2 Contoh Pembuatan Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi

By | 9 Oktober 2019

Pengertian resensi buku adalah ulasan ulang terhadap teks, peristiwa, objek, atau fenomena. Ulasan dapat berupa ulasan buku, artikel, seluruh genre dalam bidang sastra, arsitektur, seni, mode, pertunjukan, dan banyak bentuk lainnya. Artikel ini akan fokus pada contoh resensi buku.

Unsur terpenting dari resensi adalah ulasan, bukan sekadar ringkasan. Ini memungkinkan anda sebagai pembaca bisa mengerti isi buku secara garis besar. Saat pembaca membaca resensi buku, kemungkinan besar anda bisa dapat tertarik dengan karya yang dibaca. Atau setidaknya memberi kemudahan bagi anda untuk memutuskan apakah buku yang dibaca sesuai atau tidak.

Apa Yang Harus Ada Pada Resensi Buku?

Seperti semua karya seni, tidak ada dua ulasan / resensi buku yang akan sama. Kebanyakan ulasan buku berisi kurang dari 1.500 kata dengan isi ulasan inti mencapai sekitar 1.000 kata. Namun, isi resensi dapat bervariasi tergantung pada platform dimana resensi ditulis, seperti dari buku langsung atau media online seperti Goodreads.

Selain itu, semua ulasan buku berbagi beberapa elemen universal. Ini termasuk:

  • Ringkasan plot singkat dari buku
  • Data dari penulis termasuk tahun terbit dan juga penerbit buku
  • Judul. Ini merupakan poin penting karena yang pertama dilihat dari resensi buku adalah judul.
  • Penutup. Bagian penutup resensi berisi hal-hal tujuan ditulis buku ini, ditujukan kepada siapa buku yang ditulis, dan sebagainya.

Perbedaan Setiap Platform Resensi Buku

Hal di atas bukan jadi bahan dasar yang menyusun ulasan buku, itu adalah contoh ulasan dan gaya yang ditulis oleh sebagian platform resensi buku. Sebuah ulasan buku di Goodreads, misalnya, akan jauh lebih informal dan pribadi daripada ulasan buku tentang Kirkus Reviews karena buku ini melayani audiens yang berbeda.

Namun, pada akhirnya tujuan dari semua ulasan buku adalah untuk memberikan alat kepada audiens untuk menentukan apakah mereka ingin membaca buku itu sendiri atau tidak. Dengan mengingat hal itu, mari kita lanjutkan ke beberapa contoh ulasan buku untuk memahami lebih jauh mengenai resensi buku.

Contoh Resensi Buku

Ada banyak contoh resensi. Diantara adalah contoh resensi buku pengetahuan dan contoh resensi buku cerpen. Pembahasan lebih jelas ada di bawah ini.

Contoh Resensi Buku Untuk Buku Fiksi

Cerita adalah raja dalam dunia fiksi. Mungkin tidak akan mengejutkan ketika mengetahui bahwa ulasan buku untuk sebuah novel akan berkonsentrasi pada seberapa baik cerita itu disampaikan.

Dalam contoh-contoh ini, anda akan dapat melihat bagaimana pengulas buku pada platform yang berbeda bisa mengulas dengan baik. Mereka dapat merangkum ringkasan plot dan pendapat pribadi mereka tentang buku untuk menghasilkan ulasan yang jelas, informatif, dan ringkas.

Judul Buku:
If I Never Forever Endeavor

Isi Resensi:
Buku ini tentang burung yang belum tahu cara terbang.

Burung itu harus memutuskan apakah akan mencoba terbang, tetapi tidak yakin apakah ia mau. Burung itu berpikir, “Jika aku tidak pernah berusaha selamanya” maka aku tidak akan pernah belajar. Di satu sayap, dia khawatir dia akan gagal dan di sayap lain dia memikirkan bagaimana dia bisa berhasil. Dia khawatir jika dia mencoba, dia mungkin tersesat di dunia. Itu membuatnya ingin tinggal di sarangnya di tempat yang aman.

Saya pikir buku ini akan membantu anak-anak lain untuk belajar bahwa mencoba hal-hal baru bisa menakutkan. Tetapi kadang-kadang ketika kita mencoba, kita dapat menemukan hal-hal yang membuat kita bahagia juga. Dan buku ini akan membantu orang lain mengetahui bahwa kesalahan itu baik dan bagian dari pembelajaran.

Bagian favorit saya adalah burung itu mencoba dan mengetahui bahwa ia dapat terbang. Saya juga suka membaca buku ini karena memberi saya kesempatan untuk berbicara dengan ibu tentang membuat kesalahan dan betapa saya tidak suka membuatnya. Kemudian saya belajar bahwa mereka bagus dan merupakan bagian dari pembelajaran.

Anak laki-laki dan perempuan yang berusia 3 hingga 8 tahun akan menyukai buku ini karena buku ini mengajarkan tentang mencoba hal baru dan betapa pentingnya untuk melewati rasa takut agar Anda dapat mempelajari hal-hal baru.

Saya memberikan buku 5 bintang karena saya pikir penting bagi anak-anak lain untuk belajar tentang keberanian.

Contoh Resensi Buku Untuk Buku Non Fiksi

Berbeda dengan buku fiksi, resensi buku non fiksi lebih ilmiah dan terstruktur. Buku non fiksi adalah buku yang kebanyakan berisi mengenai pengetahuan. Berikut contohnya.

Judul Buku:
Mapping The World

Isi Resensi:
Setiap hari, orang-orang di seluruh dunia menggunakan peta. Apakah itu pilot pesawat terbang atau pengusaha, ibu rumah tangga. Peta selalu dan akan terus memberikan informasi yang berguna untuk semua.

Pemetaan dunia berbicara tentang penggunaan peta, serta bagaimana membedakan antara jenis proyeksi peta dan jenis peta.

Dalam seri ini, kami melakukan perjalanan ke masa lalu dan belajar tentang pembuat peta sejarah, dari Claudius Ptolemy (yang menyatakan gagasan bahwa Bumi berada di pusat alam semesta) ke Gerardus Mercator (yang membuat salah satu proyeksi peta yang paling banyak digunakan) dan lebih.

Seri ini masuk ke detail luar biasa pada kehidupan dan peta kartografer. Kami kemudian melakukan perjalanan ke era saat ini untuk belajar tentang proyeksi peta dan beragam jenis peta yang digunakan saat ini. Anda mungkin bertanya, “Apa bedanya keduanya? Kedengarannya sama bagi saya.”

Tidak ada proyeksi peta yang sempurna, karena Anda tidak bisa benar-benar meratakan bola menjadi persegi panjang. Proyeksi yang tidak berwarna dapat digunakan dalam banyak cara. Kita bisa menggunakannya untuk konsentrasi populasi, jalan raya, ketinggian tanah, dan banyak hal lainnya.

Misalnya, kita bisa membuat peta topografi AS, yang menunjukkan ketinggian tanah. Kita bisa menjadikannya peta yang berwarna-warni yang menunjukkan jumlah polusi di berbagai wilayah, atau bisa juga peta populasi. Atau bahkan bisa menjadi peta yang menunjukkan 50 negara bagian, ibukota dan perbatasan mereka.

Sekarang, para ilmuwan telah dapat meletakkan peta di ponsel. Kembali pada awal 1900-an, orang harus membawa banyak peta untuk menemukan jalan Anda dari satu tempat ke tempat lain, atau hanya terus menanyakan arah. Sekarang, semua informasi ada di telepon atau sistem penentuan posisi global (GPS). Sungguh menakjubkan betapa banyak peta telah mengubah teknologi dan dunia di abad ini.

Set 8-book Mapping the World masuk ke tingkat detail luar biasa. Buku ini sudah lama dibaca tetapi memberikan jangkauan dan jumlah informasi yang sangat besar yang tidak akan Anda temukan di buku atau seri lain di peta. Bab-bab dan buku-buku disusun membuatnya mudah untuk menghubungkan bagian-bagian dari buku-buku yang berbeda dalam seri ini bersama-sama.

Mapping the World adalah kotak harta karun, penuh dengan benih-benih kartografi. Kumpulkan seri buku ini dan Anda akan segera mendapatkan buah kartografi. Ini bermanfaat bagi mereka yang ingin menjadi kartografer. Gunakan seri ini secara maksimal, maka hasil pemetaan akan manis bagi semua yang berusaha untuk berhasil dalam kartografi.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai resensi buku dan juga contoh resensi buku.

Baca juga: 6 Contoh Penulisan Daftar Pustaka Untuk Penulisan Karya Ilmiah

Anda yang ingin ingin membeli buku bisa membaca resensi dulu terlebih dahulu. Anda bisa membawa resensi buku di Goodread atau platform lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *