Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar Menurut EYD

By | 22 September 2018

Jika sebelumnya telah dibagikan contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris, kali ini kita kembali membahas lamaran kerja Bahasa Indonesia. Lebih khususnya kali ini menghadirkan contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar menurut EYD. Tentu mempertimbangkan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) yang sekarang sudah menjadi PUEBI. Secara umum memang masih banyak kesamaan meskipun banyak juga yang berbeda.

contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar menurut EYD

Contoh surat lamaran kerja umum yang bisa Anda tiru

Kenapa harus memperhatikan EYD? Ya, karena surat lamaran kerja merupakan perwakilan lisan kita untuk berbicara. Menuliskan permohonan dalam bahasa tulisan harus sesuai ejaan yang benar agar tidak menimbulkan salah paham. Akibatnya surat lamaran kita malah hanya jadi pengisi kotak sampah. Khususnya di perusahaan besar, melamar pekerjaan dengan tulisan yang benar merupakan bagian dari surat lamaran yang baik dan sopan.

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Umum terbaru yang Baik dan Benar Menurut EYD

Format penulisan surat lamaran kerja umum secara garis besar tidak ada beda dengan surat lamaran lainnya. Baik dari segi urutan, maupun bahasa. Format umum tersebut meliputi penulisan tanggal, Nama dan alamat penerima surat, salam pembuka, kalimat pembuka, isi surat, kalimat dan salam penutup, dan tak ketinggalan nama lengkap dan tanda tangan pengirim/pelamar.

Terkait isi surat, selalu mengungkapkan profil singkat pelamar, data diri, pengalaman dan mengungkapkan apa saja lampiran persyaratan yang dibawa surat tersebut. Hanya saja perlu digaris bawahi beberapa hal terkait penulisan yang baik dan benar agar surat lamaran mendapat perhatian. Berikut di antaranya.

  • Perhatikan Pengetikan Kata

Dalam membuat surat lamaran, haruslah memperhatikan pengetikan supaya tidak terjadi saltik/typo. Tentu ini sangat perlu diperhatikan buat Anda yang terlanjur sering memakai gawai dan menulis SMS, komentar sosmed, ataupun pesan di WA. Sebab kebanyakan orang mengetikkan kata-kata dengan singkatan dan kode-kode yang hanya bisa dipahami kalangan pegawai.

Baca juga:

Soal ketikan meskipun sepele, namun bisa jadi maslaah besar. Misalnya salah meletakkan titik atau koma hingga soal penggunaan tanda seru. Ingat, tanda seru itu bisa berarti nada tinggi. Kalau surat lamaran kerja Anda ada tanda seru, bisa saja dipahami sebagai membentak calon bos. Mana mungkin diterima.

  • Pergunakan Bahasa yang Sopan dan Jelas

Baik, sopan dan jelas adalah paket yang harus ada dalam surat lamaran kerja umum milik Anda. Jangan terlalu sopan, tapi jadi berputar-putar penuh basa-basi seperti menulis surat untuk kekasih. Jangan pula ringkas, langsung ke inti (to the point) tanpa basa-basi.

  • Perhatikan Kejelasan Data

Dalam format penulisan surat lamaran, biasa mencantumkan data diri sekilas, sebelum diperdalam di CV. Namun demikian, tetap harus mencantumkan sebagian data diri dengan jelas.

  • Tonjolkan Kemampuan Terkait Lowongan dengan Sopan

Jika lowongan yang dibuka oleh perusahaan menyeratkan pengalaman, kemampuan, maka jangan segan untuk menonjolkan kemampuan dan pengalaman Anda. Namun tetap dalam batasan baik dan sopan. Misalnya dengan menuliskan bahwa Anda pernah bekerja sebagai ini dan itu yang terkait dengan lowongan tersebut.

Baca Juga Contoh Surat Lamaran Kerja yang Lain:

Kesempatan memaparkan kemampuan dan pengalaman bisa lebih diperluas ketika Anda mendapat kesempatan untuk diwawancarai oleh pihak perusahaan. Jadi dalam surat lamaran cukup sekilas saja namun kira-kira yang paling menarik.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar Menurut EYD

Berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar sesuai EYD atau PUEBI. Bisa Anda simpan dan pergunakan sesuai keperluan.

Surat Lamaran Kerja Umum Sesuai EYD

contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar menurut EYD

Format surat lamaran kerja kosongan

Surat Lamaran Kerja Umum Berpengalaman

Bagi yang sudah punya pengalaman kerja ataupun pengalaman menguasai suatu keahlian, maka tak ada salahnya disampaikan dengan sopan.

contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar menurut EYD

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum di Indomaret

Banyumas, 4 Agustus 2019

Hal: Surat Lamaran Kerja

 

Yth,

Bapak/Ibu HRD Indomarco Pristama

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari sahabat saya bahwa Indomarco Pristama  saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap                  : Adi Sucipto

Tempat/Tgl Lahir               : Banyumas/ 17 September 1990

Alamat Rumah                  : Jl. Mulyaningrat No. 32 Purworejo

Jenis Kelamin                    : Laki-laki

Agama                              : Islam

Kebangsaan                      : Indonesia

Pendidikan Terakhir          : SMA

No HP                              : 089654789321

Email                                : [email protected]

Bersama ini saya mengajukan lamaran kerja sebagai Pramuniaga di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Dengan lamaran ini saya bermaksud agar pengajuan saya bisa dikabulkan dan saya bisa diberi kesempatan untuk mendapatkan tempat pada instansi tersebut.

Di bawah ini tertera dokumen penting untuk bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

  1. Fotokopi SKCK
  2. Pas Poto Ukuran 4×6
  3. CV
  4. Fotokopi Ijazah
  5. Fotokopi KTP

Atas perhatian Bapak/Ibu yang sudah memberikan kesempatan kepada saya dalam ikut serta menjadi calon karyawan yang Bapak/Ibu pimpin, saya mengucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

 

Adi Sucipto

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum di Perusahaan

Weleri, 7 September 2019

Perihal: Lamaran Kerja

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala PT. Sejahtera

Jalan kehormatan No. 115 Weleri

Di

Tempat

 

Dengan hormat.

Terkait informasi lowongan kerja yang saya peroleh di Facebook dan Instagram Lowongan kerja Weleri, saya memiliki maksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi sebagai Staff Accounting. Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                                         : Hidayat Masruh, SE

Tempat/Tgl Lahir                         : Weleri/ 17 Mei 1989

Alamat                                        : Jl. Tugu Baru No. 123 Weleri

Jenis Kelamin                              : Laki-laki

Pendidikan                                  : S1 – Ekonomi

No HP                                        : 085269385214

Email                                          : [email protected]

Dengan ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan sebagai Staff Accounting di PT. Sejahtera yang saat ini Bapak/Ibu kelola. Saya memiliki pengalaman selama 6 tahun dalam mengatur keuangan suatu perusahaan dan saya telah mendapat rekomendasi dari perusahaan saya sebelumnya untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan yang saat ini sedang Bapk/Ibu Pimpin.

Agar Bapak/Ibu yakin dan lebih mengenal saya maka di bawah ini saya lampirkan:

  1. Fotocopy identitas diri
  2. CV
  3. Pas Photo Ukuran 4X6
  4. Sertifikat pelatihan Akuntansi
  5. Photocopy ijazah
  6. SKCK

Demikian surat lamaran kerja untuk menempati posisi sebagai staff accounting ini saya buat sesuai dengan situasi dan kondisi saya sekarang ini. Saya harap Bapak/Ibu bisa memberikan waktunya dan kesempatan bagi saya untuk bisa mengikuti seleksi yang akan diadakan nantinya. Segala hormat dari saya dan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas perhatian serta bantuan yang bernilai dari Bapak/Ibu.

 

Hormat Saya,

 

Hidayat Masruh, SE

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Sebagai Kolektor

Tegal, 15 Agustus 2019

Hal: Lamaran Kerja

 

Kepada Yth,

HRD Armada Jaya Finance

Jalan Bojong No. 50 Tegal

 

Dengan hormat.

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang telah dimuat di koran Jawa Pos pada tanggal 10 Agustus  2019, Armada Jaya Finance sedang membutuhkan tenaga kerja untuk Kolektor. Dengan surat lamaran kerja ini saya ingin sekali bisa bergabung menjadi tim kolektor di Armada Jaya Finance, dikarenakan bekal kemampuan saya yang pernah menekuni pekerjaan yang sama selama 3 tahun di perusahaan swasta.

Di bawah ini adalah biodata singkat:

Nama                               : Reyvan Ilham

Tempat/Tgl Lahir               : Tegal/ 18 Juli 1995

Alamat                              : Jl. Setia No. 256 Tegal

Pendidikan                        : SMA

No HP                              : 08123654897

Email                                : Reyvan [email protected]

Untuk melengkapi Biodata singkat saya di atas, maka saya melengkapinya berupa dokumen penting yang terlampir di bawah ini:

  1. SKCK
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi kartu pencari kerja
  4. Fotokopi Ijasah
  5. Surat pengalaman kerja
  6. Pas Photo Ukuran (4×6) 6 lembar
  7. CV

Demikian surat lamaran kerja untuk menjadi kolektor yang bisa saya sampaikan kepada Bapak/Ibu pimpinan Armada Jaya Finance. Dengan itu harapan saya bahwa dapat ikut dalam test yang diselenggarakan atau interview untuk menjelaskan tentang potensi saya lebih detail.

Terimakasih saya ucapkan atas kebaikan dan perhatian yang diberikan.

 

Hormat Saya,

 

Reyvan Ilham

 

Surat lamaran Kerja Umum Menjadi Guru Sekolah Swasta

Lembaga pendidikan swasta biasanya membuka lowongan untuk guru-guru honor untuk menambah kemampuan mereka mendidik para siswa. Lowongan ini cocok untuk Anda yang ingin menambah penghasilan di luar tugas resmi guru misalnya. Cocok juga untuk mahasiswa baru lulus untuk membuat suatu pengalaman mengajar. Berikut ini contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar menurut EYD untuk lowongan guru.

contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar menurut EYD

Surat Lamaran Kerja Umum Fresh Graduate

Jangan minder meskipun baru lulus kuliah. Jika butuh pekerjaan, ada lowongan, tak ada salahnya Anda pun ikut mengajukan diri. Bahkan Anda bisa mencoba melamar dengan berbekal pengalaman kemampuan semasa kuliah. Salah satu kunci agar tenaga baru lulus mudah diterima adalah tidak menuntut gaji tinggi alias sekadarnya dulu. Sebagai lulusan Anda masih harus mencatatkan pengalaman di dunia kerja. Sehingga prinsip awal yang sebaiknya Anda pegang adalah “yang penting kerja”.

Dengan mengikuti format penulisan seperti pada contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar menurut EYD ini, diharapkan pihak perusahaan akan tertarik dengan Anda. Kesan pertama dari surat lamaran yang sopan, merupakan langkah awal Anda meniti karir. Selanjutnya jaga performa kerja Anda agar bisa semakin berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *