3 Contoh Analisis SWOT untuk Memajukan Bisnis Anda

By | 11 Oktober 2019

Mencari ide yang bagus untuk membuat sebuah usaha itu sangat diperlukan sebelum Anda memulai bisnis. Tapi ide yang baik saja tidak cukup. Anda butuh persiapan. Salah satu persiapannya adalah dengan menganalisa SWOT. Apa itu SWOT? Bagaimana contoh analisis SWOT dan kapan kita harus membuat analisa SWOT?

SWOT adalah singkatan dari kata Strength atau kekuatan, Weakness atau kelemahan, Opportunity atau kesempatan serta Threat atau ancaman. Istilah SWOT ini diperkenalkan pertama kalinya oleh seorang project leader dari University of Stanford bermana Albert Humphrey.

Fungsi Membuat Analisis SWOT

Bila bisnis diibaratkan sebuah kapal selam, maka SWOT adalah gabungan dari panel-panel penting dan periskop. Strength dan Weakness menunjukkan jumlah amunisi serta sisa bahan bakar dan oksigen. Itu adalah kekuatan dan kelemahan Anda. Apakah banyaknya peluru dan bahan bakar menjadi penentu kemenangan Anda? Tidak.

Anda masih perlu memperhatikan Opportunity dan Threat. Lihat melalui periskop untuk mengetahui ancaman dan kesempatan yang ada di permukaan laut. Ada berapa jumlah kapal lawan? Apakah mereka kapal perang atau kapal induk? Dengan menggabungkan antara SW dan OT, barulah Anda bisa mengatur strategi untuk menang.

Bila semua ini ditarik ke dunia bisnis, maka mengetahui apa kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) membuat Anda bisa menentukan bisnis apa yang akan dijalankan. Bila Anda atau tim Anda jago memasak namun sulit untuk memasarkan, Anda bisa memilih untuk membuat bisnis catering. Tapi bisnis catering yang bagaimana?

Pertanyaan ini bisa terjawab dengan melihat kesempatan (opportunities) dan Threat (ancaman). Makanan macam apa yang disukai orang? Dari sisi ancaman, Anda bisa berpikir tentang saingan bisnis. Kalau catering harga terjangkau, saingannya A dan B. Tapi kalau ingin mendirikan catering mewah, berarti saingan Anda C dan D, misalnya.

Akhirnya, menyatukan dan menganalisa SWOT menjadikan Anda memiliki pandangan ke dalam sekaligus pandangan ke luar. Bukan hanya membuat tipikal bisnis ‘yang penting jalan’ tapi Anda bisa membuat bisnis yang kuat dan tidak mudah tumbang ketika diterjang masalah.

Ini karena Anda sudah memiliki visi yang kuat tentang produk yang bisa Anda hasilkan (baik itu barang atau jasa) berdasarkan kemampuan dan kelemahan internal serta apa yang laku dan dibutuhkan di luar sana berdasarkan kondisi pasar. Untuk selanjutnya, kita akan bersama belajar bagaimana cara membuat analisa SWOT untuk kemajuan bisnis Anda.

Cara Membuat Analisa SWOT

Seperti yang telah kita bahas, bahwa SWOT pada dasarnya terbagi jadi dua golongan besar. Kekuatan atau strength dan Weakness atau kelemahan adalah faktor internal. Sementara Kesempatan atau Opportunities serta ancaman atau Weakness adalah faktor penentu dari luar atau dari pesaing bisnis kita. Mari kita pelajari satu per satu.

Strength atau kekuatan

Ini adalah tentang kelebihan atau kemampuan yang dimiliki oleh anda atau tim anda. Bila Anda masih bingung, silahkan menjawab beberapa pertanyaan berikut. Dengan menjawab sejumlah pertanyaan ini, Anda akan mengetahui apa kemampuan sebenarnya yang bisa dijadikan bisnis.

  • Bila dibandingkan dengan perusahaan atau organisasi lain, apa kelebihan bisnis kita?
  • Apakah bisnis Anda termasuk unik? Di mana letak keunikannya?
  • Apa yang selama ini dijual dari bisnis Anda?
  • Apa respon dari konsumen atau klien setelah menggunakan produk Anda?

Weakness atau kelemahan

Weakness adalah apa yang tidak bisa dijalankan atau dilakukan di dalam bisnis kita. Namun bukan sekedar apa yang tidak bisa. Tapi lebih kepada ketidakmampuan yang kedepannya akan membawa kerugian di dalam bisnis Anda. Sekali lagi, silahkan jawab pertanyaan berikut untuk menganalisa kelemahan bisnis Anda.

  • Apa keluhan terbesar dari klien atau konsumen Anda?
  • Apa yang sebaiknya dihindari oleh tim Anda?
  • Apa yang ingin Anda perbaiki dari kinerja tim?

Opportunities atau peluang

Bila kedua poin di atas adalah aspek internal, maka peluang adalah faktor dari luar. Ini adalah tentang produk apa yang memiliki potensi besar menjadi best seller. Jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini agar Anda mudah untuk menemukan produk apa yang paling pas untuk dilempar ke pasar di luar sana.

  • Produk apa yang dibutuhkan masyarakat namun belum pernah ada, atau tingkat ketersediaannya rendah?
  • Produk apa yang akan ngetrend di beberapa bulan atau tahun ke depan?

Threat atau ancaman

Yang namanya bisnis, pasti anda akan bergesekan dengan pesaing. Apalagi kalau Anda mengincar pasar yang sama dengan yang diincar oleh pesaing. Kalah dalam hal ini bisa menjadikan bisnis Anda lemah atau bahkan mati. Agar Anda tidak tergilas oleh pesaing bisnis, jawablah pertanyaan ini agar bisa menyusun rencana bisnis dengan seksama.

  • Gebrakan apa saja yang sedang gencar dilakukan perusahaan pesaing?
  • Perkembangan teknologi apa saja yang mengancam kelangsungan bisnis kita?
  • Peraturan pemerintah apakah yang mengancam kelangsungan bisnis kita?

Berikut kami berikan beberapa contoh analisis swot organisasi bisnis nyata yang ada di sekitar Anda. Analisa ini hanyalah simulasi. Artinya tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Namun demikian Anda tetap bisa melihat SWOT mereka untuk mengambil pelajaran yang pastinya sangat bermanfaat agar bisnis Anda.

Analisis SWOT Perusahaan Samsung

Menjadi perusahaan raksasa tidak lantas membuatnya kebal terhadap semua ancaman. Inilah analisa SWOT dari SAMSUNG.

Kekuatan (Strength)

  • Merilis produk berkualitas tinggi dan bervariasi
  • Mempunyai Brand Image yang sangat baik dalam benak masyarakat
  • Terus berinovasi dalam menciptakan produk kelas satu

Kelemahan (Weakness)

  • Produk untuk kelas bawahnya tidak memiliki keunggulan tertentu
  • Memiliki budaya kerja yang kurang fleksibel
  • Variasi produk masih kalah banyak bila dibandingkan dengan perusahaan pesaing

Kesempatan (Opportunities)

  • Kekuatan Samsung untuk terus berinovasi menjadi nilai plus yang luar biasa
  • Peningkatan kemampuan masyarakat untuk membeli barang yang lebih mahal

Ancaman (Threat)

  • Sulit menembus negara yang sudah dikuasai produk sejenis yang lebih murah
  • Ada beberapa perusahaan lain yang berinovasi dengan lebih cepat
  • Semakin mudahnya barang-barang eropa memasuki pasar Asia

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ayam Geprek

Makanan yang satu ini memang sudah sangat familiar di kalangan anak muda. Bila Anda ingin membuka bisnis ini, pastikan Anda menyusun analisa SWOT nya dengan baik dan benar.

Kekuatan (Strength)

  • Image ayam geprek yang sudah sangat dikenal di masyarakat
  • Tempat pinggir jalan, mudah diakses pembeli
  • Kualitas bahan baku premium menghasilkan rasa yang tidak bisa ditiru

Kelemahan (Weakness)

  • Sangat banyak pesaing
  • Karena menggunakan bahan baku premium, sehingga harga lebih mahal
  • Area parkir yang sempit

Kesempatan (Opportunities)

  • Belum banyak warung ayam geprek yang menyajikan masakan kualitas premium

Ancaman (Threat)

  • Beberapa pesaing membuat program paket diskon
  • Banyak pembeli yang tidak memperdulikan rasa, namun sangat peduli pada harga
  • Contoh Analisis SWOT Usaha Kue Rumahan

Kekuatan (Strength)

  • Modal kecil
  • Mudah dibuat
  • Rasanya familiar di lidah masyarakat

Kelemahan (Weakness)

  • Sudah sangat banyak yang membuka usaha yang serupa
  • Antara satu produk dengan yang lain hampir tak ada perbedaan
  • Rasanya terlalu biasa

Kesempatan (Opportunities)

  • Berpeluang untuk menjadi industri yang lebih besar dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah

Ancaman (Threat)

  • Banyak pesaing datang dari brand-brand ternama

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa Ojek Online

Di jaman ini, siapa yang belum kenal dengan ojek online? Kalau Anda memiliki modal yang cukup besar, silahkan berinvestasi di bisnis ini karena semakin tahun, Ojek Online semakin populer.

Kekuatan (Strength)

  • Kebutuhan masyarakat akan ojek online sedang mencapai puncaknya
  • Memiliki jaringan yang sangat luas

Kelemahan (Weakness)

  • Modal sangat besar
  • Tidak tersedia di semua kota
  • Banyak oknum yang nakal

Kesempatan (Opportunities)

  • Layanan antar makanan sangat disukai publik
  • Terbuka kesempatan lebar untuk mengisi kekosongan di beberapa kota satelit

Ancaman (Threat)

  • Pesaing perusahaan ojek online mulai bermunculan
  • Peraturan pemerintah yang kadang membuat perusahaan menjadi rugi

Kesimpulan

Menggunakan analisa SWOT sangat berguna untuk kelangsungan bisnis Anda.

Baca juga: 9 Contoh Rumusan Makalah Lengkap dengan Cara Penulisannya

Dengan menggunakan contoh analisis SWOT dari kami, diharapkan Anda mempu membangun sebuah visi usaha yang kuat luar dalam.  Ingat, gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *