Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Dan Cara Membuatnya

By | 25 Januari 2020
Loading...

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa– Surat rekomendasi merupakan surat yang biasa digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada sesorang yang ingin melakukan sesuatu seperti melamar kerja ataupun hal lain sebagainya. Surat rekomendasi dikeluarkan oleh perusahaan, instansi ataupun lembaga tertetntu.

Dengan surat rekomendasi yang dimiliki sesorang dari sebuah instansi, lembaga ataupun perusahaan maka akan memudahkan orang tersebut dalam menyelesaikan, melakukan tugas ataupun untuk mendapatkan beasiswa.

Pasalnya selain berguna untuk melamar pekerjaan, surat rekomendasi juga berguna untuk memudahkan siswa mendapatkan beasiswa. Dengan surat rekomendasi beasiswa yang dimiliki, bukan hal yang musatahil siswa tersebut bisa mendapatkan beasiswa.

Surat rekomendasi sendiri memiliki susunan tertentu yang beberbeda dengan susunan surat pada umumnya.  Dimana susunan pada surat rekomendasi biasanya terdiri dari kop surat, judul surat, tanggal dan nomer surat, isi surat, penutup serta tanda tangan dan stempel.

Selain memiliki susunan yang berbeda dari surat pada umumnya, surat rekomendasi juga memliki beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Dimana hal tersebut harus ada didalam isi surat rekomendasi.

Loading...

Untuk lebih jelasnya mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan dan harus ada didalam isi surat rekomendasi, langsung saja simak informasinya dibawah ini.

Hal Penting Dalam Surat Rekomendasi

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa surat rekomendasi berbeda dengan surat yang ada pada umumnya. Terutama dalam hal isi surat tersebut, dimana isi surat rekomendasi memiliki beberapa bagian penting yang harus ada didalamnya.

1. Data Orang

Salah satu hal penting yang harus ada didalam surat rekomendasi baik rekomendasi kerja ataupun rekomendasi beasiswa dan rekoemndasi lainnya adalah data orang yang direkomendasikan. Data orang yang direkomendasikan harus ada didalam surat rekomendasi, dimana didalam data orang yang direkomendasikan biasanya terdiri dari infromasi berupa nama orang, tempat dan tanggal lahir serta beberapa informasi penting lainnya.

2. Deskripsi Orang

Hal lain yang harus ada didalam isi surat rekomendasi adalah deskripsi ataupun penjelasan mengenai orang yang direkomendasikan. Maksudnya adalah ada deskripsi atau penjelasan dari orang yang direkomendasikan seperti hal positif apa yang sudah dilakukan orang tersebut, bagaimana kepribadiannya, proses kerjanya seperti apa dan hal lainnya yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah kepada orang yang direkomendasikan.

Loading...

3. Motivasi

Adapun hal lain yang bisa dimasukan didalam isi surat rekoemndasi adalah motivasi orang yang direkomendasikan. Misalnya surat rekomendasi beasiswa, didalam isi surat rekomendasi tersebut harus ada informasi yang berisi motivasi siswa yang direkomendasikan kenapa ingin mendapatkan beasiswa tersebut.

Loading...

4. Prestasi Dan Kemampuan

Selain beberapa hal diatas, ada juga hal penting lainnya yang penting dan harus ada didalam isi surat rekoemndasi. Hal tersebut adalah informasi mengenai prestasi dan juga kemampuan yang dimiliki oleh orang yang direkomendasikan.

Dengan adanya informasi mengenai prestasi dan juga kemampuan yang dimiliki didalam isi surat rekomendasi, tentu akan menambah kepercayaan bagi orang yang direkomendasikan. Dengan begitu orang yang membaca atau menerima sura rekomendasi tersebut akan lebih tertarik lagi untuk menerima orang tersebut.

Setelah mengetahui tentang susunan surat rekomendasi yang baik serta hal penting apa saja yang harus ada didalam surat rekomendasi, tentu akan membuat kalian lebih mengerti lagi mengenai bagaimana cara membuat surat rekomendasi yang baik. Supaya kalain lebih jelas dan paham mengenai surat rekomendasi yang baik, ada baimnya kalian melihat contoh surat rekomendasi beasiswa yang ada dibawah ini.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Adapun yang dimaksud dengan surat rekomendasi beasiswa adalah surat yang dikeluarkan oleh sebuah instansi ataupun lembaga dengan tujuan untuk memberikan penjelasan ataupun menerangkan kepada penerima surat bahwa pemegang surat merupakan orang yang berhak untuk menerima dan mendapatkan bantuan atau beasiswa tersebut.

Loading...

DEPARTEMEN PENDIDIKAN

SMA SEJAHTERA 1

Jalan TM. Umar No.22 Sorok, Singkawang Utara

Telepon :021-389023. Fax : 075899087 email : smas1sorok@gmail.com

 

Hal : Surat Rekomendasi

Nomor : 109/SMAS/1SRK/11/2020

Yang bertanda tang dibawah ini, Kepala Sekolah SMA Sejahtera 1

Nama                    : Soleh S.Pd

NIP                         : 993098302

Jabatan                : Kepala Sekolah SMA Sejahtera 1

 

Memeberikan rekomendasi kepada siswa kami :

Nama                    : Tut Wuri H

Jenis Kelamin     : Laki-laki

TTL                         : Sorok, 21 April 2000

NIS                         : 290392

Kelas                     : XII IPA 2

Agama                  : Islam

Alamat                  : Jln Raya Sorok, Gang Sempit, Sorok Singkawang Utara

 

Bahwa siswa yang bersangkutan adalah siswa SMA Sejahtera 1 yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang baik sehingga layak untuk bisa mendapatkan beasiswa. Prestasi yang diraih dari segi akademik ataupun non akademik cukup banyak. Berikut ini ada beberapa prestasinya selama di sekolah.

Juara 1 Lomba Pantun Tingkat Nasional

Juara 1 Lomba Menyanyi Tingkat Kabupaten

 

Demikian surat rekomendasi ini dibuat sedemikian rupa, agar digunakan sebagaimana mestinya.

Sorok, 12 Mei 2019

 

Kepala Sekolah

Soleh S.Pd

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *