4 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Berdasarkan Iklan

By | 16 April 2019

Ketika Anda melihat iklan lowongan pekerjaan, baik itu di internet maupun di koran, Anda akan melihat banyak perusahaan yang membuat iklan lowongannya dalam bahasa Inggris.

Ketika tertarik melamar berdasarkan iklan lowongan tersebut, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat surat lamaran pekerjaan yang juga harus dalam Bahasa Inggris.

Membuat surat lamaran pekerjaan Bahasa Inggris berdasarkan iklan bisa menjadi  gampang–gampang susah. Sama seperti surat lamaran bahasa Indonesia, ada aturan dan standar penulisan yang harus diikuti.

Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Berdasarkan Iklan

Bagaimana tata cara dan standar penulisannya yang baik dan benar?  Selain tata bahasanya yang harus diperhatikan, penulisan formatnya pun harus sesuai dan benar.

Untuk membuat surat lamaran Bahasa Inggris yang sesuai, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu fungsi surat lamaran pekerjaan bagi seorang pelamar.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Semi Block Style Dan Tips Penulisannya

Hal ini untuk mengingatkan Anda bahwa pentingnya menulis surat lamaran yang memenuhi standar. Berikut penjelasannya :

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

Fungsi surat lamaran pekerjaan ini tak hanya ditujukan bagi pelamar, namun juga bagi perusahaan yang akan membaca surat lamaran Anda. Fungsinya sebagai berikut:

  1. Surat lamaran kerja menjadi bukti tertulis pengajuan permohonan kerja Anda pada perusahaan. Pada surat lamaran ini berisi lampiran identitas Anda seperti foto copy KTP, ijazah, daftar riwayat hidup dan lain – lain.
  2. Surat lamaran kerja ini pun ditandatangani oleh Anda. Hal ini menjadi tanda bukti sah Anda untuk mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang dituju.
  3. Surat lamaran yang ditulis bertujuan sebagai perantara perkenalan Anda pada perusahaan atau sebagai media komunikasi. Perusahaan akan membaca profil dan latar belakang Anda melalui surat lamaran yang dibuat. Oleh karenanya, sebisa mungkin profil Anda ditulis selengkap dan sedetail mungkin pada surat lamaran tersebut. Agar tak hanya memberi informasi lengkap pada perusahaan, namun juga menjadi pertimbangan perusahaan bahwa Anda adalah pelamar yang memenuhi syarat.
  4. Surat lamaran berfungsi sebagai bahan pertimbangan penerimaan pekerjaan. Surat lamaran ini berisi permohonan atau bujukan secara tidak langsung pada perusahaan mengapa mereka harus mempertimbangkan Anda untuk menjadi karyawannya.
  5. Surat lamaran juga berfungsi sebagai ungkapan Anda untuk memberi tahu perusahaan mengapa Anda ingin melamar pada perusahaan tersebut.
  6. Surat lamaran kerja menjadi ajang pembuktian skill atau keahlian Anda. Anda bisa menceritakan keahlian atau kelebihan Anda pada surat lamaran yang Anda tulis, agar perusahaan yang dituju tertarik dan mau mempertimbangkan Anda.

Ketika Anda memahami hal–hal di atas, maka Anda bisa menulis surat dengan memperhatikan fungsi surat lamaran yang tak hanya sekedar formalitas, namun menjadi alat komunikasi yang baik antara Anda dan perusahaan.

Apalagi ketika Anda akan menulis surat lamaran pekerjaan dalam Bahasa Inggris. Anda harus memperhatikan hal–hal berikut :

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Berdasarkan Iklan

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

Perlu diketahui, Bahasa Inggris juga mempunyai standar dan aturan bahasa tertentu dalam menulis surat, khususnya surat lamaran kerja.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam penulisan surat Bahasa Inggris ini, berikut uraiannya:

1. Perhatikan tata bahasa Inggris dengan benar

Gunakan kemampuan bahasa Inggris Anda untuk menulis surat lamaran pekerjaan dengan benar sesuai aturan grammar  (tata bahasanya).

Namun jika Anda tidak mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik, Anda bisa menggunakan alat penerjemah bahasa Inggris atau menyewa jasa penerjemah untuk membantu penerjemahan tulisan Anda ke dalam Bahasa Inggris.

2. Perhatikan detail unsur penulisan yang tak boleh dilewatkan dalam surat

Unsur – unsur yang tak boleh dilewatkan dalam penulisan surat lamaran Bahasa Inggris adalah tanggal pembuatan surat, alamat perusahaan, serta detail dan kontak Anda sebagai pelamar.

Selain itu, sebagai pelengkap informasi, Anda bisa menambahkan informasi latar belakang Anda yang lainnya.

3. Perhatikan paragraf pembuka ( harus menarik)

Perhatikan sapaan dalam bahasa Inggris pada paragraf pembuka. Selain itu paragraf awal ini harus diisi dengan kalimat pembuka yang menarik perhatian. Contohnya, alasan mengapa Anda tertarik dengan lowongan pekerjaan tersebut.

4. Ceritakan pengalaman dan keahlian Anda

Hal yang menarik dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris adalah Anda harus menyertakan pengalaman dan keahlian Anda pada perusahaan. Ceritakan kelebihan Anda, agar perusahaan mau mempertimbangkan Anda.

5. Perhatikan paragraf penutup

Pada paragraf penutup dalam surat lamaran bahasa Inggris dibuat persuasif atau bersifat ‘membujuk’  secara halus supaya perusahaan mau mempertimbangkan Anda dan memberi kesempatan pada Anda untuk wawancara. Paragraf berisi kalimat singkat namun harus tepat sasaran.

#Tips Tambahan:

Pada surat lamaran Bahasa Inggris, Anda sebaiknya mengetahui nama HRD/personalia atau bahkan pimpinan perusahaan yang Anda lamar untuk disertakan pada surat sebagai bagian dari alamat yang dituju. Contoh : to Mr. Syamsul HRD of PT SENTOSA.

Namun untuk mengetahuinya, Anda perlu memeriksa profil perusahaan terlebih dahulu. Dan jika tidak ada, maka hal ini adalah opsional untuk disertakan.

Dengan tips menulis surat lamaran tersebut, Anda bisa menerapkannya saat akan membuat surat lamaran Bahasa Inggris dengan kemampuan Anda sendiri.

Anda tak perlu khawatir jika Anda tidak percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris Anda, ada contoh surat–surat lamaran Bahasa Inggris yang bisa menjadi referensi Anda membuat surat lamaran seperti berikut ini:

Surat Lamaran Kerja Supervisor Sales

Surat Lamaran Kerja Supervisor Sales

Jika Anda berniat melamar posisi sebagai supervisor sales, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu deskripsi job posisi yang akan dilamar.

Biasanya iklan lowongan pekerjaan supervisor sales memberi deskripsi job yang rata–rata hampir sama, yaitu sebagai berikut :

  • Bekerja sesuai target penjualan
  • Membuat strategi pemasaran untuk tim salesnya
  • Merencanakan Kunjungan Salesman
  • Membangun hubungan yang baik dengan customer, mengetahui kebutuhan mereka.
  • Mengetahui atau menguasai area target penjualannya.
  • Mengatur dan Mengarahkan Salesman
  • Membuat laporan penjualan

Contoh surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris berdasarkan iklan tersebut adalah:

November 9th December, 2018

Griya Anyer 102 Pandeglang

40228

To

Mr. Dylan Raharja

Director, Sales and Marketing

Advan Electronic Inc.

Jakarta 40000

Dear Dylan Raharja:

I am writing to apply for the supervisor sales position as advertised recently on Kompas, 7th December 2018.

Based on the requirements said in the ad, I believe that I’m qualified enough to your requirements. I possess lots of experience, knowledge, and skills that may help your company to gain customer and sales target in your service area.

I can offer you my experience, skills, and abilities which include as follow:

10 years experience for selling and marketing field, also in sales management

skillful in selling services to commercial, consumer markets and institutional

A record of consistently meeting successfully of sales goals

Excellent team management and team building experience;

Excellent approach of gaining “one to one” customer relationship management strategies and techniques

Ability to work under pressure, or effectively in a dynamic field or multi-tasking environment.

The enclosed resume would tell more details on the above, as well as my background and profile included.

I am sure that my experiences, skill and my ability in sales management will benefit Advan Electronics Inc.  I’m confident that my good record of success in closing sales, gain back customers from competitors, and able to increasing market sales, clearly would prove the ability to resolve customer challanges in your company.

I’m expecting you to review my resume, and would be pleased to wait an opportunity to discuss your company’s goals and talk to you about the value that I can bring to Advan Electronics. See you soon!

Sincerely,

Alan Budiman

 

Encl.

Surat Lamaran Kerja Marketing Development

Surat Lamaran Kerja Marketing Development

Sebelum Anda menulis surat lamaran pekerjaan Bahasa Inggris berdasarkan iklan marketing development, untuk melamar posisi tersebut Anda akan mengemban tugas dan tanggung jawab seperti deskripsi job pada iklan di bawah ini:

  • Mencari klien/customer
  • Menyiapkan demonstrasi dan kerjasama
  • Mendorong peluang bisnis baru dan menjelajahi peluang pertumbuhan bisnis perusahaan.
  • Membina hubungan dengan kalangan pebisnis dan klien.
  • Mengupdate database klien dan kompetitor

Contoh surat lamaran pekerjaan Bahasa Inggris berdasarkan iklan tersebut adalah :

Medan, 14th  April 2018HRD

PT Adlina Mega Utama

Jl. Lodaya Utama 30

Jakarta

Dear sir,

Based on your listing vacancy on Jobstrit.com, I am here to write this  resume cover letter for applying Marketing Development staff position. I have 7 years experience in Marketing development, sales management and head marketing as well.

In my current position with the previous company, I was responsible for approaching and gaining new clients to reach target sales. I also helped Marketing Manager to make yearly Marketing Plan. I also responsibled to maintain relationship with current and loyal clients to be long term customers.

During my experiences, I have gained a specialist’s ability of marketing instruments and sales’ skill. In addition, I can guarantee you that I can work to level you required, as team member of your organization.

I believe that you will find benefit for hiring me. I would be pleased to meet you in interview opportunity to discuss my qualification. Please kindly tell me or contact me to know that I get the opportunity. Thank you and I look forward to meeting with you.

Sincerely,

 

Albana Rahman

Surat Lamaran Kerja Marketing Development2

Surat Lamaran Kerja Telemarketing Officer

Surat Lamaran Kerja Telemarketing Officer

Untuk melamar pekerjaan sebagai telemarketing officer, Anda bisa melihat banyak iklan lowongan pekerjaan serupa di berbagai media seperti internet maupun koran. Pada umumnya, posisi telemarketing officer ini membutuhkan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  • Melakukan penjualan sesuai target
  • Mencari klien atau customer melalui ajakan telemarketing
  • Mengarahkan customer ke penjualan
  • Meningkatkan konversi penjualan produk perusahaan untuk mengimbangi biaya pengeluaran perusahaan.
  • Merespon data pelanggan dengan akurat
  • Menggali feedback pelanggan terhadap produk perusahaan
  • Berkomunikasi dengan calon customer dengan baik dan mengerti kebutuhan mereka
  • Memberikan kepuasan layanan pada customer.

Contoh surat lamaran pekerjaan Bahasa Inggris berdasarkan iklan tersebut adalah :

Bandung, February 12th, 2019HRD

InfomediaInc.

Jln. Buah Batu (Batununggal)

Bandung

Dear Sir,

I am writing this letter in response to your job vacancy advertisement as telemarketing officer, on Jakarta Post (January 30, 2019). I am interested to apply that position and I enclosed my resume and required documents to fulfill your requirements.

I graduated from Universitas Padjajaran with Management majoring in 2013. I gained a lot of experience in telemarketing field for more than 3 years. I am communicative person, sociable, reliable, independent, discipline, and responsibled.

 I am also able to work with Ms. Office such as Word Processor, Excel, PowerPoint, MYOB, ZAHIR and PhotoShop as well. In my resume, I enclosed my track record of experiencing reaching satisfied target sales.

I hope you would give me an opportunity to meet in an interview to to negotiate and investigate my ability and expertise as soon as possible.

Please let me know and contact me for this opportunity. Thank you very much.

Sincerely yours,

 

Mira Sobariah

Surat Lamaran Kerja Telemarketing Officer2

Surat Lamaran Kerja Manager Finance

Surat Lamaran Kerja Manager Finance

Jika Anda berniat melamar sebagai manager finance, setidaknya dibutuhkan pengalaman bekerja sebagai staf finance selama kurang lebih satu sampai 2 tahun di bidang ini. Namun job deskripsi manager finance tidak jauh berbeda dengan staf finance itu sendiri. Contohnya:

  • Manajer keuangan bertugas merencanakan dan menganalisa beberapa aspek keuangan perusahaan
  • Manajer keuangan bertugas mengambil keputusan penting yang berhubungan dengan investasi dan berbagai pembiayaan lainnya.
  • Manajer keuangan bertugas menjaga roda kehidupan perusahaan
  • Menjadi penghubung antara perusahaan dengan pasar keuangan untuk mendapatkan dana atau bisa memperdagangkan surat berharga perusahaan
  • Mengambil keputusan pada pembelanjaan perusahaan
  • Mengambil keputusan mengenai deviden
  • Merencanakan, mengolah, mengontrol, dan mengatur perencanaan laporan pembiayaan keuangan
  • Mengatur kas perusahaan
  • Mengatur anggaran perusahaan
  • Mengatur prosedur keuangan perusahaan serta memungkinkan untuk mengembangkan sistem keuangannya.
  • Menganalisa keuangan perusahaan
  • Memaksimalkan nilai perusahaan

Contoh surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris berdasarkan iklan untuk posisi manager finance tersebut adalah :

Jakarta, March 12th 2019HRD

Global Trade Broker

Jakarta 40000

 

Dear sir,

I am writing to apply for the Manager Finance position with Global Trade Broker, as advertised on Jakarta Post last week on April, 7th 2019. I am keen to apply my experience and knowledge that have been gained through both university study and work experience at previous industry, commonly with regard to the finance management and support of accounting, and other related abilities.

My enthusiasm to work at Global Trade Broker has been encouraged by your reputation company in mass media. Your company creatively provide customers with excellent technical support. I’m with my experiences would help you to manage company’s finance with my best management.

I’ m also a hard worker, communicative, descipline, independent, and skillful. I’m capable to operate Ms. Office and understand accounting management very well.

I would be glad if you would see my review application. I enclosed my resume, academic transcripts, and other documents to fulfill your requirements.

I believe that I can give you qualities and skills that you are looking for. I’m also pleased to  welcome the opportunity in meeting at an interview to discuss my application in more detail. Thank you very much.

Yours sincerely,

(your signature)

Your Name

Surat Lamaran Kerja Manager Finance2

Untuk membuat sebuah surat lamaran pekerjaan bahasa inggris berdasarkan iklan yang baik, Anda harus memperhatikan penulisan tata bahasanya, paragraf pembuka, isi dan paragraf penutup yang harus dibuat serapi mungkin.

Hindari kesalahan penulisan kata dan perhatikan juga fungsi surat lamaran yang akan mengantarkan Anda menulis surat lamaran yang baik dan informatif.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Umum dan Cara Menulisnya

Setelah Anda melihat contoh surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris berdasarkan iklan di atas, Anda bisa langsung menerapkannya di rumah sesuai dengan posisi lamaran yang Anda minati pada perusahaan yang Anda tuju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *