15 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar dan Beretika

By | 2 Mei 2019

Membuat surat resign yang ditujukan pada perusahaan bukanlah perkara yang sulit. Namun bagi sebagian orang mereka perlu melihat contoh surat pengunduran diri agar bisa membuatnya dengan baik sehingga bisa diterima oleh perusahaan.

Perusahaan tentunya berharap karyawannya dapat betah bekerja dalam waktu yang lama. Namun tidak dipungkiri juga seorang pekerja memutuskan untuk mengundurkan diri dengan alasan ingin berwirausaha sendiri, melanjutkan studi maupun berkarir di bidang yang lain.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Tentunya alasan – alasan tersebut harus dikemukakan dengan jelas pada surat pengunduran diri yang baik. Berikut dibawah ini akan diuraikan bagaimana cara menulis surat pengunduran diri yang benar, namun sebelum itu, Anda harus memperhatikan manfaat dan tips surat pengunduran di bawah ini.

Tujuan dan Manfaat Surat Pengunduran Diri

Tujuan dan manfaat surat pengunduran diri bagi Anda adalah mendapatkan nilai terhormat dan profesionalitas atas pekerjaan Anda selama ini pada perusahaan.

Jika Anda bermaksud mengundurkan diri, buatlah surat pengunduran diri untuk menyatakan secara resmi bahwa Anda sudah tidak bergabung atau bekerja pada perusahaan tersebut.

Tentunya Anda tidak mau kan, capek – capek bekerja lama pada perusahaan namun keluar begitu saja tanpa pemberitahuan yang jelas. Perusahaan akan menilai jelek diri Anda, dan profesionalitas yang dibangun selama bekerja dapat runtuh begitu saja.

Oleh karena itu, tujuan dibuatnya surat pengunduran diri juga untuk memberitahukan perusahaan alasan Anda mengundurkan diri dan supaya perusahaan bisa memaklumi pengunduran diri Anda tersebut.  Surat ini juga berguna untuk kearsipan administrasi nantinya bagi perusahaan.

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri

Untuk membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan sesuai etika persuratan, ini dia tips – tips menulis surat yang baik :

  1. Surat pengunduran diri harus berisi maksud dan tujuan pengunduran diri yang jelas, singkat dan padat.
  2. Berikan alasan pengunduran diri yang jelas yang dapat dimaklumi oleh perusahaan.
  3. Sebutkan waktu atau kapan jelasnya Anda akan mengundurkan diri. Sebaiknya memberikan tenggat waktu yang luang supaya tidak berkesan mendadak dan perusahaan bisa mencari pengganti Anda.
  4. Tunaikan sisa kewajiban Anda. Jika Anda memberikan waktu tenggat 10 hari sebelum masa pengunduran diri berlaku, maka Anda harus tetap menunaikan pekerjaan Anda sebagai karyawan. Kecuali jika ada kebijakan lain dari perusahaan mengenai hal ini.
  5. Gunakan bahasa penulisan yang baik dan sopan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Ketika Anda telah lama bekerja pada perusahaan dan hendak mengundurkan diri, misalnya karena alasan ingin berwirausaha sendiri, Anda bisa mengambil contoh surat pengunduran diri kerja di bawah ini.

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat surat pengunduran diri adalah alasan mengapa Anda ingin resign dari perusahaan. Alasan yang dikemukakan harus jelas tanpa memberikan tendensi atau maksud buruk pada perusahaan.

Baca juga Contoh Surat Keterangan Domisili

Contohnya hindari pemakaian alasan negatif seperti karena alasan tidak betah, karena tekanan pekerjaan yang berat, bosan atau alasan negatif lainnya. Meski Anda merasa demikian, tidak sepatutnya mencurahkannya melalui surat pengunduran diri ini.

Berikut contoh surat pengunduran diri kerja yang baik:

Jakarta, 10 November 2018Yth.

Pimpinan perusahaan

Reka Aminerka

Di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                   : Demi Lovato

No. Id Pegawai   : 8765437899

Jabatan                : Staf Umum

Bersama surat ini saya hendak mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan Aminerka dan melepas jabatan yang sedang saya pegang ini terhitung sejak hari ini tanggal 10 November 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih pada perusahaan yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin selama 5 tahun ini.

Ucapan terima kasih yang tak terbendung saya ucapkan pada perusahaan, karena telah memberikan bimbingan dan pengalaman berharga selama bekerja di sini.

Dengan berat hati saya membuat keputusan pengunduran diri dari perusahaan dengan alasan ingin berwirausaha mandiri di bidang yang sama. Berbekal keahlian dan pengalaman yang telah dimiliki, saya akan mencoba mengadu nasib dengan bekerja secara mandiri.

Oleh karena itu, semoga Bapak/Ibu Pimpinan dapat memaklumi alasan pengunduran diri saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun, mudah – mudahan Bapak/Ibu pimpinan dapat memakluminya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 

Demi Lovato

Tembusan: Bagian Informasi serta bagian HRD.

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Aktif berorganisasi di kampus atau masyarakat adalah hal yang lumrah dilakukan bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang senang berorganisasi.

Ada banyak organisasi kecil maupun besar yang tersebar di kampus maupun di masyarakat, semuanya memiliki struktur organisasi yang baik, ada yang resmi juga ada yang tidak.

Namun jika seorang anggotanya hendak memutuskan resign dari organisasi tersebut, ada baiknya juga menulis surat pengunduran diri baik secara setengah resmi maupun sangat formal sekalipun.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pernyataan formalitas bahwa Anda sebagai anggotanya sudah tidak lagi akan menjadi anggota organisasi tersebut. Surat pengunduran diri ini juga nantinya diperlukan untuk kearsipan maupun tembusan pada pusat maupun cabang organisasi jika diperlukan.

Berikut contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang baik:

Bandung, 12 September 2017Yth.

Ketua HMI Bandung

Jl. Cibiru No. 12 Cipadung

Bandung Timur

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama                         : Imelda Meldi
  • Jabatan                      : Bendahara pengurus

Menyatakan bahwa dengan berat hati, bermaksud mengundurkan diri dari organisasi HMI Bandung berikut melepas jabatan saya sebagai bendahara.

HMI telah memberikan saya bekal ilmu berorganisasi dan keterampilan mandiri yang cukup buat saya.  Banyak pengalaman suka duka yang telah dilalui menjadi anggota sekaligus bendahara di organisasi HMI Bandung. Semua pengalaman berkesan dan berharga ini tidak akan saya lupakan.

Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada ketua HMI Bandung, Salman Helmi dan teman – teman seperjuangan yang telah mendampingi dan membimbing saya selama menjadi anggota di organisasi ini.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena akan melanjutkan studi S2 ke luar negeri. Mohon kiranya ketua dan teman – teman dapat memakluminya. Tak lupa saya berharap semoga HMI selalu maju dan aktif mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat, terima kasih atas perhatian Bapak Ketua.

Hormat Saya

 

Imelda Meldi

Tembusan: Sekretaris HMI

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Ketika Anda adalah seorang karyawan yang telah lama bekerja pada perusahaan, maka urusan mengundurkan diri bukan hanya sekedar formalitas.

Anda dapat menambahkan kesan – kesan dan pengalaman selama bekerja pada perusahaan Anda tersebut berikut ucapan terima kasih pada perusahaan atas kesempatan bekerja yang diberikan olehnya.

Hal ini penting, mengingat Anda adalah termasuk karyawan yang mungkin sudah terbilang senior, maka sepatah kata Anda untuk perusahaan dapat bermakna bagi mereka untuk dibaca.

Berikut contoh surat pengunduran diri karyawan yang benar:

Solo, 10 Desember 2018

Yth.

HRD Manager

Perdana Aminareka

Jl. Surapati No. 102

Solo

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Ahmad Jaelani bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Perdana Aminareka sebagai staf umum terhitung sejak tanggal 31 Desember 2018.

Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan jajaran direksi PT. Perdana Aminareka yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk bekerja disini sampai dengan 5 tahun lamanya. Saya menyampaikan permohonan maaf saya jika ada kekhilafan dalam bekerja.

Tak luput juga saya ucapkan terima kasih kepada rekan – rekan kerja yang telah memberikan support kepada saya selama bekerja. Saya berharap PT. Perdana Aminareka selalu jaya dan maju di masa kini dan yang akan datang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat sebenar – benarnya atas kesadaran diri dan tanpa paksaan. Atas pemakluman dan perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ahmad Jaelani

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Melepas jabatan karena hendak resign atau mengundurkan diri sedikit berbeda format penulisannya, Anda perlu menekankan beberapa poin penting tentang pelepasan jabatan Anda tersebut.

Tidak hanya mengemukakan alasan resign dan melepas jabatan, Anda juga bisa menyertakan harapan untuk perusahaan supaya dapat menemukan orang yang tepat untuk mengganti posisi atau jabatan Anda sebelumnya.

Berikut contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang benar:

Jakarta, 15 November 2018

Yth.

Direktur PT. Mahakarya Indonesia

Jl. Salabintana No. 234

Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama                                      : Mohammad Ikhsan Setiawan
  • No Id Pegawai                      : 20119878799
  • Jabatan                                  : Manager

Melalui surat ini menyatakan akan mengundurkan diri dari perusahaan dan melepas jabatan saya sebagai Manager terhitung sejak tanggal 01 Desember 2018.

Terima kasih kepada Bapak Direktur yang telah memberikan saya amanah dan kepercayaan untuk mengemban tugas saya sebagai Manager perusahaan selama kurang lebih 9 tahun.

Adapun tujuan saya mengundurkan diri adalah karena alasan kesehatan yang menurun dan membutuhkan waktu panjang untuk melakukan pengobatan. Saya tidak ingin kiranya alasan kesehatan ini dapat mengganggu produktivitas kerja saya. Oleh karena itu, dengan berat hati saya bermaksud mengundurkan diri dari perusahaan.

Semoga Bapak Direktur dapat memaklumi alasan pengunduran diri saya. Saya selalu mengharapkan yang terbaik buat perusahaan ini, dan semoga dalam waktu dekat perusahaan dapat dengan cepat mencari pengganti saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas kesadaran diri dan tanpa paksaan, terima kasih atas pemaklumannya.

Hormat saya,

 

Mohammad Ikhsan Setiawan

Tembusan: Sekertaris dan HRD.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Menulis surat pengunduran diri juga bisa dibuat dalam format sederhana. Isi surat meskipun pendek dan sederhana namun harus mengemukakan isi yang padat, jelas dan mengena.

Jangan sampai surat pengunduran diri secara sederhana ini melewatkan informasi apapun termasuk alasan pengunduran diri yang harus wajib selalu ada.

Tips membuat surat pengunduran diri secara sederhana ini, Anda bisa menyingkat tujuan dan maksud pengunduran diri Anda dengan bahasa singkat namun tetap menggunakan EYD yang baik.

Berikut contoh surat pengunduran diri sederhana yang baik:

Jakarta, 15 April 2019

Yth.

HRD PT. Sawargi

Jl. Margonda Raya No. 12

Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Nurul Fikri bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan PT Sawargi terhitung tanggal 30 April 2019 mendatang.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah akan berwirausaha sendiri secara mandiri.

Terima kasih atas kesempatan kerja yang diberikan perusahaan untuk saya selama 3 tahun ini. Tak luput juga saya ucapkan terima kasih kepada rekan – rekan kerja yang telah mendampingi saya bekerja selama ini. Saya selalu mengharapkan yang terbaik bagi perusahaan. Semoga maju dan terus berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas kesadaran diri saya, semoga perusahaan dapat memakluminya.

Hormat saya

 

Nurul Fikri

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

Anda adalah seorang siswa sekolah yang akan pindah sekolah ke luar kota? Sebelum Anda pindah, tentunya Anda diwajibkan membuat surat pengunduran diri dari sekolah yang nantinya ditujukan kepada kepala sekolah Anda.

Perlu diingat bahwa surat pengunduran diri dari sekolah ini harus ditulis atau dibuat oleh orang tua selaku penanggung jawab Anda di sekolah.

Namun Anda juga bisa membantu mencarikan referensi surat pengunduran diri yang baik untuk orang tua Anda. Contohnya referensi di bawah ini bisa menjadi panduan yang mudah untuk diikuti.

Berikut contoh suratnya:

Cianjur, 17 September 2018Yth.

Bapak Kepala Sekolah

SMK Negeri 1 Cianjur

Hal: Pengunduran diri

Dengan hormat,

Saya orang tua siswa yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa:

  • Nama             : Abdurrahman Salamudin
  • Kelas              : 12 A (Akuntansi)

Bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai siswa sekolah SMK Negeri 1 Cianjur terhitung mulai tanggal 20 September 2018. Adapun alasan pengunduran diri anak saya adalah karena alasan kepindahan rumah ke luar kota.

Terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah dan guru – guru SMK Negeri 1 Cianjur yang telah bersedia mendidik dan membimbing anak saya selama kurang lebih 3 tahun ini. Sebagai orang tua, saya meminta maaf yang sebesar – besarnya jika perilaku anak saya kurang menyenangkan di sekolah.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat sebenar – benarnya, semoga Bapak Kepala Sekolah dapat memakluminya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

Aceng Salamudin

(Orang Tua Siswa)

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Sekolah juga adalah institusi formal yang segala sistemnya diatur dengan baik. Ketika Anda menjadi staf atau guru di sebuah sekolah dan hendak mengundurkan diri, maka wajib menulis surat pengunduran diri untuk pihak sekolah.

Apalagi jika Anda adalah pegawai honorer atau pegawai tetap yang telah terdaftar di pemerintah, maka surat pengunduran diri wajib disertakan untuk mendapatkan surat pengalaman mengajar dari sekolah tersebut.

Hal yang harus diperhatikan adalah alasan pengunduran diri yang tidak boleh terkesan sepele. Bahasa yang digunakan juga sama resminya dengan surat pengunduran diri lainnya.

Contoh surat pengunduran diri Guru yang baik dan benar:

Bandung, 12 Juni 2017Yth.

Bapak Kepala Sekolah

SMK Karya Pembangunan

Margahayu Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama                                     : Khairunnisa
  • No. Id Pegawai                     : 207201966
  • Jabatan                                  : Guru Bahasa Inggris

Melalui surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai guru Bahasa Inggris sekolah SMK Karya Pembangunan terhitung mulai tanggal 20 Juni 2017.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena kendala jadwal mengajar yang bentrok dengan jadwal mengajar di sekolah lain. Selain itu, alasan transportasi dan jarak yang jauh juga menjadi kendala saya mengajar di sekolah ini.

Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan bimbingan Bapak kepala sekolah serta rekan guru mengajar di sekolah selama ini. Pengalaman mengajar yang berkesan dan berharga selama ini takkan saya lupakan.

Saya memohon maaf jika ada perkataan dan perilaku yang kurang berkenan selama ini di sekolah. Sudi kiranya Bapak kepala sekolah dapat memaafkan dan memakluminya.

Demikian surat pengunduran ini saya buat, terima kasih atas perhatian Bapak kepala sekolah.

Hormat saya

 

Khairunnisa

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Contoh Surat Pengunduran Diri Hotel

Contoh surat pengunduran diri berikutnya adalah bagi Anda yang bekerja di hotel. Bagi Anda yang bingung bagaimana menulis surat pengunduran diri dari pekerjaan hotel, ini dia referensinya bagi Anda.

Sama seperti surat pengunduran diri lainnya, untuk kesan formalitas, buatlah awal paragraf surat dengan menyertakan informasi kepegawaian Anda dan kemukakan dengan jelas mengapa Anda ingin mengundurkan diri dari hotel tersebut.

Berikut contoh surat pengunduran diri dari hotel yang baik:

Jakarta, 01 April 2018Yth.

Bapak Pimpinan

101 Hotel

Di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama                         : Maika Sheryl
  • No id pegawai           : 1346786799
  • Jabatan                      : Resepsionis

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan terhitung mulai tanggal 01 Mei 2018 mendatang.

Dengan berat hati saya sampaikan bahwa keputusan ini saya lakukan semata – mata karena alasan ingin melanjutkan studi S2 di luar kota.

Terima kasih atas kesempatan yang Bapak pimpinan berikan kepada saya untuk bisa bekerja dengan keahlian yang saya miliki di perusahaan ini. Saya berharap pengalaman berharga selama bekerja disini menjadi bekal ilmu yang dapat bermanfaat di masa mendatang.

Tak luput juga saya ucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga dan staf hotel 101 yang telah mendampingi saya bekerja selama 4 tahun ini.

Adapun selama masa sebelum tanggal pengunduran diri tersebut, saya akan tetap menjalankan tugas & tanggung jawab saya sebagai resepsionis.

Demikian surat pengunduran ini saya buat yang sebenar – benarnya dan penuh kesadaran serta tanpa paksaan. Semoga Bapak pimpinan dapat memakluminya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Maika Sheryl

Tembusan: bagian kesekretariatan dan bagian HRD.

Contoh Surat Pengunduran Diri Perusahaan

Seorang pekerja atau staf karyawan perusahaan biasanya ada yang terikat kontrak ada yang tidak. Pastikan Anda sebagai karyawan memahami terlebih dahulu isi peraturan kontrak perusahaan jika Anda hendak mengundurkan diri.

Baca juga: 4 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Berdasarkan Iklan

Pastikan juga Anda memahami konsekuensi mengundurkan diri dengan status masih terikat kontrak tersebut. Anda mungkin diharuskan membayar biaya pinalti atas pengunduran diri Anda ini

Berbeda dengan status karyawan tetap atau karyawan tanpa terikat kontrak, Anda bisa mengajukan permohonan pengunduran diri kapan saja. Surat pengunduran diri yang dibuat juga harus bersifat resmi atau formal

Berikut contoh surat pengunduran diri yang baik menurut perusahaan:

Surabaya, 20 November 2018

Yth.

Bapak Direktur

Indo Sejahtera

Jl. Mataram No. 23

Surabaya

Perihal : Pengunduran diri

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama                         : Fatturahman
  • No. Id Pegawai         : 201989049
  • Jabatan                      : Karyawan tetap

Melalui surat ini, saya selaku karyawan perusahaan PT. Indo Sejahtera bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan terhitung mulai tanggal 31 November 2018.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena alasan kepindahan rumah ke luar kota.

Surat ini dibuat mengikuti prosedur hubungan industrial tanpa adanya tendensi atau maksud buruk apapun. Saya berharap perusahaan dapat memaklumi permohonan pengunduran diri saya dan dapat memenuhi hak – hak saya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini dibuat sebenar – benarnya tanpa paksaan dan atas kesadaran diri saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya

 

Fatturahman

Contoh Surat Pengunduran Diri Perusahaan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kerjaan

Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi namun terlanjur bekerja pada perusahaan, tentunya Anda bisa membuat surat pengunduran diri dengan mengemukakan alasan tersebut di atas pada surat Anda.

Berikut contoh surat pengunduran diri dari kerjaan dengan alasan melanjutkan studi. Contoh alasan bisa Anda ganti sesuai dengan alasan resign Anda sendiri.

Tipsnya adalah untuk selalu mengemukakan alasan yang jujur mengapa Anda ingin keluar dari kerjaan Anda tersebut.

Berikut contoh surat pengunduran diri dari kerjaan yang baik:

Surabaya, 10 November 2017Yth.

Pimpinan PT. Core Grafis

Jl. Suratman No. 67

Surabaya

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama                         : Fakhrul Amin
  • No. Id Pegawai         : 93927479837
  • Jabatan                      : Desain Grafis

Bermaksud memberitahukan pengunduran diri saya pada perusahaan ini terhitung mulai tanggal 20 November 2017.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena alasan melanjutkan studi S1 saya yang sempat tertunda. Mudah – mudahan Bapak /Ibu pimpinan perusahaan dapat memaklumi alasan pengunduran diri saya.

Terima kasih atas kesempatan kerja yang diberikan perusahaan PT. Core Grafis kepada saya selama 3 tahun ini. Keahlian dan keterampilan yang didapat mudah – mudahan dapat berguna di masa yang akan datang. Dan semoga perusahaan ini selalu maju dan berkembang di masa depan.

Demikian surat ini dibuat dengan kesadaran diri tanpa paksaan dari pihak manapun. Semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

Fakhrul Amin

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kerjaan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kamus

Salah satu contoh terbaik surat pengunduran diri adalah mengambil dari kamus. Maksud dari kamus di sini adalah sesuai dengan kaidah persuratan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Selain bahasa yang digunakan harus menggunakan EYD yang baik dan benar, isi surat pun mengikuti aturan ketenagakerjaan atau undang – undang ketenagakerjaan.

Berikut contoh surat pengunduran diri dari kamus sesuai aturan:

Makassar, 12 Maret 2018

Yth.

Direktur PT. Alamsyah Pualam

Jl. Simatupang No. 234

Makassar

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya selaku staf karyawan PT. Alamsyah Pualam, berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan undang – undang ketenagakerjaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama                         : Tony Setiawan
  • No. Id Pegawai         : 09238907340
  • Jabatan                      : Staf karyawan

Dengan ini menyatakan hendak mengundurkan diri dari perusahaan dengan alasan ingin melanjutkan karir di bidang yang lain sesuai keahlian jurusan dan gelar yang saya dapat.

Surat ini saya buat menurut pada prosedur hubungan industrial tanpa maksud dan tendensi buruk apapun. Semoga perusahaan dapat memaklumi niat pengunduran diri saya serta dapat memenuhi sisa hak – hak kerja saya sesuai kesepakatan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat atas kesadaran dan tanpa paksaan. Terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

 

Hormat saya

 

Tony Setiawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kamus

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Seorang karyawan pabrik yang hendak mengundurkan diri dari perusahaan entah itu karena alasan ingin berkarir di bidang lain atau pindah pekerjaan, maka Anda harus menyertakannya pada surat pengunduran diri Anda.

Tujuan surat pengunduran diri ini adalah untuk mendapatkan pemakluman atau izin mengundurkan diri secara resmi dan Anda bisa keluar dari perusahaan secara terhormat.

Berikut contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik:

Bandung, 25 Juni 2018

Kepada Yth.

HRD Manager

AHATEX Cileunyi

Bandung

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Mardi Putra dengan nomor id pegawai 9874 sebagai karyawan pabrik PT. KAHATEX, bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan terhitung mulai 30 Juni 2018.

Adapun alasan pengunduran diri adalah ingin melanjutkan karir di bidang lain sesuai jurusan dan keahlian yang saya punya.  Oleh karena itu, saya mohon pemaklumannya atas keinginan saya tersebut.

Terima kasih atas kesempatan kerja yang diberikan perusahaan selama ini, pengalaman dan keterampilan yang dimiliki semoga menjadi bekal yang bermanfaat di masa yang akan datang. Tak luput saya doakan, semoga perusahaan selalu maju dan berkembang di masa depan.

Semoga Bapak/Ibu HRD dan Pimpinan dapat memaklumi keputusan pengunduran diri saya. Demikian surat ini saya buat, terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya

 

Mardi Putra

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Surat pengunduran diri bisa dibuat secara sederhana tanpa lupa mengedepankan esensi penting alasan pengunduran diri Anda.

Walaupun surat pengunduran diri terkesan formalitas, namun terkadang perusahaan akan tetap membaca surat pengunduran diri Anda.

Jika Anda membutuhkan surat pengunduran diri yang formatnya sederhana namun isiny singkat, padat dan jelas, berikut contoh suratnya:

Malang, 11 Mei 2018

Yth.

Direktur PT. Arcamanik Indah

Jl. Antapani No. 12

Antapani Malang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Reni Safitri sebagai staf karyawan PT. Arcamanik Indah, bermaksud hendak mengajukan permohonan pengunduran diri terhitung mulai 30 Mei 2018 mendatang.

Saya ingin melanjutkan studi S1 saya sesuai keahlian saya saat ini supaya mendapatkan keterampilan yang lebih berguna dan bermanfaat.

Terima kasih atas dukungan dan kesempatan bekerja oleh perusahaan selama ini buat saya. Pengalaman yang tidak terkira saat bekerja tidak akan saya lupakan.

Semoga perusahaan dapat dengan segera mendapat pengganti karyawan untuk menggantikan posisi saya. Saya tak lupa akan menjalankan sisa kewajiban bekerja saya di sisa masa tenggat kerja sebelum pengunduran diri ini berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, semoga perusahaan dapat memakluminya. Terima kasih.

Hormat saya

 

Reni Safitri

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Singkat

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Bandara

Contoh surat pengunduran diri berikutnya adalah bagi Anda yang mempunyai jabatan sebagai staf maskapai bandara.

Contoh surat ini ditujukan bagi mereka yang ingin mencari surat referensi pengunduran diri yang baik, formal, dan benar.

Berikut contoh suratnya yang baik:

Jakarta, 15 Agustus 2018

Yth.

Direktur PT. Angkasa

Jl. Jenderal Sudirman No. 21

Jakarta

Perihal: Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama                         : Alfi Mahendra
  • No. Id Pegawai         : 939748
  • Jabatan                      : Staf Bandara Halim Perdana Kusuma
  • Status pegawai         : Aktif

Melalui surat ini saya menyatakan maksud pengunduran diri saya sebagai staf bandara terhitung mulai tanggal 31 Agustus 2018 mendatang.

Semoga perusahaan dan saya sebagai karyawan dapat saling menunaikan hak dan kewajibannya masing – masing.  Tak lupa saya akan menunaikan sisa kewajiban saya untuk bekerja di masa tenggat sebelum berlakunya tanggal pengunduran diri ini.

Adapun alasan pengunduran diri adalah mengingat kesehatan dan usia yang sudah tidak lagi produktif untuk bekerja. Oleh karena itu, mudah – mudahan perusahaan dapat memaklumi maksud pengunduran diri saya.

Terima kasih atas dukungan dan fasilitas yang diberikan perusahaan pada saya selama ini. Terima kasih juga atas kesempatan bekerja yang diberikan perusahaan selama 12 tahun ini. Pengalaman berharga saat bertugas, tentunya tidak akan pernah dilupakan.

Semoga perusahaan dapat menemukan pengganti posisi saya segera. Demikian surat pengunduran diri ini dibuat berdasarkan kesadaran pribadi dengan penuh tanggung jawab tanpa adanya paksaan apapun, mudah – mudahan perusahaan dapat memakluminya.

Hormat saya

 

Alfi Mahendra

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Bandara

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Surat pengunduran diri juga harus dibuat atau ditulis berdasarkan aturan surat yang berlaku dan mengedepankan estetika penulisannya yang baik dan sopan.

Untuk menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan, tipsnya adalah selalu mengedepankan pihak kedua (disini adalah pihak perusahaan) tanpa mencuatkan egosentris atau keinginan Anda yang ingin mengundurkan diri secara terlalu verbal.

Baca juga: 8 Contoh Surat Berhenti Kerja Buat yang Ingin Resign

Gunakan alasan yang baik dan sopan meminta izin permohonan pengunduran diri pada perusahaan tanpa maksud dan motivasi yang jelek. Misalnya, mengemukakan alasan negatif seperti menceritakan kekurangan perusahaan.

Berikut contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan:

Yogyakarta, 21 Mei 2018

Yth.

Bapak Direktur

LIAM Finance

Jl. Mataram No. 45

Yogyakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Sovi Fitryani selaku staf administrasi PT. LIAM Finance bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan terhitung mulai tanggal 30 Mei 2018.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena alasan akan berpindah domisili ke luar kota. Mengingat kondisi perpindahan jarak domisili ini tidak memungkinkan saya untuk bekerja lagi di perusahaan ini. Semoga Bapak pimpinan perusahaan dapat memakluminya.

Saya juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama bekerja terdapat perkataan atau perilaku yang tidak menyenangkan dan melanggar aturan perusahaan.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas kesempatan bekerja yang diberikan Bapak pimpinan pada saya selama 4 tahun ini. Pengalaman bekerja sebagai staf administrasi semoga menjadi bekal keahlian saya yang bermanfaat di masa depan.

Kewajiban sisa masa bekerja tetap akan saya tunaikan sampai tanggal pengunduran diri ini berlaku. Demikian surat ini saya buat sebenar – benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Mudah – mudahan Bapak direktur dapat memaklumi niat saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya

 

Sovi Fitriyani

Tembusan: Sekertaris perusahaan, bag. Informasi dan HRD.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Stop dulu, jangan sampai nganggur lagi, baca Contoh Surat Lowongan Kerja Lengkap dan Informatif

Demikian contoh surat pengunduran diri yang baik untuk Anda. Anda bisa memilih format mana yang sesuai dengan kebutuhan atau cocok dengan kriteria maksud pengunduran diri Anda. Yang perlu diingat adalah tips dan format tulisannya yang selalu mengedepankan aturan tulisan yang benar dan sesuai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *