Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

By | 30 September 2018

Pendidikan menjadi sebuah dunia yang tidak pernah ada habisnya. Semakin tinggi jenjang pendidikannya justru semakin rendah kuantitas pengajar. Sehingga banyak lowongan dosen yang hingga sekarang tetap dibutuhkan seiring perkembangan zaman. Di bawah ini ada beberapa contoh surat lamaran kerja dosen yang bisa Anda gunakan untuk membuat surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen

Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen yang baik dan benar, penting dan menentukan.

Tahun 2018 ini berbagai macam lowongan sebagai dosen di beberapa PTN/PTS banyak tersebar, baik sebagai dosen tetap maupun dosen tidak tetap. Anda bisa menyesuaikan dengan kegiatan sehari-hari Anda. Menjadi dosen tetap non PNS pun jadi pilihan banyak orang di tengah sulitnya menembus pendaftaran CPNS. Nah, contoh surat lamaran kerja sebagai dosen tentu kami pilihkan dengan format yang baik dan benar. Kami sertakan pula contohnya dalam bahasa Inggris, khusus bagi Anda yang melamar posisi dosen Bahasa Inggris.

By the way, buat anda yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan mudah dan cepat melalui metode simple, bisa mencoba produk yang satu ini!…

Meskipun berbagai macam peran harus dilaksanakan oleh dosen, beberapa keuntungan lain dapat Anda peroleh. Apalagi jika pendidikan Anda sudah masuk kualifikasi untuk bisa memasuki peran sebagai dosen.

Berbagai PTN atau PTS banyak yang membutuhkan tenaga pengajar untuk memenuhi kebutuhan. Anda bisa mencoba mendaftar ketika terdapat pembukaan lowongan kerja sebagai dosen. Berbagai macam syarat harus Anda penuhi terlebih dahulu sebelum Anda membuat surat lamaran kerja dosen.

Persyaratan Mendaftar Dosen

Beberapa perguruan tinggi sebagian besar mensyaratkan beberapa dokumen yang hampir sama dengan yang lainnya. Meskipun dalam rekrutmen dosen PTN terdapat persyaratan yang lebih ketat dibandingkan dengan rekrutmen dosen di PTS, tetapi secara praktik tidak 100% dilaksanakan. Hal ini karena minimnya tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi seperti pada draf peraturan Kemendikbud tahun 2012.

Untuk mendaftar sebagai dosen di PTN/PTS ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Diantaranya adalah surat lamaran kerja seperti dalam contoh surat lamaran kerja dosen di bawah. Bisa Anda download dan kembangkan penulisannya sesuai kebutuhan. Untuk menguatkan surat lamaran tersebut, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen yang harus dilampirkan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Dokumen pertama yang harus disiapkan adalah ijazah dan transkrip nilai dengan minimal jenjang pendidikan magister/S2. Beberapa perguruan tinggi juga mensyaratkan adanya pendidikan yang linier antara pendidikan sarjana dengan pendidikan magister. Selain itu, bagi yang berijazah luar negeri harus menyiapkan penyetaraan ijazah dari Dikti.

Selain itu, Anda juga akan diminta menunjukkan skor TOEFL dengan skor minimal 500 ataupun IELTS dengan skor minimal 5,5. Syarat menyertakan nilai TOEFL/IELTS bukanlah hal yang mutlak. Karena nilai tersebut hanya digunakan untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris Anda. Tapi sepertinya akan jadi hal wajib jika Anda melamar sebagai dosen Bahasa Inggris.

Beberapa dokumen penyerta lain juga bisa disiapkan untuk memperkuat kemampuan Anda. Anda bisa menyertakan berbagai macam sertifikat diklat ataupun jurnal terpublikasi yang menyertakan artikel ilmiah Anda. Dokumen lain seperti SKCK, pas foto, dan kartu tanda pengenal bisa Anda sertakan dalam lampiran surat lamaran kerja Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Berikut ini contoh surat lamaran kerja dosen yang baik dan benar dalam Bahasa Indonesia.

contoh surat lamaran kerja dosen

Contoh surat lamaran kerja dosen format Bahasa Indonesia.

Selanjutnya adalah contoh surat lamaran kerja dosen dalam Bahasa Inggris.

contoh surat lamaran kerja dosen

Contoh surat lamaran kerja dosen Bahasa Inggris.

Contoh surat lamaran menjadi dosen seperti di atas dapat Anda tiru. Jadi, meskipun contoh ini tidak dalam format doc ataupun PDF Anda bisa mengetiknya. Ingat, sebaiknya jangan membuat surat lamaran kerja dosen tulisan tangan karena masa sekarang lebih mementingkan dokumen dalam bentuk file.

Keuntungan Menjadi Dosen

Meskipun memiliki persyaratan yang jauh lebih berat dibandingkan persyaratan lowongan kerja lainnya, beberapa manfaat menjadi dosen bisa Anda capai. Selain memiliki gaji yang memuaskan, berbagai macam pengalaman juga akan Anda dapatkan dengan menjadi seorang dosen.

Menjadi seorang dosen akan melatih Anda untuk memiliki peran lebih dalam kehidupan. Anda tidak hanya berkontribusi untuk instansi tempat mengajar. Tetapi Anda juga berkontribusi dalam memberikan pendidikan kepada mahasiswa dan pengabdian ke masyarakat.

Anda juga akan bertemu dengan banyak orang untuk menjalin mitra pendidikan ataupun rekan di saat Anda mengikuti seminar ataupun diklat. Hal ini akan menjadikan banyak pengalaman baru. Karena Anda tak hanya berinteraksi dengan mahasiswa dan rekan kantor, tetapi juga dengan masyarakat ataupun rekan dari instansi lain yang lebih luas.

Meskipun terlihat memberatkan, menjadi dosen akan membantu kondisi finansial Anda lebih baik. Dengan menjadi dosen, Anda akan mendapat berbagai macam tunjangan yang akan membantu perekonomian keluarga menjadi lebih sejahtera. Selain itu, kesempatan mendapatkan sertifikasi dosen sebagai gaji tambahan jauh lebih besar setelah Anda lulus tes.

Anda juga akan mendapat keuntungan non materi lebih banyak ketika menjadi dosen. Anda akan lebih banyak belajar dan mendapatkan pengalaman langsung untuk kemudian disampaikan kepada mahasiswa. Sehingga ilmu yang Anda sampaikan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Beragam contoh surat lamaran kerja dosen bisa Anda gunakan sebagai rujukan mengikuti recruitment dosen. Anda juga harus memperhatikan secara detil kualifikasi yang diajukan oleh PTN/PTS sebelum Anda mengirimkan berkas lamaran ke PTN/PTS yang bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *