Sih Surat Block Style?

Sebuah surat yang bentuknya lurus, hampir sama dengan jenis surat full block style (surat lurus penuh). Bentuk surat ini banyak digunakan oleh perusahaan/ instansi dalam melakukan sebuah kerja sama dalam bisnis. Mengapa? Karena surat ini mempunyai format yang rapih dan juga padat. Sehingga bisa lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Yang membedakan surat block style dengan full block style yaitu terletak pada format surat. Penempatan tanggal surat, salam penutupan, nama instansi, nama jabatan dan nama terang terletak di kanan atas. Sedangkan dalam format full block style, hal itu terletak di kiri surat. Nah, hal itulah yang membedakan kedua surat tersebut.

Intinya surat block style ini ditujukan oleh sebuah perusahaan ke perusahaan lain dalam rangka melakukan sebuah kerjasama. Kerjasama yang dilakukan tentunya akan menguntungkan kedua perusahaan/ instansi tersebut. Bentuk dari kerjasama tersebut bisa berupa penawaran produk, penawaran jasa, permintaan penawaran produk maupun jasa. Dengan begitu akan mempermudah kedua belah pihak untuk bekerjasama.

Fungsi Surat Block Style

Setelah mengetahui pengertian dari surat block style, pasti banyak yang bingung mengenai fungsinya. Banyak sekali fungsi dari surat block style ini. Surat block style sering digunakan oleh perusahaan atau instansi ketika melakukan kerjasama dalam sebuah bisnis. Mengapa? Karena termasuk ke dalam kategori surat resmi. Berikut fungsi surat block style:

  • Bentuk keseriusan kerjasama. Apabila sebuah perusahaan mengirimkan surat block style kepada rekan/ mitra bisnisnya berarti menandakan sebuah keseriusan. Keseriusan yang dimaksud adalah keseriusan dalam menjalin kerjasama.
  • Bisa digunakan untuk berbagai kerjasama. Surat block style ini mempunyai manfaat yang banyak dalam kerja sama. Bisa digunakan dalam penawaran produk, penawaran jasa, kerjasama serta permintaan penawaran produk dan jasa.
  • Menandakan kerjasama yang resmi. Apabila perusahaan yang melakukan kerjasama melalui surat block style, maka sudah dipastikan bahwa kerjasama ini resmi dan mutlak. Oleh karena itu jangan khawatir apabila terjadi kecurangan dan lain-lain.
  • Bisa dijadikan bukti. Apabila didalam kerjasama terdapat kecurangan, maka surat block style bisa dijadikan bukti. Mengapa? karena di dalam surat ini tentunya berisi kesepakatan serta perjanjian yang sudah ditawarkan.
  • Kerjasama memiliki tujuan yang jelas . Dengan adanya surat block style ini maka akan terlihat jelas maksud dari kerjasama yang dilakukan. Tujuan yang jelas inilah yang akan membentuk kerjasama antar perusahaan.
  • Meminimalisir apabila terjadi kecurangan. Dengan adanya surat block style maka akan membuat kerjasama menjadi baik. Apabila terjadi kecurangan, aka nada bukti melalui surat block style. Mengapa? Karena di dalam surat berisi kesepakatan antar 2 perusahaan yang bekerjasama.
  • Informasi yang diterima kedua belah pihak sama. Artinya adalah meminimalisir kesalahpahaman. Dengan adanya surat block style yang dikirimkan oleh sebuah perusahaan maka membuat kedua perusahaan yang bekerjasama sama-sama mengetahui informasi tersebut.

Format Surat Blok Style

Sebelum mengetahui contoh surat block style, ada baiknya untuk mengetahui format dalam surat tersebut. Format surat ini sangat mudah untuk diikuti. Dengan adanya format surat yang sesuai tentunya akan memudahkan dalam melakukan kerja sama antar perusahaan. Berikut bagian-bagian/ format surat block style yang harus diketahui sebelum mengetahui contoh surat block style:

  • Kop/ Kepala surat
  • Tanggal surat dibuat
  • Nomor surat
  • Ditujukan kepada siapa/ nama instansi/ perusahaan
  • Alamat tujuan perusahaan/ instansi
  • Hal
  • Salam pembuka
  • Pendahuluan
  • Penjelasan isi
  • Penutup
  • Salam penutup
  • Nama instansi/ perusahaan yang mengeluarkan surat
  • Nama yang menandatangani surat
  • Jabatan yang menandatangani surat
  • Lampiran
  • Tembusan

Format di dalam surat block style ini tidak boleh salah dalam penempatannya. Lakukan step per step dengan baik dan runtut, agar bisa membuat surat block style yang baik dan juga rapih. Dengan adanya format surat yang jelas akan memudahkan pembaca/ perusahaan dalam memahami isi dan tujuan dari surat yang dikirimkan.

Contoh Surat Block Style

Setelah mengetahui apa itu surat block style beserta formatnya maka langkah selanjutnya adalah mengetahui contoh dari surat tersebut. Di dalam artikel ini disajikan beberapa contoh surat block style yang bisa ditiru oleh semua orang. Contoh surat block style yang ada di dalam artikel sudah memenuhi format surat yang baik dan benar.

Contoh surat block style dibawah ini terdiri dari beraneka ragam. Dimulai dari surat penawaran produk, permintaan penawaran produk. Selain itu juga terdapat contoh surat penawaran jasa, permintaan penawaran jasa hingga surat kerja sama antar perusahaan. Dengan adanya contoh yang lengkap dan juga pas, tentunya akan mempermudah siapa saja dalam membuatnya.

Contoh Surat Block Style Permintaan Penawaran Produk

Banyak perusahaan yang menggunakan surat block style dalam melakukan kerja sama. Salah satunya permintaan penawaran terhadap sebuah produk. Contoh surat block style dalam permintaan penawaran terhadap sebuah produk sangat diperlukan dalam melakukan kerjasama. Penasaran? Berikut contoh surat block style permintaan penawaran.

PT Sekarang Kaya

Jl. Pantang Mundur No. 05 Telp. (021)763297

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jakarta, 31 Maret 2019

Nomor :098/WW/XIII/31

PT. Oke Sejahtera

Jl. Maju Mundur No. 56

Yogyakarta

Hal:  Permintaan Penawaran Produk

Dengan hormat,

Berkenaan dengan adanya kebutuhan perusahaan kami yang meningkat di bidang peralatan dan mesin kantor di tahun ini. Kami sangat membutuhkan supply dari perusahaan anda. Karena kami mengetahui bahwa perusahaan anda bergerak di bidang peralatan dan mesin kantor yang nomor 1 dan terbaik di Yogyakarta.

Kami mengenal perusahaan anda dari relasi yang pernah bekerjasama dengan perusahaan anda. PT Oke Sejahtera yang kami ketahui, sangat memprioritaskan klien besarnya dalam melakukan kerja sama. Oleh karena itu, kami ingin menjadikan perusahaan anda sebagai mitra bisnis dalam memberikan pemasukan peralatan dan mesin kantor.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami ingin menjadikan perusahaan anda sebagai mitra bisnis kami. Oleh karena itu, kami mengharapkan agar perusahaan anda dengan segera mengirimkan surat penawaran mengenai peralatan dan mesin kantor. Adapun yang kami minta di dalam surat penawaran anda seperti:

  1. Katalog, leflet dan brosur berbagai produk
  2. Jumlah produk yang tersedia
  3. Harga masing-masing produk
  4. Potongan/ diskon yang diberikan
  5. Persyaratan pembayaran
  6. Metode pembayaran
  7. Persyaratan penyerahan barang
  8. Layanan purna jual
  9. Keuntungan menjadi mitra bisnis

Demikian surat permintaan penawaran produk yang kami sampaikan. Kami akan menunggu informasi tersebut sampai tanggal 3 April 2019. Melalui surat ini, kami harap bisa bekerjasama dengan baik.  Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami

PT. Sekarang Kaya

Alvin Manata

Direktur Utama

Lampiran : 1 lembar

Tembusan:

1……….

2……….

Contoh Surat Block Style Penawaran Produk

Banyak perusahaan yang menggunakan surat block style dalam melakukan kerja sama. Salah satunya penawaran terhadap sebuah produk. Contoh surat block style dalam penawaran terhadap sebuah produk sangat diperlukan dalam melakukan kerjasama. Penasaran? Berikut contoh surat block style mengenai penawaran produk.

PT Sekarang Kaya

Jl. Pantang Mundur No. 05 Telp. (021)763297

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jakarta, 31 Maret 2019

Nomor :098/WW/XIII/31

PT. Oke Sejahtera

Jl. Maju Mundur No. 56

Yogyakarta

Hal:  Penawaran Produk

Dengan hormat,

Berdasarkan surat permintaan penawaran produk yang anda kirimkan ke perusahaan kami, bahwa perusahaan anda sedang mencari & membutuhkan peralatan kantor. Dalam rangka menjalin mitra bisnis/ kerja sama dengan perusahaan anda, maka kami akan menawarkan produk yang sedang anda butuhkan dalam menjalankan bisnis. Produk yang kami tawarkan ini merupakan produk terbaik.

Berikut spesifikasi mesin fotokopian yang anda butuhkan untuk kebutuhan perusahaan anda:

  1. Merk: Cannon MF -9274
  2. Warna: Hitam, abu dan putih
  3. Tahun Pembuatan: 2018
  4. Harga: Rp 7.000.000/ unit
  5. Metode Pembayaran: Transfer bank atau cash on delivery (COD)

Ada beberapa keuntungan yang bapak peroleh apabila bekerja sama dengan kami, diantaranya:

  1. Apabila membeli produk diatas 5 unit maka akan mendapatkan potongan harga sebesar 20%
  2. Apabila membeli produk diatas 10 unit, maka pembayaran boleh dicicil sebanyak 5 kali dengan dp 50 %
  3. Pembayaran dapat menggunakan kartu kredit seperti BCA, Mandiri, CMB dsb

Demikian surat penawaran produk yang kami sampaikan Semoga melalui surat ini kita bisa menjadi mitra bisnis yang baik.  Kami akan menunggu konfirmasi anda hingga tanggal 10 April 2019. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami

PT. Sekarang Kaya

Alvin Manata

Direktur Utama

Lampiran : 1 lembar

Tembusan:

1……….

2……….

Contoh Surat Block Style Penawaran Kerjasama

Dalam melakukan kerjasama antar perusahaan harus dilakukan secara resmi loh. Salah satunya dengan menggunakan surat berjenis block style. Mengapa? Agar kerjasama ini terlihat resmi dan benar apa adanya. Hal ini juga tentunya akan membuat mitra bisnis percaya bahwa kerjasama ini mempunyai tujuan yang jelas. Berikut contoh surat block style penawaran kerjasama

PT Sekarang Kaya

Jl. Pantang Mundur No. 05 Telp. (021)763297

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jakarta, 31 Maret 2019

Nomor :098/WW/XIII/31

PT. Oke Sejahtera

Jl. Maju Mundur No. 56

Yogyakarta

Hal:  Penawaran Kerjasama

Dengan hormat,

Kami dari PT. Sekarang Kaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang retail busana dan fashion. Melalui surat ini kami ingin menawarkan kerjasama dengan PT.  Oke Sejahtera untuk menjadi konveksi di retail busana & fashion kami. Kami melihat bahwa PT. OKe Sejahtera mempunyai bisnis konveksi yang berkualitas dan tentunya juara.

Ada beberapa keuntungan yang kami tawarkan kepada perusahaan bapak apabila melakukan kerjasama dengan kami:

  1. Pembagian profit yang adil yaitu 50% untuk setiap tahunnya
  2. Hubungan kerjasama akan terjalin secara terus menerus
  3. Mendatangkan income yang banyak, karena kami memiliki klien besar yang menyukai design busana perusahaan kami.

Demikian surat penawaran kerjasama yang kami tawarkan kepada perusahaan anda. Semoga melalui surat ini kita bisa menjadi mitra bisnis yang baik. Kami akan menunggu konfirmasi anda hingga tanggal 10 April 2019. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami

PT. Sekarang Kaya

Alvin Manata

Direktur Utama

Lampiran : 1 lembar

Tembusan:

1……….

2……….

Contoh Surat Block Style Penawaran Jasa

Selain bisa digunakan dalam penawaran produk, ternyata surat block style juga bisa digunakan untuk penawaran jasa loh. Banyak perusahaan jasa yang menggunakan format block style dalam membuat surat. Selain terlihat rapih, surat block style juga akan memberikan informasi yang jelas dan juga padat. Berikut contoh surat block style untuk penawaran jasa:

Medianal

Jl. Pantang Mundur No. 05 Telp. (021)763297

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jakarta, 31 Maret 2019

Nomor :098/WW/XIII/31

PT. Oke Sejahtera

Jl. Maju Mundur No. 56

Bandung

Hal:  Penawaran Jasa

Dengan hormat,

Medianal merupakan perusahaan yang bergerak dibidang media online dan publikasi. Menangani berbagai permintaan klien baik dibidang periklanan dan sebagainya. Perusahaan kami merupakan perusahaan media online dan publikasi terbaik dan menduduki posisi 10 di dunia publikasi.

Oleh karena itu, kami menawarkan jasa kepada perusahaan anda, agar bisa mempopulerkan sebuah brand atau produk yang anda miliki. Dari pengamatan kami, perusahaan anda memiliki brand yang berkualitas namun kurang dikenal oleh banyak orang. Dengan demikian kami mengajak anda untuk bekerjasama dalam mempopulerkan brand tersebut.

Kami mempunyai pengunjung website medianal sebanyak 20.000-30.000 pengunjung per hari. Mereka melihat website medianal karena tertarik terhadap berita online yang kami sajikan. Oleh karena itu, kami memberikan kesempatan kepada perusahaan anda untuk mengambil kesempatan ini. Adapun space iklan yang kami tawarkan kepada perusahaan anda seperti:

  1. Iklan ukuran 760×80 = Rp 1.000.000/ bulan
  2. Iklan ukuran 600x 60 = Rp 800.000/ bulan
  3. Pop Up Banner = Rp 2.000.000/ bulan
  4. Iklan ukuran 550 x 55 = Rp 600.000/ bulan
  5. Iklan ukuran 350 x 40 = Rp 450.000/ bulan

Demikian surat penawaran kerjasama jasa yang kami sampaikan. Semoga melalui surat ini kita bisa menjadi mitra bisnis yang baik. Kami akan menunggu konfirmasi anda hingga tanggal 10 April 2019. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami

Medianal

Alvin Manata

Direktur Utama

Lampiran : 1 lembar

Tembusan:

1……….

2……….

Contoh Surat Block Style Permintaan Penawaran Jasa

Selain bisa digunakan dalam penawaran produk, ternyata  surat block style juga bisa digunakan untuk melakukan permintaan penawaran jasa loh. Banyak perusahaan jasa yang menggunakan format block style dalam membuat surat. Selain terlihat rapih, surat block style juga memberikan kesan yang serius . Berikut contoh surat block style untuk permintaan penawaran jasa.

PT MAJU SEKARANG

Jl. Pantang Mundur No. 05 Telp. (021)763297

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jakarta, 31 Maret 2019

Nomor :098/WW/XIII/31

Medinal

Jl. Maju Mundur No. 56

Bandung

Hal: Permintaan Penawaran Jasa

Dengan hormat,

Berkenaan dengan launching produk baru kami berupa biscuit untuk anak-anak, kami ingin melakukan pendekatan untuk target market kami. Kami melihat, bahwa Medinal merupakan merupakan media online dan publikasi nomor 1 yang sangat disukai oleh ibu-ibu muda dan orang tua. Dengan adanya hal ini maka kami akan mengajukan permintaan penawaran jasa.

Kami sangat membutuhkan jasa Medinal dalam memberikan space iklan terhadap produk ini. Space iklan yang diberikan kepada kami  akan membuat produk kami dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu kami melihat bahwa Medinal memiliki kekuatan dalam menarik pembaca seperti ibu-ibu. Oleh karena itu kami meminta kepada anda untuk membuat surat penawaran jasa.

Adapun isi dari surat penawaran yang akan anda kirimkan seperti:

  1. Harga space iklan banner untuk setiap ukuran
  2. Harga space iklan pop up banner
  3. Persyaratan pembayaran
  4. Metode pembayaran
  5. Traffic pembaca

Demikian surat permintaan penawaran  jasa yang kami sampaikan. Kami akan menunggu konfirmasi anda hingga tanggal 10 April 2019. Semoga melalui surat ini kita bisa menjadi mitra bisnis yang baik. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami

PT Maju Sekarang

Alvin Manata

Direktur Utama

Lampiran : 1 lembar

Tembusan:

1……….

2……….

Nah itulah informasi mengenai apa itu surat block style, format surat block style serta contoh surat block style. Dengan adanya informasi yang lengkap dan juga jelas, tentunya akan mempermudah siapa saja dalam membuat surat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *