Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan, Khusus Pencari Kerja

By | 22 September 2018

Menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan mungkin saat ini sudah semakin jarang. Meskipun demikian masih ada saja perusahaan yang menggunakan sistem ini. Karena itu tak ada salahnya kali ini kami akan bagikan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar. Anda bisa menggunakan contoh ini untuk membuat surat lamaran pekerjaan di PT, toko, pabrik hingga hotel. Tidak hanya dalam Bahasa Indonesia, namun tersedia juga contoh dalam Bahasa Inggris.

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Meskipun jarang, masih ada saja yang menyaratkan surat lamaran kerja tulis tangan.

Alasan Surat Lamaran Kerja Ditulis Tangan

Kenapa harus menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan? Alasannya tentu beda-beda, tergantung perusahaannya maupun dari sisi pelamar. Dari pihak perusahaan, syarat membuat surat lamaran dengan memakai tulisan tangan salah satunya karena menjadi poin penilaian kepribadian. Karena dari tulisan manual juga bisa menyiratkan kepribadian seorang calon pekerja.

Surat lamaran yang ditulis tangan alias manual juga dianggap menunjukkan keseriusan pelamar. Bagaimana si pelamar harus menyusun huruf demi huruf hingga menjadi barisan kalimat yang rapi, baik, dan nyaman dibaca. Dari sinilah pihak perusahaan mulai menilai. Inilah yang disebut Grafologi atau metode ilmiah untuk mengenali kepribadian dari goresan dan tarikan pena.

Baca juga:

Bidang pekerjaan juga bisa mendorong perusahaan mewajibakan pelamar menggunakan surat yang ditulis tangan. Misalnya perusahaan di bidang dekorasi, kaligrafi, dan kerajinan tangan. Otomatis dengan melihat rapi tidaknya tulisan tangan seseorang, mereka bisa menilai apakah yang bersangkutan layak diterima bergabung dalam timnya.

Dari sisi pekerja, melamar pekerjaan menggunakan surat tulisan tangan juga ada alasannya. Misalnya tempat bekerjanya hanya di toko atau pabrik biasa. Bukan supermarket atau pabrik besar, bisa saja cukup menggunakan tulisan tangan. Bisa juga karena alasan ketiadaan perangkat untuk mengetik, dan enggan menyewa jasa pengetikan.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Karena surat lamaran kerjanya ditulis dengan tangan, maka banyak hal yang harus Anda persiapkan, baik teknis maupun ketelitian.

Setidaknya Anda menyediakan 3 hingga 4 lembar kertas folio bergaris. Selanjutnya siapkan juga pena yang tintanya tidak belepotan, supaya tulisan nanti tebal tipisnya bisa sama. Sediakan juga bantalan yang nyaman untuk Anda menulis. Usahakan bukan dari bahan yang keras, karena akan membuat tulisan Anda kasar. Sebaliknya juga jangan dari bahan yang terlalu empuk karena bisa membuat kertas bolong tertusuk pena.

Hal penting lainnya, tulislah dengna teliti dan hati-hati, jangan sampai ada salah tulis. Menghapus tulisan yang salah menggunakan Tipp-Ex sangat tidak dianjurkan. Terlarang. Karena surat Anda akan jadi tidak rapi, kotor, dan kumuh. Jadi, sekali salah tulis lebih baik ganti kertas saja.

Untuk model tulisan, Anda bisa menggunakan huruf tegak bersambung ataupun huruf pisah. Sesuaikan saja dengan kebiasaan Anda menulis. Yang pasti dalam hal ini Anda sudah harus latihan menulis tangan terlebih dahulu. Repotnya jika Anda termasuk kalangan yang terlanjur nyaman dengan tombol-tombol keypad ponsel. Bisa-bisa tulisan tangan Anda tidak rapi lagi. Jadi, latihanlah dulu dengan beberapa kertas bekas untuk mengembalikan “jati diri” tulisan Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang baik dan Benar

Secara format, surat lamaran kerja tulis tangan ini sama saja dengan surat lamaran dengan ketikan. Dari urutan hingga lampiran. Mulai dengan tanggal di sudut atas kanan ataupun kiri, pihak yang tertuju, salam pembuka, pembukaan, isi surat dan data diri, sekilas pengalaman, penutupan dan salam penutup, serta diakhiri dengan nama dan tanda tangan.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja tulis tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat lamaran kerja tulis tangan model lepas

Sedangkan untuk contoh surat lamaran kerja tulis tangan Bahasa Inggris adalah seperti berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan bahasa inggris

Demikian ulasan dan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar, untuk Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Semoga bisa membantu Anda yang sedang membutuhkannya. Selamat berburu pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *