5 Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style Dan Tips Penulisannya!

By | 4 April 2019

Melamar pekerjaan di sebuah perusahaan maupun instansi mengharuskan pelamar untuk membawa surat lamaran pekerjaan yang ditujukan kepada pimpinan dari perusahaan yang dituju.

Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style

Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style

Dulu surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis tangan oleh pelamar, tapi sekarang sudah mengalami perkembangan. Salah satunya surat lamaran kerja semi block style. Lihat contoh surat lamaran kerja semi block style pada ulasan ini biar lebih paham:

Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Jenis surat sendiri memang bermacam-macam ada surat pribadi, surat niaga, surat dinas dan juga surat resmi. Seperti yang sudah disinggung sedikit tadi di atas, bahwa surat merupakan salah satu contoh surat resmi atau surat dinas. Jadi ada beberapa prosedur atau aturan yang harus diikuti saat membuat surat lamaran pekerjaan. Di sini surat pekerjaan masih terbagi lagi menjadi dua yaitu surat lamaran pekerjaan gabungan dan surat lamaran pekerjaan terpisah.

Surat Lamaran Pekerjaan Gabungan

Untuk jenis pertama yakni surat lamaran pekerjaan gabungan di sini cara penulisannya ialah riwayat hidup lengkap merupakan satu kesatuan dengan isi surat lamaran pekerjaan. Jenis yang pertama ini membuat pelamar harus menulis permohonan lamaran pekerjaan yang juga digabung dengan riwayat hidup lengkap. Oleh sebab itulah nama surat dengan cara ini disebut jenis gabungan.

Surat Lamaran Pekerjaan Terpisah

Jika jenis surat lamaran pekerjaan gabungan artinya riwayat hidup lengkap merupakan bagian dari isi surat, maka untuk surat lamaran pekerjaan terpisah daftar riwayat hidup lengkap ditulis secara terpisah dari surat lamaran pekerjaan. Daftar riwayat hidup nantinya akan menjadi lampiran surat oleh karena itu disebut surat lamaran pekerjaan terpisah.

Perbedaan Kedua Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Dari kedua jenis surat lamaran kerja di atas yang umum dan lebih banyak diminati pelamar adalah jenis yang kedua atau yang terpisah. Hal ini karena penulisan surat lamaran kerja tidak terlalu panjang meski pada akhirnya proses pembuatannya memakan waktu dan sama dengan kerja dua kali.

Namun, di sisi lain hal ini lebih rapi serta tidak membuat informasi yang diberikan jadi tumpang tindih dan membingungkan nantinya. Yang menerima surat lamaran kerja dengan jenis terpisah ini juga akan dimudahkan dalam mengetahui data diri pelamar karena daftar riwayat hidup ditulis secara terpisah.

Di sini ada beberapa bentuk atau model surat yang biasa digunakan untuk penulisan surat lamaran pekerjaan. Sudah pernah dengar contoh surat lamaran kerja semi block style? Nah, itu adalah salah satu bentuk dari surat lamaran yang tergantung dari tata letak pada saat pembuatan surat. Lalu apa saja bentuk-bentuk surat lamaran pekerjaan?

Beragam Bentuk Surat Lamaran Kerja

Perlu diketahui bentuk surat tidak hanya digunakan pada surat lamaran kerja saja. Bentuk surat berikut ini adalah pola surat yang dilihat berdasarkan dari susunan tata letak serta bagian-bagian surat. Bentuk surat berikut ini biasa digunakan untuk surat kedinasan, organisasi, dan juga pekerjaan. Setiap bentuk surat memiliki polanya sendiri dan di sini ada lima macam bentuk surat yang bisa diterapkan pada surat lamaran kerja.

1. Bentuk Full Block Style

Pola atau bentuk surat yang pertama adalah Full Block Style atau lebih mudah disebut dengan bentuk lurus penuh. Dalam pembuatan surat lamaran kerja dengan bentuk ini maka cara penulisannya adalah semua bagian-bagian surat dari awal sampai akhir berada disebelah kiri.

2. Bentuk Block Style

Bentuk surat lamaran kerja yang kedua adalah Block Style atau lurus. Tidak jauh berbeda hanya saja letak tanggal, tanda tangan dan nama terang berada di sebelah kanan.

3. Bentuk Semi Block Style

Bentuk surat lamaran kerja yang ketiga adalah Semi Block Style atau setengah lurus. Untuk bentuk surat yang satu ini lebih sering digunakan baik oleh pelamar dan juga perusahaan untuk surat menyurat. Yang membedakan bentuk ini dengan bentuk lurus adalah cara penulisan isi surat dimana setiap alinea barunya menjorok ke dalam.

4. Bentuk Indented Style

Bentuk surat yang keempat adalah bentuk surat dengan penulisan alamat yang berbentuk seperti tangga dan setiap alinea baru menjorok ke dalam.

5. Bentuk Hanging Paragraph

Untuk bentuk surat yang satu ini mirip dengan bentuk surat yang kedua atau block style. Yang membedakan adalah pada cara penulisan isi surat dimana alinea baru berada di rata kiri namun untuk baris berikutnya menjorok ke dalam.

Sistematika Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui bentuk-bentuk surat ada juga yang perlu diketahui agar bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Sistematika dari penulisan surat lamaran kerja harus diperhatikan agar surat tidak memiliki format yang salah.

Pertama ialah tanggal pembuatan surat, letaknya sebaiknya berada di atas pojok kanan tanpa diakhiri tanda baca titik. Kedua saat menulis alamat juga tidak diakhiri dengan tanda baca titik. Salam pembuka menggunakan “Dengan hormat,” lalu isi surat ditulis dibawah kata pembuka.

Isi surat harus menggunakan bahasa yang formal karena surat lamaran ini adalah surat resmi sehingga bahasa resmi yang harus digunakan di sini. Tidak lupa untuk menggunakan pilihan kata yang sopan dan tidak berlebihan.

Dalam penutup surat disarankan untuk menunjukkan rasa antusias pada perusahaan yang dilamar. Disusul dengan kalimat penutup yang mengucapkan rasa terima kasih serta diakhiri dengan tanda tangan dan nama terang pembuat surat lamaran.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Agar lebih mudah dalam menulis surat lamaran kerja yang baik berikut ini ada sedikit tips untuk membuatnya. Ada beberapa hal yang harus lebih diperhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja, agar surat tersebut tidak salah penulisan dan sesuai dengan tujuan.

1. Perhatikan Bahasa

Mengingat surat lamaran kerja merupakan salah satu bagian dari surat resmi jadi penulisannya harus menggunakan bahasa yang formal,baku, serta sopan.  Selain itu perlu juga untuk diperhatikan, harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD.

2. Perhatikan Kalimat

Untuk penggunaan kalimat dalam surat lamaran kerja baiknya jangan sampai kalimatnya berbelit-belit atau bertele-tele. Gunakan kalimat yang efektif agar pimpinan perusahaan tempat melamar kerja membaca surat lamaran dengan mudah dan tidak bingung.

3. Pemilihan Kata

Selain memperhatikan bahasa yang formal, kalimat yang efektif, pemilihan kata yang sesuai juga sangat penting di sini. Gunakan kata yang sewajarnya dan tidak melebih-lebihkan atau hiperbola saat menulis surat lamaran kerja terutama pada bagian penutup surat.

4. Sistematika Penulisan

Mengingat surat lamaran kerja merupakan surat resmi sudah semestinya untuk sangat memperhatikan sistematika penulisan surat resmi seperti apa. Jangan sampai ada bagian-bagian surat yang terlewatkan. Mulai dari tanggal hingga nama terang setelah tanda tangan.

5. Bersih

Pastikan untuk membuat surat lamaran kerja di kertas yang bersih dan rapi. Kerapihan dalam penulisan surat lamaran kerja nantinya akan memberikan nilai tambahan tersendiri bagi si pelamar. Jangan sampai surat lamaran kotor atau kusut saat diserahkan kepada pimpinan perusahaan tempat melamar kerja.

Nah dari ulasan di atas dapat dilihat ada dua jenis surat lamaran kerja serta beberapa bentuk atau model dari surat lamaran kerja itu. Untuk jenis yang sering digunakan adalah jenis terpisah dimana surat lamaran dan daftar riwayat hidup tidak menjadi satu kesatuan. Sementara itu untuk bentuk yang biasa digunakan dalam surat lamaran kerja adalah bentuk semi block style.

Berikut ini ada beberapa contoh surat lamaran kerja semi block style yang umum digunakan oleh pelamar kerja dan lebih disukai oleh perusahaan dan juga instansi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style 1:

Surabaya, 2 April 2018

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Manajer HRD Mujur Perkasa Raya

Jl. M. Husni. Thamrin No. 18

Surabaya

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari PT. Mujur Perkasa Raya, Pada harian Republika tanggal 30 Maret 2018. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Accounting di PT. Mujur Perkasa Raya.

Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama                                     : Ahmad Hazmi, SE

Tempat, Tanggal Lahir       : Kendari, 18 Desember 1996

Pendidikan Terakhir           : Universitas Brawijaya (S1)

Alamat                                   : Jl. RA. Kartini, No. 13 Jakarta Timur

Telepon                                 : 082344819912

E-mail                                    : [email protected]

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancar berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis. Predikat lulusan di disiplin ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan serta memiliki kemampuan akuntansi yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer, memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi paket MS Office, internet, serta surat-menyurat dalam Bahasa Inggris. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkip nilai.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Ahmad Hazmi, SE

Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style 2:

Malang, 30 Maret 2018

Kepada Yth.

HRD PT Barokah Teknik

Jl. Surabaya km 67 Malang

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang telah saya dapatkan dari sebuah surat kabar Radar Malang maka dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Saudara pimpin sebagai Staff Administrasi sesuai dengan yang Saudara butuhkan untuk perusahaan.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                              : Nurul Ika Ramadhan

Tempat, Tanggal Lahir: Malang 8 September 1992

Pendidikan                     : S1 administrasi

Nomor HP                       : 089789668899

Alamat                              : Jl Durian no 206 RT 01 RW 05 Ketindan, Malang

Sekarang ini saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai Staff Administrasi di salah satu perusahaan, dan dengan ini saya menyatakan saya siap memberikan semua dedikasi serta kompetensi yang ada pada diri saya. Saya memiliki kemampuan dan keahlian dalam mengoperasikan software perkantoran dan juga kemampuan serta keahlian dalam berbahasa Inggris baik itu pasif atau aktif.

Saya akan melampirkan beberapa berkas sebagai bahan pertimbangan Saudara:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Pas Foto
  3. Foto copy ijazah terakhir
  4. Foto copy transkip nilai
  5. Fotocopy identitas diri atau KTP
  6. Surat Pengalaman kerja
  7. Surat Keterangan Sehat

Besar harapan saya untuk bisa diberikan kesempatan dalam tahap selanjutnya agar saya bisa menjelaskan dan menunjukkan kemampuan serta keahlian saya secara langsung dan detail.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Saudara saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

Nurul ika Ramadhan

Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style 3:

Jakarta, 13 Maret 2018

Kepada Yth.,

Bpk / Ibu Personalia

Maju Jaya Sejahtera

Jl. Jombang No 88

Jakarta Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Maju Jaya Sejahtera yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 9 Maret 2018. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Maju Terus Pantang Mundur.

Berikut ini adalah data singkat saya

Nama                             : Diki Afian

Tempat / tgl. lahir       : Bojonegoro, 05 mei 1999

Pendidikan Terakhir   : SMK

Alamat                            : Jl Penggangsaan Timur No 56

Telepon (HP)                 : 081234567891

Status                              : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy ijazah SMK
  3. Foto copy transkip nilai
  4. Pas photo yang terbaru
  5. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,

Diki Afian

Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style 4:

Tuban, 13 Maret 2018

Kepada Yth :
Bapak / Ibu Pimpinan
PT. Maju Sejahtera
di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya lulusan D3, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :

  1. Foto Copy Ijazah Terakhir  1 Lembar
  2. Pas Photo 4 x 6                  1 Lembar
  3. Foto Copy KTP                 1 Lembar
  4. Daftar Riwayat Hidup         1 Lembar

Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

 Hormat Saya,

Pandu Widodo

Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style 5:

                                                                                                                                     Solo, 16 Januari 2018

Perihal : Lamaran pekerjaan

Lampiran :Satu berkas

Yth. Direktur PT MAYORA

Jalan Mawar No. 28

Solo

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya baca dari website resmi Mayora pada tanggal 10 Januari 2018 bahwasanya PT. MAYORA membuka lowongan pekerjaan. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. MAYORA.

Berikut ini adalah biodata singkat saya:

Nama : Shakira, S.T

Alamat : Kp. Cimanuk RT 23 RW 05 Desa Cintarasa Kec. Cintarasa Solo

Tempat/tanggal lahir : Tasikmalaya, 10 Juni 1993

Lulusan : S1 Teknik Informatika

No. HP : 085256859655

Sebagai bahan pertimbangan, kiranya saya lampirkan:

Daftar riwayat hidup;

Fotokopi ijazah S1;

Fotokopi transkip nilai;

Pas foto yang terbaru.

Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan; dan

Besar harapan saya untuk diterima dan segera untuk mengabdi di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Shakira, S.T

Nah, itu dia beberapa contoh untuk surat lamaran kerja dengan bentuk setengah lurus serta menggunakan jenis terpisah dimana Daftar Riwayat Hidup disertakan pada lampiran. Semoga ulasan ini membantu ya. Salam sukses!

One thought on “5 Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style Dan Tips Penulisannya!

  1. Ruth Taruli Silitonga

    Sebaiknya dibuat cara penulisan lamaran pekerjaan menurut jenis-jenis penulisannya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *