8 Contoh Surat Semi Block Style, Pengertian, Format, dan Bagiannya!

By | 8 April 2019

Surat resmi menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis dan kedinasan karena memiliki fungsi dan peran masing-masing. Banyak bentuk penulisan surat resmi yang bisa dilakukan sesuai maksud dan tujuan pembuatan surat tersebut. Setidaknya ada 6 bentuk penulisan surat resmi dan salah satunya adalah surat semi block style.

Contoh Surat Semi Block Style

Contoh Surat Semi Block Style

Semi block style adalah gabungan dua bentuk penulisan surat resmi. Bentuk ini paling sering digunakan, untuk lebih jelasnya penting mengetahui apa itu surat semi block dan contoh surat semi block style.

Pengertian Surat Semi Block Style

Surat semi block style sebenarnya adalah bentuk penulisan surat resmi yang mencampurkan antara teknik lurus dan teknik lekuk. Bentuknya yang setengah lurus merupakan percampuran dari surat lurus dan surat lekuk. Adapun penulisannya untuk bagian alamat ditulis seperti surat lurus, dan bagian isinya setiap awal paragraph masuk 5 spasi.

Inilah hal mendasar yang membedakan surat semi block style dengan surat block style, terletak pada format penulisannya. Jika pada block style semuanya lurus rata kiri, sedangkan semi block ada yang masuk menjorok ke dalam. Untuk isi dari surat sebenarnya sama sesuai dengan perihal pembuatan suratnya, hanya berbeda format saja. Format surat semi block yang sering digunakan oleh berbagai instansi atau perorangan.

Jika dilihat memang bentuk surat setengah lurus ini lebih terlihat bagus karena tampilannya tidak kaku seperti surat lurus. Dan jika dibaca akan lebih jelas setiap bagian yang ada dalam surat semi block style memang cukup sulit untuk membayangkan. Nanti di bawah akan ada contoh surat semi block style untuk banyak keperluan untuk mempermudah membayangkan.

Bagian-Bagian Surat Resmi

Sebelum ke contoh surat semi block style ada baiknya ketahui dahulu bagian-bagian pada surat resmi yang benar. Setiap bagian pada surat resmi tentu saja memiliki fungsi masing-masing bagi sebuah surat untuk membantu menyampaikan maksud kepada penerima. Ada pun bagian-bagian surat resmi yang harus ada yaitu:

  • Kop surat (kepala surat): Terletak di bagian atas surat memiliki fungsi menunjukkan identitas dari instansi pembuat surat, agar lebih mudah diketahui.
  • Tanggal surat: Berisi tanggal pembuatan surat, menunjukkan waktu pembuatan surat kepada penerima surat.
  • Nomor surat: Disebut verbal dengan cara penulisan dan maksud di dalamnya hanya diketahui oleh perusahaan atau instansi yang mengeluarkan surat.
  • Lampiran: Menyebutkan jumlah lampiran yang disertakan dalam surat resmi yang akan dikirimkan dan sesuai dengan jumlah lampiran yang disertakan.
  • Hal dan perihal: Menunjukkan maksud dan tujuan surat dibuat, sebagai contohnya hal: jadwal ujian, dan lainnya.
  • Alamat surat: Adalah bagian yang menuliskan alamat tujuan surat, yaitu kepada siapa surat ditujukan oleh penulis.
  • Salam pembuka: Biasanya berbentuk frasa yang berisi kata-kata penghormatan, seperti dengan hormat, jangan lupa setelah salam pembuka berikan koma.
  • Isi surat: Setelah itu masuk pada bagian inti surat yaitu isi yang terdiri dari pembuka, isi dan penutup surat. Dibagian ini lah dibahas maksud dan tujuan pokok pembuatan surat yang dimaksud pembuat dan ingin disampaikan kepada penerima.
  • Penutup surat: Merupakan bagian kesimpulan dari surat yang telah dibuat dengan maksud untuk memperjelas maksud dan tujuan.
  • Salam penutup: Berisi salam dan terima kasih serta diberikan nama terang dan jabatan serta tanda tangan dari pembuat surat.
  • Tembusan surat: Bagian ini berisi siapa saja tembusan surat yaitu pihak-pihak terkait yang juga menerima surat tersebut, biasanya ditulis dibagian paling bawah surat.

Demikianlah bagian-bagian surat resmi yang harus ada pada setiap surat resmi yang dibuat termasuk pada surat resmi semi block style. Agar semakin jelas maka simak contoh-contoh surat semi block style di bawah ini.

Contoh Surat Semi Block Style

Gaya penulisan surat semi block style bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik pribadi maupun perusahaan. Semi block style memang bentuk penulisan yang paling banyak digunakan membuat surat resmi. Berikut ini contoh surat semi block style untuk berbagai keperluan dan tujuan surat menyurat:

1. Surat Penawaran Semi Block Style

Surat penawaran dibuat untuk menawarkan barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Tujuannya jelas yaitu menawarkan produk barang atau jasa kepada instansi atau perorangan yang dimaksud dalam surat. Berikut ini contoh surat penawaran dalam bentuk semi block style:

PT MAJU TERUS

Jalan Sukses no 1 Surabaya

Telp (031) 123456 Fax (031) 123456

Jawa Timur

Maret, 26 2019

Nomor                  : 111/ PNW /2019

Lampiran             : –

Hal                          : Penawaran Barang

Kepada

TOKO BATIK BAHAGIA

Jl. Suka Cita No 1

MALANG

Dengan Hormat,

Kami PT Maju Terus ingin menawarkan produk fashion batik yang memiliki kualitas super dan dengan harga terjangkau. Untuk penawaran special kali ini kami memberikan potongan harga hingga 10% untuk program reseller dengan pembayaran kontan.

Berikut ini beberapa produk fashion batik yang kami tawarkan, untuk diingat harga bisa berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan lebih dahulu:

  1. Produk fashion batik pria Rp. 2.000.000/kodi
  2. Produk fashion batik wanita Rp. 2.500.000/kodi

Harga di atas berlaku untuk harga reseller yang belum termasuk potongan harga di dalamnya. Untuk harga distributor kami juga memberikan harga khusus dan yang pasti jauh lebih murah. Produk fashion kami limited sehingga pemesanan harus segera dilakukan jika tertarik dengan produk kami.

Atas perhatian dan kerjasama, kami sampaikan banyak terima kasih.

                                                                                                                 Hormat kami,

                                                                                                               Manager Pemasaran PT Maju Terus

                                                                                                                    (Almaira T)

2. Surat Permintaan Daftar Harga Semi Block Style

Surat permintaan daftar harga, biasanya dikeluarkan oleh perusahaan untuk rekanan atau supplier untuk memberikan daftar harga barang yang dijual. Dengan tujuan ingin mengetahui harga produk-produk yang dimiliki supplier. Berikut ini contoh surat semi block style untuk permintaan daftar harga:

TOKO MAJU TERUS

Jalan Sukses no 1 Surabaya

Telp (031) 123456 Fax (031) 123456

Jawa Timur

 Maret, 26 2019

Nomor                  : 222/ PMTHRG /2019

Lampiran             : –

Hal                          : Permintaan Daftar Harga Produk Batik

Kepada

PT BATIK BAHAGIA

Jl. Suka Cita No 1

MALANG

Dengan Hormat,

Melihat bagusnya prospek penjualan produk fashion batik di perusahaan kami, maka dengan ini kami meminta daftar harga produk batik terbaru. Kami membutuhkan rincian harga semua produk fashion yang dimiliki PT Batik Bahagia sebagai referensi harga produk fashion terbaru. Setelah mendapatkan daftar harga terbaru kami juga bermaksud untuk melakukan pemesanan kembali produk dari PT Batik Bahagia untuk memenuhi permintaan pasar.

Besar harapan kami untuk melakukan kerja sama dengan PT Batik Bahagia sebagai supplier produk fashion batik bagi kami. Kami akan menjadi distributor sekaligus reseller untuk produk fashion batik perusahaan PT Batik Bahagia.

Atas perhatian saudara kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami Toko Maju Terus

Almaira T, SE

Owner Toko Maju Terus

3. Surat Pemberitahuan Semi Block Style

Surat pemberitahuan juga bisa dibuat dengan bentuk semi block style, dikeluarkan oleh instansi atau perusahaan yang bertujuan memberikan pemberitahuan. Berikut ini contoh surat pemberitahuan semi block style:

PT MAJU TERUS

Jalan Sukses no 1 Surabaya

Telp (031) 123456 Fax (031) 123456

Jawa Timur

Maret, 26 2019

Nomor                  : 333/ PMBRTHN /2019

Lampiran             : –

Hal                          : Pemberitahuan Perubahan Harga Produk Batik

Kepada

TOKO BATIK BAHAGIA

Jl. Suka Cita No 1

MALANG

Dengan hormat,

Dikarenakan semakin tingginya bahan baku pembuatan produk fashion batik berkualitas super yang sudah memberi beban biaya yang berat bagi perusahaan. Untuk itu melalui surat ini kami beritahukan bahwa ada kenaikan harga untuk produk fashion yang kami miliki dan anda pesan. Kenaikan harganya berkisar pada angka 500.000/ kodi untuk produk fashion batik pria dan wanita.

Dengan berat hati kenaikan harga ini kami berlakukan, karena perusahaan sudah tidak bisa lagi mengcover beban biaya yang sangat besar. Adapun kenaikan harga produk kami berlaku mulai per tanggal 1 april 2019. Demikian surat pemberitahuan ini kami buat untuk diperhatikan dan harap maklum.

Kami ucapkan terimakasih atas kerjasama dan perhatian yang diberikan.

PT MAJU TERUS

Kepala Pemasaran

(Almaira T, SE, PHD)

4. Surat Pemesanan Barang Semi Block Style

Surat pesanan barang dikeluarkan oleh perusahaan yang membutuhkan sebuah produk berupa barang dan dan ditujukan pada supplier atau produsen. Dengan tujuan melakukan pemesanan barang kepada perusahaan yang dimaksud di dalam surat. Berikut ini contoh surat semi block style untuk pemesanan barang:

TOKO BATIK BAHAGIA

Jalan Sukses no 1 Surabaya

Telp (031) 123456 Fax (031) 123456

Jawa Timur

Maret, 26 2019

Nomor                  : 444/ PMSNBRG /2019

Lampiran             : –

Hal                          : Pesanan Barang

Kepada

PT MAJU TERUS

Jl. Suka Cita No 1

MALANG

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi penawaran yang telah diajukan oleh PT Maju Terus, maka kami memiliki keinginan untuk melakukan pemesanan produk fashion batik. Di bawah ini adalah daftar barang yang ingin kami pesan:

NO         Nama Produk                    Jumlah                   Keterangan

  1.       Baju batik wanita                  2 kodi                     Semua warna
  2.       Baju batik pria                       2 kodi                     Semua warna

Pembayaran dari pesanan kami akan kami lakukan sesuai ketentuan yang berlaku di PT Maju Terus. Pembayaran pertama kami lakukan setelah barang pesanan telah kami terima. Untuk pengiriman barang bisa dialamatkan ke alamat toko kami menggunakan jasa cargo PT Cepat Express.

Kami berharap barang pesanan kami dapat segera dikirimkan secepatnya. Atas perhatian dan kerjasamanya Direktur PT Maju Terus kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

TOKO BATIK BAHAGIA

(Almaira T)

Owner

5. Surat Permintaan Penawaran Semi Block Style

Surat permintaan penawaran biasanya dikirimkan oleh perusahaan atau toko kepada supplier atau produsen yang memiliki produk untuk dipasarkan. Berikut ini contoh surat permintaan penawaran yang dibuat dengan semi block style:

TOKO BATIK BAHAGIA

Jalan Sukses no 1 Surabaya

Telp (031) 123456 Fax (031) 123456

Jawa Timur

 Maret, 26 2019

Nomor                  : 555/ PRMNTNPNWRN /2019

Lampiran             : –

Hal                          : Permintaan penawaran

Kepada

Yth. Direktur PT MAJU TERUS

Jl. Suka Cita No 1

MALANG

Dengan Hormat,

Berkaitan dengan pengadaan barang berupa produk fashion batik untuk memenuhi permintaan pasar. Dari sumber terpercaya kami mendapatkan informasi bahwa perusahaan PT Maju Terus memiliki produk fashion batik berkualitas yang kami butuhkan.

Oleh karena itu, kami meminta kesediaan perusahaan anda untuk mengirimkan surat penawaran terkait produk yang kami butuhkan. Surat penawaran yang kami minta juga harus disertai informasi penting sebagai berikut:

  • Syarat pembayaran
  • syarat penyerahan barang
  • Bagian harga yang ditawarkan
  • Jumlah barang yang tersedia
  • Garansi produk yang diberikan

Atas perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan banyak terima kasih.

TOKO BATIK BAHAGIA

Almaira T, SE

Owner Toko Batik Bahagia

6. Surat Undangan Rapat Semi Block Style

Surat undangan rapat yang dibuat dengan bentuk semi block style biasanya adalah undangan resmi yang dikeluarkan oleh instansi atau perusahaan. Tujuan pembuatan surat undangan adalah tentu saja untuk mengundang yang bersangkutan untuk menghadiri acara yang dibuat pengirim. Berikut ini contoh surat semi block style untuk surat undangan resmi:

PT MAJU TERUS

Jalan Sukses no 1 Surabaya

Telp (031) 123456 Fax (031) 123456

Jawa Timur

Nomor                  : 666/ UND /2019                                                                                                             Maret, 26 2019

Lampiran             : –

Hal                          : Undangan

Kepada

Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari

Karyawan PT MAJU TERUS

Di Tempat

Dengan Hormat,

Segala puji kepada Tuhan YME, yang selalu memberikan nikmat sehat kepada kita semua. Sehubungan dengan berakhirnya akhir tahun buku perusahaan PT Maju Terus, maka kami pihak perusahaan bermaksud mengundang semua karyawan. Acara yang akan kami adakan adalah gathering seluruh karyawan perusahaan yang akan dilaksanakan pada:

Hari        : Senin, 1 April 2019

Tempat : Kebun Raya Purwodadi

Waktu   : 08.00 wib – Selesai

Acara     : Gathering Perusahaan dan Keluarga Karyawan

Demikian undangan ini kami sampaikan, terimakasih atas perhatian anda sekalian.

Hormat kami,

Direktur PT Maju Terus

Almaira Tirta, SE, Phd

7. Surat Pengiriman Barang Semi Block Style

Surat pengiriman barang biasanya dibuat sebagai balasan dari surat pesanan barang yang dilakukan sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan akan mengkonfirmasi pengiriman barang dengan membuat surat pengiriman barang ini. Berikut ini contoh surat pengiriman barang semi block style:

PT MAJU TERUS

Jalan Sukses no 1 Surabaya

Telp (031) 123456 Fax (031) 123456

Jawa Timur

Nomor                  : 777/ PNGRMNBRG /2019                                                                                           Maret, 26 2019

Lampiran             : 1 lembar nota

Hal                          : Pengiriman Barang

Kepada

Owner TOKO BATIK BAHAGIA

Jl. Suka Cita No 1

MALANG

Dengan Hormat,

Berdasarkan surat pesanan yang anda kirimkan pada tanggal 1 Maret 2019 no 444/ PSNBRG /2019. Maka kami mengirimkan barang sesuai dengan permintaan anda yaitu produk fashion batik untuk pria dan wanita dengan rincian ada pada nota (terlampir).

Pengiriman barang kami menggunakan cargo sesuai dengan permintaan anda pada surat pemesanan barang yaitu PT Cepat Express. Setelah barang pesanan sampai di tangan anda kami harapkan pembayaran pertama segera dilakukan ke rekening Mandiri kami no 142xxxxxxxxxx.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Manager Penjualan PT Maju Terus

(Almaira T, SE, ME)

8. Surat Lamaran Semi Block Style

Surat lamaran pekerjaan ditujukan kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Bentuk semi block style biasanya digunakan untuk perusahaan swasta. Berikut ini contoh surat semi block style untuk lamaran pekerjaan:

Kepada Yth,                                                                                                                        Surabaya, 26 Maret 2019Direktur Personalia PT Maju TerusJl. Sukses No 1Surabaya

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan lowongan kerja yang dimuat oleh harian “SURABAYA POST” pada tanggal 20 Maret 2019 tentang dibutuhkannya Staff HRD yang bapak ibu pimpin. Oleh karena itu, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut dengan kualifikasi yang sesuai dengan lowongan yang ada. Berikut ini identitas diri saya

Nama                                    : Almaira T, SH

Tempat, tanggal lahir      : Surabaya, 26 Maret 1995

Alamat                                  : Jl. Cinta Sejati No 2, Kecamatan Sawahan, Surabaya

No Hp                                   : 0812334567

Pendidikan terakhir         : S1 Hukum Universitas Airlangga Surabaya

Demikian data diri singkat saya, dengan ini saya lampirkan data pendukung sebagai bahan pertimbangan.  Besar harapan saya untuk dapat diterima, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

(Almaira T, SH)

Demikianlah berbagai contoh surat semi block style yang bisa digunakan sebagai referensi saat ingin menulis surat block style di rumah. Jika mengetahui referensi contoh penulisan surat maka akan mempermudah penulisan surat resmi yang akan dibuat. Dengan struktur dan bagian yang jelas maka surat resmi akan mudah diterima dan dimengerti oleh instansi atau orang lain sebagai penerima surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *