8 Contoh Surat Permohonan yang Bisa Dijadikan Referensi

By | 3 Oktober 2019

Surat merupakan bagian penting dari sistem birokrasi. Bahkan dalam organisasi, lembaga atau perusahaan mengharuskan surat keluar dan masuk diarsipkan secara baik. Tidak hanya itu, surat juga banyak digunakan untuk melamar pekerjaan. Anda juga membutuhkan surat permohonan untuk beasiswa, surat undangan rapat dan lain sebagainya.

Kemampuan untuk membuat surat yang baik dibutuhkan  oleh setiap orang, baik untuk kepentingan perorangan atau kelompok. Sehingga contoh surat permohonan untuk berbagai keperluan perlu dipelajari. Sebelum membuat sebuah surat permohonan, sebaiknya Anda mengetahui format penulisan surat permohonan terlebih dahulu.

Format Surat Permohonan

Menulis surat secara resmi memang memiliki aturannya sendiri dan tidak bisa dibuat secara sembarangan. Format surat yang ditulis juga harus sesuai dan menggunakan bahasa yang santun, jelas, sopan dan tidak bertele-tele. Selain itu, ada beberapa komponen yang harus ada di dalam sebuah surat permohonan. Adapun format surat permohonan antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Kop Surat

Kop surat atau kepala surat biasanya merupakan identitas pembuat surat. Seperti, lembaga pendidikan, pemerintah, organisasi bahkan LSM. Contohnya organisasi Anda akan mengadakan acara seminar yang di masyarakat, namun untuk mensukseskan acara tersebut.

Anda perlu mencari banyak media partner untuk bekerja sama. Maka, Anda harus membuat surat permohonan kerja sama yang akan dilayangkan dengan kop surat berupa logo atau identitas dari organisasi tersebut.

2. Nomor Surat

Nomor surat ini akan mempermudah kearsipan dalam membedakan surat masuk dan keluar. Selain itu, kop surat juga membatasi batasan surat itu sendiri.

3. Tanggal Surat

merupakan hal yang mesti ada untuk mengetahui waktu kapan surat dibuat dan dikirimkan. Sehingga menentukan kapan akan segera diproses. Pencantuman tanggal ini merupakan keterangan penjelasan waktu pembuatan surat tersebut.

4. Perihal

Dicantumkan untuk memberitahu kepentingan datangnya surat. Seperti undangan, lamaran kerja, beasiswa dan lain sebagainya. sehingga yang dituju dapat mengetahui kepentingan dari surat tersebut.

5. Bagian Badan Sebuah Surat

Bagian badan pada surat memuat paragraf pembuka, setelah itu ada isi dan terakhir penutup. Dalam badan surat ini ditulis tentang salam pembuka, memberikan informasi mengenai kegiatan atau acara yang akan diadakan dan mengungkapkan rasa terima kasih atas pembacaan dan penerima surat tersebut. selain itu, paragraph isi juga mencantumkan harapan dan kesimpulan dari datangnya surat tersebut.

6. Nama Pengirim

Nama pengirim tidak boleh dilewatkan, karena ini merupakan etika yang paling dasar dalam menulis surat. Sehingga dalam pembuatan surat harus tercantum nama pengirim berupa individu atau kelompok yang bersangkutan.

7. Tembusan Jika Ada

Tidak semua surat terdapat tembusan dari pihak-pihak terkait. Hal ini untuk mengetahui bahwa surat memang memiliki kepentingan pada beberapa pihak. Namun, tidak semua surat memiliki bagian ini, hanya surat-surat tertentu yang harus melampirkan tembusan dari pihak-pihak terkait.

Contoh Surat Permohonan Undangan Rapat Sesuai Dengan Format Yang Ada

Sebagai contoh dari penulisan surat permohonan sesuai dengan format yang benar, berikut ini merupakan salah satu contoh surat permohonan yang ditujukan bagi anggota osis untuk melakukan agenda rapat yang telah dijadwalkan.

Surabaya, 13 September 2019

Nomor           : 012/OSIS/SMK-2/III/2018                                                 
Perihal           : Undangan Rapat Anggota OSIS

Kepada Yth.
Anggota OSIS SMK Pandega Surabaya
Di Tempat

Dengan Hormat

Salam sejahtera terucap bagi kita semua, agar selalu dalam lindunga-Nya serta keberkahan dan kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa.

Berhubungan dengan akan diadakannya acara sparing ekskul olahraga bersama dengan SMK 3 Pribumi dalam waktu dekat, kami mengundang para anggota osis untuk melakukan rapat pembahasan agenda tersebut serta sekaligus pembentukan kepanitiaan. Rapat ini akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal           : Senin, 28 September 2019
Waktu                      : Pukul 13.30 s.d selesai
Tempat                    : Sekretariat Osis SMK Pandega

Demikian surat ini kamu buat, dengan harapan seluruh anggota osisi bisa menghadiri  agenda rapat tersebut. Terima kasih  atas perhatian serta kerjasama dari teman-teman.

Sekretaris OSIS                                                                Pembina Osis

AIsya Rahma                                                                        Ahmad Ali

Surat permohonan undangan rapat tersebut merupakan surat yang dibuat untuk anggota OSIS SMK 2 Pandega yang akan melakukan pembahasan mengenai sparing ekskul olahraga. Dengan dibuat dan disebarkannya surat tersebut, diharapkan agar seluruh anggota OSIS menghadiri rapat tersebut.

Fungsi Pembuatan Surat Permohonan

Surat tidak semata-mata langsung dibuat begitu saja, ia memiliki peranan penting. Khususnya dalam kearsipan dan sistem administrasi di berbagai lembaga baik pemerintah maupun non-pemerintahan. Tidak heran apabila untuk menjadi seorang sekretaris, harus memiliki kemampuan untuk membuat surat guna berbagai kepentingan. Namun, apa sajakah fungsi dari pembuatan surat permohonan itu sendiri? Simak ulasannya berikut ini.

1. Sebagai Alat Bukti Tertulis dan Kearsipan

Dalam setiap organisasi atau lembaga baik pemerintah maupun non-pemerintahan biasanya pada akhir kepengurusan akan diadakan rapaat evaluasi dan pertanggungjaawaban atau LPJ. Dalam lembar pertanggungjawaban tersebut harus terlampir bukti-bukti tentang kegiatan.

Bisa juga yang berkaitan dengan acara serta keterlibatan organisasi internal dengan luar dan lain sebagainya. Untuk mempertanggungjawabkan hal tersebut, diperlukan arsip sebagai bukti bahwa acara tersebut telah dilaksanakan dan berjalan sebagaimana mestinya. 

2. Duta Organisasi

Fungsi selanjutnya dari surat permohonan adalah sebagai duta organisasi. Anda yang aktif dalam dunia organisasi mungkin mengetahui bahwa dalam melakukan berbagai agenda dan acara, memerlukan dukungan dari beberapa pihak seperti sponsor hingga media partner.

Untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak tersebut tentu diperlukan surat permohonan yang akan menjelaskan hubungan yang akan dijalin  antara organisasi dan pihak lainnya. sehingga tidak heran jika surat juga dapat disebut sebagai duta organisasi.

3. Pengantar Berbagai Keperluan

Surat memang menjadi pengantar berbagai keperluan baik pribadi maupun kelompok. Untuk kepentingan yang tidak resmi, Anda mungkin bisa membuat surat sesuai dengan keinginan tanpa perlu banyak aturan. Akan tetapi berbeda jika Anda memiliki keperluan dengan lembaga atau organisasi, Anda harus membuat surat yang sesuai, resmi, sopan dan santun, salah satunya adalah surat permohonan kerja.

4. Bukti Sejarah

Mungkin sering kita temukan beberapa dokumen sejarah yang berbentuk sebuah surat. Surat tersebut dibuat sebagai perjanjian, ajakan rapat dan lain sebagainya. Selain sebagai bukti sejarah, surat juga bisa menjadi bukti perjanjian atau kesepakatan antara dua orang atau lebih.

Bukti sejarah juga penting bagi seseorang yang berurusan dengan  kelompok atau kelompok dengan kelompok. Sehingga apabila salah satu pihak mengingkari perjanjian yang telah disepakati maka akan mendapatkan sanksi. Sanksi tersebut tentunya diberlakukan sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan.

5. Sarana Promosi

Surat tidak hanya menjadi sarana untuk mengundang seseorang atau melakukan kesepakatan antara dua pihak atau lebih. Surat dapat dijadikan sebagai sarana untuk menawarkan barang atau jasa yang Anda miliki.

Fungsi surat ini banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya. Beberapa bentuk penawaran melalui surat antara lain yaitu sebagai alat pemberitahuan, dan alat permintaan. Selain itu bukti surat juga berfungsi sebagai arsip historis pembelian barang, alat pengingat dan lain sebagainya.

Contoh Penulisan Surat Permohonan Kerja

Memiliki pekerjaan tetap merupakan hal yang banyak diinginkan seseorang. Meskipun demikian, untuk melamar pekerjaan Anda harus mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Misalnya seperti ijazah, surat keterangan dokter dan dokumen lainnya.

Berkas tersebut nilainya sangat penting, apalagi ketika melamar pekerjaan. Karena melengkapi berkas lamaran kerja dengan surat permohonan merupakan etika dasar dalam melamar pekerjaan. Berikut ini merupakan contoh dari sebuah surat untuk melamar pekerjaan.

Surabaya, 01 Juli 2018

Yth.
HRD PT. Makmur Jaya
Di Jl. Melati, Tangerang, Banten

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan melalui Koran Tempo (Jumat/8/8), bahwa perusahaan PT. Makmur Jaya sedang membuka lowongan untuk posisi marketing. Melalui surat ini saya berniat untuk melamar posisi tersebut. adapun biodata saya adalah berikut ini;

Nama        : Agung Ahmad
TTL           : Jakarta, 1 Juni 1993
Alamat     : Jl. Gatot Subroto, No. 35, Jakarta Selatan, Jakarta
No. Hp      : 08777131xxxx

Besar harapan saya untuk bergabung dan berkontribusi dalam perusahaan Bapak/Ibu. Sebagai kelengkapan dan bahan untuk pertimbangan Bapak atau Ibu, saya melampirkan dokumen lain. Antara lain CV, Portofolio, Resume, serta Surat dokter dan lain sebagainya.

Demikian kami haturkan terima kasih kepada Bapak / Ibu. 

Surabaya, 01 Juli 2018

Agung Ahmad 

Menulis surat permohonan kerja yang baik bisa menjadi langkah awal untuk memperoleh pekerjaan yang Anda impikan. Anda dapat memulai dengan membaca beberapa contoh menulis surat lamaran kerja lainnya berikut ini. Selain surat lamaran kerja, di bawah ini terdapat beberapa contoh surat permohonan untuk berbagai keperluan.

Berbagai Contoh Surat Permohonan

Meskipun era digital banyak mempengaruhi gaya hidup manusia, namun beberapa hal tidak berubah dari dulu hingga sekarang. Misalnya saja hobi menulis serta saling bekirim kabar melalui surat. Aktivitas surat menyurat masih banyak dilakukan.

Surat permohonan khususnya dibuat untuk keperluan resmi berbagai lembaga atau organisasi. Perbedaannya terletak pada cara pengiriman surat tersebut. Jika dulu surat dikirim berupa kertas, saat ini surat dapat dikirim melalui layanan surat elektronik atau email. Sehingga aktivitas surat-menyurat lebih mudah dilakukan.

Contoh Surat Permohonan Bantuan

 Apakah Anda termasuk orang yang aktif dalam organisasi atau sebuah kepengurusan? Jika iya, tentu mengadakan event atau agenda tertentu sudah menjadi hal biasa. Dalam menjalankan agenda tersebut pasti membutuhkan dana yang cukup banyak.

Anda bisa membuat surat permohonan bantuan untuk kelancaran kegiatan tersebut. berikut ini adalah contoh surat permohonan bantuan seperti berikut ini.

Contoh I

Nomor           : 286/VII/2019
Lampiran       : 1 Halaman
Perihal        : Permohonan Dana Sosial (Dansos)

Yth.
Bapak/Ibu Kepala Dinas Sosial Kota Serang
Di Tempat

Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Puji Tuhan semesta alam atas berkat dan rahmat-Nya. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Sehubungan dengan akan diadakannya Perayaan Hari Besar Islam Isra’ Mi’raj pada:

Hari         : Jumat
Tanggal   : 15 Juli 2015 M/12 Rabiul Awal 1438 H
Tema       : “Hikmah Isra’ Mi’raj Dalam Meningkatkan Iman dan Taqwa Umat Muslim”
Tempat   : Kp. Citayam RT 13/RW 02 Kelurahan Asam, Kota Bandung, Jawa Barat

Pengadaan acara tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, kami membutuhkan bantuan dana untuk kelancaran  acara perayaaan hari besar ini. Kami berharap Bapak/Ibu berkenan untuk mengulurkan bantuan dan semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas setiap kebaikan yang Bapak/Ibu diberikan.

Demikian kami haturkan terima kasih kepada Bapak / Ibu. 

Bandung, Juli 2015

Sekretaris Pelaksana                                                         Ketua Pelaksana

 Ainun Hani                                                                                Agus Ansori

Contoh 2

Nomor           : 35/XII/2019
Lampiran      : 3 Lembar
Pelihal           : Permohonan Bantuan dana

Kepada Yth.
Bapak atau Ibu Kepala Yayasan Badil Darussalam
Di Tempat

Dengan Hormat

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan karunianya sehingga kita berada dalam keadaan sehat wal’afiat. Kita dapat memperoleh kesehatan dan keberkahan untuk mengamalkan kegiatan yang bermanfaat.

Seperti yang telah dijabarkan pada bulan lalu oleh Panitia Pelaksana Santunan Anak Yatim di Desa Makmur dan telah mencapai kesepakatan dengan pengurus Yayasan Darussalam. Acara tersebut akan dilaksanakan di Masjid Desa Makmur tepatnya pada hari Senin, 12 Mei 2020. Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara santunan tersebut kami memohon bantuan dana dari pengurus yayasan Badil Darussalam. Adapun rincian dana yang dibutuhkan telah terlampir.

 Demikian surat permohonan atas bantuan berupa dana di atas kami tulis. Atas perhatian beserta dengan waktu yang  Bapak atau Ibu luangkan untuk membaca surat ini, kami ucapkan terima kasih. Semoga amal ibadah yang dilakukan menjadi jalan untuk meringankan hisab di akhirat kelak. Aamiin.

Desa Makmur, Mei 2020

Ketua Panitia                                                                                      Sekretaris

H. Ahmad Husen                                                                              Laila Husni

 Contoh 3

              Serang, 13 september 2017

Lampiran     : 2 Lembar                                          
Perihal         : Surat Permohonan Bantuan Dana pendidikan

Kepada Yth,
Direktur Bank Indonesia (Persero) Wilayah Banten

Dengan Hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                       : ANITA AIRA
NIM                                          : 2543377xx
Tempat/ Tgl lahir                   : Riau, 23, April 1999
Instansi                                    : Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
Jurusan/Semester/Fakultas : Ekonomi Islam/V/Ekonomi Bisnis
Alamat                                      : Cipocok Jaya, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten

Dengan ini mengajukan permohonan bantuan dana pendidikan kepada Bapak/Ibu. Agar sekiranya dapat memberikan bantuan.

Besar harapan saya untuk diterimanya permohonan tersebut, dan atas perhatian Bapak atau Ibu saya ucapkan terima kasih.

Serang,   September 2017

Anita Aira

 Contoh 4

Nomor : 003/PSES/VII/2016
Lampiran 1 Bundel
Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Yth.
Bapak/Ibu Donatur
di
Jakarta

Dengan Hormat

Salam sejahtera, semoga Bapak/Ibu senatiasa dalam keadaan sehat wal’afiat. Aamiin.

Sehubungan akan diadakannya peringatan Dies Natalis SMK Insan Cita yang ke V, kami bermaksud untuk melaksanakan kegiatan “Pentas Seni dan Edukasi Siswa (PSES) III” yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin-Jumat, 13-17 Juni 2016
Tempat : SMA Insan Cita Jakarta

Untuk kelancaran acara tersebut, kami memohon partisipasi Bapak/Ibu untuk memberikan bantuan dana atau finansial demi kesuksesan acara tersebut. Adapun rincian rincian biaya yang diperlukan telah terlampir dalam bentuk 1 bundel proposal.

Demikian surat yang mencakup tentang permohonan dana sosial ini. Besar harapan seluruh panitia untuk diterimanya permohonan tersebut, dan atas perhatian Bapak atau Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Jakarta, Mei 2016

Panitia Pentas Seni dan Edukasi Siswa (PSSES) III
OSIS SMA Insan Cita

Ketua panitia                                            Sekretaris

Surya                                                             Nining

Mengetahui
Pembina OSIS                                          Ketua OSIS

Aang, S.Pd.                                                    Ari

Menyetujui
Kepala Sekolah SMA Insan Cita

H. Sanusi M.Pd

Itulah beberapa contoh surat yang dibuat untuk keperluan meminta bantuan dana. Surat tersebut dapat dikirim atau diberikan pada beberapa lembaga. Misalnya seperti instansi pemerintahan, yayasan, lembaga swadaya masyarakat atau perusahaan. Surat untuk meminta dana juga bisa dibuat untuk meminta sejumlah dana untuk keperluan atau acara. Contohnya Peringatan Hari Besar Agama Islam (PHBI) atau bahkan pengajuan permohonan bantuan biaya pendidikan.

Surat untuk meminta dana juga bisa dibuat untuk meminta sejumlah dana untuk keperluan atau acara. Contohnya Peringatan Hari Besar Agama Islam (PHBI) atau bahkan pengajuan permohonan bantuan biaya pendidikan.

Contoh Surat Permohonan Izin

Dalam menjalani rutinitas sehari-hari, tentu ada beberapa hal yang membuat Anda harus melakukan izin pada lembaga yang menaungi Anda. Misalnya seperti sekolah atau perusahaan. Akan tetapi, dalam melakukan izin tersebut tidak bisa dilakukan dengan hanya menitip salam atau pesan singkat. Anda harus membuat surat permohonan izin apabila akan mengadakan kegiatan di tempat tertentu. Tentu izin yang Anda buat harus resmi dan beretika. Di bawah ini merupakan contoh surat permohonan izin sebagai acuan Anda.

Contoh  1

Banten,  24 Mei 2019

Perihal : Izin Tidak Mengikuti Kuliah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada yth.
Bpk. Rizky Sudirman, M.Pd
Di Fakultas Pendidikan Universitas Islam Negeri Kota Serang

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama      : Lila Sutihat
NIM         : 345983xx
Kelas       : Pendidikan Sekolah Dasar 1
Fakultas : Pendidikan

Memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti mata kuliah Ilmu Pendidikan Dasar pada angkatan 2016 yang bapak berikan hari ini saya sedang tidak sehat. Permohonan izin ini saya ajukan sesuai dengan surat hasil pemeriksaan dokter yang saya lampirkan. Demikian surat terkait dengan permohonan izin tersebut saya buat sesuai keadaan sebenarnya.

Hormat Saya.

Lila Sutihat

Contoh 2

Nomor : 21/OS70/SU/7/16
Lampiran : 1 Bundel
Perihal : Permohonan Izin Mengadakan Kegiatan

Kepada Yth.
Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 30 Kota Jakarta
Di Tempat

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah Subhanahu Wata’ala yang telah melimpahkan segala nikmat dan karunia-Nya dan semoga kita selalu berada dalam lindungan-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah curah kan kepada Nabi Muhammad S.A.W.

Sehubungan akan diadakannya Perayaan Hari jadi SMK 30 Kota Jakarta yang ke 32, kami bermaksud mengadakan acara tasyakuran bagi seluruh elemen SMK 30 Kota Jakarta untuk mempererat rasa kekeluargaan dan tali silaturahmi. Adapun acara tersebut akan diadakan pada:

Hari : Selasa, 26 Maret 2015
Waktu : 09.00 WIB s.d selesai
Tempat: Aula Utama SMK 30 Kota Jakarta

Untuk itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud meminta izin untuk mengadakan acara tersebut demi kelancaraan kegiatan yang akan diadakan.

Demikian keterangan dalam surat permohonan atas izin di atas kami buat. Kami berterima kasih atas keluangan waktu yang Bapak atau Ibu berikan untuk membaca surat ini.

Wassalamu’alaikum wr. wb

Hormat Kami,
Pengurus OSIS SMK 30 Kota Serang

Sanjaya

Contoh 3

Bandung, 30 Mei 2014
No : 019/PTSM/09/2016
Perihal : Permohonan Izin Mendirikan Bangunan
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth.
Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu
Jalan Utama 2 Raya No. 35, Kota Jakarta
Dengan Hormat,

Yang Bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Angga Priadi
Jenis kelamin : laki-laki
No. KTP : 360418xxxxxx
Alamat : Jl. Jendral Sudirman No. 20, Banten

Dengan ini mengajukan permohonan izin mendirikan bangunan (IMB) untuk keperluan tempat kerja atau perkantoran yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman No. 12, Kota Serang. Adapun luas bangunan yang akan didirikan seluas 500 meter persegi di atas tanah seluas 1000 meter persegi dan memiliki 3 lantai.

Untuk melengkapi permohonan izin kami, bersama surat ini kamu melengkapi persyaratan berkas-berkas yang diperlukan.

Demikian surat ini dibuat. Atas perhatian serta keluangan waktu yang diberikan Bapak atau Ibu kami ucapkan banyak terima kasih.

Pemohon

Angga Priadi

Contoh 4

Banten, 29 Februari 2013
No : 012/PTSM/06/2013
Lampiran : 1(satu) berkas
Perihal : Permohonan Izin Tempat Usaha

Yth.
Bupati Kota Seang
Cq. Kapala Dinas Pelayanan Perijinan Terpadu
Jl. Jendral Sudirman Raya No. 30-45
Kota Serang, Banten

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Agus Pramudyo
Jenis Kelamin : Laki-laki
Nomor KTP : 360245678xxxxx
Alamat : Kp. Belimbing, Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kota Serang

Bersama surat ini, kami mengajukan surat yang terkait dengan permohonan izin. Adapun izin yang dimaksud adalah untuk tempat usaha kami yang akan beroperasi. Identitas usaha tersebut adalah sebagai berikut:

Jenis Usaha                    : Perdagangan
Nama Perusahaan       : PT. Surya Makmur
Alamat Tempat Usaha : Ruko Melati Permai, Blok AC 4 No.3 Jl. Raya melati Km 4 Serang

Untuk melengkapi persyaratan permohonan izin tempat usaha, berikut adalah berkas-berkas yang dilampirkan:

1.  Surat Permohonan SITU
2.  Surat rekomendasi dari pemerintah setempat
3.  Fotokopi bukti telah dilunasinya PBB pada tahun terakhir
4.  Map snelhecter warna merah sebanyak satu buah

Demikian surat permohonan izin ini kami buat. Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap perhatian Bapak atau Ibu.

Hormat Saya,
Pemohon

Agung Pramudyo

Itulah beberapa contoh surat permohonan izin yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Surat izin ini penting dibuat apabila Anda hendak mengadakan acara, menyewa tempat, mendirikan bangunan atau menjalankan sebuah usaha.

Dengan surat permohonan izin dan kelengkapan berkas yang ditetapkan maka, usaha atau kegiatan yang Anda lakukan menjadi legal dan resmi. Jadi, akan terlindungi hukum apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Contoh Surat Permohonan Narasumber

Mengadakan acara atau kegiatan memang tidak lengkap rasanya jika tidak ada narasumber. Pemateri atau narasumber tidak hanya menjadi pengisi dan penyampai materi saja. Akan tetapi  siapa materinya bisa menjadi daya magnet tersendiri bagi pengunjung kegiatan itu sendiri.

Menghubungi pemateri memang bisa dilakukan via chat atau DM di Instagram. Namun, lebih baik jika permohonan untuk menjadi materi dilakukan melalui surat. Misalnya surat elektronik atau surat pada umumnya.

Nah, bagaimana cara untuk meminta seseorang menjadi narasumber dalam sebuah acara? Beberapa data di bawah ini merupakan contoh surat permohonan menjadi narasumber.

Contoh  1

Jakarta, 20 Januari 2014
No : 3/KKN 24/2/2014
Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Permohonan Menjadi Narasumber

Kepada Yth.
Kepala BNN Kota Jakarta
Di Tempat

Dengan Hormat,

Kukerta merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Karena itu, kami mahasiswa Universitas Islam akan mengadakan seminar anti narkoba yang diadakan di Kp. Ambon, Jakarta Timur. Kegiatan ini akan diadakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 30 Maret 2014
Waktu             : 09.00 WIB s.d Selesai
Tema               : “Membangun Generasi Bangsa Anti Narkoba”
Tempat           : Kp. Ambon Jakarta Timur

Demi terlaksananya acara tersebut kami berharap BNN Kota Jakarta dapat berpartisipasi sebagai narasumber seminar.

Demikian kami haturkan terima kasih kepada Bapak / Ibu. 

Jakarta, Maret 2014

Ketua Kukerta Kelompok 24

Jaka Jayadi

Contoh 2

Jakarta, 20 Januari 2014

No              : 3/KKN 24/2/2014
Lampiran : 1 Lembar
Perihal      : Permohonan Menjadi Narasumber

Kepada Yth.
Kepala BNN Kota Jakarta
Di Tempat

Dengan Hormat,

Kukerta merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Karena itu, kami mahasiswa Universitas Islam akan mengadakan seminar anti narkoba yang diadakan di Kp. Ambon, Jakarta Timur. Kegiatan ini akan diadakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 30 Maret 2014
Waktu : 09.00 WIB s.d Selesai
Tema : “Membangun Generasi Bangsa Anti Narkoba”
Tempat : Kp. Ambon Jakarta Timur

Demi terlaksananya acara tersebut kami berharap BNN Kota Jakarta dapat berpartisipasi sebagai narasumber seminar.

Demikian kami haturkan terima kasih kepada Bapak / Ibu. 

Jakarta, Maret 2014

Ketua Kukerta Kelompok 24

Jaka Jayadi

Surat permohonan narasumber di atas bisa digunakan sebagai pengajuan narasumber ke lembaga tertentu. Misalnya seperti lembaga pemerintahan, LSM atau Himpunan Mahasiswa dan pelajar. Sehingga acara tersebut dapat diselenggarakan dengan sebaik mungkin.

Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Mendapatkan beasiswa merupakan impian bagi banyak orang. Namun, untuk mendapatkan beasiswa tersebut ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Misalnya seperti persiapan berkas-berkas. Misalnya saja surat yang dibuat untuk memperoleh beasiswa. Surat permohonan ini merupakan berkas yang harus ada di antara persyaratan beasiswa lainnya.

Berikut ini adalah contoh surat permohonan beasiswa.

Contoh 1

SURAT PERMOHONAN BEASISWA

Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 5 (Lima) Lembar

Kepada Yth. Bupati Kota Serang
Cq. Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang
Di Serang

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                     : Iqbal Irsyad
NIM                        : 1534034xxx
Tempat/Tgl Lahir : Serang, 27 Juni 2000
Semester                : III (Tiga)
Jurusan                  : Manajemen Pendidikan
Kampus                 : Universitas Pendidikan
Telp                        : 087775321xxx

Bersama surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan beasiswa tahun 2020. Berikut adalah beberapa berkas sebagai pertimbangan tambahan, antara lain:

1.    Surat Keterangan Masih Aktif Menjalankan Perkuliahan
2.    Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari perangkat desa setempat
3.    Transkrip Nilai
4.    Piagam Penghargaan

Demikian surat permohonan ini saya ajukan sebagai harapan agar pengajuan permohonan beasiswa dapat disetujui demi kelancaran studi saya di universitas, terima kasih pada Bapak/Ibu atas keluangan serta perhatiannya.

Serang, Desember 2019

Mengetahui
Pemohon                                Orang Tua Pemohon

Iqbal Irsyad                                          Rudi Hakam

Contoh 2

SURAT PERMOHONAN BEASISWA BAZNAS
(BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL)

Jakarta, 1 april 2015

Perihal : Permohonan Beasiswa BAZNAS
Lampiran : 9 (Sembilan) Lembar

Kepada Yth.
Bapak Rektor Universitas
Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                 : Ahmad Rasyid
NIM                    : 231426xxx
Program Studi : Ilmu Matematika
Fakultas            : Matematika
Telp                   : 086352425xxx
Alamat              : Tangerang Selatan

Dengan ini memohon Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tahun 2015. Permohonan beasiswa ini saya lengkapi dengan beberapa berkas pendukung yang dilampirkan, antara lain:

1.         Formulir Permohonan Beasiswa BAZNAS
2.         Fotocopy Data Mahasiswa
3.         Fotocopy Hasil Studi Semester
4.         Fotocopy Hasil Studi
5.         Fotocopy Kartu Identitas
6.         Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
7.         Surat pernyataan bersedia menerima beasiswa dan tidak sedang dalam program apapun
8.         Fotocopy piagam dan penghargaan

Demikian surat ini dan lampirannya saya kirimkan dengan data yang sebenar-benarnya. Atas keluangan dan perhatian Bapak/Ibu saya haturkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ahmad Rasyid

Contoh 3

Serang, 22 September 2019

Perihal : Permohonan Rekomendasi Beasiswa

Kepada Yth.
Rektor Universitas Islam Serang
Cq. Dekan Fakultas Pendidikan

Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                               : Rika Anandita
Tempat/Tanggal Lahir : Serang, 20 Mei 2001
Jenis Kelamin                : Perempuan
NIM                                 : 1453987xx
Jurusan                          : Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas                         : Pendidikan
Telp                                 :  089663355xx
Alamat                           : Kp. Minahasa, Kelurahan Magelang RT/05 RW/01, Kec. Serdang, Kota Serang

Dengan ini bermaksud untuk memohon kepada Bapak Rektor dan Bapak Dekan Fakultas Pendidikan untuk sekiranya memberikan surat rekomendasi beasiswa yang akan sya gunakan untuk mengajukan permohonan beasiswa prestasi kepada Dinas Pendidikan Kota Serang.

Demikian surat tersebut merupakan data sebenar-benarnya. Besar harapan saya agar pernyataan ini dapat disetujui.

Atas waktu serta keluangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Rika Anandita

Surat permohonan di atas merupakan beberapa contoh surat pengajuan beasiswa. Anda dapat mengajukan permohonan beasiswa tersebut kepada lembaga yang menyediakan bantuan pendidikan. Baik itu adalah instansi pemerintah, perusahaan swasta, universitas maupun yayasan. Selain itu, lengkapi surat permohonan dengan berkas-berkas yang telah ditentukan agar Anda bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Surat kerjasama digunakan untuk berbagai hal. Misalnya seperti kerja sama dalam mengadakan acara atau event tertentu atau kerjasama bisnis. Ini sangat penting bagi Anda pelaku bisnis yang akan melakukan kerja sama dengan beberapa jaringan bisnis lainnya.

Membuat surat kerjasama bisnis sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya agar usaha Anda memiliki nilai profesionalisme khusus. Selain itu, surat kerja sama juga akan melindungi masing-masing pihak yang terlibat aktivitas ilegal.

Jadi, apabila salah satu pihak ada yang melanggar perjanjian maka akan dapat dikenai pertanggungjawaban yang telah disepakati. Namun untuk mencapai kesepakatan kerjasama tersebut, Anda terlebih dahulu harus membuat surat permohonan kerja sama. Berikut ini merupakan beberapa contoh surat permohonan kerjasama yang bisa Anda buat.

Contoh 1

Serang, 22 September 2019

Nomor : 132/09/2019
Lampiran : 1 Bundel
Perihal : Surat Permohonan Kerjasama

Kepada Yh,
Pimpinan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang
Di Tempat

Dengan Hormat,

Segala puji bagi Allah berkat rahmat dan augerahnya yang telah memberikan kita nikmat yang tidak terhitung. Sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpahcurahkan kepada Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman.

Sehubungan akan dilaksanakannya kehgiatan pemeriksaan keehatan gratis yang dilakukan oleh peserta Kukerta UIN Serang yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 2 Oktober 2019
Pukul              : 09.00 WIB s.d Selesai
Tempat           : Kp. Cipocok Jaya, Kelurahan Cipocok, Kecamatan Serang, Kota Seang, Banten

Kami bermaksud mengajak bekerjasama PMI Kota Serang untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut untuk menyediakan peralatan medis atau relawan untuk melakukan pemeriksaan terhadap warga yang mengikuti pengobatan gratis.

Demikian surat ini dibuat, besar harapan kami agar PMI Kota Serang dapat berpasrtisipasi dalam kegiatan ini.

Atas waktu serta keluangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Ketua Kelompok Kukerta 35 UIN Serang

Ali Sanjaya

Contoh 2

Jakarta, 3 Maret 2019

Perihal      : Penawaran Kerjasama
Lampiran : –

Dengan Hormat,

Kami dari PT. Sumber Makmur, bermaksud untuk menawarkan kerjasama dengan PT. Muda Sukses untuk menjadi distributor produk kami berupa alat rumah tangga dan elekronik.

Apabila PT. Muda Sukses besedia menjadi distributor produk kami, maka kami akan memberikan kompensasi  yang seimbang.  Untuk sistem kerjasama dan kompensasi akan diuraikan apabila PT. Muda Sukses tertarik dengan tawaran yang kami sampaikan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini kami buat. Besar harapan kami agar tawaran kerjasama ini dapat diterima sehingga PT. Sumber Makmur dan PT. Muda Sukses dapat berkembang bersama-sama.

Atas waktu serta keluangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Surya Apriyadi

Itulah beberapa contoh surat permohonan kerjasama yang dapat menjadi referensi bagi Anda. Terutama apabila hendak melakukan penawaran atau permohonan kerjasama dengan lembaga tertentu.

Baca juga: 10 Contoh Surat Penawaran Produk Kue Terbaik dan Terlengkap!

Surat permohonan kerjasama yang ditulis dengan baik bisa menjadi awal terjalinnya kerjasama yang baik antara dua pihak atau lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *