Contoh Surat Izin Kerja Yang Benar dan Cara Membuatnya

By | 23 Januari 2020
Loading...

Contoh Surat Izin Kerja – Surat izin adalah surat yang dibuat seseorang ataupun sebuah instansi tertentu yang bertujuan untuk meminta izin kepada sesorang ataupun instansi tertentu. Surat izin dapat digunakan untuk berbagai kerperluan, salah satunya bisa digunakan untuk melakukan izin kerja.

Surat izin kerja merupakan surat izin yang dibuat pekerja atau karyawan apabila tidak bisa melaksanakan kewajibannya sebagai seorang karyawan atau pegawai didalam sebuah instansi atau perusahaan karena ada kepentingan.

Untuk membuat surat  izin kerja bisa dibilang cukup mudah. Pasalnya selain bisa diketik, surat izin kerja juga bisa ditulis tangan. Selain bisa ditulis tangan, ada juga hal lain yang membedakan antara surat izin kerja dengan surat lain pada umumnya.

Adapun hal penting yang ada didalam surat izin kerja sendiri hampir sama dengan surat pada umumnya yaitu terdiri dari beberapa hal penting seperti penerima, salam pembuka dan isi surat izin kerja.

Mungkin untuk lebih jelasnya lagi mengenai hal-hal penting apa saja yang ada didalam surat izin kerja langsung saja simak informasi dibawah ini.

Loading...

Hal Penting Dalam Surat Izin Kerja

Setiap surat tentu memiliki bagian atau hal penting yang harus diperhatikan. Tidak terkecuali untuk surat izin kerja, dimana hal-hal penting yang ada didalam surat izin kerja dapat dilihat dibawah ini.

1. Penerima Surat Izin Kerja

Penerima surat merupakan hal penting yang harus ada didalam surat izin kerja. Karena tanpa adanya penerima surat izin kerja, surat izin kerja yang dibuat tentu tidak akan ada gunanya. Adapun penerima surat izin kerja biasanya adalah orang yang memiliki wewenang untuk memberikan izin kepada kalian.

Biasanya untuk penulisan penerima surat izin diawali dengan kalimat Yang Terhormat atau disingkat Yth. Kemudian dilanjutkan dengan penulisan nama ataupun jabatan penerima surat izin kerja. Contohnya misalkan Yth. Kepala Kantor Sejahtera.

2. Salam Pembuka Surat Izin Kerja

Setelah adanya penerima surat, ada juga hal lain yang harus ada didalam surat izin kerja yaitu salam pembuka. Slam pembuka biasanya diisi dengan ucapan salam ataupun pemberian hormat kepada penerima surat izin kerja, misalnya seperti Assalamualaikum wr wb, Selamat Pagi ataupun Dengan Hortmat.

Loading...
Loading...

3. Isi Surat Izin Kerja

Adapun hal penting yang ada didalam surat izin kerja adalah isi dari surat izin itu sendiri. Dengan adanya isi surat izin kerja maka penerima surat izin kerja akan mengetahui maksud dan tujuan dibuatnya surat izin kerja tersebut.

Biasanya isi surat izin kerja terdiri dari beberapa informasi ataupun hal penting yang wajib ada didalamnya seperti identitas orang yang meminta izin. Informasi mengenai identitas orang yang meminta izin berisi mengenai nama lengkap ataupun jabatannya didalam perusahaan.

Selain itu isi surat izin kerja juga harus memuat tanggal izin. Maksudnya adalah tanggal dimana orang tersebut tidak bisa menjalankan kewajibannya sebagai pegawai atau karyawan sehingga meminta izin kerja.

4. Penutup Surat Izin Kerja

Berhubung sudah ada salam pembuka didalam surat izin kerja, tentu alangkah baiknya jika ada penutup surat izin kerja. Pada bagian penutup surat izin kerja biasanya berisi ucapan salam dan juga ucapan terimakasih.

Setelah kalian sudah mengetahui hal-hal penting apa saja yang harus ada didalam surat izin kerja. Supaya kalian lebih jelas lagi mengenai surat izin kerja, kalian bisa melihat contoh surat izin kerja yang ada dibawah ini.

Loading...

Contoh Surat Izin Kerja

Ada banyak hal ataupun alasan yang membuat seorang pegawai ataupun karyawan memutuskan untuk membuat surat izin kerja.  Salah satu hal atau alasan tersebut adalah dikarenakan adanya keperluan penting seperti keperluan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan, seperti contoh surat izin kerja dibawah ini.

Kepada

Kepala HRD

  1. Bank Maju Makmur

Jln. Terus No.12 Malaka Utara

 

Assalamualikum wr wb

Dengan hormat,

Sya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                    : Mahmud

Alamat                  : Jln. Raya bersama No.32, Taman, Bayangkan

Jabatan                : Customer Service

Bersama dengan surat ini saya mohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari selasa 11 April 2019 hingga 12 April 2019 dikarenakan harus pulang ke kampung halaman karena ada saudara yang menikah.

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan, atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualikum wr wb

 

Maluku Utara, 10 April 2019

Mahmud

 

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *