Contoh Surat Full Block Style, Pengertian Serta Bentuknya!

By | 7 April 2019

Surat memiliki banyak jenisnya salah satunya adalah contoh surat full block style. Banyak orang yang mungkin masih kurang tepat dalam menulis surat termasuk menulis surat full block style. Surat adalah salah satu media komunikasi tertulis yang harus disampaikan dengan jelas sesuai aturan pembuatan surat. Agar seseorang yang akan dikirimkan surat mengerti maksud dan tujuannya.

Contoh Surat Full Block Style

Contoh Surat Full Block Style

Bahkan banyak orang yang belum mengetahui jenis-jenis surat dan masih banyak pula orang yang belum memahami apa itu surat full block style. Berikut penjelasan mengenai surat full block style dan bentuk-bentuk surat lain beserta contoh surat full block style yang harus diketahui. Yuk simak penjelasannya!

Pengertian Surat Full Block Style

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan surat full block style itu? Surat full block style adalah surat berbentuk lurus penuh yang format penulisannya menggunakan rata kanan kiri. Sehingga membentuk sebuah surat yang paragrafnya seperti balok yang full dari kiri ke kanan. Tapi tidak berlaku untuk kop suratnya.

Sebab kop surat harus berada tepat di tengah-tengah suratnya. Bentuk suratnya pun sama seperti surat biasa pada umumnya, yang membedakan hanya pada struktur ke penulisan suratnya. Tapi jangan salah surat full block style ini merupakan bentuk penulisan surat yang biasa digunakan banyak orang dalam penulisan surat.

Karena menulis menggunakan bentuk full block lebih mudah dan terlihat lebih rapi. Tidak hanya itu format penulisan surat full block style juga dianggap paling formal daripada format penulisan surat lainnya. Untuk penggunaannya sendiri biasanya digunakan dalam surat pengumuman resmi, lamaran pekerjaan,dan permintaan.

Pengertian Bentuk-Bentuk Surat Lainnya

Selain surat full block style masih ada lagi beberapa bentuk surat lainnya yang perlu diketahui. Ada beberapa bentuk surat yang biasa digunakan dalam penulisan surat sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Nah berikut ada beberapa bentuk surat lainnya:

1. Bentuk Lurus (Block Style)

Salah satu bentuk penulisan surat yang lain adalah bentuk lurus atau block style. Sama seperti full block style hanya saja ada beberapa yang membuat surat ini berbeda dengan surat full block style. Dimana letak perbedaannya ada apa letak penempatan tanggal, nama instansi, nama jabatan, dan salam penutup yang letaknya ada di bagian kanan atas.

2. Bentuk Setengah Lurus

Format penulisan dari bentuk surat setengah lurus hampir sama dengan full block style, tapi ada sedikit sentuhan bentuk penulisan surat lekuk. Hanya perbedaan penulisan isi surat dan tiap alinea baru atau paragraf surat lebih menjorok atau masuk ke dalam. Biasanya bentuk surat setengah lurus ini digunakan oleh perusahaan yang ingin mengirimkan surat kepada pihak atau perusahaan lain.

3. Bentuk Surat Lekuk (Indented Style)

Dalam penulisan surat bentuk lekuk setiap alinea baru nya harus menjorok atau lebih masuk ke dalam. Untuk penulisan pada alamat surat pun bentuk penulisannya tidak sama atau bentuknya harus menyerupai tangga (bergerigi). Penulisan tanggal dan tempat, nama jabatan pengirim surat, serta salam penutup ditulis dibagian kanan.

4. Bentuk Menggantung (Hanging Paragraph)

Bentuk penulisan surat yang selanjutnya adalah bentuk menggantung atau hanging paragraph. Format penulisannya pun sama dengan format penulisan bentuk surat lurus. Tapi ada yang menjadi pembeda dalam penulisannya yaitu, penulisan alinea menggunakan rata kiri namun baris yang selanjutnya lebih masuk ke dalam. Sesuai dengan namanya bentuk dari tubuh suratnya mempunyai format penulisan alinea yang dibentuk seakan menggantung. Pada umumnya bentuk surat menggantung ini digunakan oleh kedinasan tertentu.

6. Bentuk Surat Resmi

Yang terakhir adalah bentuk penulisan surat resmi. Dimana surat resmi ini biasanya digunakan oleh instansi pemerintah dalam menulis surat dinas. Untuk format penulisannya, alamat harus ditulis di bagian sisi kanan surat dan untuk nomor, perihal, dan lampiran ditulis di sisi bagian kiri. Karena bentuk surat ini resmi jadi dalam penulisan harus benar-benar memperhatikan garis tengah supaya penulisan surat resmi lebih rapi.

Contoh Surat Full Block Style

Setelah mengetahui pengertian dari surat full block style dan format penulisannya. Pasti akan muncul pertanyaan bagaimana contoh surat full block style itu. Nah berikut ada c beberapa contoh surat full block style yang bisa di contoh jika ingin menulis sebuah surat. Agar surat yang ditulis lebih rapi dan terstruktur.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Jika ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan pastilah membutuhkan surat lamaran pekerjaan. Jangan lupa buatlah surat lamaran pekerjaan yang rapi dengan menggunakan full block style. Jadi untuk yang berencana melamar pekerjaan dan ingin membuat surat lamaran dengan bentuk surat full block style, berikut contoh surat full block style untuk melamar pekerjaan:

Bandar Lampung, 01 Maret 2019

Yth.
HRD PT BUKIT MAS
JI. Jenderal Sudirman No. 41
Bandar Lampung

Dengan ini, saya ingin mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Ibu/Bapak staff HRD di PT BUKIT MAS. Berdasarkan pada iklan yang tertera di halaman internet, bahwa PT BUKIT MAS membuka lowongan pekerjaan. Maka sebagai bahan pertimbangan saya ingin mengajukan surat lamaran pekerjaan.

Yang bertanda tangan, saya :

Nama                                    : Aji Mahendra

Tempat/Tanggal Lahir     : Bandar Lampung, 15 Maret 1992

Alamat                                  : JL. Cokroaminoto No. 6 Way Halim, Bandar Lampung

Pendidikan Terakhir         : S1 Manajemen Pemasaran

No. HP/Telepon                 : 085278214321

Saya salah satu mahasiswa lulusan dari Universitas Lampung yang mampu menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan bahasa asing (Inggris) dengan fasih. Selain itu saya juga mempunyai keahlian berkomunikasi dengan cukup baik. Sehingga saya yakin saya bisa bekerja sama dengan baik bersama para staff dan karyawan lain di PT BUKIT MAS. Untuk bahan pertimbangan bersamaan dengan surat lamaran ini, maka saya lampirkan :

  1. Curiculum Vitae
  2. Ijazah Terakhir ( Foto copy)
  3. Transkrip Nilai (Foto Copy)
  4. Kartu Tanda Penduduk (Foto Copy)
  5. Pas Photo 3×4 (3 lembar)
  6. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  7. Sertifikat (Foto Copy)

Demikian surat lamaran ini saya buat, sebagaimana untuk memenuhi salah satu syarat agar dapat diterima oleh perusahaan PT BUKIT MAS. Dan besar sekali harapan saya untuk bisa bergabung dan bekerja sama dengan salah satu perusahaan terbesar di Bandar Lampung. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan juga waktu IBU/Bapak HRD.

Hormat Saya,

Aji Mahendra

2. Contoh Surat Permintaan

Salah satu contoh surat full block style selanjutnya adalah surat permintaan. Disini akan membahas surat permintaan penawaran. Sebab surat permintaan penawaran lebih sering menggunakan full block style. Surat permintaan penawaran biasanya dibuat oleh pembeli untuk diserahkan kepada penjual, agar memberikan informasi lengkap. Berikut adalah contoh surat full block style dari surat permintaan penawaran :

PT SUPER MAKMUR

JL. Jenderal Sudirman Blok D No. 8

Panjang Cermin, Lampung Selatan

Telp (0721) 342156

E-mail : [email protected]

Nomor           : 123/SM/II/19

12 Maret 2019

Lampiran      : –

Hal                  : Permintaan Penawaran Harga Mobil

PT JAYA INDONESIA

  1. Raden Pemuka No. 128

Way Dadi, Bandar Lampung

Dengan Hormat,

Kami memperoleh informasi dari surat kabar mingguan Radar Harapan yang diterbitkan pada tanggal 10 Maret 2019, bahwa perusahaan saudara menyediakan berbagai jenis kendaraan roda empat yang memiliki kualitas terbaik dan harga yang sesuai.

Sehubungan dengan hal tersebut maka kami ingin meminta kepada saudara untuk mengirimkan surat penawaran perihal kendaraan roda empat yang saudara sediakan. Sebab kami sedang membutuhkan kendaraan roda empat sebanyak 6 buah mobil box dan 1 buah mobil pribadi (Avanza). Kami meminta kepada saudara agar dapat mengirimkan informasi dan keterangan mengenai hal-hal berikut :

  1. Daftar harga kendaraan roda empat
  2. Syarat pembayaran kendaraan
  3. Potongan harga yang didapat
  4. Sistem pengiriman barang
  5. Sistem Pembayaran
  6. Garansi
  7. Layanan Purna Jual

Apabila harga yang saudara tawarkan sesuai dengan keinginan kami, maka kami akan segera melakukan pemesanan. Agar kami bisa segera melakukan pemesanan maka kami harap saudara dapat segera menjawab surat ini disertai dengan brosur dan katalog kendaraan.

Semoga kita bisa menjalin kerja sama dengan sangat baik. Demikian surat ini kami sampaikan. Terima kasih
Hormat kami,

PT SUPER MAKMUR

Rahmat Wijaya

Pimpinan Perusahaan

3. Contoh Surat Pengumuman Resmi

Contoh surat full block style juga ada pada surat pengumuman resmi. Surat yang berisi tentang pengumuman yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Biasanya surat pengumuman resmi dibuat oleh sebuah instansi pemerintahan atau swasta. Memiliki kekuasaan hukum yang sangat kuat sebab surat pengumuman resmi dibuat lewat prosedur operasional yang memang berlaku di sebuah perusahaan. Berikut contoh surat full block style dari surat pengumuman resmi:

PT ANGKASA BUANA

Ratu Dibalau No. 124 Kedaton, Bandar Lampung

Telp (0721) 128721

No   : 231/ABa/II/2019

10 Maret 2016

Hal : Pengumuman Undangan Terbuka

Seluruh Karyawan Kantor PT ANGKASA BUANA

Di tempat,

Dengan Hormat,

Menjelang ulang tahun PT ANGKASA BUANA cabang Bandar Lampung yang ke-16 tahun pada tanggal 30 Maret 2016. Sebagai selaku dewan direksi perusahaan cabang Bandar Lampung bermaksud mengundang seluruh karyawan PT ANGKASA BUANA. Kami ingin mengadakan pengajian dan syukuran yang akan diadakan di auditorium PT ANGKASA BUANA. Tidak hanya itu kami juga bermaksud mengadakan acara amal pada salah satu panti asuhan di dekat kantor cabang Bandar Lampung. Untuk seluruh karyawan wajib menggunakan pakaian yang rapi seperti, busana muslim untuk karyawan yang beragama Islam. Dan karyawan yang beragama lain menggunakan pakaian rapi yang sopan.

Demikian surat pengumuman ini kami buat, besar harapan kami agar seluruh karyawan dapat hadir pada tanggal dan hari yang sudah ditentukan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Muhammad Iqbal

direktur utama

4. Contoh Surat Kerjasama

Biasanya surat ini dibuat oleh salah satu pihak perusahaan yang ingin mengajak kerja sama. Kemudian surat tersebut dikirimkan kepada pihak yang akan diajak bekerja sama dan menunggu jawaban dari pihak tersebut. Jika ingin melakukan kerja sama haruslah membuat surat agar terlihat lebih resmi dan lebih sopan. Serta bisa dijadikan bukti kerja sama yang lebih akurat lagi. Berikut contoh surat full block style pada penulisan surat kerja sama.

PT SUMBER JAYA

  1. Lentera Kehidupan No. 54 Cengkareng, Jakarta Barat

Telp. (546) 333213

Nomor        : 021/SJ/III/2019

PT MAKMUR JAYA

  1. Melati No. 31 Cilincing, Jakarta Utara

Lampiran    : 1 (satu) lembar

Hal    :   Kerjasama Mitra

Dengan hormat,

Kami selaku direktur utama dari PT SUMBER JAYA ingin mengajak pihak dari PT MAKMUR JAYA untuk menjalin kerjasama dan menjadi mitra dari bisnis kami terkait dalam bidang periklanan. Semakin tinggi tingkat permintaan para klien untuk menggunakan periklanan kendaraan roda empat (mobil) pada jasa perusahaan kami.

Tentu hal ini dapat menjadi prospek yang sangat menguntungkan. Hal tersebut yang membuat kami hendak mengajak PT MAKMUR JAYA sebagai mitra bisnis kami yang menyediakan mobil rental untuk memenuhi permintaan serta kebutuhan klien.

Kami membutuhkan mobil rental sekitar 100 unit yang akan diiklankan pada klien kami. Dan untuk pembagian hasil dari keuntungan yang didapat dan hal terika yang lainnya, akan dibicarakan lagi secara intens saat pertemuan selanjutnya.

Demikian surat ini kami sampaikan agar bisa disetujui oleh pihak PT MAKMUR JAYA. Semoga kita dapat menjalin kerja sama yang dapat memberikan keuntungan di antara kedua belah pihak. Untuk bahan pertimbangan kami telah melampirkan persentase dari keuntungan yang akan didapat jika PT MAKMUR JAYA sedia untuk bergabung dan menjadi mitra bisnis kami.

Terima kasih.

Hormat kami,

PT SUMBER JAYA

Hermawan Kusumo

Direktur Utama

5. Contoh Surat Undangan Rapat

Jika ingin mengadakan rapat haruslah membuat surat undangan yang akan digunakan untuk mengundang pihak-pihak yang akan diajak rapat. Membuat surat undangan rapat bisa menggunakan bentuk contoh surat full block style seperti dibawah ini:

Bandung, 16 Maret 2019

Nomor       : 321/JM-Du/III/19

Lampiran  : –

Hal             : Undangan Rapat

Kepada

Yth. Seluruh Kepala Kantor Cabang

PT JAYA MAKMUR

Di tempat

Dengan hormat,

Kami mendapat informasi dari kepala kantor pusat, bahwa ada beberapa kantor cabang yang menerima komplain. Komplain yang datang adalah atas proyek yang telah dilakukan pada tahun 2018. Oleh karena itu, dengan melalui surat undangan ini kami bermaksud mengundang seluruh kepala kantor cabang agar dapat hadir memenuhi undangan rapat. Acara rapat seluruh kepala cabang akan dilakukan pada:

Hari/Tanggal    : 28 Maret 2019

Pukul                  : 08.00 s/d selesai

Tempat               : Meeting Room Kantor Pusat Jaya Makmur

Agenda                : Rapat Evaluasi Proyek 2018

Demikian surat ini kami sampaikan. Kehadiran Saudara/Saudari pada rapat ini sangat kami harapkan. Atas waktunya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Nurdin Pratama

Pimpinan Perusahaan

6. Contoh Surat Pesanan Barang

Dalam memesan barang dengan jumlah banyak juga bisa membuat surat pesanan barang yang dibuat oleh calon pembeli yang akan disampaikan kepada penjual. Berikut contoh surat full block style dari surat pesanan barang:

CV HARUM SEKAR

JL. Bondowoso Dalam No. 33 Kedaton, Bandar Lampung

Telp. (0721) 432765

E-mail: [email protected]

18 Maret 2019

No. Surat            : 005/HS/II/2019

Lampiran           : –

Hal                      : Pemesanan Barang

Yth. Direktur PT BUMI ASRI

JL. Wolter Monginsidi No. 24 Teluk Betung, Bandar Lampung

Telp. (0721) 765123

Dengan hormat,

Melalui surat penawaran No. 321/BM/II/2019 yang telah dikirimkan pada tanggal 14 Maret 2019, perihal penawaran alat-alat komputer. Kami selaku pihak perusahaan memutuskan untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Saudara dengan melakukan pemesanan beberapa pcs barang di bawah ini:

Nama Barang                            Jumlah                   Harga Satuan                  Total Harga

1. Komputer                               8 pcs                      5.000.000,-                     Rp 40.000.000,-

2. CPU                                         8 pcs                      2.500.000,-                     Rp 20.000.000,-

3. Printer Epson                        6 pcs                      1.200.000,-                      Rp   7.200.000,-

Demikian surat pemesanan barang ini kami beritahukan, kami berharap pesanan barang dikirim setelah 2 hari pengiriman surat ini sampai. Harapan kami semoga barang yang dikirim bisa sampai dengan tepat waktu dan dikemas dengan rapi. Untuk masalah pembayaran akan segera kami transfer.

Terima Kasih.

Hormat kami,

Zainal

Kepala Bagian Pemesanan

Nah itulah yang dimaksud dengan surat full block style dan bentuk-bentuk surat lainnya yang harus diketahui sebelum menulis surat. Dari beberapa bentuk surat diatas, ada juga beberapa contoh surat full block style yang bisa dijadikan referensi dalam penulisan surat.

Jika ingin membuat surat yang menarik, terlihat rapi dan sopan, maka harus memahami bentuk-bentuk surat dan struktur penulisannya. Agar pihak yang akan dikirimkan surat merasa lebih dihargai dan terhormat. Penulisan surat yang rapi juga bisa menarik pihak lain untuk menerima dan menyetujui maksud yang disampaikan dalam surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *