Contoh Surat Izin Kuliah dan Cara Membuatnya

By | 24 Januari 2020
Loading...

Contoh Surat Izin Kuliah – Hal yang biasanya dilakukan mahasiswa jika tidak bisa mengikuti perkuliahan karena ada keperluan penting adalah dengan membuat surat izin kuliah.

Dengan surat izin kuliah yang dibuat, maka mahasiswa dapat diperbolehkan untuk tidak mengikuti perkuliahan tanpa perlu membolos ataupun melanggar peraturan yang ada di kampus. Sehingga absensi mahasiswa akan tetap baik, dimana jika absensi mahasiswa buruk tentu akan berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa selama kuliah.

Bagi mahasiswa yang masih beranggapan bahwa membuat surat izin kuliah itu sulit, sepertinya mahasiswa tersebut harus secepatnya menghilangkan anggapan tersebut. Karena pada kenyataanya membuat surat izin kuliah itu mudah bahkan bisa juga ditulis tangan.

Adapun hal penting yang ada didalam surat izin kuliah hampir sama seperti hal penting yang ada didalam surat izin lainnya, dari mulai penerima surat bahkan sampai penutup surat. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai hal-hal penting yang ada didalam surat izin kuliah, langsung saja lihat informasi berikut ini.

Hal Penting Dalam Surat Izin Kuliah

Ada beberapa hal penting yang harus ada didalam surat izin kuliah. Hal tersebut bisa dilihat dibawah ini.

Loading...

1. Penerima Surat Izin Kuliah

Salah satu hal penting yang harus ada didalam surat izin kulaih adalah adanya penerima surat izin kuliah. Jika tidak ada penerima surat izin kuliah maka surat tersebut tidak bisa digunakan. Untuk penulisan penerima surat izin kuliah diawanli dengan menggunakan kalimat Dengan Hormat ataupun Yang Terhormat kemudian diikuti dengan nama penerima surat izin kuliah.

2. Salam Pembuka Surat Izin Kuliah

Salam pembuka yang ada didalam surat izin kulaih biasanya menggunakan kalimat assalamualikum wr wb atau selamat pagi bahkan bisa juga menggunakan kalimat dengan hormat. Dimana salam pembuka yang ada didalam surat izin kuliah bertujuan untuk memberikan penghormatan sekaligus memberikan doa kepada penerima surat izin kuliah.

3. Isi Surat Izin Kuliah

Isi surat merupakan hal penting yang harus ada didalam surat izin kuliah. Dimana isi surat izin kuliah merupakan inti ataupun tujuan dibuatnya surat izin kuliah oleh mahasiswa. Ada beberapa informasi yang ada didalam isi surat izin kuliah.

Loading...

Informasi tersebut meliputi nama lengkap mahasiswa yang membuat surat izin kuliah. Selain itu ada juga informasi mengenai NIM mahasiswa tersbut serta informasi mengenai program studi hingga fakultas yang diambil oleh mahasiswa yang membuat surat izin kuliah tersebut.

Loading...

4. Penutup Surat Izin Kuliah

Selain ada penerima surat, salam pembuka dan juga isi surat izin kuliah. Didalam surat izin kulaih juga memliliki bagian penutup surat. Biasanya penutup surat izin kuliah berupa ucapak terima kasih ataupun ucapan syukur dari mahasiswa yang membuat surat izin kuliah tersebut.

Dengan adanya beberapa informasi diatas mengenai surat izin kuliah terutama mengenai hal-hal apa saja yang ada didalam surat izin kuliah. Tentu diharapkan dapat memberikan manfaat serta pencerahan kepada mahasiswa lain yang masih belum bisa ataupun masih bingung mengenai bagaimana cara membuat surat izin kuliah.

Supaya mahasiswa semakin jelas mengenai bagaimana cara membuat surat izin kuliah, mungkin bisa menyimak contoh surat izin kuliah dibawah ini.

Contoh Surat Izin Kuliah

Biasanya ada berbagai macam alasan ataupun penyebab mahasiswa membuat surat izin kuliah. Salah satu alasan atau penyebab mahasiswa membuat surat izin kuliah adalah sakit. Berikut ini ada contoh surat izin kuliah dikarenakan sakit.

Jakarta, 12 Maret 2019

Loading...

 

Yang Terhormat

Bapak Susilo S.Kom M.Si

Universitas Jaya Raya

Jln. Raya Bersama No.12 Duren Kelapa, Jakarta

 

Assalamualikum wr wb

Dengan hormat,

Sya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap  : Bambang Barokah

NIM                       : 1490938

Program Studi   : Pendidikan Manajemen Informatika

Fakultas               : Manajemen dan Informatika

 

Dengan ini ingin menyampaikan kepada bapak Susilo S.Kom M.Si bahwasanya pada hari 13 Maret saya tidak bisa  mengikuti beberapa perkuliahan dikampus dikarenakan sakit. Bersama ini saya lampirkan surat keterangan dokter sebagai bukti.

 

Demikian surat izin ini saya buat, atas izin dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualikum wr wb

 

Hormat Saya

Bambang Barokah

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *