5 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Terlengkap dan Cara Penulisannya!

By | 14 April 2019

Untuk menjadi seorang guru banyak cara yang dapat dilakukan, selain anda mengikuti seleksi CPNS anda pun bisa mengajukan diri sebagai seorang guru honorer. Ketika melamar pekerjaan menjadi seorang guru, kita diharuskan untuk melewati seleksi penerimaan guru dahulu.

Hal pertama yang harus disiapkan yaitu membuat surat lamaran pekerjaan. Banyak contoh membuat surat lamaran pekerjaan sebagai guru. Tentunya akan memudahkan calon guru untuk mengabdi dan mencerdaskan anak bangsa.

Surat lamaran kerja guru adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan pada sebuah instansi atau lembaga sebagai pengajar maupun pendidik. Jika dibandingkan dengan surat lamaran kerja lainnya mungkin banyak pilihan posisi atau jabatan. Maka lamaran kerja guru sudah jelas kalau pekerjaan yang dilamar tersebut adalah sebagai guru.

Surat-Lamaran-Kerja-Guru

Menulis contoh surat lamaran kerja guru tidak jauh berbeda dengan menulis surat lamaran lainnya. Hanya saja di sini telah jelas posisi yang dilamarnya, yaitu tenaga pengajar atau pendidik. Pada penulisan lamaran, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya penggunaan bahasa dengan sopan dan berdasarkan ejaan yang disempurnakan.

Baca juga: Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan dan Surat Lamarannya yang Baik dan Benar

Contoh surat lamaran kerja guru yang akan dibagikan di bawah ini bisa anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan. Dapat digunakan untuk melamar untuk posisi guru yaitu guru Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Guru Bimbel dan Guru Les Privat.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Guru

Selain CV dan portofolio, tentunya terdapat beberapa lampiran pada saat ingin melamar pekerjaan. Salah satu hal yang paling penting yaitu membuat surat lamaran kerja, ini berlaku pada proses melamar kerja, baik secara langsung atau pun online.

Sebaiknya anda membuat surat secara serius dan tidak asal-asalan. Harus anda ingat bahwasanya surat adalah salah satu tips perekrut dalam menilai diri si pelamar.

Di bawah ini terdapat langkah atau tips membuat lamaran kerja guru yang efektif agar mudah diterima oleh perusahaan dan kami sertakan pula contoh surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar.

1. Mempelajari Sistematika Surat Lamaran Kerja

Sesudah mendapatkan informasi loker yang sesuai, kemudian siap untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Terlebih dahulu anda harus mengetahui sistematika surat lamaran pekerjaan apa yang terdapat pada surat kabar, yaitu :

  • Tempat dan tanggal membuat surat
  • Perihal dan lampiran
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat

2. Tampilan surat lamaran pekerjaan

Ketika melanjutkan poin diharuskan untuk memperhatikan secara detail tampilan surat lamaran pekerjaannya yaitu berupa panjang, margin halaman dan font.

3. Ketikan surat lamaran pekerjaan

Sesudah mengetahui kelengkapan yang harus dibuat pada surat lamaran pekerjaan. Dimulai dari awal sampai penutup, apabila bingung  dapat mencari referensi dengan cara online. Memilih kalimat referensi berdasarkan kebutuhan anda dan industry perusahaan yang akan dituju.

4. Membaca ulang serta edit kesalahan penulisan

Biasakan membaca lagi surat yang telah dibuat sebelum cetak atau mengirimnya. Pastikan tidak terdapat kesalahan tulisan nama, alamat maupun kontak informasi.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat

Terdapat hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum membuat surat lamaran pekerjaan dengan cara yang baik dan benar ketika meneliti hasil membuat surat. Hal-hal tersebut diantaranya yaitu :

1. Harus impresif

Surat lamaran diharuskan memunculkan kesan simpatik, pada intinya meguraikan jati diri dengan menarik.

2. Harus menarik minat calon atasan

Buat surat lamaran pada saat orang-orang mulai membacanya langsung tertarik, ingin mengetahui secara detail, bagaimana kriteria pelamar, ingat kesan pertama tentunya begitu penting.

3. Sebutkan kualifikasi yang didapat

Prestasi pendidikan serta pengalaman pekerjaan diharuskan untuk anda sebutkan, agar menunjukkan bahwa anda mempunyai prestasi serta pengalaman yang harus dipertimbangkan.

4. Bahasa enak dibaca, padat dan ringkas

Gunakan bahasa sederhana serta ringkas, gunakanlah penjelasan secara singkat serta efektif. Dan mudah dipahami.

5. Perhatikan kalimat

Pembuatan surat lamaran pekerjaan tidak boleh menggunakan kalimat tidak efektif, kalimat diulang-ulang tanpa alasan, ejaan salah, atau penggunaan tata bahasa buruk.

6. Tujuan serta alasan melamar

Dalam surat lamaran pekerjaan cantumkan tujuan serta alasan melamar pada perusahaan.

7. Kerapihan surat lamaran

Agar lamaran mudah dibaca, jangan sampai menulis menggunakan tinta tipis serta hindarilah penggunaan tip-ex, gunakanlah kertas bagus, bersih, tidak mudah koyak dan tidak kusut.

Surat Lamaran Kerja  Guru Matematika

Apabila anda adalah salah satu tenaga pendidik namun belum memiliki pekerjaan, tidak ada salahnya apabila anda mendaftarkan diri anda ke sekolah atau lembaga yang membutuhkan pendidik.

Sebelum mendaftar terhadap lembaga yang membutuhkan sebaiknya anda memperhatikan hal-hal penting yang harus anda ketahui. Salah satunya menulis surat lamaran kerja, khususnya bagi guru matematika, dibawah ini dapat anda simak Contoh surat lamaran kerja guru di bidang matematika.

Banten, 20 Oktober 2015

Kepada Yth:

Kepala Sekolah SDN Banten 2

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang didapatkan dari internet bahwa Sekolah SDN 2 Banten membutuhkan tenaga kerja sebagai Guru Matematika.

Nama                                      : Anggi Oktaviani

Alamat                                    : Jl Warga No. 435 Banten

Tempat & Tanggal Lahir         : Banten, 2 Agustus 1996

Pendidikan                              : S1 Pendidikan Matematika

Nomor telepon                        : 082315768892

Mengajukan lamaran kerja di Sekolah Dasar Negeri Banten 2 yang Bapak/Ibu pimpin. Bersama ini dilampirkan:

  1. CV
  2. Copy Ijazah Terakhir
  3. Copy Transkip Nilai
  4. Copy SKCK
  5. Copy KTP
  6. Copy Sertifikat
  7. Surat Pengalaman Kerja
  8. Photo terbaru ukuran 4×6 2 lembar

Demikian surat lamaran pekerjaan saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Anggi Oktaviani

Surat Lamaran Kerja  Guru Matematika

Surat Lamaran Kerja  Guru Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja sebagai guru diperlukan untuk melamar ke lembaga pendidikan, sekolah, perguruan tinggi hingga Bimbel atau Kursus. Agar tidak kesulitan, langsung saja berikut ini contoh surat lamaran kerja guru bahasa inggris. Semoga contoh surat yang satu ini bermanfaat.

Lampung, 20 Juli 2015Kepada Yth.

Ibu Indri Nur

General English Course

Jl. Bangsa Turna, No 134

Lampung

Dengan hormat,

Setelah mengetahui dari surat kabar tanggal 19 Juli 2015 bahwa English Course, merupakan salah satu Course yang terbaik di kota ini membutuhkan guru Bahasa Inggris. Dengan ini mengajukan  diri untuk mengisi posisi sebagai guru tersebut.

Nama saya Aria Sumba. Saya memiliki umur 22 tahun. Saya mahasiswa semester lima sedang belajar di Universitas Lampung, jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Saya seorang yang memiliki tanggung jawab, memiliki motivasi serta disiplin yang tinggi. Selain mempunyai kemampuan yang baik dalam berbahasa inggris, oral maupun tulisan, saya mampu mengoperasikan computer. Selain itu saya memiliki pengalaman mengajar private bahasa inggris selama dua tahun.

Berdasarkan kualifikasi yang dimiliki, saya yakin mampu memberi kontribusi besar untuk salah satu tempat belajar bahasa di negeri ini. Sebagai bahan pertimbangannya, saya lampirkan berikut ini:

  1.    Copy transkip nilai
  2.    Copy KTP
  3.    Copy KTM
  4.    Curiculum vitae
  5.    Foto 3×4 3 lembar

Saya berharap bisa diberikan kesempatan untuk wawancara pada waktu yang sudah Bapak/Ibu tentukan.

Atas kebijaksanaan dan perhatian saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

 

Aria Sumba

Surat Lamaran Kerja  Guru Bahasa Inggris

Surat Lamaran Kerja  Guru Bahasa Indonesia

Sekarang akan membahas contoh surat lamaran kerja guru di Sekolah Dasar, SMP, SMA atau contoh surat lamaran Guru Honorer, dan lain-lain.

Pada dasarnya semua surat lamaran pekerjaan mempunyai format serta konsep sama, yaitu menyampaikan tujuan dan maksud melamar pekerjaan terhadap instansi yang anda tuju. Sedangkan perbedaannya ada pada posisi yang akan dilamar maupun jenis pekerjaannya.

Surat lamaran pekerjaan tersebut menjadi salah satu hal paling penting sebagai mengawali karir anda. Meski bukan satu-satunya dijadikan penentu diterima maupun tidaknya lamaran. Tetapi dari surat tersebut kepala sekolah maupun pimpinan mengawali penilaian terhadap calon pegawainya.

Surat lamaran pekerjaan yang baik memberikan dampak positif pada penilaian pimpinan. Begitupun sebaliknya, surat lamaran yang terkesan asal-asalan akan memberi pengaruh kurang baik pada penilaian pelamar. Maka sepatutnya benar-benar memperhatikan surat lamaran pekerjaan yang akan dikirimkan.

Sumedang, 25 April 2016Kepada Yth.

Pimpinan Yayasan Ibnu Tsabil Jakarta

Jakarta

Dengan hormat,

Sehubung informasi pekerjaan yang saya dapatkan dari Media Koran Kompas tanggal 24 April 2016 bahwa Yayasan Ibnu Tsabil Jakarta membutuhkan tenaga pengajar Bahasa Indonesia SMA.

Bersama ini data pribadi saya:

Nama              : Yudha Abadi

Alamat             : Jl Yos No 223 Cilegon, Sumedang

TTL                 : Sumedang, 18 November 1997

Pendidikan      : S.1 Ilmu Komunikasi

Nomor hp        : 081321445231

Mengajukan sebuah lamaran kerja di yayasan Ibnu Tsabil Jakarta, dengan ini saya lampirkan :

  1.    Curiculum Vitae
  2.    Copy Ijazah Terakhir
  3.    Copy Transkip Nilai
  4.    Copy SKCK
  5.    Copy KTP
  6.    Copy Kartu Keluarga
  7.    Surat Pengalaman Kerja
  8.    Foto Terbaru 4×6 4 lembar

Demikian surat lamaran kerja saya ajukan. Harapan besar saya, bisa diterima sebagai guru Bahasa Indonesia SMA pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

 

Yudha Abadi

Surat Lamaran Kerja  Guru Bahasa Indonesia

Surat Lamaran Kerja  Guru Bahasa Indonesia

Surat Lamaran Kerja Guru di Bimbel

Pembuatan contoh surat lamaran kerja guru bimbel sangat mudah, namun jika dibandingkan dengan surat pernyataan perceraian dari pengadilan tentunya jauh berbeda. Lamaran kerja sebagai guru dibutuhkan sekali untuk seseorang yang memiliki keinginan bekerja di bidang pendidikan.

Menjadi guru di Bimbel bisa dijadikan sampingan untuk tambahan biaya hidup. Pekerjaan guru bimbel tersebut banyak peminatnya, terutama bagi orang tua yang ingin anaknya mengerti pelajaran yang diajarkan di sekolahnya.

Guru Bimbel merupakan pekerjaan tidak mudah karena harus memberi materi-materi berdasarkan pelajaran yang akan diperdalam oleh siswa tersebut. Adanya guru Bimbel ini memudahkan siswa untuk mendalami pelajaran namun menggunakan metode belajar lebih santai tentunya tidak seperti di sekolah umumnya.

Surat lamaran pekerjaan tutor, guru, bimbingan belajar, LBB Primagama Surabaya dan lain-lain. Akan disajikan contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan sebagai pengajar di Bimbel.

Malang, 25 Juli 2017Perihal : Lamaran Kerja Bimbel

Kepada Yth,

Pimpinan LBB Primagama Surabaya

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini :

Nama                                     : Tama Yuwino

Tempat tanggal lahir               : Surabaya, 22 Maret 1995

Alamat                                    :Jl. Mojo No 245, Surabaya

Nomor hp                                : 0853132144467

Pendidikan                              : S1. Matematika

Dengan ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tutor Matematika di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Surabaya, sebagai pertimbangan saya lampirkan berikut ini :

  1.    Daftar Riwayat Hidup
  2.    Copy ijazah terakhir
  3.    Copy transkrip terakhir
  4.    Copy KTP
  5.    Copy Sertifikat
  6.    Foto warna terbaru 4×6 3 lembar

Demikian surat lamaran saya ajukan, besar harapan supaya bisa diterima di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Surabaya. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

 

Tama Yuwino

Surat Lamaran Kerja Guru di Bimbel

Surat Lamaran Kerja  Guru Les Privat

Bimbingan belajar maupun Bimbel terlihat popular sekali di Negara Indonesia. Terbukti sekarang ini banyak ratusan lembaga Bimbel di Indonesia, terutama di kota besar seperti, Jogja, Jakarta, Surabaya, dan kota-kota lainnya.

Hal tersebut memiliki dampak positif karena selain mencerdaskan anak angsa, dengan adanya Bimbel ini bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Berdasarkan yang telah diketahui, lembaga Bimbel ini menyerap tenaga kerja cukup lumayan jumlahnya.

Ketika musim Olimpiade tidak sedikit orang tua atau guru mengundang guru les privat untuk membantu anak didiknya mempelajari mata pelajaran berdasarkan keahliannya. Sehingga bisa membantu siswa dalam proses pembelajaran.

Berikut contoh surat lamaran kerja guru Les Privat yang bisa dijadikan sebagai referensi ketika melamar ke tempat Les.

Kepada Yth,Bimbingan Belajar EFATNA

Jl. Kemasan Utara No 223, Karangnar

Brebes

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini, :

Nama              : Ishma Harum

TTL                 : Brebes, 2 Oktober 1994

Alamat             : Jl. Batang No. 24 Brebes

Nomor Hp       : 085678234556

Status              : Mahasiswa

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran untuk bekerja di perusahaan bapak/Ibu sebagai pengajar Private.

Sekarang ini saya sebagai seorang mahasiswa yang aktif di Fakultas Peternakan Universitas Brebes dan mempunyai sedikit pengalaman sebagai pengajar les pada salah satu Perusahaan terkemuka di Brebes.

Sebagai bahan pertimbangan, dibawah ini saya lampirkan:

  1.    CV
  2.    Copy KTP, SIM dan Kartu Mahasiswa
  3.    Copy KHS
  4.    Photo ukuran 3×4 2 lembar

Dengan surat lamaran pekerjaan ini, saya menyatakan siap memberikan waktu dan tenaga saya. Besar harapan saya untuk bisa mengikuti tes seleksi dan wawancara.

Demikian surat permohonan saya sampaikan, atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

 

Ishma Harum

Surat Lamaran Kerja  Guru Les Privat

Jangan Patah Semangat Untuk Memiliki Pekerjaan Lebih Baik

Memiliki pekerjaan merupakan anugerah untuk setiap orang. Tetapi sulit mencari pekerjaan seringkali menjadi salah satu momok menakutkan untuk banyak orang. Meskipun mempunyai pendidikan lumayan, tetapi belum dapat dijadikan jaminan jika seseorang tersebut mendapat pekerjaan dengan mudah.

Banyak usaha yang harus dilakukan untuk mendapat pekerjaan. Dimulai dari mencari lowongan pekerjaan yang ada hingga proses menulis surat lamaran pekerjaan hingga mengantarkannya. Begitupun dengan orang-orang yang ingin menjadi guru, harus membuat surat lamaran pekerjaan dahulu.

Diusahakan bagi setiap pelamar untuk memahami hal-hal yang harus diperhatikan ketika menulis surat lamaran berdasarkan posisi yang anda inginkan. Anda pun harus menghindari berbagai kesalahan fatal yang dapat menyebabkan tidak diterimanya maksud dan tujuan anda.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Umum dan Cara Menulisnya

Demikian contoh surat lamaran kerja guru dengan baik dan benar yang bisa kami share kesempatan kali ini. Mudah-mudahan contoh lamaran tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu referensi untuk anda khususnya yang sedang mencari contoh penulisan surat lamaran guru Bimbel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *