Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan, Terlengkap

By | 22 September 2018

Dunia kerja penuh persaingan. Lowongan yang tersedia masih belum mampu menampung tenaga kerja yang baru lulus dari sekolah maupun kuliah. Namun demikian bukan berarti Anda harus putus asa sebelum berusaha. Kalau sudah rejekinya, pastilah akan menemukan lowongan yang tepat, atau Anda merintis usaha sendiri. sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan, ada beberapa contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan yang kali ini akan kita bahas.

contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Beberapa contoh surat lamaran kerja di PT berikut dapat Anda tiru.

Menjadi karyawan memang masih menjadi pilihan terbaik bagi sebagian lulusan SMA, SMK atau yang sederajat. Selain untuk memenuhi kebutuhan, para lulusan bekerja untuk memperoleh pengalaman yang berguna untuk meniti karir selanjutnya.

Alasan Memilih Bekerja Sebagai Karyawan PT

Saat ini sedang tren para pegiar wirausaha ataupun para motivator yang mendorong para anak muda untuk menjadi pengusaha alias enterpreneur. Masalahnya, tidak setiap orang mampu menjadi pengusaha ataupun perintis usaha. Ini merupakan alasan pertama kenapa banyak orang masih semangat memilih melamar kerja sebagai karyawan.

Alasan kedua adalah memilih ketenangan dengan upah yang stabil. Berapapun besarnya, namun bekerja sebagai karyawan sudah jelas setiap bulan akan mendaoat gaji sekian. Berbeda halnya jika menjadi perintis usaha sendiri. Meskipun tidak terikat dan tunduk pada atasan, hakikatnya Anda adalah bos sekaligus karyawan untuk diri Anda sendiri. Besaran hasil yang Anda peroleh pun tidak stabil. Bisa jadi lebih besar daripada gaji karyawan, bisa juga sangat sedikit bahkan bangkrut.

Baca:

Alasan ketiga, dengan gaji yang jelas dan stabil, harapan peningkatan ekonomi pun lebih jelas. Harapan kaya sudah nyata.

Beragam Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Nah, jika sudah sepakat dengan alasan-alasan tersebut, berikut beberapa format contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan yang bisa Anda tiru.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Pabrik

Biasanya menjadi karyawan pabrik adalah lowongan paling umum dipilih para lulusan, utamanya yang belum punya keterampilan khusus. Karena pekerjaan yang dilakukan nantinya terbilang mudah, banyaklah orang yang mengadu nasib ke perusahaan. Mulailah dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ini contohnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Format surat lamaran kerja di PT sebagai karyawanx

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Bagi Lulusan SMK

Lulusan SMK diyakini lebih memiliki potensi kerja dibanding lulusan SMA. Utamanya pekerjaan yang berkaitan dengan jurusannya. Baik itu Mesin, Akuntansi, Administrasi, ataupun jurusan lainnya. Karena itu lulusan SMK tidak usah minder untuk melamar sebagai karyawan. Jika Anda yakin mampu, maka buatlah lamaran seperti contoh berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Untuk lulusan SMK bisa memakai format ini

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan untuk Lulusan SMA

Lulusan SMA pun tak boleh minder untuk sekedar melamar kerja sebagai karyawan. Tinggal Anda harus pandai-pandai memilih mana perusahaan yang cocok dengan jurusan yang Anda ambil di SMA. Jika memiliki keterampilan maka Anda bisa mengajukan diri untuk melamar di bidang yang sesuai dengan keterampilan Anda. Untuk format surat lamarannya seperti berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Format surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan bagi lulusan SMA

Semua contoh surat di atas, baik yang umum, lulusan SMK, maupun SMA bisa Anda dapatkan versi PDF maupun versi Doc (Document) dengan mengunduhnya di sini. Dengan mengunduh versi dokumennya, Anda tinggal mengedit dan menyesuaikan dengan data Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan untuk Posisi Sekretaris

Pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan atau sebuah PT cukup menjanjikan. Peran sekretaris sangat penting dalam sebuah perusahaan karena harus membantu atasan dalam berbagai kegiatan. Oleh karena itu, seorang sekretaris harus selalu tampil prima dan menjaga penampilannya karena dirinya merupakan presentasi dari perusahaan.

Tidak hanya menjaga penampilan, seorang sekretaris juga harus mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi. Sekretaris juga akan berhubungan langsung dengan para relasi, investor, atau pihak-pihak yang menjalin hubungan dengan perusahaan. Itulah kenapa, tidak hanya berpenampilan menarik, namun juga mahir komunikasi, dan menjaga sikap yang baik agar citra perusahaan tetap terjaga di mata publik.

Setiap perusahaan atau PT akan memiliki regulasi dan peraturan masing-masing, Anda akan diberi penjelasan bagaimana cara kerja dan tugas yang harus dijalankan jika telah diterima. Untuk Anda yang berminat menjadi sekretaris, berikut contoh surat lamaran untuk posisi sekretaris yang bisa Anda jadikan acuan.

surat lamaran kerja sebagai sekretaris

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan untuk Bagian Administrasi

Staf administrasi bertugas untuk mengolah data, mengatur jadwal kegiatan, membuat berbagai laporan pekerjaan, dan sebagainya. Menjadi karyawan administrasi dituntut untuk memiliki kepribadian yang teratur, detail, dan teliti. Kemampuan dasar yang perlu Anda miliki untuk bekerja dalam staf administrasi adalah berkomunikasi, dapat mengetik dan mengolah data dengan baik.

Jika Anda tidak teliti, maka data yang Anda siapkan bisa berantakan dan harus diulang kembali. Di sebuah perusahaan kecil yang terdiri dari 10 sampai 15 orang staf, umumnya bagian administrasi bekerja untuk memastikan jadwal kegiatan atasan, mencatat pengeluaran dan pemasukan, serta mobilitas supir dapat berjalan baik. Namun, tugas yang dilakukan bisa jadi lebih banyak jika Anda melamar di perusahaan besar dan terdapat banyak tim. Berikut ini contoh surat lamaran kerja untuk posisi administrasi.

surat lamaran admin pt

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Marketing

Bekasi, 30 Agustus 2019

Hal     : Lamaran Pekerjaan

Yth:

Manager PT. Bekti Motor

Jln. Swanda Barat No. 50 Bekasi

 

Dengan hormat,

Terkait dengan info lowongan pekerjaan dari PT. Bekti Motor yang telah diterbitkan oleh Radar Pos pada tanggal 20 Agustus 2019. Bahwa perusahaan Bapak/Ibu yang sedang pimpin saat ini memerlukan karyawan tambahan sebagai Marketing. Untuk itu saya bersedia untuk bergabung menjadi Tim Marketing di PT Bekti Motor yang Bapak/Ibu pimpin tersebut.

Adapun data pribadi saya adalah sebagai berikut:

Nama                               : Mary Yanti

Tempat, Tanggal Lahir       : Demak, 25/06/1990

Pendidikan Terakhir          : S1- Ekonomi

Alamat                              : Weding Rt 03 Rw 06 Demak

Nomor Telepon                 : 0885236145698

Pengalaman yang saya miliki di bidang marketing pemasaran sudah lima tahun dan sempat direkomendasikan sebagai kepala tim marketing. Untuk itu saya berharap bisa menjadi salah satu yang masuk menjadi tim marketing yang Bapak/Ibu pimpin. Berikut saya lampirkan beberapa dokumen:

  1. Sertifikat Penghargaan Penjualan Terbaik
  2. Sertifikat Uji Kompetensi
  3. CV
  4. Photocopy Ijazah
  5. Pas Foto 4×6
  6. SKCK

Bersamaan dengan surat lamaran pekerjaan di atas saya sangat berharap Bapak/Ibu bisa meluangkan sedikit waktunya untuk melakukan tes atau wawancara supaya saya bisa menjelaskan hal lain tentang potensi yang saya miliki lebih rinci.

Demikian yang bisa saya sampaikan, saya ucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu.

Hormat saya,

 

Mary Yanti

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Sekretaris

Demak, 5 September 2019

Hal     : Lamaran Pekerjaan

Yth:

HRD PT Maju Terus

Jalan Perintis No.053 Demak

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang dimuat di harian kompas kemarin tanggal 4 September 2019 bahwa Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan untuk menempati posisi sebagai Sekretaris. Bersamaan dengan hal tersebut maka saya bermaksud untuk mengajukan diri melamar pekerjaan untuk posisi yang Bapak/Ibu butuhkan.

Pada 25 Juni 2019 yang lalu umur saya telah genap 29 tahun, pengalaman saya sebelumnya pernah bekerja di perusahaan jasa pengiriman barang pada bagian administrasi selama kurang lebih 3,5 tahun. Saya adalah Universitas Diponegoro (UNDIP) lulusan tahun 2012, dan saya pernah mengikuti pelatihan-pelatihan khususnya dalam bidang kesekretarisan dan juga saya pernah kursus dalam hubungan masyarakat di beberapa pelatihan kursus ternama.

Berbekal pengalaman yang telah saya miliki tersebut, maka saya merasa memiliki kemampuan untuk menempati lowongan pekerjaan yang telah ditawarkan oleh PT. Maju Terus dan saya memiliki harapan besar bisa berkontribusi dengan baik untuk perusahaan di samping saat ini domisili saya adalah berada di Jalan Perintis No.053 Demak.

Pelatihan dan pengalaman kesekretarisan sudah saya lampirkan dalam CV yang bisa Bapak/Ibu perhatikan dan dijadikan bahan pertimbangan. Selain itu saya juga sudah melampirkan Photocopy Ijazah, SKCK dan pas photo 4×6.

Demikian surat lamaran pekerjaan sebagai sekretaris ini saya sampaikan, saya sangat berharap Bapak/Ibu ada waktu untuk saya melakukan interview atau test untuk melihat potensi saya secara langsung. Atas kerja sama dan juga kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Wulan Hanif

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Administrasi

Kudus, 4 September 2019

Hal     : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth:

Hrd PT Pelita Jaya

Jalan Subhan No. 021 Kudus

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                               : Wahyu Pramana

Tempat, Tanggal Lahir       : Kudus, 13/04/1992

Pendidikan                        : S1 – Ekonomi

Alamat                              : Jalan Kusuma No. 063 Kudus

Telepon                            : 083012569854

Sekarang ini saya dalam keadaan yang sehat dan kelebihan yang saya miliki adalah bisa mengoperasikan komputer khususnya program Microsoft word, Excel dan power point. Selain itu saya juga seorang yang pekerja keras. Untuk itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di bagian administrasi di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

  1. CV
  2. Photocopy Sertifikat
  3. Surat Pengalaman Kerja
  4. Pas Foto 4×6
  5. Photocopy KTP
  6. Photocopy Ijazah
  7. Photocopy KK

Demikian surat lamaran pekerjaan yang bisa disampaikan, saya meminta maaf kepada Bapak/Ibu apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Harapan saya Bapak/Ibu bisa meluangkan waktu khusus untuk saya untuk test atau wawancara kerja. Terimakasih sebelumnya atas apa yang sudah Bapak/Ibu berikan.

 

Hormat saya,

 

Wahyu Pramana

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Operator

Operator memiliki makna sebagai orang yang mengoperasikan sebuah alat baik dengan mesin atau tangan sesuai dengan tanggung jawab atau target yang diberikan. Sedangkan operator produksi adalah seseorang yang harus mengoperasikan alat untuk memproduksi sesuatu sesuai dengan jenis perusahaan di mana dirinya bekerja.

Operator produksi perusahaan tekstil dengan manufaktur atau makanan akan berbeda tanggung jawabnya. Berikut ini daftar tugas operator sesuai dengan jenis perusahaan.

  • Perakitan (Assembling)

Proses produksi perakitan biasanya pada perusahaan manufaktur. Tugasnya adalah memasang bagian-bagian produk dengan meja berjalan atau yang disebut dengan conviyer. Anda harus berdiri saat bertugas menjalankan assembling karena meja akan terus berjalan sampai waktu istirahat tiba.

  • Die Casting (Molding)

Tugas operator dalam proses die casting adalah meleburkan barang mentah agar mencair supaya dapat dilakukan proses pencetakan. Umumnya, tugas molding ini disebut dengan istilah ‘bagian peleburan’. Para operator akan mengenakan seragam khusus saat menjalankan tugas die casting.

  • Machining

Tugas operator bagian machining adalah melakukan proses pembentukan atau mengebor barang produksi yang sebelumnya telah melewati tahap die casting. Operator akan menjalankan satu hingga dua mesin yang memiliki fungsi berbeda.

  • Final Inspeksi

Tugas operator bagian final inspeksi adalah untuk menentukan barang produksi sesuai dengan ketentuan sehingga layak dijual. Jika Anda pernah melihat lowongan untuk Quality Control, nah inilah tugas yang harus dilakukan. Meski kelihatannya mudah, namun tanggung jawab tugas ini sangat besar.

  • Mesin Press

Tugas dari operator bagian mesin press adalah untuk menjalankan press ke barang produksi. resiko pekerjaan sebagai operator mesin press cukup tinggi, namun semua perusahaan tentunya telah melakukan standar pengamanan terbaik untuk keselamatan para pekerja.

  • Molting

Tugas operator produksi bagian molting adalah melakukan proses pencampuran bahan-bahan produksi untuk menghasilkan barang siap kemas ke dalam sebuah mesin. Tugas ini umumnya ada di perusahaan makanan.

  • Pengemasan

Tugas operator dalam pengemasan adalah mengemas barang produksi secara manual. Kecepatan dan ketelatenan adalah hal yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas operator packing atau pengemasan.

Untuk Anda yang tertarik menjadi karyawan operator di sebuah PT, inilah contoh surat lamaran yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Operator

Nah dengan beberapa contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan yang telah kami bagikan, semoga Anda tidak bingung lagi. Soalnya, sudah lengkap format untuk umum, lulusan SMK, juga lulusan SMA. Kalau pun Anda membutuhkan format yang memakai bahasa Inggris, ataupun versi tulisan tangan silakan cek artikel yang terkait. Selamat menempuh dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *