10 Contoh Surat Pemberitahuan Untuk Berbagai Kegiatan dan Instansi

By | 18 September 2019

Dewasa ini, kegiatan surat menyurat sudah mulai ditinggalkan oleh orang-orang. Alasannya tentu saja karena canggihnya teknologi saat ini. Namun, untuk sebuah lembaga tentu saja tidak bisa meninggalkan kegiatan ini. Mereka tetap membutuhkan surat manual dan tentunya resmi. Salah satu surat formal yang sering diterima dan dibuat adalah surat pemberitahuan. Apakah Anda sudah tahu seperti apa itu surat pemberitahuan? Jikalau belum, coba lihat beberapa contoh surat pemberitahuan.

Contoh Surat Pemberitahuan

Pengertian Surat Pemberitahuan

 Surat pemberitahuan adalah sebuah surat yang berisi informasi dan memiliki kegunaan untuk menyampaikan informasi tersebut dari si penulis ke si penerima atau pembaca. Biasanya, surat ini berisi tentang kegiatan atau acara yang akan hadir dalam waktu dekat.

Tujuan Surat Pemberitahuan

Dilihat dari pengertiannya, surat pemberitahuan haruslah menyampaikan informasi dengan jelas dan tepat. Sayangnya, masih ada pihak yang belum bisa menulis surat pemberitahuan dengan benar dan sesuai aturan.

Baca juga: 14 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum dan Cara Menulisnya!

Meski sebenarnya tidak ada aturan pasti akan bagaimana pembuatan surat pemberitahuan. Akan tetapi penting untuk dipahami cara membuat surat pemberitahuan yang tepat dan benar. Hal ini untuk menghindari salah persepsi saat orang lain menerima dan membacanya.

Cara Membuat Surat Pemberitahuan yang Benar Sesuai Aturan

Menulis surat pemberitahuan tidaklah sulit. Informasinya harus ditulis dengan benar agar tujuan penulisan surat pemberitahuan bisa disampaikan dengan tepat dan jelas. Salah satu yang harus diperhatikan pada saat menulisnya adalah bahasa. Gunakan bahasa baku dan sopan. Selain bahasa, penulisannya pun harus memperhatikan tanda baca. Tanda baca harus disesuaikan dengan arti kalimat dalam surat. Format surat pemberitahuan juga harus diperhatikan saksama.

Format Surat Pemberitahuan

Secara garis besar, format penulisan surat pemberitahuan bisa dibagi menjadi empat bagian.

  1. Kop atau Kepala Surat Pemberitahuan

Kop surat bisa menunjukkan identitas dari penulis surat, instansi yang menerbitkan atau dari mana surat tersebut berasal. Isi dari kop surat adalah nama instansi, alamat, nomor telepon, dan lain-lain yang bisa diisi dengan email, fax, atau alamat website.

  1. Nama dan Alamat

Nama yang ada di bagian kedua ini bukanlah nama instansi pembuatnya, tetapi nama orang atau instansi yang menerima surat pemberitahuan. Biasanya, untuk menghindari salah tujuan, pengirim akan mencantumkan alamat si penerima. Karena berbekal nama saja bisa saja tertukar, karena nama orang banyak yang sama. Sebelum menuliskan nama penerima, Anda bisa mengawalinya dengan salam sehingga penerima surat merasa dihormati.

  1. Pentingnya Surat Pemberitahuan

Isi merupakan bagian terpenting dari surat. Isi memuat informasi apa yang ingin disampaikan dari penulis untuk pembaca atau penerima surat. Penulisan isi harus sesuai dengan tujuan surat. Di sini Anda harus memasukkan informasi yang lengkap dan jelas agar tidak timbul rancu dan ketidakpahaman dari pembaca.

Sebagai contoh surat pemberitahuan yang berisi informasi sebuah kegiatan. Maka informasi yang tercantum harus menjelaskan tentang di mana kegiatan diselenggarakannya, kapan diadakan, lokasi, dan tujuannya. Jangan sampai lupa!

  1. Tanda Tangan dan Nama Terang

Salah satu tanda legalitas dan kebenaran surat  ditulis oleh perwakilan instansi yang menerbitkan surat pemberitahuan adalah adanya tanda tangan. Nama lengkap dan jabatan tertulis di bawah tanda tangan. Faktanya, dalam selembar surat pemberitahuan bisa terdapat lebih dari satu tanda tangan.

Namun, agar Anda tidak bingung. Tata urutan penulisan tanda tangan lebih dari dua yaitu tanda tangan pertama sebagai sebagai penulis surat. Selanjutnya ada tanda tangan saksi akan kebenaran surat pemberitahuan sebagai tanda tangan kedua.

Poin Tambahan dalam Menulis Surat Pemberitahuan

Selain empat poin di atas, Anda juga bisa beberapa poin lain saat yang bisa ditambahkan saat menulis surat pemberitahuan. Seperti nomor surat, sifat, perihal, lampiran, dan tempat tanggal pembuatan surat.

  1. Nomor Surat

Setelah kop surat di atas nama penerima biasanya ada informasi tambahan berupa nomor surat. Nomor surat berisi kode atau nomor. Biasanya, untuk membuatnya Anda harus memperhatikan urutannya ini.

  • Kode nomor surat
  • Nomor urutan surat yang diterbitkan
  • Kode huruf instansi yang mengeluarkan surat
  • Kota pembuatan nomor surat
  • Bulan yang tengah berjalan dalam angka Romawi
  • Tahun berjalan saat ini

Contoh nomor surat :

01.001/TKAF/SLM/IX/2019

  1. Hal

Informasi tambahan lainnya yaitu perihal atau biasa disingkat hal ditulisnya surat pemberitahuan tersebut. Penambahan ‘perihal’ akan memudahkan pembaca untuk segera segera mengetahui kepentingan dibuatnya surat pemberitahuan.

  1. Lampiran

Ada saatnya juga Anda ingin melampirkan dokumen bersamaan dengan surat pemberitahuan yang Anda kirimkan. Lampiran bisa ditulis di bawah atau sebelum ‘hal’, sebagai pelengkap keterangan, sertakan juga jumlah dan apa yang dilampirkan.

  1. Tanggal Tempat Pembuatan Surat Pemberitahuan

Tempat tanggal pembuatan ditulis di atas tanda tangan penulis surat.

  1. Sifat

Penambahan informasi ini bersifat opsional, karena ada beberapa surat pemberitahuan yang memiliki sifat penting, mendesak, dan lain sebagainya. Sehingga penambahan informasi ini penting adanya. Namun, tidak mencantumkannya pun tidak apa-apa.

Macam-macam Contoh Surat Pemberitahuan

Pelajarilah beberapa contoh surat pemberitahuan di bawah ini agar Anda semakin paham bagaimana cara membuat surat pemberitahuan.

Contoh Surat Pemberitahuan dari Kelurahan atau Kecamatan

Contoh Surat Pemberitahuan dari RT Terkait Kegiatan Kerja Bakti

Ada begitu banyak contoh dari surat pemberitahuan yang ada di sekitar kehidupan Anda. Sebagai warga yang baik, Anda pun pasti pernah melihat di salah satu pos kamling ada surat yang ditempelkan. Itu pun termasuk dalam surat pemberitahuan, surat pemberitahuan ini tidak mesti dicetak banyak. Bisa saja hanya dibuat satu lembar tetapi ditempelkan di tempat strategis agar dibaca oleh banyak orang. Salah satunya adalah surat pemberitahuan dari kelurahan untuk warganya di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA SLEMAN

KECAMATAN SLEMAN, KELURAHAN TRIHARJO

Rukun Warga (RW) 015 Ngangkrik Kring V

Kode Pos 5514 Telp. —

No.           : /PKS/SLM/IX/2019

Sifat         : Penting

Lampiran : 1 (satu) berkas

Hal           : Pemberitahuan

Kepada Yth : Seluruh Warga Nagngkrik Kring V

Berdasarkan surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Pemerintah Kota Sleman tanggal 10 April 2018 Nomor : … perihal keputusan KPU Pemerintah Kota Sleman tentang penetapan hari dan tanggal pemungutan suara kepala daerah. Bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Bahwa pada tanggal 17 April 2019 ditetapkan sebagai hari libur guna pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah.
  2. Diberitahukan kepada seluruh PNS di lingkungan pemerintah kota sleman agar turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilihan umum tersebut di TPS masing-masing.

Demikian surat ini disampaikan untuk dilaksanakan.

a.n BUPATI SLEMAN

PJ. SEKRETARIS DAERAH

Drs. H. Syamsuddin, N. M

Pembina Utama Muda

NIP : 

Tembusan disampikan kepada :

  1. Bupati Sleman sebagai lapoan
  2. Ketua DPRD Kabupaten Sleman
  3. Ketua KPU Kabupaten Sleman
  4. Ketua Panwaslu Kabupaten Sleman

Contoh Surat Pemberitahuan dari Instansi atau Lembaga

Contoh Surat Pemberitahuan dari Instansi atau Lembaga

Surat ini dikeluarkan oleh sebuah instansi atau lembaga seperti sekolah yang penulisan surat ini bisa ditujukan kepada murid, guru, maupun wali murid. Berikut contoh surat pemberitahuan dari sekolah untuk wali murid.

TAMAN KANAK-KANAK

AL-FTHROH

Jln. Letkol Subadri No. 97 Ngangkrik, Triharjo, Sleman, Yogyakarta 55514

No. :  /TKAF/SLM/IX/2019

Hal : Pemberitahuan

Kepada Yth.

Bapak atau ibu orang tua wali murid

TK AL-FTHROH

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil’aalamiin, puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang dilimpahkan-Nya. Sholawat serta salam selalu tercurah pada Nabi Muhammad Saw.

Bersama surat ini, kami membwritahukan hal-hal yang berkenaan dengan kegiatan yang bekerjasama dengan IGTKI Kecamatan Sleman sebagai berikut:

    1. Melaksanakan aksi nonton bareng Ikan Lumba-lumba yang insya Allah akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 28 September 2019. Dengan membayar uang tiket masuk per anak sebesar Rp25.000,-. Tanggal 25 September 2019 adalah pembayaran paling lambat. Kegiatan ini besifat tidak wajib.
    2. Finger Painting dengan biaya sebesar Rp10.000,-. Kegiatan ini bersifat wajib, diharpakan seluruh siswa untuk ikut memeriahkan acara.

Demikian pemberitahuan yang dapat kami sampaikan, atas perhatian bapak atau ibu kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

NB : Apabila tidak mengikuti acara menonton Ikan Lumba-lumba maka anak hanya perlu membayar biaya Finger Painting.

Sleman, 17 Sepetmber 2019

Kepala TK AL-FTHROH

Susanti Indrawati, S. PD. AUD.

Contoh Surat Pemberitahuan dari Koperasi Simpan Pinjam

Contoh Surat Pemberitahuan dari Koperasi Simpan Pinjam

Di bawah ini merupakan salah satu contoh dari surat pemberitahuan yang dikeluarkan oleh koperasi simpan pinjam dalam menindak karyawannya.

KOPERASI SIMPAN PINJAM

‘SUMBER REJEKI’

Badan hukum no. 124/BH/II/1972 Tanggal 21 November 2006

Kantor Pusat : Jln. Raya Magelang km 13 Sleman, Yogyakarta 55514

Lampiran : 1 lampiran

Perihal     : Surat Pemberitahuan

Kepada Yth :

  1. Bpk. Ahmad Yulianto (Pimpinan)
  2. Purnomo (Agen Operasional)

Dengan hormat,

Sehubungan dengan diterbitkannya surat ini, kami sebagai direktur utama KSP Sumber Rejeki, Sleman – Yogyakarta. Memberitahukan kepada Bpk. Ahmad Yulianto selaku pemimpin perusahaan CV. Mulya Dadi, Sleman. Bahwa keberadaan surat ini kami buat dan kami tujukan kepada Bapak untuk disampaikan kepada saudara Purnomo selaku karyawan bapak.  Berdasarkan pengawasan dan pengevaluasian hasil kerja saudara Heru selama menjabat sebagai agen operasional atau AO di koperasi dan karena tidak adanya loyalitas serta kurangnya rasa tanggung jawab terhadap tugas dan amanah yang dipercayakan oleh KSP.

Setelah kami menimbang melalui berbagai aspek dan pandangan, maka dengan sangat hormat dan juga permintaan maaf. Kami selaku pengelola KSP Sumber Rejeki di kantor pusat tidak bisa mempertimbangkan kembali saudara Purnomo untuk tetap menjadi karyawan di koperasi kami.

Demikian surat pemberitahuan ini kami buat terkait keputusan penonaktifan karyawan

Nama : Purnomo

Jabatan : Agen Operasional

Atas perhatiannya akan surat ini, kami sampaikan terima kasih dan permintaan maaf sebesar-besarnya. Dimohon untuk pengertiannya terhadap keputusan kami.

Hormat Kami

KSP Sumber Rejeki

Contoh Surat Pemberitahuan dari Perusahaan kepada Karyawan

Contoh Surat Pemberitahuan dari Perusahaan kepada Karyawannya

Bukan hanya instansi pemerintah saja, perusahaan pun bisa mengeluarkan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada karyawannya terkait acara yang akan berlangsung di perusahaan tersebut. Contoh suratnya sebagai berikut.

CV. GUBUK RENJANI

Web & IT Solution

Jln. Monjali, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55284

Gubukrenjani.com

Nomor : xx/xxx/xx/2018

Perihal : Pemberitahuan Kegiatan Family Gathering

Kepada Yth.

Seluruh Karyawan

CV. Gubuk Renjani

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan berakhirnya periode kerja pada tahun 2018, diberitahukan kepada seluruh karyawan CV. Gubuk Renjani bahwa akan dilaksanakan kegiatan Family Gathering.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan berkumpul bersama seluruh karyawan CV. Gubuk Renjani dan keluarganya dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar karyawan yang merupakan keluarga besar CV. Gubuk Renjani.

Wegiatan tersebut akan dilaksakan pada :

Hari : Sabtu dan Minggu

Tanggal : 31 Desember 2018 dan 1 Januari 2019

Tempat : Kawasan Wisata Bandungan

Seluruh biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi akan ditanggung oleh perusahaan. Untuk itu, diharapkan seluruh karyawan sudah berkumpul pada hari Sabtu, tanggal 31 Desember 2018, pukul 08.30 WIB di kantor dengan membawa serta anggota keluarga dan keperluan masing-masing.

Demikian surat pemberitahuan ini, kami harapkan partisi dari seluruh karyawan untuk mengikuti dan kesuksesan acara tersebut.

Sleman, 20 Desember 2018

Danang Sutawijaya

Contoh Surat Pemberitahuan dari Organisasi

Contoh Surat Pemberitahuan dari Organisasi

Surat pemberitahuan ini diterbitkan oleh suatu organisasi untuk memberitahukan informasi penting terkait kegiatan di dalam halalbihalal. Seperti akan diadakannya baksos. Kalau Anda sedang mencari contoh surat pemberitahuan ini, bisa di lihat contohnya di bawah ini.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMA N 1 JAYA

Jalan Manokwari no. 5 Papua

Nomor : 009/OSIS/SMANJ/2019

Hal      : Pemberitahuan

Kepada Yth.

  1. Seluruh Guru SMA N 1 JAYA
  2. Seluruh Murid SMA N 1 JAYA

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan berakhirnya bulan ramadhan dan masuknya bulan Syawal, kami selaku OSIS SMA N 1 JAYA akan mengadakan acara halalbihalal di lingkungan sekolah. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada :

Hari dan tanggal : Senin, 07 Juli 2019

Waktu                  : 08.00 sampai selesai

Tempat                : Aula Sekolah SMA N 1 JAYA

Sehubungan dengan hal tersebut, kami selaku panitia halalbihalal SMA N 1 JAYA memberitahukan kepada seluruh bapak dan ibu guru, serta murid tercinta SMA N 1 JAYA untuk hadir dalam acara halalbihalal tersebut.

Demikian surat ini dibuat dan diedarkan, kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kehadirannya.

Ketua OSIS SMA N 1 JAYA

Agus Wahyu

Contoh Surat Pemberitahuan Adanya Penerimaan Tenaga Kerja Baru

Contoh Surat Pemberitahuan Adanya Penerimaan Tenaga Kerja Baru

Surat pemberitahuan juga bisa berupa pengumuman, salah satunya adalah pemberitahuan akan adanya pembukaan untuk tenaga kerja baru. Tentunya, pemberitahuan ini lebih spesifik dengan tujuan tenaga yang masuk lebih berpengalaman dan dapat diandalkan. Apalagi biasanya, tenaga yang disasar adalah tenaga yang sudah bekerja di perusahaan tersebut untuk direkrut kembali menempati posisi baru.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI (KEMRISTEK PT)

UNIVERSITAS ISLAM YOGYAKARTA

Bulaksumur, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta

Nomor     : xxxx/xxx/xxx/2015

Lampiran : 1 (satu) lembar

Hal           : Pemberitahuan Penerimaan Pegawai Non PNS

Yth :

  1. Para Wakil Dekan II
  2. Para Kepala Biro
  3. Para Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas dan Program Pascasarjana

Di lingkungan Universitas Islam Yogyakarta

Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia atau SDM di lingkungan Universitas Islam Yogyakarta dengan ini kami beritahukan bahwa kami akan melakukan Penerimaan Pegawai Non PNS Universitas Islam Yogyakarta tahun 2016 dengan kualifikasi :

  1. Tenaga  Teknis atau TT
  1. Pendidikan minimal SLTA dan sederajat
  2. Usia maksimal 40 tahun
  3. Sudah bekerja di lingkungan UIY dengan lampiran bukti SK pengangkatan
  4. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat dari kepolisian
  5. Bebas narkoba, dibuktikan dengan surat bebas narkoba dari rumah sakit rujukan
  6. Mengisi curriculum vitae yang bisa diunduh di www.ugm.ac.id
  1. Tenaga Administrasi atau TA
  1. Pendidikan yang dibutuhkan minimal D1 dan sederajat
  2. Usia maksimal 40 tahun
  3. Sudah bekerja di lingkungan UIY dengan lampiran bukti SK pengangkatan
  4. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat dari kepolisian
  5. Bebas narkoba, dibuktikan dengan surat bebas narkoba dari rumah sakit rujukan
  6. Mengisi curriculum vitae yang bisa diunduh di www.ugm.ac.id

Ada pun berkas lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Islam Yogyakarta dan diserahkan ke Bagian Kepegawaian.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, kami haturkan  atasterima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

a.n. Rektor

Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya

Sapto Wahyu, S. H., M. Hum.

NIP ***

Tembusan : Rektor Universitas Gadjah Mada

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Karang Taruna

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Karang Taruna

Setiap organisasi pasti memiliki manajemennya sendiri, termasuk karang taruna. Saat akan mengadakan kegiatan pun, agar kegiatannya mampu berjalan dengan sukses, tentu membutuhkan partisipasi dan dukungan yang besar dari masyarakat. Salah satu cara agar masyarakat tahu akan kegiatan yang diadakan oleh karang taruna adalah dengan diedarkannya surat pemberitahuan ke perangkat desa seeperi RT dan RW untuk kemudian diumumkan ke warga.

KARANG TARUNA WARGA RW 1

KELURAHAN MANIS KECAMATAN KALAMAYA

KOTA DEPOK DKI JAKARTA

Sekretariat : Jln. Kenanga no. 4 telp. xxx xxxxxx Mobile xxxx xxxx xxxx

Depok, 2 Juli 2018

No.          : 012/KTR1/DKIJ/VI/2018

Lampiran : –

Hal           : Pemberitahuan Kegiatan

Yth.

Bapak atau Ibu Lurah

Kelurahan Manis

Kota Depok

Jalan Raya Anggrek no. 15

Dengan hormat,

Dalam eangkat memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 72, kami selaku pemuda-pemudi RW 1 Kelurahan Manis Kecamatan Kalamaya yang tergabung dalam organisasi kepemudaan bersama Karang Taruna akan mengadakan acara pentas seni yang akan diselenggarakan pada :

Hari dan Tanggal : Rabu, 17 Agustus 2019

Waktu                   : 08.00 sampai selesai

Tempat                 : Lapangan Rakyat RW 1 Kelurahan Asem

Sehubungan dengan kegiatan tersebut yang akan kamu selenggarakan, maka kami atas nama pemuda dan pemudi warga RW 1 Kelurahan Manis yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna memberitahukan kepada Bapak atau Ibu Lurah Kelurahan Manis mengenai kegiatan acara pentas seni yang akan kami selenggarakan.

Demikian surat pemberitahuan mengenai kegiatan karang taruna RW 1 ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak atau ibu, kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Kami

Ketua Karang Taruna

Bagus Jiwo

Contoh Surat Pemberitahuan Adanya Kenaikan Harga

Contoh Surat Pemberitahuan Adanya Kenaikan Harga

Anda seorang produsen? Tetapi bingung bagaimana menyampaikan kepada pelanggan Anda terkait kenaikan harga yang terjadi? Buat saja surat pemberitahuan yang bisa Anda kirimkan ke pimpinan toko atau kepala pemasaran. Sehingga, Anda tak perlu repot-repot lagi menjelaskan satu per satu terkait kenaikan harga ini kepada konsumen Anda. Pemberitahuan ini juga bisa loh untuk dipasang seorang pemilik toko di tokonya.

MM JAYA

Jalan Kasihan no. 2 Mataram, Sulawesi Tengah

Telp. xxxx xxxx xxxx

Website : mmjaya.com

Nomor     : 001/MMJ/MST/2018

Lampiran : 1 (satu) lembar

Hal           : Pemberitahuan Kenaikan Harga

Kepada Yth

Pimpinan PT AlfaMert

Jalan Sukses no. 20

Sulawesi

Dengan hormat,

Berkaitan dengan biaya produksi yang semakin meningkat akibat dari kenaikan harga bahan baku dan bahan bakar yang digunakan untuk produksi. Melalui surat pemberitahuan ini kami bermaksud menyampaikan dua hal.

1. Kami ingin memberitahukan bahwa seluruh produk kami akan mmemgalami kenaikan harga sebesar 5-10% dari harga sebelumnya.

2. Kami juga melampirkan daftar harga terbaru dari seluruh produk yang harga tetapnya akan diterapkan per tanggal 31 Juni 2017.

Demikian surat pemberitahuan mengenai kenaikan harga produk yang kami tulis. Mohon untuk dipahami dan dimaklumi demi kebaikan bersama. Kami haturkan terima kasih atas perhatiannya.

Sulawesi, 25 Juni 2017

Kepala Bagian Pemasaran

Tofan Ahmad Husein

Contoh Surat Pemberitahuan Undangan Rapat

Contoh Surat Pemberitahuan Undangan Rapat

Saat Anda akan mengadakan rapat untuk membahas sesuatu dan membutuhkan orang-orang tertentu yang berkompeten. Maka Anda bisa membuat surat pemberitahuan yang kemudian dikirimkan kepada yang bersangkutan untuk menghadiri rapat tersebut.

PT AlfaMert

Perumahan Baru Asik Blok A no. 02 Jalan Raya Sukses no. 20 Sulawesi

Telp. xxx xxxxxx

Nomor : 055/AM/xxx/2016

Hal       : Pemberitahuan Undangan Rapat

Yth.

  1. Bapak Hasan Ishaaq (Manajer Marketing)
  2. Bapak Basri (Manajer Operasional)
  3. Ibu Melinda (Manajer Keuangan)
  4. dan manajer lainnya.

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya acara peresmian cabang perusahaan baru, maka bersama surat ini kami mengundang seluruh jajaran manajer PT AlfaMert untuk hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada :

Hari dan tanggal : Jumat, 2 Mei 2016

Waktu                  : 09.30 – 11.30 WIT

Tempat                : Ruang Rapat PT AlfaMert

Demikian pemberitahuan undangan ini kami buat dan sampaikan, mengingat pentingnya acara tersebut. Maka kami mohon dengan sangat kesediaan kehadirannya tepat pada waktunya. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasi bapak dan ibu dalam rapat PT AlfaMert.

Sulawesi, 25 April 2016

Hormat Kami

Manajer Jaringan Kerja

PT AlfaMert

Tembusan : Seluruh Jajaran Manajer PT AlfaMert

Contoh Surat Pemberitahuan dari RT Terkait Kegiatan Kerja Bakti

Contoh Surat Pemberitahuan dari Kelurahan atau Kecamatan

Ketua RT tempat tinggal Anda juga kadang mengeluarkan surat pemberitahuan terkait kegiatan bersama warga. Beberapa kegiatan kebersamaan warga yaitu halalbihalal, kerja bakti, dan lain sebagainya. Biasanya, surat pemberitahuan ini akan diletakkan di tempat-tempat strategis seperti pos ronda, mushola, dan tempat-tempat lainnya.

PEMERINTAH  KABUPATEN SEMARANG

KABUPATEN MANGKANG BARAT

DESA RANDU GARUT

Nomor : 3/xxx/xxx/2019

Hal      : Pemberitahuan

Yang Terhormat 

Warga Desa Randu Garut

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya edaran dari Komando Distrik Militer atau KODIM 003 terkait dengan penyelenggaraan kegiatan kerja bakti serta bakti sosial atau baksos dalam rangka hari ulang tahun KODAM II Diponegoro yang ke 45, serangkaian acara tersebut turut dilaksanakan dalam kegiatan tersebut. Seperti bantuan paket sembako murah, pelayanan kesehatan gratis, serta kerja bakti di area sekitar markas KODAM.

Rangkaian acara tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari atau tanggal : Jumat 29 Agustus 2018

Waktu                  : 08.00 sampai selesai

Tempat                 : Markas KODAM II Diponegoro

Untuk itu, diberitahukan kepada seluruh warga desa Randu Garut, supaya turut memeriahkan acara tersebut dengan kehadirannya dalam acara.

Demikian kami sampaikan pemberitahuan ini, atas perhatian serta partisipasi kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Ketua RT Randu Garut

Sebenarnya, membuat surat pemberitahuan itu mudah. Namun, isi dari surat pemberitahuan harus benar-benar diperhatikan agar tidak menimbulkan kesalahan persepsi oleh pembacanya. Selain itu, penulis harus memperhatikan aturan dari setiap instansi yang menerbitkan surat pemberitahuan. Ikuti aturan dan jangan sampai menyalahinya.

Baca juga: 22 Contoh Surat Resmi Dengan Berbagai Macam Bentuk Penulisan

Demikian informasi terkait contoh surat pemberitahuan yang bisa Anda jadikan referensi serta rujukan untuk membuat surat pemberitahuan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *