3 Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

By | 1 Oktober 2019

Contoh surat keterangan tidak mampu saat ini sudah banyak diberikan secara langsung oleh website resmi pemerintahan. Namun jika masih bingung, Anda dapat mencermati contoh-contoh surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang ada di halaman ini. Tak hanya mudah, pembuatan SKTM juga bisa dilakukan dengan cukup cepat.

SKTM sebenarnya sangat mudah ditulis. Tak perlu kata yang bertele-tele, Anda cukup fokus pada kejelasan identitas dan pernyataan tidak mampu. Biasanya, surat keterangan tidak mampu diterbitkan oleh kelurahan atau desa, dengan sepengetahuan RT dan RW setempat.

Pengertian Surat Keterangan Tidak Mampu

Sesuai namanya, surat keterangan tidak mampu adalah surat yang menerangkan bahwa seseorang benar-benar dalam kondisi tidak mampu atau miskin. Tujuannya adalah menginformasikan kebenaran terkait seseorang. Biasanya, surat keterangan tidak mampu dibutuhkan untuk mengurus berbagai keringanan biaya.

Fungsi Surat Keterangan Tidak Mampu

Fungsi surat keterangan tidak mampu cukup banyak. Dalam berbagai kondisi, pemerintah pusat atau lembaga-lembaga tidak bisa meninjau langsung kondisi seseorang. Oleh karena itu, SKTM dianggap mewakili proses pembuktian bahwa seseorang memang tidak mampu.

Di Indonesia, secara umum SKTM bisa digunakan untuk beberapa hal. Misalnya untuk mengurus keringanan biaya rumah sakit, mengajukan beasiswa, hingga mengajukan keringanan tagihan listrik. Adanya SKTM membantu masyarakat miskin untuk tetap mengatasi kebutuhan hidupnya tanpa harus terlibat hutang pada pihak lain.

Struktur Surat Keterangan Tidak Mampu

Sebuah surat keterangan tidak mampu dibuat dengan singkat, padat, tidak bertele-tele. Dalam membuat surat ini, pastikan Anda menggunakan bahasa baku, sesuai dengan PUEBI. Dengan sistematika penulisan yang benar dan runut, surat Anda akan mudah dibaca dan dipahami.

Panjang sebuah SKTM biasanya hanya satu lembar. SKTM biasanya memiliki struktur sebagai berikut.

Bagian Pembuka

Karena dikeluarkan oleh lembaga resmi seperti kelurahan atau desa, maka SKTM wajib dilengkapi Kepala Surat/Kop pada bagian paling atas. Kepala surat ini dilengkapi identitas lembaga yang mengeluarkan SKTM, serta nomor surat untuk memudahkan pengarsipan.

Setelah meletakkan kop di atas, bagian pembuka dapat dilanjutkan dengan tanggal dan tempat penulisan. Ini untuk memudahkan lembaga penerima SKTM untuk mengecek keabsahan SKTM. Setelah penulisan tanggal dan tempat, tuliskan juga sebuah salam hormat.

Bagian Isi

Pada bagian isi, SKTM akan langsung fokus kepada identitas orang yang dinyatakan tidak mampu. Identitas yang dibutuhkan mungkin akan berbeda-beda. Biasanya nama lengkap, alamat asli dan domisili, pekerjaan saat ini, tempat dan tanggal lahir, serta data diri lain seperti NIK. Setelah itu, penting untuk menjelaskan tujuan dari dibuatnya SKTM tersebut.

Jika memang sudah jelas peruntukan SKTM tersebut untuk apa, maka tuliskan dibawah identitas sang pembuat pernyataan. Misalnya untuk melamar beasiswa, atau mengurus keringanan biaya. Jika belum pasti, cukup tulis saja bahwa surat tersebut ditulis sebagai pernyataan sah yang dibuat dengan sebenar-benarnya.

Bagian Penutup

Bagian penutup biasanya mengandung tempat dan tanggal penulisan (hanya jika tanggal penulisan tidak dituliskan di bagian pembuka. Setelah itu, dilanjutkan dengan tanda tangan pembuat pernyataan dan juga pihak yang berwenang mengesahkan surat tersebut.

Format Surat Undangan Keterangan Tidak Mampu

Meskipun mudah dibuat dan cukup singkat, jika ini pengalaman pertama Anda menulis SKTM, pasti ada sedikit kebingungan. Untuk itu, simaklah format penulisan SKTM berikut ini:

Kop Surat (bertuliskan nama lembaga, alamat lembaga, diikuti nomor surat)

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:
Nama: (Diisi dengan nama lengkap sesuai KTP)
Jenis Kelamin :
Alamat: (Isi sesuai dengan KTP. Jika alamat domisili berbeda dengan alamat KTP, tuliskan alamat domisili di bawahnya)
Pekerjaan:
Tempat/ Tanggal Lahir:
NIK:

menyatakan bahwa saya tidak mampu dan bermaksud mengajukan / memperoleh keringanan biaya / fasilitas pendidikan / kesehatan / sosial lainnya, atas nama:

Nama:
NIK:
Alamat:
Pekerjaan:

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Apabila di kemudian hari surat pernyataan ini terbukti tidak benar maka saya bersedia dituntut sesuai dengan peraturan yang berlaku. Saya juga siap menanggung resiko pembatalan dokumen yang telah diterbitkan dengan menggunakan syarat surat ini.

Nama kota, (diisi tanggal penulisan)
Yang Membuat Pernyataan,

(diisi dengan nama terang)

Itulah format sederhana dari surat keterangan tidak mampu. Untuk setiap kebutuhan mungkin akan ada perbedaan format. Anda bisa menanyakan format resmi kepada lembaga yang mengeluarkan surat keterangan tidak mampu.

Contoh Surat Undangan Keterangan Tidak Mampu

Membuat surat keterangan mampu tidaklah memerlukan bahasa indah seperti pembuatan fiksi. Dalam pembuatan surat ini, yang diperlukan adalah kejelasan dalam penyampaian maksud. Beberapa contoh SKTM berikut ini akan membantu Anda membuat surat keterangan sendiri.

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu Untuk Mengurus Beasiswa

Kini beasiswa sudah semakin banyak jenisnya. Ada beasiswa yang diberikan karena prestasi seseorang, ada pula yang diberikan untuk siswa dan mahasiswa kurang mampu. Untuk mengajukan beasiswa bagi anak kurang mampu, biasanya dibutuhkan surat keterangan tidak mampu.

Surat keterangan tidak mampu bisa diurus di kantor kelurahan atau desa setempat. Syarat perlu dibawa tergantung kebijakan masing-masing daerah. Namun secara umum, pembuat pernyataan harus membawa surat pengantar dari RT atau RW tempatnya berdomisili.

Selain surat pengantar, pihak pengurus SKTM akan meminta fotokopi KTP diri dan orang tua beserta aslinya, fotokopi KK dan aslinya. Jika memungkinkan, bawalah fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera atau Kartu Indonesia Pintar. Untuk berjaga-jaga, bawalah fotokopi rapor terbaru.

Membuat SKTM untuk pengajuan beasiswa cukup mudah. Di bawah ini adalah salah satu contohnya.

PEMERINTAH KABUPATEN A
KECAMATAN Y
Desa X

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM)
Nomor: B

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa X Kecamatan Y menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama: Fitria Hadiningrum
Alamat: Desa X, RT 5 RW 8 Kecamatan Y
Jenis Kelamin: Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir: Pamekasan, 21 Agustus 2005
Siswa Pada Sekolah: SMPN 5 Desa X

Adalah benar-benar merupakan anak dari orang tua:

1.  Nama Bapak: Ardiansyah Hadi Sutomo
Umur: 39 tahun
Pekerjaan: Buruh lepas
Alamat: Desa X, RT 5 RW 8 Kecamatan Y

2. Nama Ibu: Annisa Ningrum
Umur: 35 tahun
Pekerjaan: Ibu rumah tangga
Alamat: Desa X, RT 5 RW 8 Kecamatan Y

Sesuai pengamatan dan survey yang telah kami lakukan, keluarga tersebut memang dalam kondisi kurang mampu karena ekonomi lemah. Atas dasar tersebut, kami menilai perlunya ananda Fitria mendapatkan keringanan biaya atau beasiswa untuk membiayai sekolahnya. Oleh karena itu, yang bersangkutan berhak mengajukan beasiswa untuk anak kurang mampu.

Demikian SKTM ini dibuat dengan keterangan sebenar-benarnya untuk digunakan sesuai keperluan.

Kabupaten A, 30 September 2019

Mengetahui
Camat Y                                                                                    Kepala Desa X
Ilham Arifin, S.H.                                                                      Wisnu Aditya S.T.

NIP: 198646 9756                                                                    NIP: 237463 7822

Demikian salah satu contoh surat keterangan tidak mampu, yang biasa digunakan untuk mengajukan beasiswa. Salah satu beasiswa yang bisa diakses dengan menggunakan syarat surat ini adalah beasiswa Bidik Misi dari pemerintah. Surat ini memudahkan pemerintah untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari masyarakat yang membutuhkan.

Contoh kedua:

Pada banyak instansi, sudah tersedia formulir SKTM yang tinggal diisi. Maka sebelum membuat, tanyakan dulu pada instansi tersebut, apakah formulir SKTM sudah ada atau Anda diharuskan membuat sendiri. Berikut ini adalah contoh penulisan SKTM untuk pengajuan beasiswa pada universitas.

PEMERINTAH KOTA MALANG
KECAMATAN KLOJEN
KELURAHAN ORO-ORO DOWO

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
Nomor: 2345 / SKTM / DGY /XI / 2019

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Kepala Kelurahan Oro-Oro Dowo Kecamatan Klojen, Kota Malang, menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:

Nama: Rinda Ayu Putri
Kelamin: Perempuan
Alamat: Jalan Muria no 234, RW 09 RT 05, Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen
Tempat/tanggal lahir: Jember, 15-08-2002
Agama: Islam
Pekerjaan: Mahasiswa

Warga tersebut di atas adalah benar penduduk Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Dengan sepengetahuan kami dan sesuai data yang ada di kantor kelurahan, yang bersangkutan di atas memang berasal dari keluarga kurang mampu.

Surat keterangan ini dibuat sebagai referensi agar yang bersangkutan dapat mengajukan beasiswa di Universitas Brawijaya, Malang.

Demikian surat ini dibuat agar dapat digunakan seperlunya.

Kota D, 14 Oktober 2019

Mengetahui,
Kepala Kecamatan Klojen                                                                              Kepala Kelurahan Oro-Oro Dowo

(……………………………………..).                                                                          (……………………………………..)

NIP: …………………………………                                                                           NIP. ………………………………

Dengan membuat surat tersebut, pihak universitas terkait akan tahu kondisi sebenarnya dari mahasiswa yang mengajukan beasiswa. Pengurusan administrasi beasiswa akan menjadi semakin mudah.

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu Untuk Mengurus Keringanan Biaya Kesehatan

Saat ini biaya kesehatan telah mendapat banyak keringanan dari pemerintah. Meskipun demikian, bagi sebagian orang biaya tersebut akan tetap terasa berat. Untuk membantu keringanan biaya berobat, beberapa rumah sakit memberikan syarat adanya  SKTM.

Pembuatan SKTM bisa dilaksanakan dengan gratis, tanpa dipungut biaya sama sekali. Meskipun demikian, sebaiknya pembuatan surat keterangan tidak mampu tidak dilakukan secara mendadak. Hal ini karena biasanya pembuatan SKTM membutuhkan waktu proses sekitar tiga hari.

PEMERINTAH KOTA D
KECAMATAN E
KELURAHAN S

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
Nomor: 2345 / SKTM / DGY /XI / 2019

Lurah S Kecamatan E Kota D menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:

Nama: Mardani Hendra Affandi
Kelamin: Laki-laki
Alamat: Jalan Agus Salim no 234, RW 09 RT 05, Kelurahan S, Kecamatan E.
Tempat/tanggal lahir: Banjar, 12-09-1988
Agama: Islam
Status pernikahan: Menikah
Pekerjaan: Wiraswasta

Benar nama di atas adalah warga Kelurahan S, Kecamatan E, Kota D. Dengan sepengetahuan kami dan sesuai data yang ada di kantor Desa, yang bersangkutan di atas memang berasal dari keluarga kurang mampu.

Surat keterangan ini dibuat sebagai referensi agar yang bersangkutan mendapatkan keringanan biaya berobat di RS X.

Demikian surat ini dibuat agar dapat digunakan seperlunya.

Kota D, 14 Oktober 2019

Mengetahui,
Camat E                                                                                                Lurah S
Joko Supriyadi S.T.                                                                               Fattahul Alim S.Pd.

NIP: 123 375 667                                                                                  NIP. 456 986 343

Itulah salah satu contoh dari surat keterangan tidak mampu untuk mengurus keringanan biaya berobat. Dengan penerbitan surat yang baik dan sesuai prosedur, akan banyak warga yang bisa mengakses pengobatan tanpa membayar biaya terlalu tinggi.

Menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu Sesuai Kebutuhan

Demikian beberapa contoh surat keterangan tidak mampu yang bisa Anda manfaatkan. Saat mengurus SKTM, harapannya Anda memberikan keterangan sebenar-benarnya.

Baca juga: 4 Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah yang Baik dan Benar

Dengan demikian, SKTM dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan, tanpa merugikan negara. Anda pun akan memperoleh akses pada pendidikan atau pengobatan dengan bantuan pemerintah atau instansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *