4 Contoh Pendahuluan Makalah yang Mudah, Jelas, dan Cepat

By | 13 Oktober 2019

Menyusun tugas dari dosen maupun guru menjadi makanan sehari-hari pelajar dan mahasiswa. Bukan tanpa alasan pengajar memberi tugas pembuatan makalah ini. Guru berharap siswa dapat terbiasa dengan pembuatannya dan maka dari itu Anda perlu belajar contoh pendahuluan makalah.

Karena sifatnya yang baku dan formal, makalah tidak bisa seenaknya dikerjakan menggunakan bahasa dan tatanan yang serampangan. Makalah mempunyai beberapa bagian yang penting untuk dipisah karena fungsi-fungsinya yang berbeda. Lalu apa sajakah itu?

Fungsi dan Isi Pendahuluan

Sebelum memulai pembahasan, mari lah kita analogikan isi makalah kita sebagai proses memakan makanan. Dalam logika maupun dilihat secara empiris, apa hal yang menyebabkan kita melakukan aktivitas makan?

Ya, rasa lapar. Atau kadang-kadang hanya karena bosan. Ini lah salah satu contoh dari penggunaan latar belakang dalam makalah. Penulis harus tahu apa yang menyebabkan makalah harus dibuat.

Latar belakang dalam penulisan harus dibuat dengan gamblang atau jelas agar pembaca pun langsung menangkap maksud penulis. Untuk itu, ceritakan lah salah satu bagian pendahuluan ini dengan padat dan sesingkat mungkin.

Setelah rasa lapar atau bosan muncul, apa yang harus dilakukan? Mulai lah ekspresikan masalah yang Anda hadapi. Apakah rasa laparnya begitu hebat? Apakah ada gangguan lain yang menyebabkan rasa tidak nyaman? Atau mungkin kekhawatiran berat badan bertambah?

Rumuskan semua masalah yang ingin terjawab ketika melakukan observasi dan penelitian. Semakin banyak dan tersusun masalah yang dirumuskan, semakin mudah pula mencari benang merah. Benang ini dapat digunakan sebagai pembantu agar pemecahan masalah dapat dilakukan dengan mudah.

Dan akhirnya, Anda pun menyimpulkan dari masalah yang ada, apa tujuan Anda makan? Jika masalah yang ada misalnya karena rasa lapar dan sakit di lambung, maka tujuannya meredakan itu. Apakah ada tujuan lain yang ingin dicapai? Jika tidak, penulis dapat langsung berpindah ke bagian isi.

Analogi ini digunakan hanya sebagai pembuat simpel contoh pendahuluan makalah. Tentunya tidak bisa dijadikan patokan bagaimana Anda harus membuat makalah. Setidaknya cukup untuk mengerti.

Mudah, bukan, memahaminya? Hanya mungkin jika tidak terbiasa akan sulit menerapkannya. Untuk itulah, disini disediakan contoh-contoh pendahuluan makalah yang dapat dipelajari untuk diikuti di kemudian hari.

Contoh Pendahuluan Makalah Bahasa Indonesia

Sebagai orang Indonesia, seberapa sering Anda mempertanyakan bahasa yang dipakai? Bahasa Indonesia berlaku sebagai bahasa persatuan dan lingua-franca bagi semua suku di kepulauan Indonesia ini. Simak contoh pendahuluan makalah Bahasa Indonesia berikut.

Dalam berbahasa, ada baiknya mengenal peraturan-peraturan kepenulisan dan tataran ejaan. Penggunaan struktur kalimat dan tetek-bengeknya pun jangan terlupa. Ini bisa menjadi salah satu pokok bahasan menarik untuk makalah Anda. Contoh pendahuluan makalah bahasa berikut dapat menjadi acuan.

1.1. Latar BelakangSebagai bagian dari warga negara Indonesia, terkadang beberapa pertanyaan muncul tentang bahasa yang saya gunakan. Salah satu di antaranya adalah kenapa bahasa baku jarang sekali digunakan dalam percakapan dan malah tergantikan dengan pakem slang atau bahasa pergaulan?

Dalam sejarahnya, bahasa pakem mulai dikenal sebagai bahasa pergaulan di Batavia dan Surabaya sekitaran Wonokromo, yang di masa itu para siswa HBS menggunakannya untuk berkomunikasi. Dan sampai saat ini, bahasa gaul sudah mempunyai versinya masing-masing di tiap daerah di Indonesia.

Hal ini menimbulkan kegatalan pikiran yang membuat saya ingin meneliti lebih lanjut perihal fenomena ini dan apa-apa saja yang melatar-belakanginya.

1.2. Rumusan Masalah

Untuk itu, selama mendalami penelitian makalah “Terkalahkannya Bahasa Baku oleh Slang”, saya merumuskan pokok masalah yang akan dibahas dalam isi pembahasan ini, yaitu:

  1. Sejarah Bahasa Baku dan Penggunaannya
  2. Sejarah Bahasa Slang dan Popularitasnya
  3. Perang Pemakai Baku Melawan Slang

1.3. Tujuan Pembahasan

Tujuan penelitian dan pembuatan makalah ini selain karena permintaan tugas dari dosen, juga untuk menjawab keingintahuan pribadi. Saya berharap makalah yang disusun dapat menjawab tiga rumusan masalah pokok di atas.

Contoh Pendahuluan Makalah Ekonomi

Selain aspek penting bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, masalah rumah tangga juga penting adanya. Sebagai mahasiswa fakultas ekonomi, tentu Anda memerlukan contoh pendahuluan makalah ekonomi yang bisa disimak di bawah.

Mengerjakan makalah ekonomi memang tidak semudah pembahasan bahasa yang semua orang bisa gunakan. Ekonomi mencakup perhitungan-perhitungan makro yang diperlukan agar bisa menghitung tingkat inflasi dan pengangguran. Beruntung, Anda tak perlu ribet memikirkan masalah makalah dengan adanya contoh.

1.1. Latar BelakangKegiatan ekonomi yang dilakukan banyak orang sangat penting untuk dipelajari. Indonesia sebagai negara berkembang tentunya membutuhkan kegiatan ekonomi aktif agar roda perekonomian dapat melesat dengan cepat. Salah satu bentuk roda ekonomi yang dibutuhkan adalah sifat mengonsumsi.

Namun, ketika kebutuhan negara akan sifat konsumsi agar ekonomi menjadi aktif ternyata ditanggapi berbeda oleh rakyatnya. Dengan serbuan banyaknya pusat perbelanjaan besar yang membuat para pecandu kegiatan berbelanja tambah betah untuk melihat dan membeli, konsumerisme berlebihan pun terbentuk.

Di zaman penjajahan dulu, ketika kelas sosial sangat menonjol antara pribumi, Indo,dan totok, hanya dua golongan terakhir yang mendapat hak khusus untuk memuaskan kebutuhan tersiernya. Kini, semua golongan tanpa memandang apapun, bahkan bujet bisa diakali dengan kartu kredit, mulai menuruti hasrat akan kebutuhan tambahan demi gengsi dan kepuasan pribadi.

Hal ini mendasari rasa penasaran saya untuk meneliti kenapa sifat konsumerisme tumbuh subur di negara berkembang seperti Indonesia, dan meski bagus untuk perekonomian, akankah bagus juga untuk masyarakat menengah ke bawah yang terlanjur menyukai semangat foya-foya.

1.2. Rumusan Masalah

Beberapa pokok bahasan dalam  “Konsumerisme di Negara Berkembang Khususnya Indonesia”, ada beberapa rumusan masalah yang menarik untuk disinggung, yaitu:

  1.  Konsumerisme dan Akarnya.
  2.  Konsumerisme di Negeri-Negeri Berkembang di Asia.
  3.  Konsumerisme dan Indonesia.

1.3. Tujuan Pembahasan

Setelah menyusun pertanyaan dan masalah, lalu melakukan penelitian, saya berharap hasil yang didapat adalah subjektivitas pelaku konsumerisme di sekitaran mal-mal besar di Indonesia. Bagaimana penilaian mereka terhadap konsumerisme dan perilaku mereka sendiri.

Contoh Pendahuluan Makalah Agama

Agama merupakan mata pelajaran wajib hampir di setiap instansi pendidikan di Indonesia—entah itu swasta maupun negeri. Maka dari itu, membuat suatu pendahuluan makalah dari tugas dengan tema keagamaan menjadi suatu hal yang tidak asing.

Karena cenderung menjadi agama yang banyak diajarkan di sekolah, nuansa Islami tak bisa terlepas dari masyarakat multikultural kita. Begitu banyak tugas yang mengharuskan kita membuat makalah dengan pembahasan ini. Untuk itu Anda bisa melihat contoh pendahuluan makalah agama di bawah.

1.1. Latar BelakangPenyusunan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi permintaan tugas mata pelajaran pendidikan agama Islam. Makalah ini disusun atas dasar materi “Kajian Tentang Cara Bisnis Rasulullah SAW”. Karena seperti yang kita tahu, nabi dan rasul kita Muhammad SAW merupakan seorang saudagar yang cerdik. Dalam makalah yang berisi tiga puluh lembar berikut, akan dikupas bagaimana perjalanan dan kecerdikan beliau dalam berdagang. Dan tambahan pula, kita bisa menerapkan cara bisnis yang beliau lakukan.

1.2. Rumusan Masalah

Adapun beberapa hal yang menjadi dasar pertanyaan dari penyusunan makalah ini adalah:

  • Sejarah Nabi Muhammad SAW beberapa bulan sebelum bertemu Khadijah
  • Perjalanan berdagang Nabi bersama Khadijah.
  • Cara dan kejujuran Nabi dalam berjualan.

1.3. Tujuan Pembahasan

Penelitian dan penulisan yang ada di lembar makalah ini bertujuan untuk memenuhi nilai kurang yang didapat pada saat ujian tengah semester lalu. Selain itu sebagai ilmu dan pembelajaraan tentang kiat berdagang Nabi Muhammad.

1.4. Manfaat Penulisan

Manfaat yang bisa didapat pembaca dengan adanya makalah ini adalah bisa menyimak secara tulisan, mempelajari, dan menganalisis strategi berdagang yang dilakukan Rasulullah SAW. Selain itu, menjadi hikmah tersendiri bagi kehidupan sosial sehari-hari pembaca dan penulis.

Contoh Pendahuluan Makalah PKN

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran dan kuliah wajib yang diadakan secara intensif ketika Orba berkuasa. Gunanya saat itu adalah untuk menanamkan jiwa Pancasila sejak masih duduk di bangku sekolah. Sampai sekarang pun masih diberlakukan karena dinilai efektif.

Karena sifat wajibnya ini, mata pelajaran PKN menjadi mata pelajaran yang sering membebankan tugas. Selain menjadikan siswa aktif, juga menambah pengetahuan kebangsaan. Untuk mengerjakan tugas ini, Anda dapat menyimak contoh pendahuluan makalah PKN di bawah.

1.         Latar BelakangSejak awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, para pendiri bangsa memilih prinsip dipencarnya kekuasaan agar dapat lebih terkoordinasi.

Desentralisasi ini senantiasa menjadi bagian dalam praktik pemerintahan sejak UUD 1945, lalu RIS, dan kemudian balik lagi ke Undang-Undang Dasar. Garis perkembangan sejarah tersebut menunjukkan bahwa desentralisasi senantiasa dipegang teguh oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekalipun tiap periode mempunyai rasa dan bentuk desentralisasi nya sendiri-sendiri.

Sebagai perwujudan dari desentralisasi, berbagai langkah penting sudah ditempuh pemerintah dalam pelaksanaannya. Hadirnya berbagai perundangan-undangan yang mengatur tentang pemerintah daerah merupakan bukti untuk merealisasikan otonomi daerah.

Meskipun demikian, kenyataan menunjukkan bahwa cita-cita tersebut masih jauh mengawang-awang. Otonomi daerah lebih menjadi harapan daripada kenyataan karena ribet dan susahnya memberikan suatu hak otonom pada daerah-daerah yang menginginkan. Berbagai alasan dijadikan sebagai tameng pemerintah menanggapi permintaan kemandirian dari wilayah yang membutuhkannya.

2.         Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dari makalah ini murni atas ketertarikan penulis atas studi pembahasan perihal citra desentralisasi. Penulis meminta izin langsung dari dosen yang bersangkutan agar diperbolehkan membuat makalah ini sebagai pembelajaran dan nilai tambah dalam mata kuliah kebangsaan wajib.

3.         Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang dibahas antara lain:

  •  Desentralisasi di negara-negara Eropa
  •  Desentralisasi di negara-negara Asia
  •  Desentralisasi di Indonesia
  •  Efek dari desentralisasi yang diberikan

Mengerjakan tugas makalah apalagi harus belajar contoh pendahuluan makalah terlebih dulu memang menjemukkan.

Baca juga: 3 Contoh Analisis SWOT Bisnis untuk Memajukan Usaha Anda

Tetapi pengetahuan ini akan sangat berguna ketika mulai membuat disertasi dan skripsi serius yang tentunya lebih rumit. Teruslah belajar agar segalanya menjadi mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *