Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya

By | 22 September 2018

Teknologi makin canggih dan banyak perusahaan pun sudah beralih menggunakan internet untuk berbagai hal. Termasuk dalam urusan merekrut karyawan ataupun pegawai baru. Dalam hal pengiriman surat lamaran pun dipermudah, cukup via email/surel. Selain lebih cepat dan hemat, perusahaan jadi tahu seberapa calon karyawan melek teknologi. Oleh karena itu, Anda yang akan melamar kerja perlu juga mempelajari contoh surat lamaran kerja via email ini. Nah, kali ini akan kami bahas lengkap beserta lampirannya. Apa saja yang harus dilampirkan? Bagaimana formatnya? Simak hingga tuntas.

contoh surat lamaran kerja via email

contoh surat lamaran kerja via email dan membuat CV yang bagus.

Persiapan Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Secara umum tujuan surat lamaran sama saja, yaitu menyampaikan informasi data diri, pengalaman kerja, dan pada akhirnya berharap agar perusahaan menerima pelamar. Hanya saja versi email ini tentu ada perbedaan sedikit. Karena lewat internet, maka berbagai berkas penting yang diminta perusahaan haruslah dalam format digital, baik berupa dokumen PDF, Word, ataupun gambar.

Oleh karena itu pastikan Anda telah menyediakan berkas-berkas yang diperlukan. Biasanya berkas dokumen tersebut adalah:

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Scan Kartu Tanda Identitas yang masih berlaku
  • Scan SKCK
  • Scan sertifikat pengalaman kerja, pelatihan, ataupun sejenisnya
  • Surat lamaran kerja dalam bentuk dokumen Ms.Word.

Tentunya lampiran-lampiran di atas bukanlah ketentuan tetap. Artinya bisa saja beda-beda tiap perusahaan ataupun tiap lowongan. Tinggal menyesuaikan saja. Khusus lampiran surat lamaran kerja, maka formatnya sesuai yang sudah dibahas dalam contoh surat lamaran kerja lainnya yang dikirim secara manual. Jadi silakan Anda pelajari formatnya dalam artikel tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sekaligus Lampirannya

Dalam mengirim surat lamaran kerja lewat email, tentu Anda harus menggunakan email dengan nama yang jelas, sesuai dengan identitas. Jangan memakai email yang memakai nama akun tidak jelas dan terkesan alay. Misalnya [email protected] atau sejenisnya. Ini akan memberi kesan buruk bagi Anda. Ya, kecuali Anda melamar ke perusahaan atau kelompok artis pelawak, mungkin hal itu malah jadi poin plus.

Selanjutnya perhatikan penulisan alamat email tujuan, jangan sampai salah ketik, sehingga salah alamat. Tentunya surat elektronik Anda tak akan pernah dibaca oleh pihak rekrutmen perusahaan. Kemudian bagian judul hendaknya menyesuaikan permintaan dari perusahaan. Namun jika Anda dalam posisi mengajukan penawaran, maka bisa diisi dengan posisi yang Anda lamar.

Baca juga:

Meskipun dalam bentuk email, tetapi saat ini penyedia layanan seperti Gmail dan Yahoo telah melengkapi fitur-fitur pengetikan di badan email sehingga lebih baik. Manfaatkan fitur tersebut untuk membuat surat lamaran yang menarik dan baik serta rapi. Nah, tak perlu berpanjang lebar lagi, supaya lebih jelas berikut ini contoh surat lamaran kerja via email.

contoh surat lamaran kerja via email beserta lampirannya

Bagian header email

Di bagian to Anda isikan alamt email perusahaan yang Anda tuju. Selanjutnya di bagian CC biarkan kosong, kecuali ada arahan khusus dalam informasi lowongan kerja yang Anda baca. Selanjutnya di bagian Subyek, isikan judul atau seperti yang dalam gambar. Kadang untuk subyek, dalam informasi perusahaan meminta tulisan tertentu, maka ikuti saja aturannya. Hal tersebut tak lepas dari usaha perusahaan khususnya tim rekrutmen untuk menyortir surel yang masuk berdasarkan kategori dan kode masing-masing.

contoh surat lamaran kerja via email beserta lampirannya

Bagian badan email untuk menulis surat lamaran

contoh surat lamaran kerja via email beserta lampirannya

Bagian tengah juga menyebutkan lampiran yang disertakan.

Baru setelah itu di badan email Anda tuliskan isi surat lamaran Anda. Namun demikian, seperti yang disinggung di atas, Anda juga melampirkan surat lamaran kerja dalam format dokumen.

contoh surat lamaran kerja via email beserta lampirannya

Klik tanda ini untuk mulai mengunggah dokumen lampiran

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Kepada Bank

Bagi yang ingin bekerja di dunia Perbankan tidak semuanya harus memiliki latar belakang Sarjana Ekonomi, Akuntansi, dan sebagainya. Meskipun sarjana yang berkaitan dengan dunia Perbankan tentu akan lebih disukai dan memiliki kesempatan lebih besar. Namun, Anda jangan khawatir selama Anda dapat masuk kualifikasi yang diminta, latar belakang pendidikan bukan Perbankan tidak menjadi masalah.

Berikut ini contoh surat lamaran Bank via email:

surat lamaran kerja via email 2

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sebagai Marketing Pemasaran

Bagian Marketing merupakan salah satu lowongan yang sering dibuka. Marketing atau pemasaran memang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan angka penjual produk. Berikut ini contoh surat lamaran untuk bagian Marketing via email.

surat lamaran kerja via email 2

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Dari Iklan

Dalam penulisan surat lamaran, umumnya ada yang menyebutkan keterangan dari mana mendapatkan informasi lowongan kerja. Pelamar menyebutkan sumber informasi baik dari iklan tv, media cetak, media sosial, teman, keluarga, dan lainnya.

 

Untuk Anda yang mencoba melamar karena melihat lowongan dari iklan, berikut ini contoh surat lamaran yang dapat Anda jadikan referensi.

surat lamaran kerja via email 3

Contoh Lampiran Surat Lamaran Kerja Via Email dan Cara Mudah Membuat CV yang Menarik

Karena contoh surat lamaran kerja untuk lampiran sudah kami sediakan, yang perlu Anda buat sendiri tinggal CV atau biodata diri. Cara mudah membuat CV untuk keperluan melamar pekerjaan adalah memanfaatkan format yang sudah ada dalam program Microsoft Word Office. Rasanya hampir setiap komputer sudah ada program ini.

Buatlah dokumen baru di Ms. Word dengan mengklik menu New. Selanjutnya akan tampil berbagai pilihan template. Pilihlah Polished Resume, yang didesain oleh MOD. Nah, Anda tinggal memasukkan data-data Anda sesuai kolom yang tersedia. Mulai dari nama, pengalaman, pendidikan, hingga nara hubung, tinggal menyesuaikan saja.

contoh surat lamaran kerja via email beserta lampirannya cara membuat CV

Cara membuat CV yang mudah dan baik

Bagian lingkaran bisa Anda sisipi foto terbaru Anda. Ganti Your Name dengan nama Anda. Jika sudah pernah memiliki blog, sisipkan tautannya di bawah nama Anda. Menu-menu dalam format CV tersebut bisa Anda ganti sesuai selera. Misalnya bagian Objective diganti menjadi Motto, Experience di-Indonesiakan menjadi Pengalaman. Ganti Skills menjadi Kemampuan, lalu tuliskan keterampilan Anda terkait job yang dilamar. Bagian Educatioan gantilah menjadi Pendidikan, dan tuliskan jenjang pendidikan yang sedang atau sudah Anda tempuh.

Bagian catatan kaki (footer) terdapat beberapa ikon media sosial. Jika Anda sudah memilikinya silakan cantumkan tautannya atau nama akun Anda di sana. Mulai dari Email, Twitter, Nomor Telepon, hingga profil LinkedIn.

Kelebihan dari mengirim surat lamaran via email adalah lebih cepat dan tentunya praktis. Untuk yang memiliki tulisan tangan kurang indah, hal ini bisa membuat Anda sedikit lega karena jika surat lamaran tulisan tangan Anda kurang baik mungkin bisa mengurangi kualifikasi Anda.

Akan tetapi, mengirim surat lamaran lewat email juga memiliki kelemahan di mana jika Anda ketinggalan melampirkan data maka tidak bisa menambahkan. Email Anda mungkin tertumpuk dengan email-email lainnya. Oleh karena itu pastikan Anda memeriksa kembali apakah semua dokumen yang dibutuhkan sudah terlampir sebelum klik ‘kirim’.

Dengan membuat CV yang menarik, maka kesan profesional dan potensi kerja yang bagus akan terlihat dalam surat lamaran Anda. Sehingga pihak perusahaan akan tertarik untuk menerima lamaran, minimal memanggil Anda untuk wawancara.

Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya ke PT

To                : [email protected]

Subject         : Marketing

 

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                               : Anto Wijaya

Tempat tanggal lahir          : Sukorejo, 24/02/1995

Pendidikan Terakhir          : S1-Ekonomi

Nomor Telepon                 : 085765479231

Bersamaan dengan surat ini saya memiliki maksud untuk melamar pekerjaan sebagai marketing di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya sudah memiliki pengalaman yang cukup lama sebagai marketing pemasaran di perusahaan swasta. Dengan surat lamaran pekerjaan ini saya ingin sekali ikut berkontribusi pada perusahaan Serba Guna yang Bapak/Ibu kelola.

Sebagai bahan pertimbangan, maka saya lampirkan:

  1. Scan KTP
  2. Scan Ijazah
  3. Foto ukuran 4×6
  4. CV
  5. Scan Sertifikat Pelatihan Marketing

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dan ajukan kepada Bapak/Ibu. Saya berharap bisa segera bergabung dengan PT Serba Guna dan menempati pekerjaan sesuai dengan posisi yang saat ini dibutuhkan.

 

Hormat saya,

 

Anto Wijaya

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya ke Restoran

To                : [email protected]

Subject         : Juru Masak

 

Dengan hormat,

Berkaitan dengan informasi yang saya peroleh kemarin Jumat, 15 Agustus 2019 di suara merdeka. Bahwa restoran yang saat ini dikelola oleh Bapak/Ibu sedang membutuhkan Juru Masak tambahan, maka saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                               : Sum Riyanto

Alamat                              : Jln Bhumi Ayu No. 53 Semarang

Tempat Tanggal Lahir       : Semarang, 12 Agustus 1994

Pendidikan                        : SMK Nusa Bakti Jurusan Tata Boga

Dengan ini bermaksud mengisi posisi sebagai Juru Masak di Restoran Suka Makan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya telah berpengalaman sejak lama sebagai Juru Masak di Restoran-restoran ternama.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama ini saya juga melampirkan beberapa file berupa pas foto ukuran 4×6, sertifikat pelatihan masak nusantara, sertifikat pelatihan masakan Internasional, scan ijazah, CV beserta surat rekomendasi dari restoran sebelumnya.

Besar harapan saya bisa menjadi Juru Masak di Restoran Bapak/Ibu. Saya siap menunggu tes atau wawancara dari Bapak/Ibu Atas perhatian yang telah diberikan kepada saya, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

Sum Riyanto

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya untuk Umum

To                : [email protected]

Subject         : Editor

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan lowongan pekerjaan yang dimuat dalam iklan koran Jawa Pos, di sana dinyatakan bahwa Bapak/Ibu sedang membutuhkan tenaga ahli di bidang Editor. Dengan begitu saya tertarik untuk bisa mengisi posisi sesuai yang Bapak/Ibu butuhkan.

Untuk data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                               : Ruhin

Tempat Tanggal Lahir       : Cilacap, 06/02/1992

Alamat                              : Kebonsari Rt 5 Rw 3 Cilacap

Jenis Kelamin                    : Laki-laki

Pendidikan                        : S1 – Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Saya sudah memiliki pengalaman sebagai editor selama 4 tahun di perusahaan swasta. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, maka saya melampirkan surat rekomendasi dari perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya dan beberapa dokumen pelengkap serta file sebagai berikut:

  1. Scan Sertifikat Kompetensi
  2. Scan SKCK Terbaru
  3. Scan KTP
  4. Scan Ijazah
  5. Foto Ukuran 4×6
  6. CV

Demikian data diri dan beberapa file dokumen yang bisa saya lampirkan kepada Bapak/Ibu. Dengan surat lamaran kerja tersebut saya berharap bisa menjadi bagian dari Perusahaan Desainku yang Bapak/Ibu pimpin.

Mohon maaf apabila ada salah kata dan terimakasih atas perhatian yang telah Bapak/Ibu berikan.

 

Hormat saya,

 

Ruhin

 

Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

1. Menyiapkan Semua Dokumen Persyaratan

Jangan sampai ada dokumen yang ketinggalan sehingga Anda harus teliti sekali lagi sebelum dikirim. Dokumen yang diminta untuk melamar via email adalah dokumen yang telah di scan.

Ukuran file juga jangan sampai terlalu besar. Jika file tersebut di atas 2 MB, Anda harus resize file tersebut. Anda juga harus mengikuti peraturan yang diminta perusahaan yaitu mengirimkan file dokumen berbentuk (*.doc), (*.pdf), (*.png) atau format lainnya. Jika tidak ada syarat tertentu mengenai format dokumen, gunakan saja seperti pada contoh.

2. Menggunakan Nama Email yang Profesional

Usahakan nama email Anda adalah nama asli bukan nama asal-asalan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan apakan perusahaan akan menerima Anda maju tahap selanjutnya atau tidak.

3. Mengikuti Aturan pengiriman Email

Ini merupakan salah satu hal penting yang harus Anda ketahui. Anda ikuti aturan pengiriman email standar seperti menuliskan subjek, isi dalam body email, dan menyertakan lampiran. Email memang dapat dilakukan selama 24 jam. Namun, mengirim email melamar pekerjaan sebaiknya pada jam-jam kerja bukan tengah malam karena terkesan kurang sopan.

Demikianlah contoh surat lamaran kerja via email beserta lampirannya yang bisa Anda pergunakan. Semoga perjuangan Anda mencari pekerjaan segera membuahkan hasil yang memuaskan.

One thought on “Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *