8 Jenis Contoh Penulisan Cover Makalah Yang Benar

By | 11 Oktober 2019
Contoh Cover Makalah

Setiap pembuatan makalah harus disertai dengan cover yang baik. Tanpa adanya cover, sebuah makalah dianggap belum selesai pengerjaannya. Terkadang tidak semua orang bisa dengan baik membuatnya. Oleh karena itu, pahami dahulu contoh cover makalah yang benar dan menarik.

Cover Makalah

Makalah adalah salah satu jenis tugas yang sering kali diberikan oleh guru atau dosen kepada mahasiswanya. Namun, bukan hanya mahasiswa saja, ada juga sebagian orang membuat makalah dengan tujuan tertentu.

Tujuan pembuatan makalah juga bermacam-macam. Tidak hanya untuk memenuhi tugas, namun juga dapat mengenalkan sebuah produk atau yang lainnya. Sedangkan cover makalah merupakan sampul bagian terdepan dari makalah itu sendiri.

Cover makalah menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Karena itu adalah hal yang pertama kali dilihat sebelum pembaca mengenal lebih jauh bagaimana isi makalah tersebut. Tampilan cover harus jelas, mudah dipahami dan juga rapi dalam pengaturannya.

Komponen Dalam Cover Makalah

Dalam menulis sebuah makalah penting untuk membuat cover yang baik. Yaitu, dapat memberikan ketertarikan kepada pembaca untuk mengetahui isinya lebih lanjut. Maka dari itu, cover perlu ditulis secara sistematis dan efektif memenuhi unsur yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Judul

Judul adalah salah satu unsur terpenting dalam cover. Banyak tidaknya pembaca yang tertarik mengetahui isi makalah ditentukan dari judul itu sendiri. Penting untuk menuliskan judul yang relevan dengan isinya.

Secara tidak langsung, judul akan memberikan gambaran sesuatu hal yang akan dibahas dalam makalah. Makalah yang isinya bagus, namun judulnya kurang menarik cenderung ditinggalkan pembaca. Jadi, perhatikanlah kualitas dari judul itu sendiri.

Untuk penulisan judul memiliki aturan agar terkesan rapi dan formal. Judul diletakkan paling atas dengan paragraph rata tengah. Penulisannya juga menggunakan huruf capital dengan ukuran huruf lebih besar dari lainnya. Lebih baik juga di blok agar lebih jelas.

2. Tujuan dari Makalah itu Dibuat

Penulis seorang mahasiswa sering kali menuliskan di dalam covernya “Untuk memenuhi tugas mata kuliah …” Namun dalam makalah lain, tujuan lain bisa berubah. Hal ini menyesuaikan dengan tujuan penulis makalah. Misalnya adalah “Untuk mengenalkan produk” atau tujuan lainnnya.

Dengan dicantumkan tujuan dalam cover, hal ini akan memberikan kejelasan terkait fungsi dan kegunaan makalah yang dibuat. Pembaca juga dapat memahami konteks makalah secara umum, karena telah membaca tujuan dari pembuatan makalah tersebut.

Struktur lain dalam cover makalah yang wajib ada adalah logo. Logo merupakan lambang yang mewakili suatu instansi atau lembaga tertentu. Setiap unsur yang ada di dalam logo memiliki makna dan filosofi berbeda. Dengan adanya logo, akan menunjukkan darimanakah penulis berasal.

Dalam pengaturan penempatan logo tepat berada ditengah halaman dari cover makalah. Ukuran dari sebuah logo dalam makalah bisa menggunakan ketentuan dari masing-masing lembaga. Yang terpenting adalah proporsinya tepat. Tidak kebesaran atau terlalu kecil.

4. Nama Penulis

Nama penulis juga wajib dicantumkan dalam cover makalah. Bisa terdiri satu orang bila dikerjakan secara individu. Namun mencantumkan semua anggota kelompok juga boleh, jika makalah tersebut dibuat secara bersama-sama.

Dengan mencantumkan penulis, akan memberikan kejelasan tentang identitas pembuat makalah. Sehingga, lebih untuk menemukan orang yang bersangkutan bila ada hal yang membuat tertarik atau memberikan sebuah masukan.

5. Instansi

Nama instansi ditulis dengan jelas sesuai dengan nama formal yang tertera dalam SK Lembaga. Meski sudah ada logo lembaga, namun tidak semua orang mengetahui instansi mana pemilik logo tersebut. menuliskan nama lembaga merupakan hal yang wajib dilakukan.

Penulisan nama instansi bisa menggunakan huruf capital hanya di awalnya saja. Bisa juga semuanya dalam huruf kapital. Hal ini menyesuaikan dengan aturan atau kebiasaan yang berlaku dalam instansi tersebut.

6. Tahun Penulisan

Tahun penulisan juga perlu untuk dicantumkan dalam cover makalah. Dengan mencantumkan tahun penulisan, pembaca akan mengetahui kapan makalah tersebut dibuat.

Karena selain judul yang menarik, pembaca memperhatikan juga tahun berapa makalah itu dibuat. Banyak pembaca atau penulis mencari suatu tema berdasarkan tahun yang terbaru. Karena informasi masik hangat dan aktual.

Contoh Cover Makalah

Setelah beberapa unsur yang harus ada dalam sebuah cover telah diketahui. Berikut ini adalah contoh cover dengan berbagai tujuan. Semoga bisa memberikan referensi untuk disesuaikan dengan makalah yang ingin anda buat, di antaranya:

1. Contoh Cover Makalah Pendidikan

Makalah pendidikan banyak digukan untuk kepentigan lembaga, walaupu pengarang biasanya secara perseorangan. Dalam jenis pendidikan sendiri terdapat 2 macam yaitu, formal dan non formal. Namun, saat membuat sebuah makalah, ke dua jenis lembaga pendidikan memiliki tampilan yang hampir sama.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini:

2. Contoh Cover Makalah Kesehatan

Seperti namanya, makalah ini digunakan untuk kepentingan instansi kesehatan. Baik berupa laporan kerja atau penelitian ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa. Tampilan dari cover tersebut tentu mencerminkan beberapa perkara terkait kandungan dari makalah itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini:

Contoh Cover Makalah Kesehatan

3. Contoh Cover Makalah Penelitian

Berbeda dengan makalah lainnya, tampilan dari cover ini terbilang lebih ilmiah. Namun untuk penempatan tulisan judul, pengarang, tempat juga sama dengan cover yang lain. Jika judul terlalu panjang, bisa mengecilkan ukuran font tersebut.

Berikut contoh dari bentuk covernya:

Contoh Cover Makalah Penelitian

4. Contoh Cover Makalah Wirausaha

Cover makalah wirausaha menyesuaikan dengan isi dan tujuan dari makalah itu dibuat. Kebanyakan makalah ini ditujukan untuk memajukan usaha yang sedang di jalankan. Bisa jadi di gunakan untuk mencari investor atau donatur agar masuk ke dalam bisnis pembuatnya.

Berikut contoh cover makalah wirausaha yang bisa dijadikan reverensi:

Contoh Cover Makalah Wirausaha

5. Contoh Cover Makalah Ekonomi

Sama halnya dengan makalah lain, makalah ekonomi juga menitik beratkan pada penelitian yang berkutik di bidangnya. Oleh karena itu, tampilan cover juga menyesuaikan dengan isi dari makalah tersebut. Kebanyakan cover makalah jenis ini digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh cover makalah di bawah ini:

Contoh Cover Makalah Ekonomi

6. Contoh Cover Makalah Politik

Politik merupakan hal menarik untuk dibahas, apalagi kalau dibuat penelitian dan dicurahkan ke dalam bentuk sebuah makalah. Cover dari makalah dengan tema politik juga menyesuaikan dengan isinya. Untuk tampilan juga terbilang sama dengan makalah yang lain.

Berikut contoh cover makalah politik yang bisa di jadikan rujukan:

Contoh Cover Makalah Politik

7. Contoh Cover Makalah Bahasa

Makalah bahasa dibuat oleh mahasiswa dengan jurusan bahasa dan sastra. Sama halnya dengan makalah perkuliahan lainnya, makalah ini dibuat guna untuk melengkapi persyaratan program perkuliahan yang dijalankan.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh cover makalah di bawah ini:

Contoh Cover Makalah Bahasa
  • Contoh Cover Makalah Fisika

Cover makalah satu ini terlihat sangat ilmiah sekali. Hanya dengan membaca isi judul dari makalah tersebut, pembaca sudah mengetahui bahwa artikel ini dibuat oleh orang dengan kemapuan intelektual tinggi. Sehingga, bentuk covernya juga harus menyesuaikan dengan tema.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini:

Contoh Cover Makalah Fisika

Hal-Hal yang Mendukung Tampilan  Cover Makalah

Tampilan sebuah cover makalah akan semakin menarik jika memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Warna

Gunakan warna yang cocok untuk dijadikan background dari cover itu sendiri. Misalnya saja untuk penelitian kesehatan menggunakan warna hijau. Ada juga cover makalah yang menyesuaikan dengan alamamater universitas.

2. Kertas

Jangan gunakan kertas untuk cover yang terlalu tipis. Gunakan jenis karton agar cover tidak cepat rusak saat pembaca membolak balik dari halaman ke halalaman.

3. Sampul

Sampul bukan merupakan hal yang wajib untuk sebuah cover makalah. Namun, dengan menambahkan cover tampilan akan lebih menarik. Biasanya sampul cover terbuat dari mika yang mengkilap. Untuk warna yang digunakan cenderung transparan.

Dengan mengetahui beberapa jenis contoh cover makalah, tentu Anda tidak akan kesulitan untuk menjadikan tampilan makalah semakin menarik.

Baca Juga: Contoh Kata Pengantar Laporan

Namun, jangan menambahkan beberapa poin yang tidak penting. Karena akan memberikan kesan norak dan memaksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *