Tenaga kerja marketing adalah bagian terpenting dalam perusahaan yang dapat membantu pemasaran dan pengembangan bisnis Anda.
Ketika Anda sedang membutuhkan tenaga kerja marketing untuk perusahaan, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasang iklan lowongan pekerjaan seperti di internet maupun di media cetak.
Memasang contoh iklan lowongan kerja marketing ini membutuhkan konsep iklan yang tidak sembarangan dan asal jadi. Harus merujuk pada kualifikasi yang perusahaan Anda butuhkan, dan membuat job deskripsi yang tepat sesuai posisi yang diiklankan.
Bagaimana membuat konsep contoh iklan lowongan kerja marketing yang menarik? Apa saja tips dan kualifikasi yang mungkin dibutuhkan?
Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat konsep iklan yang baik sesuai dengan kualifikasi dan job deskripsi marketing pada umumnya.
Baca juga: Contoh Iklan Lowongan Kerja Bahasa Inggris yang Tepat
Namun sebelum membuat iklan lowongan ini, ada baiknya Anda sebagai pengiklan mengetahui tips–tips menulis konsep contoh iklan lowongan kerja marketing yang baik berikut ini.
Daftar Isi
Tips Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan Marketing
Apa saja hal – hal yang perlu diperhatikan saat akan membuat iklan lowongan pekerjaan marketing ini? Bagaimana tata cara membuat iklan yang baik? Berikut tips–tipsnya:
Berikan judul iklan lowongan yang menarik.
Untuk dapat menarik perhatian para pencari kerja, Anda bisa membuat judul iklan lowongan yang menarik dan bersifat persuasif.
Contohnya adalah menyertakan kata ‘gaji menarik’ pada judul iklan. Atau memberi kalimat seperti: “Lowongan Kerja Marketing Gaji 4 Jutaan.”
Anda juga bisa membuat konsep judul iklan sendiri yang mungkin dapat disesuaikan dengan kualifikasi perusahaan atau bisnis Anda.
Buat persyaratan yang sederhana (singkat dan padat)
Sebaiknya menulis persyaratan dan kualifikasi sederhana untuk para pencari kerja. Jangan memberikan terlalu banyak persyaratan khususnya untuk posisi marketing ini.
Hal ini mengingat bahwa pekerjaan marketing adalah pekerjaan tipe lapangan dan bersifat ‘apa yang mereka dapatkan adalah gaji mereka’ maka persyaratan yang paling penting dan  dibutuhkan adalah misalnya syarat pengalaman, dan target penjualan.
Buat deskripsi job yang jelas dan lengkap
Sebelum pelamar tertarik dan melamar pada perusahaan Anda, terlebih dahulu ia akan melihat deskripsi job yang Anda paparkan melalui iklan. Hal inilah yang akan menjadi rujukan bagi si pelamar untuk tertarik melamar.
Oleh karena itu, pastikan deskripsi job mewakili isi pekerjaan yang Anda syaratkan bagi pelamar. Supaya pelamar tahu apa saja gambaran pekerjaan yang akan mereka lakukan jika diterima nantinya.
Sebaiknya jangan membohongi pelamar melalui deskripsi job ini. Contohnya, Anda memberikan tugas job pada calon karyawan yang tidak sesuai dengan deskripsi job di iklan.
Hal ini dapat merugikan dan menimbulkan kekecewaan pada pelamar sekaligus menurunkan citra perusahaan.
Sebaiknya menyertakan gaji dan tunjangan
Menyertakan gaji dan tunjangan yang menarik dapat membuat pelamar tertarik untuk melamar pada perusahaan Anda. Namun syarat ini bisa menjadi hal opsional bagi Anda.
Setelah memperhatikan tips di atas, berikut panduan menulis iklan lowongan pekerjaan marketing untuk Anda. Di bawah ini akan dikemukakan hal apa saja yang harus ada pada iklan lowongan kerja tersebut.
Hal yang Harus Ada Saat Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan Marketing
Untuk membuat iklan lowongan kerja marketing, elemen dan unsur kualifikasi di bawah ini wajib disertakan pada iklan lowongan yang dibuat perusahaan. Diantaranya adalah :
- Judul iklan lowongan
- Persyaratan/kualifikasi pelamar
- Tugas & tanggung jawab (job deskripsi)
- Penempatan kerja (area lokasi)
- Batas waktu kadaluarsa iklan lowongan pekerjaan
- Gaji dan tunjangan (opsional)
- Alamat email atau alamat perusahaan untuk proses masuknya lamaran
- Nomor kontak perusahaan (opsional)
- Deskripsi singkat profil perusahaan
9 unsur tersebut adalah konsep membuat iklan lowongan yang bisa menjadi panduan Anda untuk membuat iklan lowongan kerja marketing. Anda juga bisa melihat contoh iklan lowongan marketing yang telah dibuat di bawah ini.
Iklan Lowongan Marketing Area
Salah satu Contoh iklan lowongan kerja marketing berikut ini dibuat untuk pencari kerja posisi marketing area. Berikut contohnya :
PT Coffee Signature Indonesia
Merupakan perusahaan pemasaran kopi terbaik bercita rasa tinggi dari buatan lokal yang berkualitas. Kami sedang mencari kandidat pelamar untuk posisi marketing area Bandung. Berikut kualifikasinya:
Persyaratan:
- Â Pria maksimal 35 tahun
- Jujur dan bertanggung jawab
- Berpengalaman menjadi sales marketing minimal 2 tahun (lebih disukai)
- Mampu berkomunikasi dengan baik
- Mempunyai kendaraan
Tugas dan tanggung jawab :
- Membuat strategi pemasaran
- Mencari calon konsumen
- Memasarkan produk Coffe Sinature Indonesia pada calon konsumen
- Mencari mitra kerjasama
- Mampu bekerja sesuai target
- Mampu mencapai target penjualan perbulannya
Fasilitas :
- Gaji pokok
- Bonus Insentif
- Uang transportasi
Kirimkan lamaran pada email perusahaan kami melalui hrd.csi@gmail.com sebelum 30 April 2019.
PT Coffee Signature Indonesia
Alamat : Jl. Ciganitri Tengah No. 135 Bandung Timur
Iklan Lowongan Pekerjaan Marketing Restoran
Berikut Contoh iklan lowongan kerja marketing untuk sebuah perusahaan restoran :
Abu Dabi Restoran
Jl. Pasadena, Limbangan Garut
Membutuhkan staf marketing untuk memasarkan paket pada perusahaan lain. Berikut kualifikasinya:
Persyaratan :
- Pria/Wanita
- Lulusan SMA/SMK
- Mempunyai pengalaman marketing minimal 1 tahun
- Mempunyai kendaraan dan minimal SIM C
- Bisa berkomunikasi dengan baik
- Berpenampilan menarik
Tugas/ Tanggung Jawab :
- Mencari mitra kerjasama
- Memasarkan paket makanan pada perusahaan
- Bekerja sesuai target
Fasilitas gaji:
Gaji pokok, uang makan, dan uang pengganti transportasi.
Kirim lamaran ke alamat perusahaan, atau email pada hrd.Abudabiresto@gmail.com sebelum tanggal 15 April 2019.
Iklan Lowongan Pekerjaan Marketing Garment
Berikut Contoh iklan lowongan kerja marketing untuk perusahaan yang bergerak di bidang garment.
Indo Textile Indonesia
Jl. Taman Sari No. 223, Bandung
Kami membutuhkan staf marketing untuk dapat memasarkan produk tekstil/garmen kami pada perusahaan atau toko – toko di area Bandung. Kualifikasinya sebagai berikut :
Syarat:
- Laki – laki maksimal 35 tahun
- Pendidikan minimal SMA/SMK
- Fresh graduate welcome
- Memiliki kendaraan
- Jujur dan bertanggung jawab
- Mampu berkomunikasi dengan baik
Tugas:
- Memasarkan produk garmen pada toko – toko/ perusahaan di Bandung
- Mencari mitra kerjasama
Gaji menarik
Kirim lamaran segera pada alamat email kami hrd.textindo@gmail.com sebelum 28 Februari 2019.
Contoh Iklan Lowongan Kerja Marketing Klinik Kecantikan
Berikut adalah Contoh iklan lowongan kerja marketing pada sebuah perusahaan klinik kecantikan :
Solutacne Dermatology
Jl. Pasirkaliki No. 09 Bandung
Kami saat ini sedang membutuhkan staf marketing untuk memasarkan produk kecantikan kami dan memasarkan paket perawatan kecantikan yang kami miliki. Kualifikasinya sebagai berikut :
Persyaratan :
- Wanita maksimal 30 tahun
- Lulusan SMA/SMK
- Berpenampilan menarik
- Jujur dan bertanggung jawab
- Mampu berkomunikasi dengan baik
Job Deskripsi :
- Menyiapkan strategi pemasaran
- Memasarkan produk kecantikan klinik Solutacne Dermatology
- Memasarkan paket perawatan kecantikan
- Mampu bekerja sesuai target
- Ditempatkan di area Jakarta
Fasilitas Gaji :
- Gaji pokok
- Tunjangan
- Asuransi kesehatan
Kirim segera lamaran pada HRD kami, melalui email hrdsolutacne@gmail.com paling lambat sebelum 02 Mei 2019.
Contoh iklan lowongan kerja marketing di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk membuat konsep iklan yang baik. Konsep iklan yang baik juga terdiri dari unsur iklan yang harus diterapkan seperti judul iklan yang menarik, syarat dan tugas yang jelas, dan tawaran gaji yang menarik.
Baca juga: Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan dan Surat Lamarannya yang Baik dan Benar
Untuk mendapatkan pelamar yang mempunyai kualifikasi yang bagus, sebaiknya juga Anda memberi kualifikasi lengkap dan detail. Dan sepadankan dengan gaji yang ditawarkan. Jangan lupa melihat tips dan panduan tata cara iklan di atas sebelum Anda menerapkannya pada konsep iklan Anda.