12 Contoh Surat Penagihan Yang Baik Dan Benar dan Cara Menulisnya!

By | 14 April 2019

Surat tagihan seringkali ditemukan ketika seseorang telat atau sudah masuk jatuh tempo dalam melakukan pembayaran. Surat tagihan ini bisa ditujukan untuk perorangan maupun instansi dan perusahaan tergantung dengan kebutuhan dari surat itu sendiri.

Contoh-Surat-Penagihan

Namun kadang dalam membuat surat masih menemukan bahasa yang kurang sesuai dan format yang masih salah sehingga ketika dibaca terasa kurang bagus dan kurang bisa dipahami. Nah berikut ini beberapa contoh surat penagihan untuk berbagai hal:

1. Surat Penagihan Pembayaran Yang Baik Dan Benar

Ketika membuat surat penagihan pembayaran pembelian suatu barang hendaknya menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung pihak yang akan ditagih. Selain itu format penulisan yang benar juga perlu diperhatikan. Berikut ini contoh surat penagihan pembayaran yang baik dan benar.

PT. SINAR ELEKTRO
Jl. Bismo No. 14 Ruko Citragrand
Jakarta Timur

25 Maret 2019

Nomor : 17/SE/V/2019
Lampiran : Faktur Pembelian Barang
Perihal : Penagihan Pembayaran

Kepada
CV. SINAR GEMILANG
Jl. Cendrawasih 15B
Jakarta Timur

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami memberitahukan bahwa menurut pembukuan kami tertanggal 10 Maret 2019, dengan barang 10 unit komputer lengkap yang dikirim atas nama CV. Sinar Gemilang dengan alamat Jl. Cendrawasih 15B Jakarta Timur, Saudara belum melakukan kewajiban pembayaran sebesar Rp 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah). Hal ini sesuai dengan faktur No. 531/TB/V/2019 yang salinannya akan kami sertakan pada surat ini.

Pada saat ini sudah lebih dari 2 minggu melewati batas yang ketentuan yang telah disepakati sebelumnya, untuk itulah kami berharap Saudara berkenan untuk segera melunasi kewajiban pembayaran pembelian barang.

Demikian surat ini untuk dijadikan perhatian. Terimakasih.

Hormat kami,
PT. SINAR ELEKTRO

Rika Anjani, SE
Manager Keuangan

2. Surat Penagihan Pembayaran Proyek

Selain surat penagihan pembayaran suatu pembelian oleh perusahaan, berikut ini juga terdapat contoh surat penagihan pembayaran proyek. Surat dibawah ini ditulis oleh suatu perusahaan proyek pembangunan yang ditujukan oleh instansi atau perusahaan  yang menggunakan jasanya.

PT. GLOBAL INDONESIA GENERAL CONTRACTOR
Jl. Imam Bonjol No. 56 Telp (024)523187
Semarang, Jawa Tengah

Nomor : 018/BKJ/VI/2019
Lampiran : 1 lembar

Kepada Yth,
Kuasa Pengguna Anggaran
Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Pusat Budaya Jawa Tengah
Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang
Provinsi Jawa Tengah
Perihal : Permohonan Uang Muka

Dengan Hormat,

Bersama ini kami bermaksud mengajukan permohonan uang muka 30% sebesar Rp 270.000.000,00 (terbilang dua ratus tujuh puluh juta rupiah). Agar kami dapat segera melaksanakan Pekerjaan Pembangunan Gedung Pusat Budaya Jawa Tengah yang berlokasi di kota Semarang. Dengan Nomor Surat Penunjukan Penyedia Jasa No : 501/98B/GD-PUSAT-BUDAYA/V/2019 Tanggal 20 Februari 2019. Uang tersebut akan digunakan untuk pembelian material, upah pegawai, dan pekerjaan umum.

Demikian surat ini. Besar harapan kami atas kesediaan Bapak/Ibu untuk mengabulkan permohonan kami. Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Semarang, 20 Maret 2019
PT. GLOBAL INDONESIA

Tomy Kurniawan
Direktur

3. Surat Penagihan Hutang Dari Bank

Pasti banyak orang yang menggunakan bank sebagai sarana untuk meminjam uang dalam jumlah yang besar. Namun seringkali karena terhambat oleh sesuatu menjadikan pembayaran cicilan menjadi terlambat sehingga menerima surat tagihan. Berikut ini contoh suratnya yang ditujukan oleh perorangan.

PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT ARTHA YUDHA
Jl. Kemuning Blok D No. 15 Telp. (024)115768
Bekasi, 18064

Bekasi, 10 Januari 2019

No : 10/SPHI/VII/2019
Kepada Yth,
Bapak Bambang Suprayitna
Manager Toko Buku “Semar”
Bekasi

Dengan hormat,

Bersama ini kami kirimkan surat penagihan atas hutang sebesar Rp 30 juta rupiah yang belum Anda selesaikan sampai saat ini. Dikarenakan batas waktu pembayaran sudah melewati 15 hari. Oleh karena itu, kami sangat berharap bahwa Anda dapat segera menyelesaikan kewajiban Anda.

Demikian surat ini kami sampaikan kepada Bapak. Di mohon untuk dijadikan perhatian bagi Bapak. Terimakasih.

Hormat kami,

Chiko Anderson
Direktur Keuangan

4. Surat Penagihan Jatuh Tempo Angsuran

Kini kepemilikan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil semakin mudah didapatkan. Hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan finance yang menawarkan sistem kredit dengan pembayaran setiap bulan. Namun jika sudah jatuh tempo tetapi belum bisa membayar, customer biasanya akan diberikan surat penagihan dari pihak penyedia jasa kredit.

PT. SURYA SAKTI
Jl. Bhayangkara 31B Telp (021)455673
Jakarta Selatan

Jakarta, 20 Januari 2019

Perihal : Pemberitahuan Tunggakan Angsuran
Lampiran : 1 lembar

Dengan Hormat,

Bersama surat ini kami memberitahukan kepada Bapak/Ibu konsumen PT. Surya Sakti, bahwa berdasarkan pembukuan kami, Anda belum melakukan pembayaran angsuran sepeda motor selama 2 bulan sesuai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran di PT. Surya Sakti. Kami berharap agar Bapak/Ibu bisa segera menyelesaikan kewajiban pembayaran angsuran tunggakan selama 2 bulan. Apabila tidak ada pembayaran maka sepeda motor akan dititipkan di kantor terlebih dahulu.

Demikian surat penagihan ini kami sampaikan untuk dijadikan perhatian. Kami ucapkan sebelumnya.

Hormat kami,

PT. SURYA SAKTI

5. Surat Penagihan Penggunaan Internet

Ketika kemajuan teknologi semakin berkembang pesat, kebutuhan internet juga ikut mengalami peningkatan. Untuk itulah kini banyak rumah maupun kantor yang memasang layanan internet. Bahkan seringkali mereka harus mendapat surat tagihan karena tunggakan yang tidak kunjung diselesaikan.

PT. Network Studio
Jl. Kelinci Raya No 12 Bandung
Telp. (022)587931

Nomor : 87/NS/IV/2019
Tanggal Cetak : 15 Februari 2019
Tanggal Jatuh Tempo: 17 Februari 2019

Kepada Yth,
Bapak Irawan
Perum. Citra Garden Blok C No 10
Bandung

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pembayaran biaya internet unlimited paket A yang telah disepakati jatuh pada tanggal 9 setiap bulannya, maka dengan ini kami sampaikan bahwa pelanggan internet atas nama Bapak Irawan belum melakukan pembayaran sejak Desember 2018.

Adapun jumlah yang harus dibayarkan adalah Rp 3.000.000,00 (tiga juta rupiah) dengan besaran biaya Rp 1.000.000,00 setiap bulannya.
Kami berharap agar Bapak bisa segera melakukan kewajiban untuk melunasi pembayaran internet selama 3 bulan. Untuk metode pembayaran bisa langsung datang ke alamat kantor kami.

Demikian pemberitahuan ini agar dijadikan perhatian oleh Bapak/Ibu. Terimakasih.

Hormat kami,
PT. NETWORK STUDIO

Reyhan, SE
Manager Keuangan

6. Surat Penagihan Tunggakan Yang Benar

Selain contoh yang telah disebutkan di atas, terdapat juga contoh surat penagihan tunggakan yang benar dan sesuai. Berikut ini contohnya.

PT. MAJU JAYA
Jl. Pierre Tendean No 1 Telp. (021)123241
Jakarta Selatan

Jakarta, 25 Desember 2018

No : 86/MJ/III/2018
Lampiran : 1 lembar
Perihal : Pemberitahuan Tagihan Tunggakan

Kepada Yth,
Manager CV. MUSTIKA BUMI
Jl. Asmara Jaya 27K
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini kami sampaikan bahwa menurut pembukuan kami, perusahaan Bapak masih memiliki tanggungan pembayaran sebesar Rp 10.000.000,00 rupiah. Jumlah pembayaran ini sesuai dengan faktur No. 156/MJ/III/2018 yang salinannya akan kami sertakan pada lampiran surat ini.

Karena sudah 1 bulan melewati batas waktu yang disepakati sebelumnya, oleh karena itulah kami berharap bahwa Bapak berkenan untuk segera melunasi penagihannya.

Demikian surat ini kami sampaikan dengan sebenarnya. Atas perhatian dan ketersediaan Bapak untuk melakukan pembayaran penagihan kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
PT. MAJU JAYA

Yusuf Syarif, SE
Manager Keuangan

7. Surat Penagihan Pembayaran Barang

Seringkali perusahaan ketika membeli suatu barang tidak langsung melakukan pembayaran. Oleh karena itulah perusahaan yang menjual produk kemudian memberikan surat penagihan yang ditujukan pada perusahaan yang dimaksud. Berikut ini contoh surat penagihan pembayaran barang:

CV. INGIN MAJU
Jl. A. Yani No. 12 Bandung
Telp. (022)08921765

Nomor : 34/IM/VI/2018
Lampiran : 2 lembar
Perihal : Pemberitahuan Penagihan Pembayaran

Kepada Yth,
Manager CV. INDO JAYA GROUP
Jl. Arjuna Ruko Crasenda Blok D4
Bandung Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, kami memberitahukan bahwa berdasarkan pembukuan kami tertanggal 10 Desember 2018, dengan barang 15 unit komputer lengkap yang dikirim atas nama CV. Indo Jaya Group, Saudara belum melakukan kewajiban pembayaran sebesar Rp 30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah). Jumlah tersebut sesuai dengan faktur No. 531/IM/VI/2018. Untuk salinannya telah kami sertakan pada lampiran surat ini sebagai bukti dan rincian lengkap.

Bahwa pada saat ini sudah lebih dari 2 minggu melewati batas yang telah disepakati sebelumnya, oleh karena itulah kami berharap Saudara di mohon untuk melunasi kewajibannya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan agar dapat dijadikan perhatian oleh Bapak. Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

PT. INGIN MAJU

8. Surat Penagihan Kredit

Kartu kredit biasanya dibayarkan setiap bulan ketika nasabah baru mendapatkan gajinya. Namun seringkali mereka telat membayar tagihan hingga mendapat surat pemberitahuan dari pihak bank. Berikut ini contoh suratnya.

PT. BANK PERMATA
Jl. Gatot Subroto No. 10 Jakarta Utara
Telp. (024)876392

Jakarta, 24 November 2018

Nomor : 008/PB-09/ST/2018
Lampiran : 1 lembar
Perihal : Kewajiban Jatuh Tempo

Kepada Yth,
Bapak Iskandar
Di tempat

Dengan hormat,

Sesuai dengan perjanjian kredit No. PK 008/PK/2018 tanggal 10 Januari 2015 atas nama Bapak Iskandar dengan jumlah kredit sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) dengan jangka waktu dua belas bulan atau satu tahun. Maka bersama ini kami sampaikan bahwa menurut catatan administrasi perkreditan kami, Bapak belum melakukan pembayaran yang akan atau telah jatuh tempo. Sebagai informasi kami sampaikan bahwa Bapak menunggak sebanyak Rp. 1.000.000,00 ( satu juta rupiah) dengan rincian sebagai berikut :

  • Tunggakan Pokok : Rp.600.000
  • Tunggakan Bunga : Rp 400.000
  • Denda atas tunggakan : Rp. 100.000
  • Total Kewajiban Rp. 1.100.000
    terbilang (satu juta seratus ribu rupiah)

Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan kepada Bapak agar segera melunasi seluruh kewajiban/ tunggakan sebagaimana tersebut di atas selambat-lambatnya pada 10 hari sejak tanggal surat ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian Bapak.

PT. BANK PERMATA
Kepala Bagian Kredit

Rita Permata, SE

9. Surat Pemberitahuan Pembayaran Study Tour

Kegiatan study tour selalu menjadi agenda yang ditunggu-tunggu bagi siswa sekolah. Biasanya pihak sekolah akan membuat surat edaran terkait pembayaran biaya study tour. Berikut ini contoh suratnya.

PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP N 1 KERTEK
Telp. (0286)912765
Wonosobo

Kertek, 15 Januari 2018

Nomor : 45/SKA/VII/2018
Perihal : Pemberitahuan Biaya Study Tour

Yang terhormat,
Bapak/Ibu Orangtua Murid
Kelas VII dan VIII SMP N 1 KERTEK
Di Wonosobo

Dengan Hormat,

Berdasarkan hasil rapat orang tua wali dengan pihak sekolah pada tanggal 12 Januari 2018, SMP N 1 Kertek tahun ajaran 2017/2018 akan mengadakan kegiatan study tour. Kegiatan ini bersifat wajib dan harus diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII. Kegiatan akan dilaksanakan pada :

Hari : Jumat, 19 Januari 2018
Biaya yang Harus Dibayarkan : Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)
Tujuan : Yogyakarta

Demikian surat pemberitahuan ini. Diharapkan seluruh siswa dapat melunasi biaya study tour 2 maksimal 2 hari sebelum keberangkatan. Atas perhatian Bapak/Ibu orangtua atau wali murid kami sampaikan terimakasih.

Hormat kami,
Kepala SMP N 1 Kertek

Rika Erlina, SPd

10. Surat Penagihan Invoice Jasa

Selain pembayaran barang atau angsuran kendaraan, terdapat surat penagihan invoice jasa. Berikut ini contoh surat yang berisi penagihan untuk invoice jasa.

Jaya Tour And Travel
Jl. Yos Sudarso 45B Jakarta Barat
Telp. (024)987425

Lampiran : 2 lembar
Perihal : Tagihan Invoice

Kepada Yth,
Manager CV. SUKSES BERSAMA
Jl. Ahmad Yani No.8
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Berdasarkan catatan laporan administrasi pembukuan kami, saudara belum melunasi sisa pembayaran tertanggal 18 Oktober 2018 dengan No. Kwitansi 1457 sebesar Rp 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah) atas pembayaran jasa pariwisata sebagai pemandu wisata.

Untuk tanggal jatuh tempo sisa pembayaran adalah tanggal 7 Desember 2018 kemarin. Namun hingga kini saudara belum melunasi sisa pembayaran. Untuk itulah kami sangat berharap bahwa saudara berkenan untuk segera melunasi sisa pembayaran.

Demikian surat pemberitahuan ini agar dijadikan perhatian oleh Saudara. Terimakasih.

Hormat kami,
Jaya Tour And Travel

11. Surat Penagihan Invoice Proyek

Meskipun inti dalam semua surat penagihan itu sama, namun apabila jenis penagihannya berbeda maka isi surat seperti rincian pembayarannya pun juga berbeda. Berikut ini contoh surat untuk invoice tagihan proyek.

PT. KENCANA PUSPA
Jl. Braga No. 4 Bandung
Telp. (024)768941

Bandung, 19 Mei 2018

Nomor : 24/KP/II/2018
Lampiran : 2 lembar
Perihal : Tagihan Invoice

Kepada Yth,
Direktur PT. Sinar Group
Jl. Diponegoro 9B
Bandung

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami beritahukan bahwa proyek yang kami jalankan berdasarkan perjanjian hitam di atas putih perusahaan kami dengan PT Sinar Group pada tanggal 6 Desember 2017 mengenai proyek pengadaan taman teduh yang berlokasi di PT Sinar Group dan beralamat di Jl. Diponegoro 9B progresnya sudah mencapai 50%.

Maka sesuai dengan isi perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya yaitu jika pekerjaan sudah selesai 50% maka total dari jumlah pembayaran akan dibayarkan. Dengan itu, kami dari PT Kencana Puspa bermaksud untuk penagihan sisa pembayaran yang hingga sampai saat ini belum dibayarkan.

Demikian surat pemberitahuan penagihan pembayaran ini. Atas perhatian dan ketersediaan pembayaran kami sampaikan terimakasih.

Hormat kami,
PT. KENCANA PUSPA

12. Surat Penagihan Pembayaran Pembelian Barang Yang Tepat Dan Benar

Pembelian suatu barang oleh perusahaan apalagi dalam jumlah besar seringkali tidak langsung dibayar. Oleh karena itu biasanya perusahaan menyediakan produk akan memberikan surat penagihan kepada konsumen.

PT. SINAR GEMILANG
Jl. Arjuna 65B Komp. Cendrawasih 45H
Jakarta Timur Telp. (024)287591

25 Maret 2019

Nomor : 29/SG/V/2019
Lampiran : Faktur Pembelian
Perihal : Penagihan Pembayaran

Kepada
CV. TERANG JAYA
Jl. Sindoro No. 10
Jakarta Timur

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini kami memberitahukan bahwa menurut pembukuan kami tertanggal 02 Maret 2019, dengan barang 20 unit AC lengkap yang dikirim atas nama CV. Terang Jaya, Saudara belum melakukan kewajiban pembayaran sebesar Rp 50.000.000,00 (dua puluh juta rupiah). Jumlah yang tertera sesuai dengan faktur No. 529/SG/IV/2019 dimana salinannya kami sertakan pada lampiran surat ini.

Dikarenakan sudah satu bulan melewati batas yang telah disepakati sebelumnya, untuk itulah kami sangat berharap Saudara berkenan untuk segera melunasi pembayarannya.

Demikian surat pemberitahuan penagihan ini kami sampaikan kepada Saudara. Atas kerjasama dan perhatian dari Saudara kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
PT. SINAR GEMILANG

Rima Ani, SE
Manager Keuangan

Baca juga: Contoh Surat Pengiriman Pembayaran Standar Perusahaan Terbaru

Nah itulah beberapa contoh surat penagihan yang bisa dijadikan referensi dalam membuatnya. Jangan lupa untuk selalu menuliskan besaran nominal yang harus dibayarkan dengan jelas agar yang menerima pun bisa langsung mengetahui besaran tagihannya. Atur surat sesuai dengan format yang sudah dicontohkan di atas agar surat menjadi lebih rapi dan mudah dibaca. Jangan lupa juga untuk bubuhkan tanda tangan penanggungjawab sebagai bukti bahwa surat tersebut memang dikeluarkan oleh perusahaan secara resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *