4 Contoh Kata Pengantar Laporan, Penelitian, Kerja Lengkap

By | 11 Oktober 2019
Contoh Kata Pengantar Laporan

Apakah Anda sebelumnya pernah melihat isi dari kata pengantar seperti apa? Berbicara perihal laporan, biasanya kata pengantar menjadi salah satu bagian dari isinya.

Sebelum menulisnya, mengetahui contoh kata pengantar laporan mungkin diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memunculkan ide membuat kata pengantar dari laporan yang dibuat agar tidak keliru.

Pengertian Contoh Kata Pengantar Laporan

Sebuah laporan biasanya terdiri dari berbagai sub bab seperti kata pengantar, daftar isi, BAB I dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya, lapoan berisi paparan dari lapangan yang telah diamati dan ditulis segala hal berkenaan dengannya.

Kata pengantar merupakan prakata yang berisi ucapakan syukur, terima kasih dan juga ucapan lainnya. Kata demi kata disusun secara rapi. Dalam sebuah laporan, kata pengantar menjadi sesuatu hal yang perlu diperhatikan karena prakata ini juga penting untuk dicantumkan. 

Melalui kata pengantar maka penyusun dapat mengucapkan terima kasih pada beberapa pihak yang telah membantu selesainya laporan. Selain itu, memohon kritik dan saran juga bisa dicantumkan pada halaman kata pengantar. Laporan bukan sesuatu yang sempurna, oleh karena itu masukan diperlukan.

Komponen dalam Contoh Kata Pengantar Laporan

Setiap tulisan tentu memiliki beberapa komponen yang tercantum di dalamnya, termasuk pada sebuah kata pengantar. Beberapa komponen perlu diperhatikan ketika menuliskannya. Uraian berikut ini dapat menjadi contoh komponen kata pengantar yang diperlukan:

1. Judul

Judul yang dimaksud di sini adalah tulisan “Kata Pengantar” yang berada di bagian atas. Dengan menuliskan kata tersebut maka pembaca akan mengerti bahwa tulisan yang sedang dibaca merupakan kata pengantar bukan lainnya.

Setiap tulisan selayaknya mencantumkan judul untuk menarik minat para pembaca. Tanpa adanya judul mungkin pembaca akan merasa kebingungan sebenarnya inti dari tulisan ini itu apa. Karena keberadaannya sangatlah penting bagi tulisan jenis apapun.

Akan tetapi untuk judul ‘Kata Pengantar’ telah menjadi aturan baku dan tidak perlu diganti dengan judul lainnya.

2. Ucapan Syukur

Ucapan syukur ini perlu dicantumkan pada sebuah kata pengantar. Karena tulisan ini berisi tentang rangkaian kalimat yang akan mengantarkan pembaca pada tulisan selanjutnya. Sederhananya, kata pengantar ini menjadi pembuka dari isi laporan yang dibuat.

Mengucapkan syukur yang ditulis pada kata pengantar juga telah menjadi aturan yang biasa digunakan. Misalnya ucapan syukur atas nikmat yang telah diberikan pada Tuhan yang Maha Esa. Karena atas segala nikmatnya laporan ini bisa terselesaikan dengan baik. Ucapan ini diletakkan di bagian awal paragraf pertama.

3. Ucapan Terima Kasih Kepada beberapa Pihak

Ucapan selanjutnya yaitu, mengucapkan rasa terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan. Biasanya terdiri dari ucapan untuk rektor universitas, dekan, ketua jurusan, dan juga dosen pembimbing lapangan.

Ucapan ini telah menjadi suatu hal yang telah digunakan pada setiap kata pengantar. Penulis atau penyusun bisa menuliskan beberapa orang yang ingin dituju. Digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas selesainya laporan yang telah dikerjakan.

Biasanya, ucapan terima kasih dibuat dalam bentuk penomoran yang terstruktur dengan baik. Dalam membuat laporan, tentu terdapat beberapa pihak yang telah membantu dalam pengerjaan laporan. Baik membantu secara moril maupun non moril.

Untuk membuat sebuah karya tulis skripsi, maka ucapan terima kasih pada beberapa pihak perlu dilakukan. Karena sebagai rasa syukur telah terbantu jalannya penelitian.

4. Titi Mangsa

Titi mangsa di sini maksudnya adalah tempat dan tanggal kata pengantar dibuat. Sebuah kata pengantar layaknya sebuah surat yang berisi ucapan syukur dan terima kasih pada beberapa pihak. Maka perlu juga untuk mencantumkan titimangsa di akhir tulisan.

Dengan adanya titimangsa maka pembaca dapat mengetahui kapan tulisan dibuat oleh penulis atau penyusun. Tempat laporan ditulis pun juga bisa diketahui melalui kata pengantar ini. Karena sebuah kata pengantar berisi ungkapan penyusun terhadap pihak yang telah membantu.

Contoh Kata Pengantar Laporan

Sebuah laporan sudah sepatutnya dilengkapi juga dengan kata pengantar. Apabila Anda masih bingung dengan isi tulisan seperti apa, maka bisa mencari contoh kata pengantar laporan untuk mendapatkan pencerahan seputar isi dari kata pengantar.

Berikut beberapa contoh kata penganta yang bisa dijadikan percontohan:

1. Contoh Kata Pengantar Laporan Kerja

Laporan ini digunakan untuk kepentingan pekerjaan. Terutama berkaitan dengan beberapa proyek yang telah dilakukan. Terutama saat pekerjaan berkembang dengan pesat. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh di bawah ini:

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah tidak lupa Kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat ke pada makhluk ciptaannya. Setiap orang tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT.

Selain itu, Kami juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik kesehatan maupun pikiran.

Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula Kami dapat menyelesaikan penulisan Laporan Observasi dengan topik (isikan topik pekerjaan). Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak (sebutkan nama lengkap) selaku (sebutkan jabatan) (sebutkan tempat anda belajar atau bekerja)
  2. Bapak (sebutkan nama lengkap) selaku (sebutkan jabatan)
  3. Rekan kerja (sebutkan nama kelompok)
  4. Semua pihak yang turut membantu proses penyusunan Laporan Observasi ini.

Laporan kerja yang telah dibuat ini Kami susun dengan sebaik mungkin untuk melaporkan hasil kerja yang telah dilakukan. Apabila terdapat kekurangan dan kesalahan baik dari isinya maupun struktur, Kami dengan senang hati menerima kritik dan saran yang konstruktif sebagai perbaikan di kemudian hari.

Demikian laporan kerja ini Kami buat. Semoga dapat menjadi acuan untuk evaluasi terhadap program-program yang telah dicanangkan. Tidak lupa semoga laporan ini memberi manfaat baik bagi pembaca maupun penyusun. Amin

Blitar, 7 Oktober 2019  


Tim Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian

Kata pengantar laporan penelitian juga digunakan untuk memberi gambaran besar pada beberapa kegiatan yang dilakukan. Berikut contohnya:

KATA PENGANTAR

Puji serta syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan hidayah dan kenikmatan yang tidak terhingga, berupa kesehatan untuk menyelesaikan laporan penelitian ini dengan baik. Rasa syukur tidak hentinya Kami ucapkan kepada-Nya atas karunia yang telah dilimpahkan.

Dengan nikmat berupa kesehatan Kami dapat menyelesaikan penulisan Laporan Penelitian dengan baik. Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak (sebutkan nama) selaku rektor (sebutkan universitas tempat anda kuliah)
  2. Bapak (sebutkan nama) selaku Dosen Pengampu mata kuliah (sebutkan nama mata kuliah)
  3. Kepala Sekolah (nama kepala sekolah) yang telah meluangkan waktunya dan membimbing Kami selama penelitian.
  4. Teman-teman Kelas PAI 3-I yang selalu memberi semangat pada Kami untuk menyelesaikan laporan penelitian ini.
  5. Semua pihak yang turut membantu proses penyusunan Laporan Penelitian ini.

Laporan ini barangkali mungkin memiliki banyak kekurangan ataupun kesalahan baik dari segi struktur tulisan maupun isi. Untuk itu, kritik dan saran sangatlah Kami butuhkan sebagai bahan evaluasi di kemudian hari.

Demikian laporan ini Kami buat dengan sebaik-baiknya. semoga Laporan penelitian ini Semoga laporan ini memberikan manfaat bagi para pembaca yang ingin melakukan penelitian dan juga penyusun. Amin.

Blitar, 7 Oktober 2019  


Tim Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan Laba Rugi

Berikut contoh kata pengantar laporan laba rugi:

KATA PENGANTAR

Puji serta kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat pada semua makhluk-Nya. Begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dan tidak terhitung jumlahnya. Selain itu, Kami juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik kesehatan maupun pikiran.

Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula Kami dapat menyelesaikan penulisan Laporan Observasi dengan topik (isikan topik laba rugi). Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak selaku (sebutkan nama)  pimpinan (nama perusahaan)
  2. Bapak (nama pimpinan) selaku (jabatan pimpinan)
  3. Pembimbing yang sudi meluangkan waktunya dan membimbing Kami selama menganalisa laba rugi.
  4. Semua pihak yang turut membantu proses penyusunan Laporan laba rugi

Kami menyadari dalam membuat laporan laba rugi bukanlah perkara yang mudah. Saran dan kritik yang membangun sangat Kami harapkan dari pembaca sekalian agar kelak bisa dijadikan bahan evaluasi di kemudian hari.

Demikian semoga Laporan laba rugi ini dibuat. Semoga memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi Kami. Amin

Blitar, 7 Oktober 2019  


Tim Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan Skripsi

Berikut contoh laporan kata pengantar pada skripsi:

KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang tidak terhingga Kami haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan begitu banyak nikmat kepada setiap makhluk-Nya. Yang terkadang tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan.

Selain itu Kami juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik kesehatan maupun pikiran. Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula Kami dapat menyelesaikan penulisan Laporan skripsi dengan baik. Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak (nama rektor) selaku rektor (univesitas)
  2. Bapak (nama dekan) selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (nama universitas)
  3. Bapak (nama ketua jurusan) selaku Ketua Jurusan (jurusan yang diambil)
  4. Bapak (nama pembimbing) selaku Dosen Pembimbing Skripsi
  5. Kepala Sekolah (tempat penelitian) yang telah meluangkan waktunya dan membimbing Kami selama observasi.
  6. Kedua orangtua yang telah memberi dukungan baik moril maupun non moril
  7. Segenap guru (nama sekolah) yang telah membantu dalam proses penelitian.
  8. Teman-teman Kelas 3-I yang selalu memberi semangat pada Kami untuk menyelesaikan tugas laporan skripsi ini.
  9. Semua pihak yang turut membantu proses penyusunan Laporan Skripsi ini.

Penulis beharap semoga kebaikan yang telah dilakukan oleh mereka diterima oleh Tuhan yang Maha Esa sebagai catatan amal kebaikan. Pada akhinya, karya tulis ini penulis suguhkan bagi pembaca sekalian.

Saya menyadari bahwa lapoan skripsi ini masih jauh dari sempuna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangatlah diharapkan untuk kemudian dijadikan bahan evaluasi.

Demikian laporan skripsi ini dibuat dengan sebaik-baiknya. Semoga karya ini bermanfaat bagi pembaca maupun penulis serta mendapatkan ridha Allah SWT. Amin.

Blitar, 7 Oktober 2019  


Tim Penyusun

Informasi di atas berkenaan dengan contoh kata pengantar laporan bisa menjadi gambaran sebelum menulis aslinya. Akan tetapi, semua itu hanya berupa contoh. Tentu Anda akan lebih baik lagi dalam membuat sebuah kata pengantar yang resmi.

Baca Juga: Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *