8 Contoh Surat Referensi Kerja Untuk Melamar Pekerjaan Baru

By | 26 September 2019

Saat ini mencari pekerjaan tidak mudah karena persaingan yang ketat. Untuk mendapatkan pekerjaan seorang pelamar kerja harus bersaing dengan para calon pekerja lainnya. Cara agar bisa mendapatkan kepercayaan dari perusahaan yang dituju adalah dengan membuat surat referensi kerja. Di bawah ini ada contoh surat referensi kerja yang bisa anda coba untuk melamar pekerjaan.

Dengan anda memiliki surat referensi kerja dari perusahaan yang sebelumnya maka bisa mendatangkan nilai plus bagi anda. Sebuah perusahaan tentu tidak gampang memberikan surat referensi kerja. Selama anda resign dengan perilaku yang baik maka surat referensi kerja ini mudah didapatkan.

contoh surat referensi kerja

Cara Menulis Surat Referensi Kerja yang Benar

Bagi perusahaan membuat surat referensi kerja memang sangat berat. Namun, tetap harus mengeluarkan surat ini demi menjaga attitude anda kepada karyawan dan untuk menjaga nama baik perusahaan. Agar bisa membuat surat referensi kerja yang benar maka anda harus tahu caranya. Cara menulisnya sebagai berikut:

1. Kumpulkan Informasi Penting Tentang Karyawan Anda

Langkah awal jika ingin menulis surat referensi kerja ini adalah anda harus tahu terlebih dulu tentang karyawan anda. Kenapa demikian? Informasi soal karyawan anda ini yang nanti akan dimasukkan ke dalam isi surat. Jika anda tidak tahu persis mengenai karyawan anda tersebut, maka bisa meminta langsung ke yang bersangkutan.

2. Tuliskan Mengenai Tugas dan Tanggungjawab Karyawan Anda

Setiap perusahaan tentu memiliki SOP masing-masing. Karyawan juga punya tugas dan kewajiban yang berbeda sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Untuk itu dalam menulis surat referensi kerja ini, tuliskan semua tentang tugas dan tanggungjawab karyawan selama bekerja di perusahaan anda.

3. Pastikan Format Surat Referensi Kerja sudah Benar

Dalam membuat surat referensi kerja ada dua macam format yang biasa digunakan. Format pertama adalah format surel (email), sedangkan untuk format kedua adalah format cetak (bisnis). Tentu berbeda antara format cetak dan surel, maka perlu diketahui dulu karyawan menginginkan format seperti apa.

4. Diawali dengan Menulis Sambutan Lalu Diikuti Isi Surat

Menulis surat referensi kerja kurang lebih hampir sama dengan menulis surat pada umumnya. Pertama yang harus anda tulis adalah sambutan. Untuk sambutan ini letaknya dibagian awal surat. Buatlah sambutan yang singkat dan jelas. Mungkin cukup satu paragraf saja sambutan yang harus anda buat.

5. Pandangan dan Kesan Anda Pada Karyawan

Surat referensi kerja idealnya adalah cukup satu lembar HVS. Maka dari itu dalam membuat kesan dan pandangan anda terhadap karyawan yang meminta surat referensi kerja dibuat secara singkat, padat dan jelas. Jadi dalam menulis surat referensi kerja ini jangan terlalu bertele-tele. Langsung saja pada inti dan maksud tujuan dari pembuatan surat.

6. Buatlah Kalimat Penutup yang Menyakinkan

Elemen penting dalam surat referensi kerja terdiri dari sambutan, isi dan satu lagi penutup. Penutup menjadi bagian yang tak kalah penting, bahkan kalau bisa dibuat semenarik mungkin. Tulislah sebagus mungkin agar HRD yakin dan siap mempekerjakan karyawan anda tersebut.

Baca juga: 10 Contoh Surat Pemberitahuan Untuk Berbagai Kegiatan dan Instansi

Jika anda sudah mempelajari cara menulis surat referensi kerja. Maka anda bisa langsung praktekkan ketika ada karyawan yang ingin meminta surat referensi tersebut. Jika anda masih bingung dan belum paham mungkin bisa melihat beberapa contoh surat referensi seperti yang dituliskan di bawah ini.

Beberapa Contoh Surat Referensi Kerja

Contoh surat referensi kerja atau yang biasa dikenal dengan nama lain surat pengalaman kerja adalah sebagai bahan rujukan atau acuan agar bisa menuliskan surat referensi kerja dengan baik dan benar. Dalam membuat surat referensi kerja, alangkah baiknya pekerjaan yang dituju hampir serupa dengan jabatan anda sebelumnya.

Jadi nanti perusahaan yang baru tidak mengajarkan anda tentang pekerjaan yang akan ditekuni dari Nol. Tentu perusahaan akan lebih memilih karyawan yang sudah pengalaman. Mungkin tidak perlu berbicara panjang lebar lagi, yuk lihat beberapa contoh surat referensi kerja berikut:

Contoh Surat Referensi Kerja Dari Perusahaan

contoh surat referensi kerja perusahaan

Bagi yang pernah bekerja di perusahaan dalam bidang tertentu maka nanti dalam melamar lowongan kerja akan lebih mudah. Apalagi kalau perusahaan yang ingin dimasuki memiliki kesamaan dengan perusahaan yang sebelumnya. Hal disebabkan anda dirasa lebih berpengalaman.

Berkah Abadi

Jl. Ahmad Yani No. 321

Temanggung

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. : 051/HRD/September/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Ahmad Susilo

Jabatan          : Direktur PT. Berkah Abadi

Memberitahukan dengan sebenar-benarnya bahwa yang bersangkutan atas nama :

Nama             :  Agus Suharjo

Alamat            :  Jl. Kebun Jeruk  No. 136 Temanggung

Sudah pernah bekerja kepada perusahaan kami dan terhitung sejak 04 April 2016 sampai dengan 25 Maret 2019, dengan jabatan terakhir Manager Content.

Selama menjadi karyawan, Saudara Agus Suharjo sudah memberikan yang terbaik serta menunjukkan loyalitas dan dedikasi yang tinggi bagi perusahaan. Karyawan tersebut juga tidak pernah berbuat tindakan yang merugikan perusahaan. Dalam hal karyawan tersebut telah mengajukan pengunduran diri berdasarkan kemauan sendiri.

Kami berterima kasih karena karyawan tersebut sudah memberikan banyak jasa kepada perusahaan kami. Harapan saya semoga yang bersangkutan bisa lebih sukses jika bisa bergabung bersama perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dimasa mendatang.

Demikian surat keterangan untuk karyawan tersebut, saya harap surat ini bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Temanggung, 05 September 2019

Direktur PT. Maju Sentosa

Ahmad Susilo

Contoh Surat Referensi Kerja Dari Bank

contoh surat referensi dari bank

Bagi anda yang dulu kerja di Bank baik swasta atau negeri jika ingin pindah pekerjaan ke bank lain alangkah baiknya menuliskan surat referensi dari bank sebelumnya. Contoh surat referensi Bank yang bisa anda tulis seperti di bawah ini. Dengan menulis surat referensi ini nanti akan lebih mudah diterima kerja.

Suka Suka

Jl. Mawar No. 369

Magelang

SURAT PENGALAMAN KERJA

No  :  I/II/III/September/2019

Hal  :  Surat Pengalaman Kerja

Kepada yang berkepentingan,

Bersamaan dengan surat ini kami dari PT. Makmur Sentosa menyatakan bahwa :

Nama             : Budi Rahman

Alamat            : Jl. Batu No. 34 Magelang

Jabatan          : Kepala Marketing

Karyawan tersebut telah bekerja di perusahaan kami dengan kurun waktu : 15 Februari  2015 sampai dengan 23 Februari 2019.

Saudara yang bersangkutan telah banyak berjasa pada perusahaan kami sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya dan selama bekerja yang bersangkutan tidak pernah melakukan pelanggaran apapun yang membuat perusahaan merasa dirugikan. Alasan karyawan tersebut berhenti bukan dari perusahaan melainkan atas keinginan sendiri.

Kami mengucapkan banyak berterimakasih kepada HRD PT Suka Suka atas kerjasamanya. Semoga yang bersangkutan di perusahaan Bapak/Ibu bisa lebih maju dan meraih kesuksesan.

Jakarta, 2 Maret 2019,

Direktur PT. Makmur Sentosa,

Setio Susilo

Contoh Surat Referensi Kerja Tanpa Kop Surat

contoh surat referensi kerja tanpa kop surat

Pada umumnya pembuatan surat referensi kerja memang tercantum kop surat. Namun, ada juga yang tidak menggunakannya. Bagi perusahaan yang tidak menggunakan kop surat tetap sah-sah saja, asalkan dalam surat referensi kerja tersebut ada tanda tangan dari pimpinan.

SURAT REFERENSI KERJA

Nomor : I/II/III/September/2018

Menerangkan bahwa yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama             : Budi Sumiyadi

Jabatan          : Kepala Mekanik

Merupakan karyawan dari PT. Maju Usaha yang telah bekerjasama terhitung sejak 28 April 2014 sampai dengan 28 Mei 2019.

Selama bekerja karyawan tersebut telah banyak memberikan jasa yang tidak ternilai dan berdedikasi tinggi. Dalam bekerja karyawan tersebut memiliki loyalitas pada perusahaan yang besar. Selama bekerja pada perusahaan kami tidak pernah melakukan hal-hal yang memberikan efek negatif bagi perusahaan.

Bersamaan dengan hal tersebut kami sangat berterima kasih. Doa kami semoga nanti yang bersangkutan bisa lebih sukses dari yang sekarang di perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat keterangan ini, mohon surat referensi kerja yang kami buat bisa digunakan dengan sebaik-baiknya.

Surabaya, 2 September 2019

Direktur PT. Maju Usaha,

Ramlan Sidiq

Contoh Surat Referensi Kerja Tenaga Ahli

contoh surat referensi kerja tenaga ahli

Seseorang memutuskan untuk resign dari perusahaan yang sebelumnya tentu memiliki banyak sekali alasan. Jika anda ingin melamar ke perusahaan lain sebaiknya minta surat referensi. Jika anda tidak bisa membuatnya maka bisa melihat contoh surat referensi kerja tenaga ahli berikut:

Sumber Jaya Merdeka

Jl. Rohingya No.A2

Bandung

021-987456

SURAT KETERANGAN KERJA

No : 009/SK.PQQ/IV/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Nur Ahmad

Jabatan          : Direktur

Alamat            : Jl. Perum No. 523 Bandung

Telp.   :           021 – 987456

Menerangkan bahwa :

Nama                         : Zulkar Nain

Tempat/Tgl Lahir      : Bandung/13/02/1988

Alamat                        : Jl. Melati No. 162 Bandung

Menerangkan bahwa yang bersangkutan betul karyawan di perusahaan yang kami pimpin dengan jabatan sebagai Teknisi Kelistrikan, terhitung sejak 18 Agustus 2014 sampai dengan 28 Februari 2019.

Demikian surat keterangan untuk karyawan tersebut kami buat, semoga bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 23 September 2019

Direktur PT. Sumber Jaya Merdeka,

Adi Joko

Contoh Surat Referensi Kerja dari Instansi Pemerintah

contoh surat referensi kerja dari instansi pemerintah

Ketika memiliki pekerjaan maka itu patut untuk disyukuri. Namun terkadang sering ada kendala dalam pekerjaan tersebut baik itu rasa bosan, perselisihan atau berbagai alasan lainnya. Jika anda memutuskan untuk pindah ke instansi lain maka mintalah surat referensi kerja.

Aman Sejahtera

Jl. Blok Timur No.3W

Pontianak

0411-258741

SURAT KETERANGAN KERJA

No : 063/SK.PP/VIV/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Amin Laksmana

Jabatan          : Direktur

Alamat            : Jl. Sumber Alam No. 231 Pontianak

Telp                : 031-258741

Menerangkan bahwa :

Nama                         : Saiful

Tempat/Tgl Lahir      : Pontianak/23/10/1989

Alamat                        : Jl. Buah Naga No. 32 Pontianak

Pada saat beliau bekerja pada kami terhitung dari 12 Maret 2013 – 12 Maret 2018, telah bekerja dengan baik dan bertanggungjawab terhadap tugas dan kewajiban yang harus dikerjakannya. Selama menjadi karyawan tidak pernah melakukan perbuatan yang bisa mencemarkan nama perusahaan atau kerugian terhadap perusahaan.

Demikian surat keterangan dari kami untuk karyawan tersebut, semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Pontianak, 05 September 2019

Direktur PT. PT. Aman Sejahtera,

Amin Laksmana

Contoh Surat Referensi Kerja Sebagai Manajer

contoh surat referensi kerja sebagai manajer

Ketika seseorang ingin melamar pekerjaan sebagai manager tentu bukan perkara yang mudah. Apalagi tidak ada keterampilan dan pengalaman di bagian manager tersebut. Maka dari itu jika anda pernah bekerja sebagai manager sebaiknya mintalah surat referensi kerja dari perusahaan sebelumnya agar anda mudah diterima.

PT Bam Green

Jl. Adi Jaya No. 12 Semarang

SURAT PENGALAMAN KERJA

No : 678/SPK-TN/VII 2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Setiawan

Jabatan          : Direktur PT. Bam Green

Menerangkan bahwa atasnama di bawah ini :

Nama             : Muhammad Aziz

Alamat            : Jl. Pegangsaan No. 357 Semarang

Jabatan          : Manajer

Bahwa perusahaan kami PT. Bam Green terhitung sejak 11 Agustus 2017 sampai dengan 22 Desember 2018, karyawan tersebut berada pada posisi sebagai Manager Information Technology Department pada perusahaan kami, Saudara Muhammad Aziz telah menunjukkan dedikasi dan melakukan pekerjaan yang baik di perusahaan kami serta yang bersangkutan sama sekali tidak pernah merugikan perusahaan.

Bersamaan dengan surat referensi kerja ini yang bersangkutan telah resmi mengundurkan diri. Kami dari PT Bam Green berterima kasih. Besar harapan kami mudah-mudahan Muhammad Aziz di masa mendatang akan mencapai kesuksesan.

Surat referensi kerja ini dibuat supaya Muhammad Aziz bisa menggunakannya sebagaimana mestinya.

Semarang, 08 September 2019

Direktur PT. Bam Green,

Agung Andry

Contoh Surat Referensi Kerja Untuk Staf Administrasi Niaga

contoh surat referensi kerja untuk staf administrasi niaga

Staf administrasi niaga menjadi pekerjaan yang difavoritkan karena biasanya gaji yang diperoleh besar. Butuh ketelitian yang tinggi jika anda ingin menduduki posisi ini. Jika anda ingin pindah kerja sebagai staf administrasi niaga di perusahaan lain, jangan lupa meminta surat referensi dari perusahaan sebelumnya agar lebih mudah diterima.

PT Small Blue

Jl. Terumbu No. 12 Temanggung

SURAT PENGALAMAN KERJA

No : 342/SPK-WS/VII 2019

Perihal        : Surat Referensi Kerja

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Sutopo Rahmad

Jabatan          : Direktur utama PT Small Blue

Menerangkan bahwa yang bersangkutan

Nama                         : Rahma Nanda

Jenis Kelamin          : Perempuan

Jabatan                      : Staf Administrasi Niaga

Alamat                        : Jl. Bumi Ayu No. 159 Temanggung

Menerangkan bahwa yang bersangkutan tersebut pernah bekerja pada perusahaan PT Small Blue dengan mulai kerja dari tanggal 20 Februari 2018 sampai dengan 24 September 2018. Selama bekerja yang bersangkutan berada pada posisi Staf Administrasi Niaga.

Rahma Nanda merupakan seorang karyawan yang ulet, telaten, teliti dan sangat berdedikasi tinggi. Bersamaan dengan surat ini bersangkutan tersebut  mengundurkan diri atas kemauan sendiri.

Surat referensi kerja atas nama Rahma Nanda  ini kami buat. Semoga Rahma Nanda lebih sukses dari yang sekarang.

Temanggung, 08 Mei 2019

Kepala Personalia PT. Small Blue,

Sutopo Rahmad

Contoh Surat Referensi Kerja Sebagai Guru

contoh surat referensi kerja sebagai guru

Guru adalah suatu pekerjaan yang mulia dan banyak yang mencita-citakannya. Ketika ada suatu hal yang membuat seseorang terpaksa pindah mengajar tentu untuk dapat menempati pekerjaan baru sangat susah. Agar lebih mudah dan mendapat kepercayaan dari pihak sekolah yang lain maka penting untuk menulis surat referensi kerja dari sekolah sebelumnya.

PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

SMP ISLAM TERPADU

Jln. Sumowati No 568, Kab. Wonosobo

SURAT PENGALAMAN KERJA

No : 456/SPK-MK/X/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             :  Supangat Ari M.Kom

Jabatan          : Kepala SMP Islam Terpadu

Alamat            : Jl. Sumowati. 568 Wonosobo

Dengan Sebenarnya menerangkan mengenai yang bersangkutan bahwa:

Nama             : Nukman Setiono, S. Pd

Alamat            : Jl. Srilangka No. 69 Magelang

Benar-benar telah menjadi tenaga didik dibawah pimpinan kami SMP Islam Terpadu Dimulai dari  11 Maret 2016 sampai 22 Mei 2019 dengan jabatan terakhir Guru/Pendidik Matematika. Selama ini beliau mengajar dengan baik, telah berdedikasi terhadap sekolah kami. Sehubungan dengan ini yang bersangkutan telah mengundurkan diri atas dasar keinginan beliau sendiri.

Keterangan data diri saudara Nukman Setiono, S. Pd ini kami buat. Kami harap pihak yang berkepentingan bisa menggunakan sesuai dengan yang semestinya.

Magelang, 08 September 2019,

Kepala SMP Islam Terpadu,

Supangat Ari M.Kom

Nah, demikian contoh surat referensi kerja yang bisa anda jadikan acuan atau referensi dalam membuatnya. Jadi surat referensi kerja ini memang sangat diperlukan bagi karyawan yang hendak bekerja ke tempat lain. Surat referensi kerja dari perusahaan sebelumnya dapat memperkuat alasan HRD untuk mempekerjakan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *