Meskipun sekarang ini sudah jaman modern, namun peran dari surat tetap menduduki sebagai peran yang penting dalam media komunikasi. Di sebuah instansi, surat dijadikan sebagai media komunikasi resmi atau formal. Melalui contoh surat pengiriman pembayaran di bawah ini, Anda dapat mengetahuinya lebih rinci lagi.
Pada umumnya, sistematika dalam penulisan surat masih menggunakan tata bahasa baku dan kaidah penulisan tertentu. Bentuk surat yang sering kali digunakan dalam suatu perusahaan pun juga sangat beragam. Salah satunya seperti contoh surat pengiriman pembayaran yang akan dibahas dalam artikel ini.
Daftar Isi
Apa itu surat pengiriman pembayaran?
Surat pengiriman pembayaran merupakan surat yang sengaja dibuat oleh pihak pembeli untuk pihak penjual. Sudah ada banyak contoh surat pengiriman untuk pembayaran yang bisa Anda jadikan sebagai acuan.
Di dalam surat pengiriman pembayaran harus berisi hal-hal penting yang dibutuhkan, seperti menyatakan bahwa barang telah diterima dengan baik, memberikan penjelasan mengenai tata cara dalam pembayarannya, menyatakan kesan dalam memelihara hubungan yang saling menguntungkan.
Fungsi surat pengiriman pembayaran
Surat pengiriman pembayaran memiliki peran yang begitu sangat penting. Meskipun perbedaannya pun tidak terlalu jauh berbeda dengan jenis surat yang lainnya, namun setidaknya Anda bisa membedakan fungsi setiap surat. Berikut ini fungsi dari surat pengiriman pembayaran, yaitu:
- Surat pengiriman pembayaran memberitahukan kepada pihak produsen, bahwa barang sudah diterima dengan baik atau justru sebaliknya.
- Surat pengiriman pembayaran dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan pengecekan pada barang pesanan.
- Surat pengiriman pembayaran digunakan sebagai bukti pembayaran barang yang telah dipesan.
- Surat pengiriman pembayaran bisa menyakinkan kepada produsen bahwa barang yang dipesan sesuai dengan permintaan.
Itulah fungsi dari Surat pengiriman pembayaran yang memang harus diketahui oleh para pelaku bisnis, khususnya dalam perniagaan. Apabila Anda belum mengetahui tata cara dalam membuatnya, maka Anda bisa mulai belajar mengetahui beberapa jenis surat beserta contoh surat pengiriman pembayaran.
Hal yang harus diperhatikan saat menulis surat pengiriman pembayaran
Ketika Anda ingin membuat surat pengiriman pembayaran, ada bagian terpenting yang memang harus diperhatikan seperti:
Kop Surat
Kop surat digunakan sebagai pengiriman yang begitu sangat penting. Sedangkan untuk KOP surat memberikan tanda identitas dari perusahaan Anda. Pastikan bahwa penulisan KOP Surat dibuat dengan baik dan benar. Hindari terjadi kesalahan dalam penulisannya.
Nomor Surat
Kegunaan dari nomor surat membuktikan bahwa surat yang Anda kirimkan tersebut asli dan nyata dikeluarkan oleh pihak perusahaan. Nomor surat ini sangat penting untuk diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan.
Nama dan Alamat
Penerima surat Poin ketiga yang harus diperhatikan dengan baik yaitu perihal mencantumkan nama dan alamat penerima pesan itu sendiri. Mencantumkan nama dan alamat untuk penerima surat dapat mencegah terjadinya kekeliruan penerima. Bagian perihal, menunjukan hal-hal yang dapat dibahas pada surat.
Rincian Pesanan dari Konsumen
Rincian pesan dari konsumen memiliki kegunaan untuk melakukan pengecekan dan memastikan bahwa barang pesanan dari konsumen sudah benar-benar sesuai.
Waktu Pembayaran
Mencantumkan waktu pembayaran berguna untuk memberikan kepastian kepada pihak produk
Hal yang harus dihindari saat menulis surat pengiriman pembayaran
Menulis surat tidak hanya sekedar menulis, akan tetapi suatu perusahaan telah menetapkan standar penulisan surat. Ada baiknya jika Anda melihat contoh surat pengiriman pembayaran yang baik dan benar sebagai acuan. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari pada saat membuatnya, diantaranya:
1. Bahasa yang tidak jelas
Sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk membuat surat pengiriman pembayaran yang tidak jelas. Artinya surat yang Anda buat tidak membuat penerima paham. Sehingga hindari penyampaian pesan dengan bahasa yang tidak jelas.
Sangat disarankan bagi Anda untuk membuat surat dengan bahasa yang lugas dan jelas. Jangan menggunakan bahasa yang berbelit-belit agar penerima surat tidak bingung. Sampaikan maksud surat Anda dan buatlah sesingkat mungkin dan sejelas mungkin.
Penggunaan bahasa yang terlalu tinggi juga menjadi kesalahan yang dapat berpengaruh pada reputasi perusahaan. Gunakan bahasa yang sederhana dan sesuaikan dengan penerima surat.
2. Tidak menggunakan nada yang jelas
Kepribadian surat atau nada bisa membantu pengirim surat untuk mendapatkan respon yang positif. Nada surat yang tidak jelas membuat pembaca tidak bisa memahami dengan baik surat yang Anda kirimkan.
Nada surat dalam bisnis harus ramah dan sopan agar penerima surat bisa memahaminya. Pemberian nada pada surat pada biasanya terletak pada awal surat. Sebagai contoh yaitu menetapkan respon pribadi atau menghubungkan kerja sama kepada para penerima pesan.
3. Tidak fokus pada perhatian
Kesalahan dalam pembuatan surat pengiriman pembayaran yang ketiga yaitu tidak fokus pada isi surat. Pengirim surat harus bisa memfokuskan isi surat pada perhatian penerima.
4. Isi Surat terlalu panjang
Surat yang terlalu panjang memang tidak dianjurkan dalam pembuatan surat resmi. Penerima surat yang terlalu panjang tidak akan terlalu diperhatikan, buatlah surat dengan isi yang padat dan singkat. Dengan demikian, langsung utarakan apa maksud dari surat Anda tersebut.
Sebelum lanjut, mungkin anda bisa baca Surat Perjanjian Kerja Lengkap dan Benar
Untuk memudahkan pembaca dalam mengetahui isi pesan surat, maka pada paragraf pertama Anda dapat memulai diskusi sesuai pada tujuan. Dengan kejelasan dan perencanaan yang ada di dalam surat akan lebih membatasi panjang surat.
Contoh surat pengiriman pembayaran dalam bahasa inggris beserta artinya
Jika Anda masih merasa bingung bagaimana contoh surat pengiriman pembayaran, maka Anda dapat mengetahui contoh dari surat pengiriman pembayaran dalam bentuk bahasa inggris dan artinya, yaitu:
CV. MARGO MURAH
No. Anggrek Street 10a
Surabaya
Number: 210/MM/IV/19
05 April 2019
To PT. ELEKTRONIK SANTOSA
Jalan Mayang No. 202
Bandung
Hal : Delivery of Payment
Attachment : Proof of Payment Delivery
With respect,
We would like to inform you that on April 05 2019 we have received the goods and we feel very happy with the service you have provided.
As agreed at the outset with a total payment fee of IDR 50,000,000,000 (Fifty Million Rupiah). For the down payment, we send IDR 40,000,000.00 (Forty Million Rupiah) through BRI Syariah Bank. For the rest, we will pay Rp 10,000,000.00 (Ten Million Rupiah) on June 5, 2019. We also attach proof of payment. For your service and attention, we thank you.
Best regards
Gunawan
Head of Section Finance
Contoh surat pengiriman pembayaran Bahasa Indonesia
CV. MARGO MURAH
Jalan Anggrek No. 10a
Surabaya
Nomor: 210/MM/IV/2019
05 April 2019
Kepada PT. ELEKTRONIK SENTOSA
Jalan Mayang No. 202
Bandung
Hal : Pengiriman Pembayaran
Lampiran : Bukti telah mengirim Pembayaran
Dengan hormat,
Dengan surat ini, kami ingin memberitahukan kepada Bapak bahwa pada tanggal 05 April 2019 barang sudah kami terima dan kami merasa sangat senang dengan pelayanan yang telah Bapak berikan.
Sesuai persetujuan di awal dengan biaya total pembayaran sebesar Rp 50.000.000,000 (Lima Puluh Juta Rupiah). Untuk uang mukanya, kami kirimkan Rp 40.000.000,00 (Empat Puluh Juta Rupiah) melalui Bank BRI Syariah. Untuk sisanya, yaitu Rp 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) akan kami bayarkan pada tanggal 10 Juni 2019.
Kami lampirkan pula bukti pembayarannya. Atas pelayanan dan perhatian Bapak kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami
Gunawan Kabag.
Keuangan
Contoh surat pengiriman pembayaran barang
Surat pengiriman pembayaran barang adalah surat yang sengaja dibuat dan dikirim pihak pembeli kepada pihak penjual sebagai pemberitahuan pada penjual perihal barang yang dipesan sudah diterima pembeli dan untuk pembayaran akan dilakukan segera sesuai kesepakatan bersama.
CV. MAJU MUNDUR
Jalan Sultan Agung No. 20a
Sulawesi Utara
Nomor : 75/MM/V/2019
10 April 2019
Kepada PT. FORISA
Jalan Melati No. 36
Jakarta Pusat
Hal : Pengiriman Pembayaran
Lampiran : Bukti Telah Mengirim Pembayaran
Dengan hormat,
kami sudah menerima barang yang telah kami pesan pada tanggal 05 April 2019, berupa 5 buah Komputer dan 6 buah televisi. Barang pesanan sudah kami cek dan barang-barang tersebut dalam kondisi yang baik.
Berdasarkan persetujuan yang lalu, bahwa sisa pembayaran Rp 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) sudah kami bayarkan melalui Bank BCA. Kami lampirkan bukti pembayarannya.
Atas pelayanan dan perhatiannya dari saudara kami ucapkan banyak terimakasih
Hormat kami
Agus Tri Prasetyo
Bagian Keuangan
Contoh Surat Pengiriman Pembayaran Bentuk Lurus
Surat bentuk lurus atau sering kali disebut sebagai block style memiliki kemiripan dengan bentuk surat lurus penuh. Akan tetapi perbedaannya terletak pada bagian penempatan dalam penulisan tanggal surat, nama penandatangan, nama jabatan dari penanda tangan yang ditempatkan dibagian kanan surat dan salam penutup.
Untuk penulisan nomor surat, alamat tujuan, salam pembuka surat, tembusan dan lampiran diletakan pada margin kiri. Pada awal alinea surat berbentuk block style dan dimulai dari margin kiri. Supaya lebih jelasnya, Anda dapat mengetahuinya melalui contoh surat pengiriman pembayaran bentuk lurus berikut ini:
TOKO MUMPUNI
Jalan Kota Kartasura No. 112, Telp. (021) 1266567
Bandung
Nomor : 022/TM/IX/19
05 April 2019
Kepada Yth PT. TYFONTEX JAYA
Jln Merbabu Raya No. 88
Jakarta Pusat
Hal : Pengiriman Pembayaran
Dengan hormat,
Kami ingin memberitahukan kepada Bapak bahwa pada tanggal 02 April 2019 barang sudah kami terima dan kami merasa sangat senang dengan pelayanan yang telah Saudara berikan. Sesuai persetujuan di awal dengan biaya total pembayaran sebesar Rp 50.000.000,000 (Lima Puluh Juta Rupiah).
Untuk uang mukanya, kami kirimkan Rp 40.000.000,00 (Empat Puluh Juta Rupiah) melalui Bank BRI Syariah. Untuk sisanya, yaitu Rp 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) akan kami bayarkan pada tanggal 5 Juni 2019. Kami lampirkan pula bukti pembayarannya.
Atas pelayanan dan perhatian Bapak kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami
Samsudin
Surat pengiriman pembayaran bentuk lurus memiliki tata letak seperti kerangka yang ada di
Keterangan kerangka surat yaitu sebagai berikut:
- Kepala Surat
- Nomor Surat
- Tanggal dan Tahun Surat
- Alamat yang ingin dituju
- Perihal Salam Pembuka
- Isi Salam penutup
- Nama perusahaan/instansi yang mengeluarkan surat
- Nama terang penandatangan
- Jabatan penandatangan
- Lampiran surat
- Tembusan
- Inisial pengetik atau pengonsep surat
Contoh surat pengiriman pembayaran bentuk indented style
Surat dalam bentuk indented style atau surat bentuk lekuk hampir sama dengan bentuk surat setengah lurus. Pada surat bentuk lekuk memiliki penulisan pada bagian alamat tujuan di tulis bergerigi. Hal ini memiliki arti bahwa pada bagian baris pertama penulisan surat dengan bentuk lekuk dimulai dari bagian margin kiri.
Pada bagian baris kedua menjorok masuk dengan 5 hentakan. Pada baris selanjutnya masuk lagi dengan lima hentakan, begitu juga seterusnya. Pada surat lekuk ini memiliki ciri khas yang bisa dilihat dari segi karakter pengetikan tanggal dan tempat, penutup, nama dan jabatan.
Bagian ini diketik di sebelah kanan. Untuk isi surat pada setiap pergantian alenia baru, untuk pengetikannya dapat masuk ke dalam dengan 5 hentakan. Bentuk dari surat lekuk ini cocok digunakan untuk surat yang memiliki alamat singkat.
Tidak semua jenis surat bisa menggunakan surat bentuk indented style. Untuk lebih jelasnya lagi, maka Anda dapat mengetahui contoh surat pengiriman pembayaran dalam bentuk Indented Style.
CV. GOLDEN
Jln. Matraman Baru No. 889 Telp. (021) 9988899
Jakarta Barat
Nomor : 099/GN/XIII/15
04 April 2019
PT. Purnama Agung Jl. Jaya Manjur No. 88
Jakarta Selatan
Hal : Pengiriman Pembayaran
Dengan hormat,
Kami ingin memberitahukan kepada Bapak bahwa pada tanggal 02 April 2019 barang sudah kami terima dan kami merasa sangat senang dengan pelayanan yang telah Bapak berikan.
Sesuai persetujuan di awal dengan biaya total pembayaran sebesar Rp 50.000.000,000 (Lima Puluh Juta Rupiah). Untuk uang mukanya, kami sudah mengirimkan Rp 40.000.000,00 (Empat Puluh Juta Rupiah) dari Bank BRI Syariah. Untuk sisanya, yaitu Rp 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) akan kami bayarkan pada tanggal 5 April 2019. Kami lampirkan pula bukti pembayarannya. Atas pelayanan dan perhatian Bapak kami ucapkan terimakasih
Hormat kami
Gunawan Andre
Berikut ini kerangka surat berbentuk lurus yang dapat Anda jadikan sebagai acuan
Keterangan dari kerangka surat yatu:
-
- Kepala Surat atau KOP
- Nomor Surat Tanggal dan tahun
- Alamat instansi yang ingin dituju
- Perihal Salam pembuka
- Isi
- Salam penutup
- Nama instansi
- Nama pihak penandatangan
- Jabatan pihak penandatangan
- Lampiran
- Tembusan
- Inisial pembuat surat
Tata cara menulis surat dengan bentuk indented style yaitu sebagai berikut:
- Pada baris pertama yaitu alamat yang ingin dituju di mulai pada bagian garis kiri pinggir
- Pada baris kedua, yaitu nama jalan beserta nomor dapat dimulai dengan 5 ketukan dari pinggir kiri.
- Untuk baris berikutnya, yaitu nama kota harus dimulai dengan 10 ketukan dari pinggir kiri.
- Untuk setiap alinea harus dimulai dengan 5 ketukan dari pinggir kiri.
Bentuk surat indented style memang tidak jauh beda dengan surat setengah lurus. untuk mengetahui letak perbedaanya, Anda dapat melihat kerangka surat setengah lurus berikut. Anda bisa membandingkan perbedaan diantara keduanya.
Berikut ini keterangan dari kerangka surat setengah lurus:
- KOP surat
- Nomor surat
- Tanggal dan tahun surat
- Alamat instansi yang ingin dituju
- Perihal/hal
- Salam pembuka surat
- Isi surat
- Salam penutup surat
- Nama perusahaan atau instansi
- Nama penandatangan
- Jabatan pihak penandatangan
- Lampiran surat
- Tembusan
- Inisial pembuat surat
Contoh Surat Pengiriman Pembayaran Cash On Delivery
surat pengiriman pembayaran cash on delivery merupakan metode pembayaran atas pemesanan secara tunai ketika pesanan sudah tiba di tempat tujuan. untuk pembayaran ini dilakukan secara tunai kepada kurir yang telah mengantarkan barang pesanan. Contoh surat pengiriman pembayaran cash on delivery dapat Anda lihat seperti berikut ini:
PT. PEDOMAN HIDUP
Jl. Perjuangan No. 13
Kalimantan
Kalimantan,
05 April 2019
No. : 41/PH/VI/2018
Lamp : –
Perihal : Pengiriman Pembayaran Cash On Delivery
PT. SENTOSA
Jl. Delima No.15
Jakarta
Dengan hormat,
Pesanan dari bapak melalui surat dengan No.133/FJ/SK/VI/2018 berupa :
- 2 komputer Merk LG
- 2 mesin scanner Merk Canon
Sudah kami kirim pada hari senin, 01 April 2019 melalui perusahaan Sentosa. Diperkirakan barang akan tiba di tempat pada tanggal 7 April 2019. Barang pesanan bapak kami packing menggunakan peti yang kuat
Sesuai perjanjian yang sudah disepakati bersama, bapak akan membayar secara tunai pada saat barang telah tiba di tempat. Dengan ini, kami melampirkan dokumen-dokumen yang perlu untuk bapak tandatangani dan kami mempercayai bahwa Saudari Fajar Romadhon untuk menerima transaksi tersebut.
Semoga kiriman dari kami dapat bapak terima dengan baik. Atas kerjasama dan perhatian bapak kami ucapkan terimakasih.
Hormat Kami,
Ikhsan
Rekomendasi untuk anda: Contoh Surat Penagihan yang Baik dan Benar
Di dalam suatu perusahaan, surat memiliki peran yang sangat penting, yakni sebagai media komunikasi. Sedangkan dalam dunia bisnis, surat memiliki banyak jenis dan macamnya serta fungsi yang dimilikinya pun juga tidaklah sama. Dengan mengetahui contoh surat pengiriman pembayaran yang ada di atas, maka Anda dapat membuat surat pengiriman sesuai dengan standar perusahaan