14 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum dan Cara Menulisnya!

By | 13 April 2019

Surat lamaran merupakan surat permohonan yang dibuat oleh para pelamar pekerjaan atau pencari kerja, kemudian dikirimkan terhadap suatu badan usaha maupun instansi untuk mendapat pekerjaan maupun jabatan berdasarkan lowongan pekerjaan ditawarkan.

Pada penulisan contoh surat lamaran kerja umum harus menggunakan bahasa yang jelas, sopan serta tidak bertele-tele. Lamaran terlalu panjang sampai menghabiskan 1 halaman folio lebih, membuat orang jenuh sekali membacanya, bahkan kemungkinan tidak dibaca sama sekali oleh pimpinan atau penyeleksinya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Namun jika ada hal yang harus diletakkan atau perlu untuk diajukan sebaiknya anda letakkan di bagian lampiran. Hal paling penting dalam menulis surat permohonan lamaran kerja adalah penyampaian keinginan melamar kerja dengan persyaratan yang sudah tentukan.

# Perhatikan Hal Berikut Saat Menulis Surat

Kesalahan pada penulisan lamaran kerja seringkali terjadi di kalangan pelamar kerja. Penyebab utamanya yaitu pelamar tidak benar-benar memperhatikan poin-poin serta langkah dalam penulisan surat lamaran dengan baik dan benar.

Meskipun sebatas surat lamaran, namun tahap yang satu ini tidak boleh anda sepelekan. Karena kegagalan pelamar banyak disebabkan kesalahan ketika menulis surat. Hal yang pertama diterima serta dilihat kepala HRD atau Perusahaan merupakan surat permohonan kerja serta CV yang anda ajukan. Maka itu, sebaik mungkin anda harus menulis surat dengan benar dan teliti.

Ketika anda melamar pekerjaan tentunya harus membuat resume. Resume adalah suatu kunci untuk mendapat pekerjaan. Agar memudahkan anda mendapat pekerjaan maka perhatikan dengan baik hal-hal yang berkaitan dengan resume. Terdapat beberapa hal harus diperhatikan, diantaranya yaitu :

1. Penulisan kata

Pastikan penulisan kata di dalam resume yang anda buat sudah benar sesuai dengan EYD. Banyak pelamar yang tidak memperhatikan dengan baik bagian penulisan kalimat. Sehingga, tak jarang terjadi kesalahan ketik seperti typo.

2. Tanggal surat

Tidak sedikit perusahaan tidak melirik tanggal tulisan surat lamaran. Hal yang satu ini menjadi tidak begitu wajib untuk dicantumkan, tetapi jangan sampai lupa untuk mencantumkan tanggal tentang pendidikan akhir serta pekerjaan terakhir.

3. Data pribadi

Jangan lupa untuk cantumkan email, alamat dan nomor telepon. Jangan menuliskan usia anda, tanggal, ras, jenis kelamin, agama dan nama-nama serta usia pasangan dan anak-anak. Sertakan juga informasi lengkapnya di CV.

4. Harus impresif

Isi dari surat lamaran seharusnya memunculkan suatu kesan simpatik, intinya yaitu menguraikan jati diri dengan menarik.

5. Harus menarik minat atasan

Buatlah surat lamaran pada saat orang tersebut membacanya akan langsung tertarik agar dapat mengetahui lebih mendalam misalnya apa kriteria kita, dan ingat kesan yang pertama sangat penting.

6. Menyebutkan kualifikasi yang diraih

Prestasi pendidikan serta pengalaman kerja diharuskan untuk disebutkan, tujuannya agar dapat menunjukkan bahwasanya kita mempunyai prestasi serta pengalaman yang harus dipertimbangkan.

7. Menggunakan bahasa enak dibaca, padat dan ringkas

Gunakanlah bahasa secara sederhana serta ringkas, kita memiliki kesempatan lain agar dapat menjelaskan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh kita ketika wawancara. Maka itu gunakanlah penjelasan secara singkat serta efektif.

# Kesalahan Menulis Surat Lamaran

Seringkali kita telah mengirimkan surat lamaran, tetapi ternyata tidak terdapat respon sedikitpun dari perusahaannya. Hal tersebut tentunya mengecewakan, karena telah berharap banyak. Tetapi sebelum anda lebih jauh menyalahkan perusahaan, sebaiknya kita introspeksi diri. Karena terjadi kesalahan, bisa jadi ada pada penulisan surat lamaran milik kita.  Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan umumnya terjadi pada penulisan contoh surat lamaran kerja umum, diantaranya:

1. Di tulis tangan

Ketika anda menulis surat lamaran menggunakan tulisan tangan, dan ternyata surat lamaran yang anda buat kurang rapi. Tentunya surat lamaran tersebut tidak pernah dilirik oleh HRD. Berbeda, ketika di persyaratkan loker tersebut harus ditulis untuk menulis tangan, hal tersebut merupakan pengecualian.

2. Tidak mencantumkan kompetensi anda

Kemungkinan anda adalah kalangan yang terampil serta memiliki pengalaman di posisi tersebut, sesuai dengan iklan. Sayangnya, anda tidak mencantumkan kompetensi pada surat lamaran yang dibuat. Anda pun tidak dapat menjual diri anda sehingga, HRD tidak melihat kelebihan yang anda miliki dibandingkan dengan pelamar lain.

3. Menggunakan bahasa yang salah

Dengan menggunakan bahasa yang salah, baik dalam penulisan bahasa inggris atau Indonesia pada saat membuat surat lamaran. Hal tersebut menunjukkan terhadap perusahaan bahwasanya anda tidak mempunyai keterampilan bahasa dengan baik dan benar.

4. Layout acak-acakan

Berdasarkan yang telah diketahui, surat lamaran disusun sesuai kaidah penulisan secara resmi. Disamping kiblat kepada kaidah penulisan secara resmi akan menghasilkan surat yang berkualitas, penulisan sesuai layout serta struktur rapi akan menghasilkan surat yang berestetika dan nyaman untuk dibaca serta menarik perhatian.

5. Bertele-tele

Surat lamaran kerja yang ditulis mencantumkan banyak informasi tidak begitu penting serta tidak relevan hingga panjangnya lebih satu halaman. Surat tersebut yang bertele-tele tentunya tidak mengesankan pihak personalia.

6. Banyak kesalahan ketik

Salah ketik atau yang lebih dikenal dengan typo, pada surat lamaran hal yang satu ini harus anda hindari. Kesalahan ketik pada penulisan surat lamaran, akan mengindikasikan anda sebagai kalangan tidak cermat serta pemalas. Karena, seringkali menyisipkan cek ulang maupun cek kembali pada berbagai artikel mengenai surat lamaran.

7. Menjiplak template

Sekarang ini di internet disediakan ratusan template lamaran kerja. Penggunaan template harus diperhatikan dengan baik. Penggunaan template dengan menyalin redaksi sebaiknya dihindari serta tidak dianjurkan. Gunakan template hanya sebatas struktur serta layout, sementara bahasa serta redaksi sebaiknya disusun ulang sesuai info serta bidang loker yang akan dilamar.

8. Tidak memeriksa secara detail surat lamar yang dibuat

Bagi pelamar pekerjaan yang tidak memeriksa surat yang akan dikirimkan hingga tidak banyak kesalahan ketik, tata bahasa yang tidak baik, alamat dituju salah, serta lainnya. Andaikan anda ini sebagai staff personalia membaca surat lamaran seperti demikian, apa yang dilakukan oleh anda? Mungkin dibuang.

Rekomendasi untuk anda: Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Guru

Dengan mengetahui kesalahan diatas yang sudah dipaparkan, besar kemungkinan surat lamaran yang dibuat oleh anda pasti baik dan benar. Dengan begitu, kesempatan anda dipanggil pada tahap berikutnya akan semakin besar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing

Apakah anda tertarik dengan pekerjaan marketing? Bila anda membutuhkan referensi untuk menulis surat lamaran kerja sebagai marketing, dengan mudah dapat memperhatikan yang satu ini.

Pada dasarnya tidak terdapat perbedaan secara mendasar mengenai aplikasi surat pemasaran kerja bersama surat lamaran lainnya. Hanya yang membedakannya posisi tujuan melamar kerja tersebut yang dikhususkan. Berikut kami sampaikan mengenai contoh surat lamaran kerja umum sebagai marketing yang bisa anda simak.

Tegal, 21 Mei 2016

Yang terhormat,

HRD PT. Cipto Kusumo

Jalan Perjuangan 11

Tegal

Hal       : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat.

Berdasarkan info yang diperoleh dari situs resmi PT. Cipto Kusumo, bahwa perusahaan yang dipimpin Bapak/ibu sedang mencari tenaga kerja untuk menempati posisi Marketing. Dengan demikian, saya bermaksud melamar pekerjaan di posisi yang sudah disebutkan. Sehubungan hal tersebut, dibawah ini saya cantumkan data pribadi saya, :

Nama                                      : Erik Brahma

Tempat, tanggal lahir           : Semarang, 12 Mei 1992

Jenis kelamin                         : Laki-laki

Alamat                                    : Jl, Cipto Mangun No. 332 Semarang

Pendidikan terakhir             : S.1

Telepon                                  : 085231660124

Sebagai bahan pertimbangan, dibawah ini saya lampirkan persyaratan-persyaratan yang diminta perusahaan :

  1.    Foto 3×4 warna terbaru (2 lembar)
  2.    Daftar riwayat hidup
  3.    Copy KTP
  4.    Copy ijazah
  5.    Copy sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian lamaran pekerjaan ini dibuat. Besar harapan agar bapak/ibu HRD mempertimbangkan untuk menempati posisi yang sudah disebutkan. Atas perhatian dan kebijaksanaan bapak/ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Erik Brahma

Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing

 

 

Surat Lamaran Kerja Sekretaris

Pada setiap perusahaan, baik perusahaan kecil maupun besar tentunya membutuhkan Sekretaris yang memiliki fungsi untuk mengatur administrasi.

Maka dari itu tidak heran apabila Sekretaris diperhatikan oleh perusahaan. Bahkan perusahaan juga tidak segan-segan untuk memberikan bonus karena tugasnya begitu padat.

Pada umumnya konsep cara membuat surat lamaran kerja sekretaris tentunya tidak berbeda jauh dengan membuat surat lamaran lainnya, yang mana sebagai kandidat diwajibkan untuk menulis resume kerja serta CV tentunya memiliki fungsi sebagai surat pengantar bagi pekerjaan.

Berikut ini informasi tentang cara membuat contoh surat lamaran kerja umum sebagai sekretaris yang tepat serta benar, silahkan simak uraiannya.

Jakarta, 02 Januari 2016

Kepada Yth,

Kepala Bagian Personalia

Pagi cerah

Jl. Bukit Terus No. 22 Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan yang tercantum pada iklan lowongan pekerjaan, saya dapatkan di tanggal 01 Januari 2016 melalui situs resmi PT. Pagi Cerah tentang terdapat lowongan pekerjaan posisi sekretaris. Maka saya mengajukan diri dapat bergabung bersama perusahaan menempati posisi sesuai kualifikasi perusahaan butuhkan.

Berikut ini data pribadi singkat saya:

Nama                                      : Ayu Septiani

Tempat, tanggal lahir           : Jakarta. 18 Februari 1994

Alamat                                    : Jl. Sodikin No. 34 Jakarta

Jenis kelamin                       : Perempuan

Status                                     : Belum menikah

Pendidikan terakhir           : D3 Sekretaris

Sebagai acuan bahan pertimbangan serta untuk melengkapi syarat yang ditentukan, dilampirkan berbagai berkas dibawah ini:

  1.    CV
  2.    Copy Ijazah D3
  3.    Copy Transkip Nilai
  4.    Copy KTP
  5.    Copy SKCK
  6.    Copy sertifikat-sertifikat pelatihan
  7.    Pas Photo 3×4 lembar terbaru

Demikian surat lamaran kerja saya ajukan, harapan besar dapat diterima bekerja pada perusahaan bapak/ibu yang dipimpin. Atas perhatian dan kesempatan diberikan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Ayu Septiani

Surat Lamaran Kerja Sekretaris

Surat Lamaran Kerja Telemarketing

Pada umumnya, melamar pekerjaan sebagai Telemarketing hampir sama untuk melamar pekerjaan lainnya yaitu sama-sama memerlukan surat lamaran yang dijadikan sarana agar mendapat pekerjaan sesuai yang diinginkan. Apabila anda ahli pada bidang Telemarketing serta ingin melamar pekerjaan pada perusahaan tertentu. Anda bisa langsung melamarnya dengan menyimak contoh surat melamar pekerjaan sebagai Telemarketing.

Di bawah ini kami sajikan berkaitan dengan contoh surat lamaran kerja umum sebagai telemarketing. Jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat, silahkan bisa share artikel ini ke media social lainnya.

Perihal                        : Lowongan pekerjaan                                       Padang,   Januari 2012Lampiran                     : –

Kepada Yth.

Manager Personalia

Victory Hard Intiland

Jalan Sudirman Nomor 34 Padang

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang didapat dari kenalan saya yang bekerja di Perusahaan Bapak bahwa PT. Victory Hard Intiland memerlukan Telemarketing, saya bermaksud agar mengajukan lamaran agar menempati posisi itu.

Yang bertanda tangan berikut ini :

Nama                                                  : Andi Suhandi

Umur                                                  : 21 Tahun

Alamat                                                : Jalan Sarkosi Nomor 555 Padang

Pendidikan                                         : SMKN 2 Padang

Nomor yang bisa dihubungi            : 081342674490

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1.    Fotocopy Ijazah
  2.    CV
  3.    Fotocopy Transkip Nilai
  4.    Fotocopy SKCK
  5.    Fotocopy KTP
  6.    SKHUN
  7.    Fotocopy Sertifikat Kompetensi
  8.    Pas Photo 4×6, 2 lembar

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Andi Suhandi

Surat Lamaran Kerja Telemarketing

Surat Lamaran Kerja Customer Service

Semua perusahaan membutuhkan Customer Service. Tugas dari Customer Service cukup vital karena manangani berbagai macam keluhan dari para pelanggan, memberi informasi penting serta lainnya. Customer Service tentunya harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang baik, dapat memberi solusi serta tahan mental dan dapat tetap memiliki sikap ramah dalam kondisi apapun.

Untuk anda yang sekarang ini akan melamar sebagai Customer Service, maka diharuskan untuk mengetahui cara membuat surat yang baik dan benar agar dapat diterima pada perusahaan yang anda pilih bahkan anda impikan. Pada saat mempunyai  kemampuan yang baik pada bidang komunikasi, customer service ini dapat dijadikan sebagai suatu pilihan sebagai posisi dan jabatan yang tepat.

Stop sebentar, mungkin ini menarik untuk anda baca, Contoh Surat Berhenti Kerja

Tetapi, sebelum anda mengajukan surat lamaran, diharuskan untuk menyiapkan banyak berkas dibutuhkan perusahaan. Agar dapat meningkatkan potensi yang diterima perusahaan tersebut. Anda pun diharuskan untuk memenuhi kriteria berdasarkan ketentuan suatu perusahaan. Dibawah ini contoh surat lamaran kerja umum sebagai Customer Service, :

Lampung, 24 Januari 2014Hal       : Permohonan Pekerjaan

Yth. Manajer Personalia

  1. Sambar Atom SUkses, Tbk

Jl. Ir. Sulaman No 23, Lampung

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                      : Nisa Asri

Tempat tanggal lahir               : Lampung, 23 Januari 1992

Usia                                        : 25 Tahun

Pendidikan terakhir                 : D3 Ilmu Komunikasi

Alamat                                    : Jl. Pramuka Salak Bandar Lampung

Berdasarkan info lowongan kerja dari relasi, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin untuk dapat menempati posisi Customer Service.

Saya mempunyai kemampuan diantaranya mampu berkomunikasi secara baik dalam menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, memiliki pengalaman kerja, dapat bekerja keras, jujur dan rajin, bisa bekerja mandiri atau pun tim.

Sebagai pertimbangan, saya lampirkan berkas dibawah ini:

  1.    Copy ijazah terakhir
  2.    Daftar Riwayat Hidup
  3.    Copy KTP
  4.    Foto ukuran 3×4

Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya bisa diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Nisa Asri

Lamaran Kerja Customer Service

Surat Lamaran Kerja Kepala Gudang

 Pada dasarnya untuk bekerja sebagai kepala gudang membutuhkan ketelitian agar dapat mengecek barang yang masuk serta barang keluar hingga tidak terdapat kesalahan teknis pada pekerjaan anda. Agar dapat meraih semuanya, maka diharuskan untuk mencari lowongan kerja sebagai kepala gudang.Tertarik mengisi lowongan kepala gudang namun bingung menulis lamaran untuk posisi tersebut?

Bagi yang belum memiliki pengalaman untuk membuat surat lamaran sebagai Kepala Gudang, diharuskan mencari referensi contoh surat lamaran kerja umum untuk melamar sebagai Kepala Gudang yang baik dan benar. Sehingga akan memudahkan anda untuk melamar sebagai Kepala Gudang. Berikut surat lamaran yang bisa anda ikuti.

Purwakarta, 14 Oktober 2015Kepada Yth,

HRD PT. Pratama Dwi Mandiri Purwakarta

Dengan Hormat,

Sehubung adanya lowongan pekerjaan dari PT. Pratama Dwi Mandiri Purwakarta yang telah termuat pada Koran Radar Purwakarta tanggal 12 Oktober 2015. Saya mengajukan diri agar bergabung dengan team sebagai Kepala Gudang di PT. Pratama Dwi Mandiri Purwakarta.

Berikut merupakan data diri saya dibawah ini:

Nama                                      : Ardi Alam

Tempat, tanggal lahir              : Purwakarta, 20 Maret 1994

Pendidikan akhir                     : S.1

Alamat                                    : Jl. Cipto No 66 Purwakarta

Telepon                                  : 082346754446

Email                                      : [email protected]

Status perwakilan                   : Belum kawin

Saya memiliki kemampuan pada bidang distribusi serta export import barang. Dilatar belakangi pendidikan saya yang tidak mengecewakan dan mempunyai kemampuan supply shain manajemen secara baik. Saya sudah terbiasa bekerja dengan menggunakan system computer. Terutama dalam pengoperasian aplikasi MS Office misalnya Excel, Word, Powerpoint, Acces, OutLook, serta Internet.

Sebagai bahan pertimbangan dilampirkan, :

  1.    CV
  2.    Copy Ijazah S-1 dan Transkip Nilai
  3.    Copy sertifikat pelatihan/kursus
  4.    Pas photo yang terbaru

Saya harap Bapak/ibu bersedia meluangkan waktunya dalam memberi kesempatan wawancara, sehingga bisa menjelaskan lebih terperinci mengenai potensi yang terdapat dalam diri saya.

Demikian surat lamaran kerja kepala gudang, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Ardi Alam

Surat Kerja Kepala Gudang

Surat Lamaran Kerja Kepala Produksi

Surat lamaran pekerjaan merupakan suatu hal yang dibutuhkan sekali para orang yang sedang mencari kerja berdasarkan keinginannya. Baik yang baru lulus S1 maupun lulus SMA atau SMK, tidak hanya yang fresh graduate membutuhkan contoh surat lamaran kerja umum.

Banyak tujuan lamaran pekerjaan salah satunya yaitu untuk bagian kepala produksi yang bisa anda cari informasi melalui internet serta dapat mendownload menggunakan format doc, pdf serta docx. Surat menyurat sering dilakukan oleh setiap kalangan, baik dengan bentuk resmi atau bentuk non resmi.

Bagi anda yang membutuhkan surat tersebut bisa langsung contek sesuai dengan kebutuhan anda dan jangan lupa mengkoreksi apabila terdapat kesalahan kata maupun kurang jelas dan kurang pas. Dan ingat ini hanyalah contoh masih harus anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Subang, 20 Mei 2016

Hal       : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Manajer Personalia PT Anugerah Material

Subang

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dengan adanya lowongan kerja PT Anugerah Material. Saya memiliki maksud melamar pekerjaan yang bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian kerja yang dimaksud yaitu bagian Kepala Produksi pada PT Anugerah Material. Dibawah ini data singkat pribadi saya :

Nama                                      : Dheni Purnawijaya

Alamat                                    : Jl Sirsak No. 0 Subang

Tempat dan Tgl Lahir           : Subang, 2 Mei 1990

Pendidikan                            : S1 Psikolog

Hp                                           : 082867098576

Sekarang ini Alhamdulillah dalam keadaan sehat serta saya sebagai seseorang yang aktif, mempunyai motivasi tinggi serta pekerja keras. Saya pun bisa mengoperasikan Microsoft Office (Word, Excel, Power point) sebagai program kerja seringkali digunakan.

Dibawah ini saya lampirkan sebagai suatu bahan pertimbangan, yaitu :

  1.    Curiculum Vitae
  2.    Copy Ijazah Terakhir
  3.    Copy Transkip Nilai
  4.    Copy SKCK
  5.    Copy KTP
  6.    Copy Kartu Keluarga
  7.    Copy sertifikat-sertifikat
  8.    Surat pengalaman kerja
  9.    Photo terbaru 4×6 2 lembar berwarna

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapkan terimakasih banyak atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

 

Dheni Purnawijaya

Kerja Kepala Produksi

Surat Lamaran Kerja Manager Produksi

Di sebuah perusahaan, posisi manager produksi adalah posisi cukup penting serta termasuk pada posisi pimpinan di perusahaan. Namun itu tentunya sebanding dengan tanggung jawab besar diemban sang manager.

Untuk melamar posisi manager, tentunya bukanlah suatu hal mudah. Tidak sedikit kualifikasi harus dipenuhi. Salah satu upaya agar lolos ketika melamar posisi yaitu menulis surat lamaran kerja dengan format penulisan secara baik dan tepat.

Surat lamaran kerja dengan baik memberikan kesempatan lebih besar agar diterima bekerja sebagai suatu manager. Dibawah ini terdapat contoh surat lamaran kerja umum sebagai manager produksi mempunyai format yang tepat serta terbilang baik. Contoh yang satu ini dapat dijadikan sebagai referensi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Yth. Bpk. Sandi Bima

  1. Unilever Lavend Indonesia

Jl. M.H Oemar

Jakarta Barat

Dengan Hormat,

Sehubungan iklan lowongan kerja perusahaan Bapak yang saya baca pada situs Trovit, bersama surat ini saya mengajukan diri agar bergabung bersama PT. Unilever Lavend Indonesia. Latar belakang serta pengalaman dalam hal mengembangkan pemasaran mungkin berguna untuk perusahaan.  Maka dengan ini, berikut data diri pribadi diantaranya:

Nama                                      : Samsul Marif

Tempat/tgl lahir                    : Jakarta, 15 Juni 1993

Alamat                                    : Jl. Kemurang No 33 Jakarta barat

Nomor hp                               : 082344365123

Status                                     : Lajang

Pendidikan terakhir            : S2 Managemen Strategi

Bermaksud mengajukan permohonan penempatan sebagai posisi tersebut, sebagai bahan pertimbangan, dilampirkan :

  1.    Curriculum Vitae
  2.    Copy ijazah S-2 legalisir
  3.    Copy KTP
  4.    Copy SKCK
  5.    Photo 4×6 terbaru

Berdasarkan yang sudah dijelaskan di resume yang dilampirkan, saya memiliki pengalaman kerja cukup dikarenakan pernah bekerja pada PT. Sari Indo Indonesia selama 4 tahun. Saya mulai karir menjadi manager hingga mencapai jabatan Manager Produksi. Setiap tahunnya, saya berhasil melakukan peningkatan jumlah pelanggan yang baru. Selain itu, saya pun berhasil untuk mengolah nasabah yang telah ada menjadi nasabah tetap di perusahaan. Saya sudah berhasil membuka lagi pasar yang sudah sempat tutup.

Sebagai seorang manager produksi, saya mempunyai tanggung jawab pada bidang perekrutan serta pelatihan lebih 120 staff penjualan yang sudah tersebar di Jakarta, tentunya memiliki tanggung jawab pula atas penjualan pada wilayah Jawa dan Sumatera.

Demikian surat lamaran saya buat, besar harapan untuk bisa bergabung pada perusahaan Bapak/Ibu pimpin, tentunya saya peribadi akan melakukan yang terbaik bagi PT. Unilever Lavend Indonesia.

Hormat Saya,

 

Indra Permana

Surat Lamaran Kerja Manager Produksi

Surat Lamaran Kerja Freelance

Bagi anda yang mesih menjalani pendidikan atau ingin memiliki pekerjaan sampingan yang tidak mengikat, anda dapat memilih pekerjaan freelance ini. Bagi beberapa pelamar terkadang masih bingung dalam mengatur kata kata yang baik dalam membuat surat lamaran. Untuk itu, inilah contoh surat lamaran yang dapat menambah refrensi surat lamaran anda.

Tangerang, 22 Maret 2018

Perihal : Lamaran Kerja

 

Kpd Yth,

HRD PT. Interior Design House

Di tempat,

 

Dengan hormat,

Berdasarkan info yang saya dapatkan dari situs resmi PT. Interior Design House di www.designinteriorhouse.3D.com, bahwa perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan freelance untuk menempati posisi (Tenaga Gambar) Drafter Freelance. Oleh karena itu, saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut. Terkait dengan lamaran ini, saya lampirkan data diri saya, :

 

Nama : Firda Syam Dwi

Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 18 Mei 1997

Jenis Kelamin : Perempuan

Alamat : Jl. Ki Ageng Raya Gg. 12 No. 12 RT. 01 RW. 002

Kota : Tangerang

Pendidikan Terakhir : S1 Arsitek

Telepon / Hp : 087832134322

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya turut melampirkan :

1) Foto 3×4 (terbaru) 2 Lembar

2) Daftar riwayat hidup

3) Fotocopy KTP

4) Fotocopy Ijazah

5) Portofolio design bangunan interior (berbagai type)

6) Sertifikat keahlian 3 Lembar

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya agar anda bersedia menindaklanjuti dengan menginterview secara langsung guna menjelaskan lebih dalam keahlian softskill dan hardskill saya. Atas Perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

 

Firda Syam Dwi

Surat Lamaran Kerja Freelance

Surat Lamaran Kerja Parttime

Sebuah pekerjaan sampingan memeiliki beberapa tipe, seperti freelance ataupun parttime. Perbedaannya terdapat pada keterikatan pada suatu pekerjaan yang ditawarkan. Untuk itu, anda perlu berhati hati dalam membuat surat lamaran kerja parttime tersebut. Agar tidak salah menafsirkan surat lamaran anda ada baiknya, anda melihat contoh surat di bawah ini.

Jakarta, 22 Maret 2017

 

Kpd Yth,

HRD Cv. Design 3D

Di tempat,

 

Dengan hormat,

Berdasarkan info yang saya dapatkan dari situs resmi PT. Interior Design House di www.desig3D.com, bahwa perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan Parttime untuk menempati posisi (Tenaga Gambar) Drafter pada proyek pembangunan sekolah di Cilangkap, Jakarta Timur. Oleh karena itu, saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut. Terkait dengan lamaran ini, saya lampirkan data diri saya, :

 

Nama : Syauqi Fathoni

Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 12 Febuari 1999

Jenis Kelamin : Laki – Laki

Alamat : Jl. Cipayung Gg. 1 No. 2 RT. 03 RW. 004

Kota : Jakarta Timur

Pendidikan Terakhir : SMK Gambar Bangunan

Semester : VI

Kuliah : Intitut Teknologi Nasional

Telepon / Hp : 087832134322

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya turut melampirkan :

a) Foto 3×4 (terbaru)  1 Lembar

b) Daftar riwayat hidup

c) Fotocopy KTP

d) Fotocopy Jadwal Kuliah

e) Portofolio design bangunan interior (berbagai type)

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya agar anda bersedia menindaklanjuti dengan menginterview secara langsung guna menjelaskan lebih dalam keahlian softskill dan hardskill saya. Atas Perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

 

Syauqi Fathoni

Surat Lamaran Kerja Parttime

Surat Lamaran Kerja Penulis

Sebagai seorang yang mencintai seni sastra atau yang suka membaca, tentu sudah tak asing lagi melihat adanya sebuah lamaran untuk menjadi penulis. Baik itu penulis lepas maupun penulis artikel atau blog. Tentu menjadi seorang penulis bukanlah hal yang mudah. Namun layak anda coba. Berikut contoh surat lamaran penulis yang dapat anda jadikan sebagai refrensi melamar anda.

Yogyakarta, 22 Maret 2018

Perihal : Lamaran Kerja

 

Kpd Yth,

Bpk/ Ibu Pimpinan

Di tempat,

 

Dengan hormat,

Berdasarkan info yang saya dapatkan dari website lowongan pekerjaan bahwa perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan sebagai penulis artikel untuk mengelola blog bapak / ibu. Saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut. Terkait dengan lamaran ini, saya turut lampirkan data diri saya, :

 

Nama : Kharsyah Yusuf

Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 9 Febuari 1994

Jenis Kelamin : Laki – Laki

Alamat : Jl. Ahmad Yani Gg. 2

Kota : Yogyakarta

Pendidikan Terakhir : SMA Negeri 6 Yogyakarta

Telepon / Hp : 087832134322

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya turut melampirkan :

f) Foto 3×4 (terbaru)  2 Lembar

g) Daftar riwayat hidup

h) Fotocopy KTP

i) Fotocopy Ijazah

j) Portofolio tulisan terbaru original

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya agar anda bersedia menindaklanjuti dengan menginterview secara langsung guna menjelaskan lebih dalam keahlian softskill dan hardskill saya. Atas Perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

 

Kharsyah Yusuf

Surat Lamaran Kerja Admin Online

Pekerjaan Administrasi tentu anda sebagai seorang pekerja diharapkan dapat mengerti adanya persuratan, keluar – masuk barang, maupun sirkulasi sebuah sistem dijalankan nantinya. Sama halnya dengan admin online yang seiring berjalannya zaman semakin dibutuhkan oleh beberapa online shop di media sosial tentu menciptakan sebuah lapangan kerja baru bagi masyarakat. Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan tersebut, ada baiknya mempelajari surat lamaran terkait admin online di bawah ini.

Surabaya, 22 Maret 2016

Perihal : Lamaran Kerja

 

Kpd Yth,

Bpk/ Ibu Pimpinan CV. Mustika Quenn

Di tempat,

 

Dengan hormat,

Setelah saya melihat di koran adanya lowongan kerja menjadi admin online yang bapak / ibu tawarkan. Saya merasa tertarik dan sesuai dengan minat serta kemampuan yang saya miliki. Saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut. Terkait dengan lamaran ini, saya turut lampirkan data diri saya, :

 

Nama : Zalfa Amalia

Tempat, Tanggal Lahir : Sidoarjo, 9 Juli 1997

Jenis Kelamin : Perempuan

Alamat : Jl. Jend. A. Yani

Kota : Surabaya

Pendidikan Terakhir : SMA Negeri 8 Surabaya

Telepon / Hp : 087214145532

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya turut melampirkan :

k) Foto 3×4 (terbaru)  2 Lembar

l) Daftar riwayat hidup

m) Fotocopy KTP

n) Fotocopy Ijazah

o) Portofolio tulisan terbaru review product

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya agar anda bersedia menindaklanjuti dengan menginterview secara langsung guna menjelaskan lebih dalam keahlian softskill dan hardskill saya. Atas Perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

 

Zalfa Amalia

Surat Lamaran Kerja Admin Online

Surat Lamaran Kerja Penjaga Stand

Di era yang sudah mulai berkembang dalam segi ekonomi ini sudah banyak kita temukan stand stand penjual seperti foodcourt. Baik itu di mall maupun di area area padat penduduk. Stand makanan berupa snack hingga makanan berat pun ada. Tentu, semakin banyaknya stand usaha yang ada maka banyak pula lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Sehingga mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan menjadi penjaga stand, berikut contoh surat lamaran kerja penjaga stand.

Malang, 12 Mei 2018

Perihal : Lamaran Kerja

 

Kpd Yth,

Bpk/ Ibu Pimpinan Bubble Banana

Di tempat,

 

Dengan hormat,

Setelah saya melihat lowongan pekerjaan sebagai Penjaga Stand yang ada di salah satu kedai bapak / ibu di Matos, saya merasa tertarik dan mampu untuk bekerja memenuhi kriteria. Saya teliti, rajin serta taat beribadah. Dapat bekerja dalam team mauupun individu. Terkait dengan lamaran ini, saya turut lampirkan data diri saya, :

 

Nama : Fahmi Rusli

Tempat, Tanggal Lahir : Kalimantan, 9 Juli 1997

Jenis Kelamin : Laki laki

Alamat : Jl. H. Muharto Gg. 4 No.12

Kota : Malang

Pendidikan Terakhir : SMA

Telepon / Hp : 081212121212

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya turut melampirkan :

Foto 3×4 (terbaru)  2 Lembar

Daftar riwayat hidup

Fotocopy KTP

Fotocopy Ijazah

Surat SKCK

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya agar anda bersedia menerima saya sebagai pegawai diBubble Banana. Atas Perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

 

Fahmi Rusli

Surat Lamaran Kerja Penjaga Stand

Surat Lamaran Kerja Dokter

Dokter merupakan salah satu pekerjaan yang berpenghasilan terbilang besar. Tidak salah jika banyak dari masyarakat yang menginginkan anak atau menantu mereka seorang dokter. Seperti yang kita ketahui, bahwa cukup banyak rumah sakit yang membutuhkan dokter pada beberapa bidang kesehatan. Baik itu di puskesmas, klinik ataupun rumah sakit.

Jakarta, 18 Juni 2018

Perihal : Lamaran Kerja

 

Kpd Yth,

Bpk/ Ibu Pimpinan Rumah Sakit Islam

Di tempat,

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan pada mading Rumah Sakit Islam yang menyatakan bahwa Rumah Sakit Islam sedang membutuhkan dokter umum. Terkait iklan tersebut, saya menyatakan berminat dan bersedia menjalani proses yang berlaku. Sebagai bahan pertimbangan turut saya lampirkan data diri sebagai berikut :

 

Nama : Inge Salsabillah

Tempat, Tanggal Lahir : Cikarang, 19 Juni 1996

Jenis Kelamin : Perempuan

Alamat : Jl. Pondok kopi no. 2

Kota : Jakarta

Pendidikan Terakhir : S1 Kedokteran

Telepon / Hp : 081221212121

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya turut melampirkan :

Foto 3×4 (terbaru)  2 Lembar

Daftar riwayat hidup

Fotocopy KTP

Fotocopy Ijazah

Surat Keterangan Sehat

Surat SKCK

STR yang masih Berlaku

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Saya berharap dapat melanjutkan ke fase interview dan tes tulis untuk menunjukan kepribadian serta keahlian saya secara langsung. Atas Perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

 

Inge Salsabillah

Surat Lamaran Kerja Dokter

Surat Lamaran Kerja Perawat

Di bidang kesehatan, peran serta perawat dalam menangani setiap pasien sangatlah penting. Mengingat jumlah yang dibutuhkan sebuah rumah sakit cukup banyak untuk mengurus pasien yang rawat inap ataupun sekedar datang berobat. Jika anda berminat untuk mendaftarkan diri menjadi seorang perawat, tentu anda harus membuat sebuah surat lamaran pekerjaan. Berikut contoh surat lamaran perawat yang dapat anda jadikan refrensi penulisan.

Malang, 13 September 2017

Perihal : Lamaran Kerja

Lampiran : –

 

Kpd Yth,

Bpk/ Ibu Pimpinan Puskesmas Lesanpuro

Di tempat,

 

Hormat saya,

Sehubungan dengan iklan yang saya baca pada koran memberitakan bahwa puskesmas Lesanpuro sedang membuka lowongan pekerjaan menjadi perawat tetap. Melihat saya memenuhi kreteria yang dibutuhkan serta minat saya yang besar menjadi perawat tentu ini menjadi langkah yang baik setelah saya menyelesaikan profesi keperawatan. Sebagai bahan pertimbangan turut saya lampirkan data diri sebagai berikut :

 

Nama : Reta Kinanti

Tempat, Tanggal Lahir : Tangerang, 1 Januari 1997

Jenis Kelamin : Perempuan

Alamat : Jl. Sigura – gura 2

Kota : Malang

Pendidikan Terakhir : S1 Keperawatan

Telepon / Hp : 088821212121

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya turut melampirkan :

Foto 3×4 (terbaru)  2 Lembar

Daftar riwayat hidup

Fotocopy KTP

Fotocopy Ijazah

Surat Keterangan Sehat

Surat SKCK

STR yang masih Berlaku

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Saya berharap dapat melanjutkan ke fase interview dan tes tulis guna menjelaskan lebih dalam keahlian kepribadian serta keahlian saya secara langsung. Atas Perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

 

Reta Kinanti

Surat Lamaran Kerja Perawat

 

Semoga penjelasan dan contoh surat diatas  bisa bermanfaat bagi anda yang kini sedang mencari format surat lamaran pekerjaan. Bisa anda tambahkan atau anda kurangi sesuai dengan kebutuhan dalam pekerjaan yang akan anda lamar.

Karena kecermatan dalam menulis surat lamaran sangat penting, jangan sampai anda melakukan kesalahan yang sudah dijelaskan di atas. Harus-harus hati-hati dalam penulisan, sehingga tepat sekali untuk penulisan surat tersebut.

Perhatikanlah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika menulis surat penting tersebut. Surat lamaran pekerjaan ini akan menentukan nasib anda kedepannya, sehingga memberikan banyak harapan untuk banyak pelamar. Jangan main-main ketika menulis surat melamar pekerjaan.

Sebelum anda pergi baca ini: Surat Lamaran Pekerjaan Ditulis dengan Tangan

Itulah beberapa surat lamaran kerja yang mempunyai format penulisan dengan baik. Anda pun dapat mencontohnya apabila anda melamar pekerjaan untuk posisi yang sudah disebutkan diatas. Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda. Demikian penjelasan dari kami, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *