2 Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

By | 1 Oktober 2019

Surat merupakan suatu dokumen yang sudah digunakan sejak lama. Bahkan, dahulu surat dijadikan sebagai alat komunikasi sebelum teknologi semakin canggih. Namun, perkembangan teknologi yang semakin canggih tidak membuat surat kehilangan eksistensinya. Contohnya, surat keterangan penghasilan orang tua menjadi dokumen yang sering digunakan.

Saat ini sudah banyak sekali jenis surat yang mana fungsinya berbeda-beda. Karena fungsinya yang berbeda-beda, maka format penulisan ataupun strukturnya pun juga berbeda. Karena surat seringkali dijadikan sebagai dokumen penting, maka perlu bagi Anda mengetahui format penulisannya. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kesulitan saat menulisnya.

Struktur Penulisan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Untuk menulis sebuah surat terutama jenis surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa, maka penulisannya tidak boleh asal. Berbagai kepentingan seperti sekolah, beasiswa, kuliah membutuhkan jenis surat ini. Dengan begitu, agar tidak salah dalam penulisan dan berpengaruh pada kelengkapan berkas Anda maka wajib menyimak penjelasan berikut.

1. Nama Surat

Struktur pertama dalam sebuah surat keterangan penghasilan orang tua dari kelurahan ialah nama surat. Maksudnya disini ialah jenis surat yang Anda buat sehingga pembaca mengetahui surat apa yang Anda lampirkan. Hal ini mungkin terlihat sepele tetapi cukup penting dalam struktur surat keterangan penghasilan.

Jenis surat keterangan penghasilan ini, nama suratnya diletakkan pada bagian awal dan diletakkan pada posisi tengah. Untuk penulisannya, hurufnya ditulis dalam bentuk kapital dan ditebalkan (bold). Dengan begitu, nama surat terlihat menonjol dan bisa diketahui jenisnya hanya dengan dilihat sekilas.

Untuk mengurus surat keterangan penghasilan orang tua di suatu badan atau organisasi pemerintahan, maka biasanya disertai kop. Tetapi sebelum suatu badan membuatkan Anda surat keterangan tersebut, maka Anda perlu melampirkan surat keterangan sesuai format. Oleh karena itu, badan akan memberikan surat keterangan resmi yang disertai kop badan tersebut.

2. Informasi Orang Tua atau Wali yang Bertanda Tangan

Struktur berikutnya yang ada pada surat keterangan penghasilan ini tentunya mengenai informasi yang akan bertanda tangan. Hal ini cukup penting dalam surat ini dan harus dicantumkan sedetail-detailnya. Sebelum menulis informasi orang tua/wali, maka ditulis terlebih dahulu paragraf pembuka “Saya yang bertanda tangan di bawah ini”.

Beberapa dari Anda yang baru menulis surat jenis ini tentunya bingung mengenai informasi orang tua/wali yang perlu dicantumkan. Jangan sampai Anda mencantumkan informasi-informasi yang tidak diperlukan dalam surat ini. Oleh karena itu, kerangka atau struktur ini harus Anda perhatikan dengan baik.

Ada beberapa informasi penting yang perlu Anda cantumkan berkenaan orang tua atau wali. Informasi tersebut seperti: nama, alamat, usia, pekerjaan, jumlah tanggungan keluarga, penghasilan, serta nomor kontak orang tua/wali. Informasi ini harus ditulis dengan benar dan sesuai adanya.

3. Pernyataan Penggunaan Surat

Setelah mencatumkan informasi orang tua/wali Anda, maka yang perlu ditambahkan ialah pernyataan penggunaan surat. Maksudnya disini ialah pernyataan tersebut menyatakan jika surat ini digunakan untuk tujuan apa. Misalnya saja surat keterangan penghasilan orang tua untuk ukt, keperluan beasiswa dan berbagai keperluan lainnya.

Pernyataan penggunaan surat ini perlu dinyatakan secara jelas dan singkat sehingga pembaca mengerti tujuan Anda melampirkan surat ini. Pernyataan penggunaan surat ini biasanya hanya berisi satu atau dua baris dan diikuti dengan informasi orang yang bersangkutan.

4. Informasi Orang yang Bersangkutan Menggunakan Surat

Setelah mencatumkan mengenai informasi orang tua/wali, maka tentunya perlu dicantumkan pula informasi orang yang akan menggunakan surat ini. Dengan begitu, orang yang akan menerima surat keterangan penghasilan ini mengetahui siapa yang mengajukan surat ini. Sama seperti sebelumnya, informasi ini harus ditulis sedetail-detailnya.

Informasi yang lengkap dan sesuai struktur akan memudahkan pembaca mengetahui maksud dan tujuan dari surat. Selain itu, pembaca juga akan mengetahui jika Anda bersungguh-sungguh menulis surat ini. Untuk kepentingan beasiswa, surat keterangan ini memegang peranan penting apakah Anda akan lolos atau tidak nantinya.

Beberapa informasi harus dicantumkan disini, oleh karena itu, simak penjelasan berikut. Dengan begitu, Anda tidak mencatumkan informasi yang tidak perlu dan membuat pembaca mengetahui informasi yang diperlukan saja.

Informasi yang perlu dicantumkan seperti: nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor Induk siswa, kelas dan sekolah. Informasi tersebut khusus untuk Anda yang masih di bangku sekolah. Untuk mahasiswa, informasi nomor induk siswa diganti nomor induk mahasiswa, kelas diubah jurusan, sekolah diubah universitas serta tambahkan fakultas.

5. Penutup

Setiap surat tentunya memiliki pembuka dan penutup sehingga strukturnya rapi. Terutama untuk jenis surat formal seperti surat keterangan penghasilan ini. Penutup ini menjadi bagian yang menyatakan menyudahi bagian isi. Bagian penutup ini secara umum ditulis secara singkat saja dan to the point.

Pada bagian surat keterangan penghasilan ini, Anda dapat menuliskannya dalam bentuk pernyataan bahwa surat yang ditulis berisi informasi benar. Redaksi kalimatnya seperti “Demikian surat keterangan penghasilan orang tua ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya”.

6. Tempat dan Tanggal Surat Dibuat

Setelah bagian penutup, maka struktur dari surat keterangan penghasilan orang tua wiraswasta ialah tempat maupun tanggal dari surat dibuat. Tempat disini ditulis berdasarkan domisili dimana surat ini akan disahkan atau sesuai domisili orang tua Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengurus pembuatannya lebih mudah di kelurahan atau desa setempat.

Selain tempat, tanggal surat dibuat juga harus dicantumkan mengikuti nama tempat surat dibuat. Tanggal ini harus sesuai dengan surat dibuat atau saat surat ini diterbitkan. Jadi, Anda tidak boleh menulis asal tanggal surat yang dicantumkan disini.

7. Tanda Tangan yang Mengetahui dan Bersangkutan

Struktur berikutnya ialah berupa tanda tangan yang bersangkutan atau orang tua/wali serta badan yang mengesahkan surat ini. Yang bertanda tangan untuk orang tua/wali disini harus sesuai dengan orang yang berada di informasi orang tua sebelumnya. Jadi, jika informasi sebelumnya mencantumkan nama ayah, maka ayah Anda yang harus bertanda tangan.

Kemudian untuk badan yang mengetahui disini, surat keterangan penghasilan orang tua dari desa jika Anda mengurusnya di desa setempat. Jika orang tua berdomisili di desa maka mengurusnya tentu di desa. Namun, jika orang tua berdomisili di kota maka diurus di tingkat kelurahan atau RT.

Untuk tulisan “mengetahui” ditulis dengan bold atau ditebalkan. Begitupun dengan nama yang akan bertanda tangan yaitu kepala desa atau lurah dan orang tua. Dengan begitu, nama yang bertanda tangan lebih menonjol. Untuk kepala desa atau kelurahan biasanya tanda tangan disertai dengan stempel yang menyatakan surat tersebut sah dan valid.

Jika Anda mengurus surat di suatu badan seperti kelurahan atau desa, maka tanda tangan harus selalu dibubuhi stempel. Jika surat yang Anda buat tidak di stempel maka validitasnya akan dipertanyakan sehingga dapat mengurangi kepercayaan sang penerima surat. Selain itu, kepala desa atau lurah juga dilengkapi dengan NIP (Nomor Induk Pegawai).

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Bagi Anda yang masih bingung dengan penjelasan struktur yang telah dijelaskan sebelumnya, maka Anda dapat melihat contohnya berikut. Dengan begitu, Anda dapat lebih paham dan mengerti struktur surat keterangan penghasilan ini.

Berikut ini akan diberikan dua jenis contoh surat keterangan penghasilan. Akan diberikan contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk kuliah maupun untuk tingkat sekolah. Anda dapat memperhatikan dimana letak perbedaan strukturnya melalui contoh berikut ini.

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN ORANG TUA / WALI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                        : Tirta Budikusumo Diningrat
Alamat                                      : Jalan Sukaria No. 123, RT. 011, RW. 005, Kel. Sukaduka, Kec. Sukamaju, Kab. Sukacita
Usia                                            : 37 Tahun
Pekerjaan                                 : Wiraswasta
Jumlah Tanggungan              :  6 orang (istri dan 5 orang anak)
Penghasilan                            : Rp. 10.000.000 / bulan
No. HP                                     : 085123456789

Surat keterangan ini dibuat untuk digunakan untuk kelengkapan persyaratan administrasi beasiswa Anak Cerdas bagi:

Nama Siswa                              : Susi Susanti
Tempat dan Tanggal Lahir    : Sukacita, 17 Agustus 2007
Jenis Kelamin                           : Perempuan
Nomor Induk Siswa                : 123456789
Kelas                                          : Kelas 8 (SMP)
Sekolah                                      : SMP Talenta Siswa Sukacita

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sukacita, 22 September 2019

Mengetahui,
Lurah Sukasuka                                                                                                Orang Tua / Wali

(ttd + stempel)                                                                                                                          (ttd)

Galuh Trisakti Boediono                                                             Tirta Budikusumo Diningrat

Di bagian atas merupakan contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk sekolah, berikutnya contoh untuk tingkat mahasiswa. Jadi, jika Anda merupakan mahasiswa maka ada sedikit modifikasi dari informasi yang dicantumkan. Berikut contoh suratnya:

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN ORANG TUA / WALI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                        : Tirta Budikusumo Diningrat
Alamat                                     : Jalan Sukaria No. 123, RT. 011, RW. 005, Kel. Sukaduka, Kec. Sukamaju, Kab. Sukacita
Usia                                          : 37 Tahun
Pekerjaan                            : Wiraswasta
Jumlah Tanggungan             :  6 orang (istri dan 5 orang anak)
Penghasilan                       : Rp. 10.000.000 / bulan
No. HP                                     : 085123456789

Surat keterangan ini dibuat untuk digunakan untuk kelengkapan persyaratan administrasi beasiswa PPA bagi:

Nama Siswa                              : Susi Susanti
Tempat dan Tanggal Lahir    : Sukacita, 17 Agustus 2000
Jenis Kelamin                                 : Perempuan
Nomor Induk Mahasiswa     : C123456789
Jurusan                                          : Pendidikan Dokter Umum
Fakultas                                         : Fakultas Kedokteran
Universitas                                     : Universitas Talenta Harapan

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sukacita, 22 September 2019

Mengetahui,
Lurah Sukasuka                                                                                                Orang Tua / Wali

(ttd + stempel)                                                                                                                          (ttd)

Galuh Trisakti Boediono                                                             Tirta Budikusumo Diningrat

Dari kedua contoh yang telah diberikan diatas, Anda tentunya sudah mengetahui dimana letak perbedaan keduanya. Jadi, secara keseluruhan keduanya memiliki struktur yang sama tetapi hanya berbeda dari segi informasi yang dicantumkan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan informasi yang Anda masukkan agar tidak salah.

Itulah penjelasan mengenai struktur dan contoh surat keterangan penghasilan orang tua. Semoga artikel ini dapat membantu Anda membuat sebuah surat keterangan penghasilan sesuai dengan struktur yang baik dan benar.

Baca juga: 4 Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah yang Baik dan Benar

Dengan begitu, penerima surat dapat memahami maksud dan tujuan dari surat ini dilampirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *