15 Contoh Surat Tugas Resmi Yang Baik Dan Benar Terbaru

By | 5 April 2024

Bagi anda para karyawan yang bekerja di suatu instansi maupun perushaan, tentu sudah cukup mengenal dengan surat tugas resmi yang dikeluarkan guna sebagai bentuk penugasan anda pada sebuah pekerjaan. Namun, masih banyak pula yang masih belum memahami bagaimana membuat sebuah surat tugas yang resmi. Untuk itu, perlu kita mempelajari terlebih dahulu format serta bagian apa saja yang ada di dalam pembuatan surat tugas.

Apa itu surat tugas?

Surat tugas kini dibutuhkan sebagai surat pengantar untuk surat pengantar jalan bagi seorang karyawan sebelum menjalankan tugasnya di luar area perusahan, kadang meski di dalam internal perusahaan juga di butuhkan surat tugas. Untuk itu, beberapa contoh surat tugas ini bisa menjadi refrensi anda untuk membuat surat pengantar sebelum anda ataupun karyawan perussahaan menjalankan tugasnya. Sebelum itu, kita mengacu pada format pembuatannya.

Fungsi Umum Surat Tugas

Melihat semakin ketatnya tatanan administrasi yang ada. Tentu pembuatan surat tugas sebagai pendamping pekerjaan dari karyawan atau pekerja sangat diperlukan. Dengan adanya surat tugas, seseorang dapat dikatakan legal menjalankan suatu pekerjaan diluar wilayah kantor atau perusahaannya. Beberapa fungsi umum dari penggunaan surat tugas sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai acuan dasar sebuah pekerjaan dilakukan
  2. Sebagai surat pengantar leaglisasi pekerjaan
  3. sebagai penyampai informasi terkait pihak pihak terkait yang di kirimkan sebagai perwakilan dari pusat

Format Susunan Surat Tugas

Ilustrasi Surat Tugas

Surat tugas sendiri dibuat harus memiliki kepala surat dinas yang berisi tentang dinas atau instansi yang menugaskan. Memiliki isi atas tujuan dari surat tugas tersebut. Selain itu, alinea pertama adalah memuat alasan serta pertimbangan kenapa surat tersebut ditetapkan, selanjutnya pada alinea ke dua identitas dari pegawai yang diberi tugas, dan tugas apa yang akan di berikan kepada pegawai tersebut. Lalu yang ketiga adalah penutup surat tersebut. Dan yang terakhir biasanya berisi distribusi dan tembusan, yang berisi tujuan kepada pejabat atau instansi terkait.

Baca juga: 15 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar dan Beretika

Melihat pentingnya surat pengantar tugas dalam mengiringi koordinasi antar instansi, tentu beberapa contoh yang akan diberikan bisa membantu kinerja anda dalam membuat surat tugas yang resmi, baik dan benar.

Syarat Sah Surat Tugas Resmi

Dalam membuat surat tugas resmi ini, kita perlu memperhatikan ke absahan dari surat tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Logo yang tertera pada kop surat
  2. Alamat instansi / perusahaan yang jelas
  3. Nomor surat yang terdata oleh perusahaan / instansi
  4. Tanggal pembuatan surat tugas resmi
  5. Telah ditanda tangani oleh pihak yang berkepentingan serta pihak yang mengeluarkan surat tersebut

Diantara beberapa aturan dasar dalam pembuatan surat tugas resmi di atas, ini lah contoh contoh surat tugas yang dapat anda jadikan refrensi ataupun acuan dalam pembuatan surat tugas.

Contoh Surat Tugas Pelatihan

Contoh Surat Tugas Pelatihan

Contoh surat tugas pelatihan ini di maksudkan sebagai surat pengantar yang diberikan oleh sebuah instansi sebagai bentuk koodinasi dengan pihak terkait guna menyampaikan siapa yang ditugaskan untuk menghadiri atau mengikuti sebuah pelatihan yang dilakukan oleh instansi lain.

PEMERINTAH KOTA MALANG

KECAMATAN SAWOJAJAR, KELURAHAN KEDUNG KANDANG

RUKUN TETANGGA (RT) 02 / RUKUN WARGA (RW) 002

 

Hal                  : Surat Tugas

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Rahmad Afandi

Jabatan          : Ketua RT 02/002 , Sawojajar

Alamat            : Jl. Danau limboto 3 blok F4B no. 09 , Sawojajar – Malang

 

Menugaskan kepada :

Nama             : Saiful Halim

Agama           : Islam

Alamat            : Jl. Danau Limboto 3 Blok F4B no. 17, Sawojajar – Malang

Jabatan          : Ketua Karang Taruna RT : 02/002

Untuk menerima tugas yang telah di sepakati bersama untuk mewakili pemuda RT 02/002 pada pelatihan pemuda Indonesia yang diadakan Kementrian Pertahanan Republik Indonesia yang merayakan ulang tahun ke 56 tahun. Dan kegiatan ini akan di laksanakan pada 20 Mei 2019 di GOR Ken Arok, Buring Malang. Untuk akomodasi dan biaya transportasi menjadi tanggung jawab RT 02/002.

Demikian surat tugas ini kami sampaikan, agar dapat di jalankan oleh saudara/saudari terkait dengan amanah dan semangat. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terimakasih.

Malang, 1 Mei 2019

Ketua RT 02/002

 

Rahmad Afandi

Contoh Surat Tugas Kerja

Contoh Surat Tugas Kerja

Setiap penugasan dalam pekerjaan kini diperlukan surat tugas sebagai pengantar seorang pegawai melakukan tugasnya. Hal ini sebagai pembenaran bahwa seseorang tersebut adalah orang yang di tunjuk oleh perusahaan untuk melakukan tugas di instansi lain. Berikut adalah contoh surat tugas kerja yang di berikan sebuah perusahaan untuk karyawannya.

PT. Fuji Jaya Konstruksi

Jln. Gondang Legi no. 24 , Malang

Telp. (0341) 223344, Faks. (0341) 224466

===========================================================

Surat Tugas

Nomor: 246/ST/FJK/27/IV/2017

 

Nama             : Wicaksana Luhur

Jabatan          : Kepala Perencana

Lamp              : –

Tanggal         : 09 April 2017

 

Surat Tugas Kerja ini diberikan pada:

Nama                                     : Finda Pradita

Jabatan Terakhir                  : Kepala Bidang Logistik

Area Kerja Terakhir             : Malang

Terhitung mulai tanggal 14 April 2017 saudara Finda Pradita diberikan tugas sebagai Kepala bidang logistik pada proyek renovasi wisma negara RI di Jl. Malioboro no. 1, Jogjakarta.

Surat Tugas ini akan mulai di berlakukan sejak tanggal 14 April 2017, dan sewaktu-waktu dapat dilakukan peninjauan ulang berdasarkan dengan kebijaksanaan serta keperluan dari perusahaan.

Demikian Surat Tugas Kerja ini di buat. Diharapkan pihak terkait dapat bekerja dengan baik dan amanah. Segala bentuk kebijakan dan aturan perusahaan agar di perhatikan dengan baik.

 

PT. Fuji Jaya Konstruksi

Kepala Perencana

 

Wicaksana Luhur

Contoh Surat Tugas Perusahaan

Contoh Surat Tugas Perusahaan

Sebuah perusahaan biasanya akan mengirimkan seorang atau lebih karyawannya untuk ditugaskan membantu perusahaan lain. Untuk itu, contoh surat tugas perusahaan ini bisa menjadi refrensi untuk membuat surat pengantar guna karyawan anda sebelum ditugaskan pada instansi lain.

PT. Bhayangkara Konstruksi

Jln. Raya Cipayung, no. 1 – 4 , Jakarta Timur

Telp. (021) 223344, Faks. (021) 224466

===========================================================

Surat Tugas

Nomor: 246/SPK/BK/27/II/2015

Nama             : Azzam Maulana

Jabatan          : Direktur Kepala

No. Induk       : 0004298655574832

 

Surat Tugas Kerja ini diberikan pada:

Nama                                     : Kharsayah Yusuf

No. Induk                               : 0006433587689944

Jabatan Terakhir                  : Arsitek Perencana

Area Kerja Terakhir             : Malang

Terhitung mulai tanggal 14 Maret 2015 saudara Kharsyah Yusuf diberikan tugas sebagai Kepala Tim Perencana pada proyek pembangunan Gedung Dinas Pendidikan di Jl. Lempuyangan no. 3 , Jogjakarta.

Surat Tugas ini akan mulai di berlakukan sejak tanggal 14 Maret 2015 hingga proyek tersebut selesai. Sesuai SPK ( surat perintah kerja ) ini, pihak terkait dapat di ganti, atau di pindah tugaskan, sesuai kebijakan dan aturan yang di berlakukan oleh perusahaan.

Pihak terkait, di tugaskan untuk :

  1. ertanggung jawab penuh atas segala bentuk aktivitas di proyek
  2. Mengelola berjalannya proyek selama waktu yang telah di sepakati
  3. Memberikan kebijakan berdasarkan keamaan dan P3K yang berlaku
  4. Memenentukan apakah suatu rencana dapat di terapkan pada proyek atau perlu perubahan

Demikian Surat Tugas Kerja ini di buat. Diharapkan pihak terkait dapat bekerja dengan baik dan amanah. Segala bentuk kebijakan dan aturan perusahaan agar di perhatikan dengan baik.

 

Malang, 27 Febuari 2015

PT. Bhayangkara Konstruksi

Direktur Kepala

 

Azzam Maulana

Contoh Surat Tugas Dinas

Contoh Surat Tugas Dinas

Surat tugas yang di berlakukan antar instansi pemerintahan membutuhkan keterangan yang jelas atas tugas yang diberikan. Untuk itu perlunya koordinasi yang jelas antar instansi agar tidak terjadi miss komunikasi. Contoh surat tugas dinas ini, diharapkan dapat membantu segala bentuk koordinasi antar instansi pemerintahan

Pemerintah Kabupaten Jakarta Timur

Dinas Pendidikan

SMK Negeri 99

Alamat: Jl. Tanjung perak tepi laut no. 9, Jakarta Timur

===========================================================

Surat Tugas

Nomor: 242/543/VII/SMKN-99/2016

Yang bertanda tangan berikut ini, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 99 Kecamatan Cibubur Kabupaten atau Kota Jakarta Timur memberikan tugas pada:

Nama : Sari Wulandari

NIP : 14235678 98940 324 23

Tempat Tanggal Lahir : Gorontalo, 1 April 1979

Pangkat/Gol. Ruang : Penata Muda Tk. I, IV/A

Jabatan : Guru Kejuruan Konstruksi Bangunan dan Gambar Bangunan

Unit Kerja : SMK Negeri 99

untuk mengikuti Seminar dan Workshop Pelatihan Peningkatan Mutu Guru Mengenal Murid Lebih Dekat Dengan Lebih Efektif yang akan berlangsung di Dinas Pendidikan Propinsi Jakarta mulai tanggal 07 Juni 2016 s/d 12 Juni 2016.

Demikian surat tugas ini diberikan agar bisa dilakukan dengan penuh tanggung jawab serta setelah selesai mengikuti aktivitas ini, di mohon untuk menyampaikan laporan secara tertulis serta mengaplikasikan segala ilmu yang didapat dalam pekerjaan.

 

Jakarta, 05 Juni 2016

Kepala SMK Negeri 99

 

(Ir. Soekarno Suritno)

NIP. 21391203747758

 Contoh Surat Tugas Resmi

Contoh Surat Tugas Resmi

Selain pemerintah yang di kenal sering kali membuat workshop bagi para tenaga pendidik, ternyata banyak dari instansi swasta turut membuat workshop serupa untuk meningkatkan kualitas dari para tenaga pendidik di Indonesia. Sebelum seorang tenaga pendidik mengikuti suatu seminar atau workshop, biasanya mereka akan di berikan surat tugas sebagai pengatar bahwa keberangkatannya merupakan bagian kepentingan sekolah. Nah, ini adalah contoh surat tugas resmi yang di buat untuk mengikuti sebuah pelatihan atau workshop.

PEMERINTAH KOTA D.I. YOGYAKARTA

DINAS PENDIDIKAN

SMP NEGERI 20 YOGYAKARTA

Alamat : Jl. Mayjend Sungkono No. 90 Kecamatan Sleman Kota

D.I. Yogyakarta

===========================================================

SURAT TUGAS

Nomor : 458/885/19/SMPN-20/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini merupakan, Kepala SMP N 20 Yogyakarta dengan maksud memberikan tugas kepada :

Nama                         : Hanan rafiq

NIP                             : 3411256

Tempat / Tgl Lahi    : Surabaya, 29 April 1982

Pangkat / Golongan : Penata Muda / Gol. III/B

Jabatan                      : Guru Bahasa Inggris

Unit kerja                   : SMP Negeri 20 Yogyakarta

Untuk mengikuti kegiatan workshop Pentingnya Globalisasi Bagi Para Generasi Bangsa yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta di Aula SMK Negeri 5 Yogyakarta mulai dari 20 Maret sampai dengan 25 Maret 2018.

Demikian surat tugas ini diberikan agar bisa dilakukan dengan penuh tanggung jawab serta setelah selesai mengikuti aktivitas ini, di mohon untuk menyampaikan laporan secara tertulis serta mengaplikasikan segala ilmu yang didapat dalam pekerjaan.

 

Yogyakarta, 15 Maret 2018,

Kepala Sekolah SMP Negeri 20 Yogyakarta,

 

Prajaka Taruna

NIP : 1212443

Contoh Surat Tugas Karyawan

Contoh Surat Tugas Karyawan

Surat tugas karyawan di berikan kepada setiap karyawan yang akan di tugaskan di Instansi lain. Untuk itu, contoh surat tugas karyawan ini, akan mengulas acuan dasar pembuatan surat pengantar yang di gunakan sebagai sarana koordinasi antara instansi asal dengan instasi yang di tuju kedepannya.

Surat Tugas Karyawan

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku Manajer Operasional yang bertindak atas nama PT. Asosiasi Peduli  :

Nama             : Azzam Maulana

Jabatan          : Manager Kepala

No. Induk       : 0004298655574832

 

Dengan ini memberikan tugas kepada karyawan dari PT. Asosiasi Peduli dengan :

Nama             : Askhari Zafran

Jabatan          : Staff Marketing

No. Induk       : 0004298655574832

Untuk di pekerjakan sebagai staaf sementara di PT. Nyaman Sejahtera. Dengan sesampainya surat ini, per tanggal 22 Febuari 2017, Karyawan terkait telah di pindah tugaskan. Dan mendapatkan perintah kerja, yaitu :

a) Membuat marketing plan untuk PT. Nyaman Sejahtera

b) Memberi masukan, ide, dan inovasi baru

c) Membuat rekapitulasi hasil dari penjualan produk

d) Membuat rekomendasi pembaruan guna meningkatkan penjualan

Demikian Surat tugas ini di buat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya dan dengan penuh tanggung jawab. Dan melakukan segala tugas dengan baik atas nama PT. Asosiasi Peduli.

 

Surabaya, 22 Februari 2017

Mengetahui,

Manajer Kepala,

 

Azzam Maulana

Contoh Surat Tugas Jalan

Contoh Surat Tugas Jalan

Secara fungsional, surat tugas jalan ini diberlakukan untuk beberapa keperluan. Surat tugas jalan untuk pengantaran barang / kebutuhan sebuah proyek atau instansi. Selain itu sebagai surat perintah tugas untuk pengiriman karyawan untuk di pindah tugaskan ke kota lain. Sehingga contoh surat tugas jalan ini dapat di gunakan sebagai pandangan untuk membantu anda.

PT. Angkasa Warna

Jl. Potlot III no 45, Kalibata – Jakarta Selatan

Telp: 085566778899

email : design@angkasawarna.com

===========================================================

SURAT TUGAS PERJALANAN DINAS

Nomor : 178/PD/AW/VIII/2017

Dengan terjalinnya kerjasama bersama PT. Jaya Konstruksi sebagai pihak kontraktor yang membutuhkan jasa design interior bangunan di Jember, maka dengan ini kami memberikan tugas kepada:

Nama             : Andrea Eka

Jabatan          : arsitek interior PT. Angkasa Warna

Alamat            : Jl. Cilangkap raya, no 45, Jakarta Timur

Untuk dapat melaksanakan tugas perjalanan dinas ke Jember, adapun untuk pelaksanaan tugas tersebut sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:

Berangkat      : 1 September 2017

Kembali         : 30 November 2017

Kendaraan    : Pesawat

Akomodasi    : Penginapan

Adapun tugas yang menjadi kesepakatan adalah :

1) Membuat gambar Asbuild drawing

2) Koordinasi dengan kepala kontraktor

3) Membuat rekapitulasi pekerjaan yang berjalan

4) Membuat kerangka kerja yang selesai dan belum

5) Membuat laporan tertulis setelah kembali

Seluruh biaya dalam perjalanan dinas ini, transportasi serta akomodasi akan menjadi tanggung jawab dari PT. Jaya Konstruksi sesuai kesepakatan yang berlaku.

Semoga Saudara terkait dapat melaksanakannya. Kepada setiap pihak terkait diharap dapat membantu kelancaran setiap pekerjaan yang dibebankan sehingga terjalin koordinasi yang solid.

Jakarta, 27 Agustus 2017

Direktur Utama PT. Angkasa Warna

 

Adrian Hoesin

Contoh Surat Tugas Mahasiswa

Contoh Surat Tugas Mahasiswa

Tidak hanya seorang pekerja atau karyawan perusahaan yang mendapat surat tugas dari sebuah instansi. Seorang pelajar dan mahasiswa memungkinkan mendapat surat tugas untuk melaksanakan keperluan akademik. Sehingga dapat memanfaatkan contoh surat tugas mahasiswa yang diberikan sebgai acuan sebelum pergi bertugas.

IKATAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL S-1

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL

Jalan Sigura – gura no 2. Sumbersari – Malang, Jawa Timur

===========================================================

SURAT TUGAS

Nomor : 7/C/HMS – ITN/28/X/2018

 

Berdasarkan Lomba Kuat Tekan Beton yang diadakan Universitas Petra Surabaya Pada 16 Oktober 2018, dengan ini memberikan tugas kepada :

1. Nama                                             : Febri Setyawan

Jabatan                                              : Kepala Bidang Penalaran

Program Kekhususan                      : Penalaran Kesipilan

Program Studi                                  : Teknik Sipil S – 1

Semester                                            : VI (enam)

 

2. Nama                                             : Tika Haning P.

Jabatan                                              : Anggota Bidang Penalaran

Program Kekhususan                     : Penalaran Kesipilan

Program Studi                                  : Teknik Sipil S – 1

Semester                                            : IV (Empat)

 

3. Nama                                             : Rendy Setyawan

Jabatan                                              : Anggota Bidang Penalaran

Program Kekhususan                     : Penalaran Kesipilan

Program Studi                                  : Teknik Sipil S – 1

Semester                                            : IV (Empat)

Dalam hal ini ditugaskan sebagai perwakilan dari organisasi untuk melakukan lomba kuat tekan beton di Universitas Petra Surabaya.

Demikian surat tugas ini dibuat agar digunakan sebagaimana mestinya dan penuh tanggung jawab. Harap menyerahkan laporan pertanggungjawaban secara tertulis setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Malang, 19 September 2018

Mengetahui,

 

Sekertaris Umum                                                                                                           Ketua Umum

 

Aziz Andri                                                                                                                         Bagus Dwi P.

Contoh Surat Tugas Kolektif

Contoh Surat Tugas Kolektif

 

Surat tugas kolektif merupakan surat perintah yang menugaskan para pihak terkait yang berjumlah lebih dari seorang untuk mengikuti sebuah kegiatan dari sebuah instansi. Agar menjaga terjaganya koordinasi yang baik, contoh surat tugas kolektif ini membantu anda memberi refrensi terkait surat tugas kolektif.

IKATAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL S-1

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL

Jalan Sigura – gura no 2. Sumbersari – Malang, Jawa Timur

===========================================================

SURAT TUGAS

Nomor : 12/C/HMS – ITN/2/II/2019

Berdasarkan hasil rapat kepanitiaan bakti desa, bahwa telah di sepakati dari himpunan teknik sipil ITN Malang akan membantu membuat Tempat Pembuangan Sampah untuk desa tertinggal di Wajak, Malang pada 15 Febuari 2019, dengan ini memberikan tugas kepada :

Nama                                                 : Maya Estiyanti

Jabatan                                              : Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat

Program Kekhususan                      : Soal Masyarakat

Program Studi                                  : Teknik Sipil S – 1

Semester                                            : VI (enam)

 

Nama                                                 : Lukman Nur Hakim

Jabatan                                              : Anggota Bidang Pengabdian Masyarakat

Program Kekhususan                    : Soal Masyarakat

Program Studi                                  : Teknik Sipil S – 1

Semester                                           : IV (Empat)

 

Nama                                                 : Fuad Abdul Maqi

Jabatan                                              : Ketua Panitia Bakti Desa

Program Studi                                  : Teknik Sipil S – 1

Semester                                           : IV (Empat)

Dalam hal ini ditugaskan sebagai perwakilan dari organisasi himpunan teknik sipil ITN Malang untuk melakukan musyawarah kedua terkait rencana pembangunan tempat pembuangan sampah di desa Wajak.

Demikian surat tugas ini dibuat agar pihak yang diberi amanah dapat bekerja dengan baik. Harap menyerahkan laporan pertanggungjawaban secara tertulis setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Malang, 2 Febuari 2019

Mengetahui,

 

Sekertaris Umum                                                                                                    Ketua Umum

 

Baiq Cahaya                                                                                                               Reynhard Bayu

Contoh Surat Tugas Organisasi

Contoh Surat Tugas Organisasi

Sma halnya dengan surat tugas biasanya, contoh surat tugas organisasi ini biasa digunakan oleh beberapa organisasi baik yang terikat instansi ataupun independen untuk syarat koordinasi mengirimkan anggota organisasinya menyelesaikan tugasnya. Mereka menjalin kerjasama dengan instansi ataupun organisasi lain untuk tujuan kepentingan bersama.

UNIT KREATIFITAS MAHASISWA

SANGGA BLIT’Z

INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL

Gedung UKM Lt. 3, Jalan Sigura – gura no 2. Sumbersari

Malang, Jawa Timur

===========================================================

SURAT TUGAS

Nomor : 33/C/SB/ITN/III/2019

 

Berdasarkan hasil rapat yang di hasilkan dari komunitas mahasiswa teater malang bahwa tanggal 27 Maret 2019 akan di adakan diskusi umum antar UKM Teater se – Malang Raya di Universitas Muhamadiyah Malang, dengan ini memberikan tugas kepada :

Nama                                                 : Riza Maulana

Jabatan                                              : Kepala Bidang Kesenian dan Kebudayaan

Program Kekhususan                     : Seni dan Budaya

Semester                                           : VI (enam)

 

Nama                                                 : M. Auliya Asrori

Jabatan                                              : Koordinator Divisi Seni Teater

Program Kekhususan                     : Seni dan Budaya

Semester                                           : IV (Empat)

 

Nama                                                 : Iva Izatul Mila

Jabatan                                              : Koordinator Divisi Seni Teater

Program Kekhususan                    : Seni dan Budaya

Semester                                           : IV (Empat)

Dalam hal ini ditugaskan sebagai perwakilan dari organisasi UKM Sanggar Blit’z ITN Malang untuk melakukan musyawarah rutin UKM seni teater se – Malang Raya terkait diskusi umum teater di kota Malang yang akan di adakan di Universitas Muhammadiyah Malang.

Demikian surat tugas ini dibuat agar pihak yang diberi amanah dapat bekerja dengan baik. Harap menyerahkan laporan pertanggungjawaban secara tertulis setelah mengikuti kegiatan tersebut. Dan dapat mengaplikasikan hasil diskusi di dalam internal UKM.

 

Malang, 25 Maret 2019

Ketua Umum

UKM Sanggar Blit’z

 

Feky Wandosa

Contoh Surat Tugas Guru Mengajar

Contoh Surat Tugas Guru Mengajar

Melihat kebutuhan bidang pendidik dalam unsur pengajaran secara berkelanjutan, bahwa pada bidang admisnistrasi tertulis, surat tugas seorang guru untuk mengajar adalah sesuatu yang penting. Mengingat hal ini terkatit pada masa depan disiswa siswa yang menjadi tujuan pengajarian oleh guru terkait.

Pemerintah Kabupaten Malang Timur

Dinas Pendidikan

SMP Negeri 21 Malang

Alamat: Jl. Sawojajar Raya no. 123 Kedungkandang, Malang

===========================================================

SURAT TUGAS

Nomor : 16/12-SM/XII/2017

 

Berdasarkan keputusan atas kebutuhan tenaga pendidik agama islam oleh SMP Negeri 24 Malang, maka,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                         : Ir. Sudirman Karyo,. ST,. MT.

NIP                             : 765246526778

Pangkat/ Gol : Pembina/ III A

Jabatan                      : Kepala SMP Negeri 21 Malang

 

menugaskan kepada :

Nama                         : Sriliyani subaktri, S. Pd

Jabatan                      : Guru Agama Islam

untuk mengemban tugas sebagai guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 24 Malang selama sampai akhir tahun ajaran 2016/2017 di mulai sejak 24 September 2016. dan akan mendapatkan surat tugas baru di kemudian hari setelah selesai menjalankan pemindah tugasan.

Demikian Surat Tugas ini kami buat, semoga dapat menjalan kan tugas dengan baik.

 

Malang, 15 September 2016

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 21 Malang,

 

Ir. Sudirman Karyo,. ST,. MT.

Contoh Surat Tugas Partai

Contoh Surat Tugas Partai

Surat tugas partai di sini bertujuan sebagai informasi bahwa sebuah partai telah memerintahkan sejumlah pihak untuk di tempatkan pada suatu wilayah untuk tujuan tertentu. Hal tersebut juga tidak lepas dari kebutuan koordinasi antar instansi instansi terkait.

Baca juga: 13 Contoh Kop Surat Resmi Terbaru Yang Baik Dan Benar Terlengkap

DEWAN PIMPINAN WILAYAH

PROVINSI JAWA TIMUR

Alamat: Jl. Bulungan Utara no. 43 Bulungan, Surabaya

===========================================================

SURAT TUGAS

Nomor : 034-124/P-Nas/RI-DPD/0294/JATIM/XI/2016

 

Berdasarkan keputusan kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor : PH – 0234 . AH. 023 . 016 tahun 2016. Bahwa Partai Gasterus telah sah sebagai partai yang berbadan hukum. Untuk itu Dewan pimpinan wilayah Jawa Timur dengan ini memberikan tugas kepada

Nama                         : Ir. Karyo Aminoto , ST..

NIK                             : 765246542315888864

Jabatan                      : Wakil Sekertaris Internal

 

Nama                         : Dra. Hamid Rusdi

NIK                             : 000453219371274658

Jabatan                      : Perwakilan Jawa Timur

 

Untuk melaksanakan :

Perekrutan anggota calon pengurus dewan pimpiman partai Gasterus Kota Surabaya

Dalam rencana pembentukan kepengurusan wilayah Jawa Timur, wajib mengacu pada pedoman dan aturan yang telah di tetapkan oleh DPP Parta Gasterus yang terdiri dari 17 orang anggota (minimal 6 orang perempuan)  selambat lambatnya 17 hari setelah surat tugas ini di turunkan.

Demikian surat tugas ini. Agar segala bentuk arahan diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik oleh setiap perwakilan partai Gasterus.

 

Surabaya, 12 November 2016

Ketua Pimpinan Wilayah Partai Gasterus

 

Ahmad Amin

Contoh Surat Tugas Relawan Bencana

Contoh Surat Tugas Relawan Bencana

Melihat dari berbagai tragedi dan bencana yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia, membuat banyak instansi dan perusahaan turut ingin menyumbangkan sumbangsihnya. Untuk itu mereka menugaskan beberapa karyawannya sebagai relawan guna membantu para korban bencana di beberapa daerah.

PT. Jaya Konsumsi Abadi

Jln. Raya kelapa dua wetan, no. 11 , Jakarta Timur

Telp. (021) 3252799, Faks. (021) 6489765

===========================================================

Surat Tugas

Nomor: 123/SPK/JKA/3/III/2017

 

Nama             : Gilang Baskara

Jabatan          : Direktur Kepala

No. Induk       : 9485756

 

Surat Tugas Kerja ini diberikan pada:

Nama                                     : Kharsayah Yusuf

No. Induk                               : 2131456

Jabatan Terakhir                  : Kepala Bidang Logistik

Area Kerja Terakhir             : Malang

===============

Nama                                     : Maulana Malik

No. Induk                               : 2221412

Jabatan Terakhir                  : Anggota Bidang Logistik

Area Kerja Terakhir             : Malang

Terhitung mulai tanggal 10 Maret 2017 saudara Kharsyah Yusuf dan Maulana Malik diberikan tugas sebagai Tim logistik yang mewakili PT. Jaya Konsumsi Abadi untuk ikut menyumbang tenaga dan pikiran pada bencana di Palu.

Surat Tugas ini akan mulai di berlakukan sejak tanggal 10 Maret 2017 hingga segala kepentingan di daerah bencana selesai. Sesuai SPK ( surat perintah kerja ) ini, pihak terkait dapat di ganti, atau di pindah tugaskan, sesuai kebijakan dan aturan yang di berlakukan oleh perusahaan.

Pihak terkait, di tugaskan untuk :

  1. Bertanggung jawab penuh atas segala bentuk aktivitas di lokasi bencana mewakili PT. Jaya Konsumsi Abadi.
  2. Mengelola berjalannya logistik di area yang di perbantukan
  3. Memberikan kebijakan berdasarkan keamaan dan P3K yang berlaku
  4. Memenentukan apakah suatu rencana dapat di terapkan untuk membantu korban bencana Palu

Demikian Surat Tugas Kerja ini di buat. Diharapkan pihak terkait dapat bekerja dengan baik dan amanah. Segala bentuk kebijakan dan aturan perusahaan agar di perhatikan dengan baik dan dapat bekerja dengan ikhlas.

Jakarta, 5 Maret 2017

PT. Jaya Konsumsi Abadi

Direktur Kepala

 

Gilang Baskara

Contoh Surat Tugas Dari Kepala Desa

Contoh Surat Tugas Dari Kepala Desa

Dari kelompok desa juga dapat memberlakukan tugas kepada warga yang berada di bawa naungannya. Sehingga dapat merekomendasikan warganya untuk mengikuti sebuah pelatihan maupun tugas relawan untuk kepentingan masyarakat desa tersebut. Untuk itu perlu adanya koordinasi tertulis sebagai pengantar dari kepala desa terkait.

PEMERINTAH KABUPATEN MALANG

KECAMATAN GRIBIK, KELURAHAN KEDUNG KANDANG

DESA SAWOJAJAR

 

Hal      : Surat Tugas

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Ahmad Luthfi

Jabatan          : Kepala Desa Sawojajar

Alamat            : Jl. Jembatan gantung 3 no. 34

 

Menugaskan kepada :

Nama             : Fuad dul Somad

Agama           : Islam

Alamat            : Jl. Jembatan layang 1 no. 13

Jabatan          : Ketua Karang Taruna RT : 12 / RW : 03

Untuk menerima tugas untuk turut berpartisipasi dalam acara pelatihan pemuda desa yang di adakan oleh pemerintah kabupaten malang untuk membina pemuda karang taruna pada 20 Desember 2018.

Demikian surat tugas ini kami sampaikan, agar dapat di jalankan oleh saudara/saudari terkait dengan amanah dan semangat. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terimakasih.

 

Malang, 18 Desember 2018

Kepala Desa

 

Ahmad Luthfi

Demikianlah, beberapa contoh surat tugas yang bisa anda jadikan refrensi untuk menjadi jembatan karyawan anda bertugas di instansi lain. Sehingga memudahkan anda untuk berkoordinasi dengan pimpinan instansi terkait. Semoga memberi ilmu yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *