Contoh Surat Lamaran CPNS 2019 dan Cara Daftarnya

By | 30 September 2018

Lowongan pendaftaran sebagai PNS atau ASN kembali dibuka. Untuk angkatan 2018 ini pemerintah membuka pendaftaran untuk menjaring 238.015 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan telah dimulai pada 19 September. Seperti diberitakan Liputan 6, ada 51.271 formasi ASN untuk instansi pusat, sedang 186.744 sisanya adalah formasi instansi daerah. Wah, Anda yang berminat mencoba peruntungan menjadi ASN, pastinya segera mencari contoh surat lamaran CPNS 2019 maupun cara daftarnya.

Contoh Surat Lamaran CPNS

Surat lamaran CPNS harus diketik, bukan tulisan tangan. Berikut ini contoh-contohnya.

Kabar terbarunya lagi, kini pendaftaran CPNS lebih efisien karena langsung melalui portal nasioanl, yaitu di situs http://sscn.bkn.go.id. Jadi Anda harus mendaftarkan diri melalui jalur online. Namun demikian ada banyak hal terkait dokumen yang tetap diperlukan. Soalnya di situs resmi ini nantinya Anda juga akan mengunggah file yang ditentukan.

Sebelum penulis memberikan contoh surat lamaran CPNS, secara garis besar kita akan ulas dulu formatnya. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah, bahwa surat lamaran kerja CPNS harus diketik, bukan dengan tulisan tangan. Jadi usahakan membuat surat lamaran dengan ketikan komputer, daripada Anda membuat surat lamaran tulisan tangan, bisa dipastikan hanya akan jadi pengisi kotak sampah.

Hal tersebut selaras dengan yang diungkapkan oleh Kepala BKD Jatim Anom Surahno. Nah, jangan lagi mencari contoh surat lamaran CPNS tulis tangan ya… Percuma karena tidak diterima.

Selain itu bentuk atau format surat lamaran CPNS pun bisa berbeda tergantung posisi atau lokasi Anda melamar. Yang paling penting dan harus Anda cermati adalah berkas-berkas yang diminta untuk melamar posisi PNS.

Cara Daftar CPNS Online Via Situs Resmi

Situs resmi untuk perekrutan CPNS secara online melalui situs resmi. Saat tulisan ini dibuat situs sscn.bkn.go.id sudah bisa dibuka. Maka silakan pahami langkah-langkah mendaftar CPNS secara online ini.

Secara garis besar, Anda hanya perlu 3 langkah simpel. Pertama unduh/download panduan pendaftaran dari tautan resmi, kedua lakukan pendaftaran, dan tiga lengkapi persyaratan pendaftaran untuk setiap posisi yang Anda inginkan.

Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN) ini mewajibkan Anda untuk berfoto sambil memegang KTP ketika registrasi akun. Setelah Anda berhasil membuat akun, persiapkan berkas-berkasnya. Mulai dari scan KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah terakhir yang telah dilegalisir, transkip nilai legalisir, pas foto dengan latar belakang warna merah, dan transkip nilai.

Lalu apakah butuh sura lamaran CPNS? Ya, masih diperlukan. Selain melengkapi berkas-berkas di atas, sistem mengharuskan kita mengunggah surat lamaran juga. Seperti disinggung di atas, jangan pernah buat surat lamaran CPNS tulis tangan, karena tidak memenuhi syarat. Usahakan agar berupa ketikan. Jangan lupa, harus ditempeli materai seharga Rp6.000.

Contoh Surat Lamaran CPNS 2019

Dalam menulis format surat lamaran CPNS 2019 perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pihak tertuju dalam surat

Jika Anda melamar lowongan umum maka surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Namun jika memilih lowongan di pemerintahan daerah (PEMDA) sebagai pegawai Pemprov, maka surat lamaran tertuju kepada Gubernur provinsi yang Anda pilih.

  • Menyampaikan posisi yang diinginkan
  • Cantumkan biodata diri selengkapnya
  • Langkapi syarat-syarat yang harus dilampirkan.

Selan itu, format penulisan yang resmi adalah rata kanan kiri, dengan meletakkan tanggal di bagian sudut kanan atas. Demikian pula penghormatan penutup dan nama serta tanda tangan pelamar berada di sudut kanan sebelah kiri penulis.

Cara Mendapatkan Sertifikat BAN PT

Ada yang agak membingungkan para pelamar ketika diminta melampirkan sertifikat/surat keterangan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Nah, tidak usah bingung. Anda tidak membuat surat ini sendiri. tapi datangilah perguruan tinggi tempat Anda dulu belajar, lalu mintala kepada bagian BAA (Biro Administrasi Akademik) untuk memberikan salinannya. Soalnya surat keterangan ini dikeluarkan oleh pihak perguruan tinggi.

Artikel Contoh Surat Lainnya:

Contoh Surat Lamaran CPNS Umum: Sebagai Sipir/Penjaga Tahanan

Setelah memahami berbagai persiapan di atas, berikut ini contoh surat lamaran CPNS yang bisa Anda tiru.

contoh surat lamaran CPNS

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemendikbud 2019

Untuk melamar CPNS di bagian kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, maka bagian tujuan dari surat lamaran dialamatkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Contoh berikut ini adalah sesuai dengan format yang dikeluarkan oleh Kemendikbud melalui situs resminya di kemdikbud.go.id. Dikeluarkan tahun 2017, namun masih relevan dan bisa ditiru untuk melamar CPNS di tahun 2019 ini.

contoh surat lamaran CPNS kemdikbud

Contoh format surat lamaran CPNS kemendikbud/kemdikbud

Untuk Anda yang melamar posisi jenis pujian, dan punya jenjang pendidikan S2, maka ijazah S1 dan S2 wajib dilampirkan. Dan pada contoh surat di atas, poin nomor 6 dan 7 hanya berlaku di daerah Papua dan Papua Barat.

Contoh Surat Lamaran CPNS Guru

Untuk surat lamaran CPNS sebagai guru, bisa menggunakan format umum seperti pada contoh lamaran ke Kemdikbud di atas.

Demikianlah beberapa contoh surat lamaran CPNS 2019 yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Namun sebenarnya dengan mendaftarkan diri ke situs SSC BKN, anda bisa langsung melihat format masing-masing surat lamaran kerja untuk tiap-tiap instansi yang membuka lowongan. Nah, semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat berjuang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *