3 Contoh Penulisan Latar Belakang Proposal Berbagai Kegiatan

By | 8 Oktober 2019

Proposal bisa diartikan sebagai sebuah dokumen yang ditujukan untuk menawarkan, meminta izin, atau memberitahukan suatu agenda dari penyusun proposal. Dalam artian luas proposal tentu bisa bermacam-macam bentuknya, sesuai dengan apa tujuan dari pembuatan proposal tersebut. Namun kebanyakan dan pasti, bahwa dalam penyusunan proposal menggunakan bahasa yang formal.

Dalam penyusunan proposal, terkadang banyak yang tidak mempedulikan kualitas penulisan pada latar belakang. Padahal latar belakang bisa diartikan sebagai kunci dari keseluruhan proposal. Alasan kurang diperhatikan kualitas penulisannya mungkin juga anda, adalah karena kurang referensi. Maka contoh latar belakang proposal yang akan dibahas berikut akan sangat membantu anda.

Fungsi Latar Belakang Proposal

Membahas tentang fungsi latar belakang proposal maka secara garis besarnya adalah membahas kegunaan dari latar belakang yang akan ditulis. Fungsi latar belakang sebenarnya dapat dibuat secara fleksibel atau dapat menyesuaikan dengan tujuan pembuatan proposal. Namun secara garis besar latar belakang berfungsi untuk menunjukkan urgensi atau hal penting dari suatu hal dalam proposal.

Dengan anda menunjukkan urgensi dengan tepat dalam latar belakang maka ketersampaian keseluruhan proposal pun akan mudah diterima. Sehingga secara fungsinya latar belakang haruslah logis. Tidak boleh asal-asalan atau hanya asal ada saja.

Inilah yang terkadang ketika anda menyodorkan proposal untuk hal-hal yang bersifat sangat resmi, biasanya ditolak. Karena proposal yang anda tulis sudah cacat pada penulisan latar belakang. Maka dalam hal ini anda harus berhati hati. Lebih lanjut agar fungsi dari latar belakang dapat tersampaikan dapat anda lihat pada contoh latar belakang proposal pada paragraf selanjutnya.

Cara Menulis Latar Belakang Proposal

Secara resmi, cara penulisan dari sebuah latar belakang proposal dapat dibuat secara fleksibel. Namun harus memperhatikan beberapa hal.

  1. Pertama latar belakang harus menunjukkan detail istilah/ gagasan/ ide / atau permasalahan.
  2. Selanjutnya menunjukkan data-data atau detail penjelas secara fakta dari istilah/ gagasan/ ide / atau permasalahan yang diangkat.
  3. Terakhir adalah solusi yang dapat ditawarkan.

Dari urutan tersebut dapat anda tuliskan dalam latar belakang anda secara terstruktur dan sistematis. Tentu dengan memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas, gagasan anda akan diterima secara logis. Selain hal tersebut anda juga harus memilih, dalam menyajikan permasalahan apakah akan menyajikan permasalah secara global ke spesifik atau sebaliknya.

Saran pada ketika anda ingin menuliskan terkait latar belakang pada proposal. Sebelumnya anda bisa mengumpulkan beberapa informasi yang dibutuhkan (semacam data atau informasi penguat). Kemudian anda bisa menyusun dalam bentuk kerangka tulisan. Hal ini akan mempermudah anda dalam menuliskan latar belakang lebih lanjut.

Dalam penulisan latar belakang pada proposal tentu anda harus sesuaikan dengan pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Karena penulisannya harus formal maka kata-kata yang anda tulis pun harus baku dan formal. Selain itu anda juga harus meminimalisir kesalahan penulisan.

Cara penulisan latar belakang pada proposal yang enak dibaca, akan dijabarkan lebih lanjut pada contoh latar belakang proposal berikut ini.

Contoh Latar Belakang Proposal

Sebelum membaca terkait contoh latar belakang proposal, yang harus anda ketahui sebelumnya adalah terdapat beberapa jenis proposal. Tentu dari jenis-jenis tersebut berbeda secara is dan disesuaikan dengan tujuan dari pembuatan proposal. Contoh latar belakang proposal yang akan dicontohkan akan mengambil dari proposal umum yang paling sering dibuat.

1. Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian

Penelitian adalah salah satu hal yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan mencari fakta berdasarkan fenomena atau data-data yang ada di lingkungan. Penelitian biasanya dilakukan oleh akademisi atau lembaga-lembaga tertentu. Yang akan dibahas kali ini adalah proposal penelitian yang biasanya dibuat oleh mahasiswa.

Pada penyusunan latar belakang proposal penelitian sebenarnya untuk setiap instansi berbeda-beda. Atau apabila anda memiliki pembimbing akan berbeda antara pembimbing satu dengan yang lain. Ini bukan permasalahan yang serius sebenarnya, anda tinggal mengikuti arahan maka latar belakang anda akan mudah dibuat.

Biasanya dalam penyusunan latar belakang proposal penelitian, sajian permasalahan bisa dimulai dari fokus global. Kemudian dikerucutkan ke dalam fokus masalah utama. Terakhir anda anda harus menawarkan solusi yang sedang anda teliti dalam latar belakang.

Berikut contoh latar belakang proposal penelitian dengan judul penelitian “Analisis Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013”.

A. Latar Belakang

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat krusial bagi setiap insan utamanya untuk anak-anak usia belajar. Pendidikan sendiri di Indonesia juga diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang lain yang mengatur tentang pendidikan. Berdasarkan hal tersebut pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi siapa saja.

Kurikulum dalam pendidikan disusun untuk mengatur bagaimana keberlangsungan pendidikan hingga dalam bentuk kegiatan pembelajaran. Berawal dari kurikulum tahun 1947, hingga saat ini sudah banyak sekali perubahan pada kurikulum di Indonesia. Hal tersebut tentu menuntut guru sebagai pelaksana kurikulum harus beradaptasi pada setiap perubahan kurikulum baru disahkan.

Berdasarkan observasi kecil yang dilakukan oleh peneliti di salah satu sekolah dasar negeri didapatkan data awal, guru-guru merasa kesulitan memahami kurikulum 2013 ini. Atas hal tersebut, peneliti mengangkat penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi guru dengan tujuan pemerintah tentang kurikulum 2013 sudah sesuai atau belum.

2. Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Kegiatan atau event adalah hal lumrah di Indonesia. Tentu anda juga pernah merasakan menjadi panitia kegiatan entah itu kegiatan kecil atau acara kegiatan yang sangat besar. Pada penyusunan proposal tentu anda tidak akan asal-asalan. Karena sudah tentu proposal akan ditujukan kepada stakeholder kegiatan, kepada sponsor, hingga apabila dibutuhkan proposal harus ditujukan untuk kepolisian.

Setiap proposal kegiatan sebenarnya memiliki ciri tersendiri dalam pembuatan latar belakangnya. Menyesuaikan dengan kegiatan apa yang sedang diusung. Apabila anda akan melaksanakan kegiatan yang resmi atau kegiatan dalam instansi, sebisa mungkin anda mencantumkan beberapa landasan hukum sebagai dasarnya.

Apabila proposal kegiatan yang anda susun untuk kegiatan yang bersifat hiburan atau kegiatan umum, maka anda bisa lebih fleksibel atau hanya menyajikan data dengan fakta. Tanpa landasan hukum sebenarnya sudah bisa. Atau apabila anda mau akan lebih baik.

Karena sifatnya resmi, latar belakang proposal kegiatan yang akan anda tulis haruslah kuat dan sesuai dengan gagasan dari diadakannya kegiatan tersebut. Sehingga ketika anda menyodorkan proposal dan dibaca oleh orang yang anda butuhkan, mereka akan senang hati akan membantu kelancaran kegiatan.

Berikut contoh latar belakang proposal kegiatan dengan judul “Reboisasi Hutan Desa” yang dilakukan oleh karang taruna.

A. Latar Belakang

Hutan adalah sumber kehidupan, dari hutan kita mendapatkan sejuta manfaat. Indonesia sendiri terhitung masuk dalam paru-paru dunia, karena luasnya lahan hutan di Indonesia. Namun sayang semakin tahun karena ulah pihak yang tidak bertanggung jawab hutan-hutan dibabat habis tak tersisa.

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2018 hutan Indonesia memiliki luas kurang dari 126 juta hektar. Sedangkan pada tahun 2015 Hutan di Indonesia masih memiliki luas lebih dari 128 juta hektar. Penurunan ini tentu diakibatkan oleh banyak hal.

Berdasarkan data-data yang telah dihimpun oleh panitia tersebut maka kami karang taruna desa tergerak untuk mengadakan reboisasi hutan desa. Alasan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk menjaga ekosistem hutan dan memperbaikinya. Sehingga manfaat hutan desa bisa dirasakan lebih lama tidak hilang akibat pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Contoh Latar Belakang Proposal Usaha

Berwirausaha tentu adalah dambaan bagi siapa saja, karena dengan berwirausaha sudah tentu akan menjadikan anda sebagai bos di usaha anda sendiri. Namun tentu dalam menjalankan kegiatan usaha terkadang banyak sekali rintangannya. Kebutuhan modal, perizinan, atau yang lainnya tentu kadang menuntut anda untuk membuat proposal usaha.

Pada proposal usaha detail yang harus ditonjolkan adalah bagian-bagian permasalahan terkait ekonomi yang aktual dan solusinya adalah usaha anda. Sehingga orang yang anda tembusi dengan proposal akan sangat tertarik. Untuk proposal usaha pada latar belakang anda bisa menggunakan gaya bahasa persuasi sehingga pembaca proposal akan semakin tertarik.

Pembuatan proposal usaha sudah tentu akan sangat penting bagi kelancaran bisnis anda. Maka sudah tentu latar belakang yang nantinya anda susun tidak bisa asal-asalan. Berikut contoh latar belakang proposal usaha yang dapat membantu anda lebih mudah dalam penyusunan proposal. Di sini dicontohkan adalah bisnis waralaba bakso aci, berikut contohnya.

A. Latar Belakang

Tuntutan ekonomi saat ini secara langsung meningkatkan tekanan pada pelaku wirausaha agar selalu berinovasi pada produk yang dijual. Selain untuk mendapatkan profit yang tinggi khususnya, melihat trend pasar akan menuntut wirausahawan lebih update agar usahanya terus diminati.

Persaingan dagang yang sangat ketat ini tentu akan sangat membuat pelaku usaha minder untuk memulai. Sebuah penelitian yang dilakukan di beberapa perguruan tinggi, terkait minat berwirausaha mahasiswa. Menghasilkan 8 dari 10 mahasiswa yang diteliti lebih memilih menjadi karyawan atau pegawai perusahaan yang diminati. Walaupun ini sah saja namun sangat disayangkan.

Hal yang menyebabkan kenapa kurangnya minat karena mahasiswa biasanya didasari oleh rasa kurang pahamnya dalam memulai usaha atau tidak memiliki modal cukup. Maka berdasarkan hal tersebut, kami mendirikan bisnis waralaba bakso aci ini agar ekonomi masyarakat meningkat. Utamanya bagi para pelaku bisnis yang masih baru merintis dengan modal usaha yang kecil.

Berdasarkan penjelasan beserta contoh yang telah dituliskan, terkait dengan contoh latar belakang proposal tentu anda sekarang tidak akan kesulitan lagi. Dalam pembuatan latar belakang fokuskan pada hal-hal yang akan dibahas dalam proposal. Jangan terlalu memperlebar detail pada latar belakang.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam penulisan latar belakang pada proposal adalah terlalu memperlebar bahasan. Sehingga pembaca proposal akan kebingungan menangkap ide atau gagasan dari anda yang membuat proposal. Lainnya adalah, terlalu bertele-tele dalam menuliskan ide juga akan menjadikan hasil yang tidak maksimal.

Kunci utamanya anda bisa terus mencoba dengan trial and error sehingga anda mendapatkan hasil latar belakang yang maksimal. Atau anda bisa berdiskusi kepada teman atau pembimbing yang lebih paham dalam hal ini.

Baca juga: 8 Contoh Surat Referensi Kerja untuk Melamar Pekerjaan Baru

Semoga penyusunan proposal yang sedang anda tulis bisa berhasil dan sukses sesuai dengan yang anda harapkan. Demikian sedikit penjelasan terkait dengan contoh latar belakang proposal yang dapat anda pelajari. Sekian dan selamat menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *