10 Contoh Surat Pribadi Terlengkap Untuk Tugas Sekolah

By | 1 Juni 2019

Contoh surat pribadi di bawah ini adalah panduan untuk anda yang ingin membuat surat pribadi kepada seseorang ataupun bagi anda yang sedang mencari contoh surat untuk menyelesaikan tugas menulis seperti dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Meski surat adalah salah satu cara komunikasi yang mulai ditinggalkan orang pada masa kini, namun surat masih digunakan untuk mereka yang ingin menumpahkan curahan hati kepada seseorang baik sahabat, orang tua, guru maupun kerabat jauh.

Bagaimana menulis surat pribadi yang baik? Apa saja yang harus diperhatikan? Tentunya anda harus membaca bagian pengertian, ciri – ciri, sistematika dan tujuan surat pembuatan surat pribadi tersebut. Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Surat Pribadi

Cara Menulis Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang bersifat non resmi atau non formal yang ditulis seseorang kepada seorang sahabatnya, orang tua, guru, kerabat jauh dan lainnya yang isinya mengungkapkan curahan hatinya tentang keadaannya termasuk menanyakan kabar dan keadaan si penerima.

Baca juga: 22 Contoh Undangan Pernikahan Yang Baik Dan Selalu Menjadi Pilihan

Surat pribadi ini biasanya bersifat bebas atau bisa disebut tidak ada aturan yang mengikat terhadap cara penulisannya. Meski demikian bahasa yang digunakan disarankan bersifat komunikatif atau mudah dibaca oleh penerimanya.

Anda bisa menemukan ciri – ciri surat pribadi yang baik seperti penjelasan di bawah ini.

Ciri – Ciri Surat Pribadi

Umumnya surat pribadi memiliki karakteristik atau ciri – ciri sebagai berikut :

  1. Mengandung kata sapaan pada bagian awal paragraf. Kata sapaan ini bisa bersifat umum ataupun bersifat pribadi tergantung cara penulisnya menyapa si penerima surat.
  2. Surat pribadi bersifat tidak resmi atau non formal.
  3. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari – hari, tidak harus baku, dan disesuaikan dengan bahasa yang digunakan si penerima.
  4. Surat pribadi tidak terbatas pada jenis bahasa yang digunakan. Jika pada surat resmi harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik, maka surat pribadi menyesuaikan bahasa antara si penulis dan penerima. Contohnya dalam bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan lainnya.
  5. Surat pribadi tidak menggunakan kop surat atau boleh tidak menyertakan alamat  penerima di dalam surat.
  6. Surat pribadi biasanya ditulis karena kebutuhan komunikasi antara si penulis dan si penerima.

Sedangkan untuk format penulisannya, tidak ada aturan yang mengikat pada penulisan surat pribadi ini, namun anda bisa mengetahui sistematika penulisannya berikut ini :

Sistematika Surat Pribadi

Sistematika penulisan surat pribadi terdiri dari unsur – unsur berikut ini :

1. Tempat, tanggal, bulan dan tahun penulisan surat

Ditulis secara bebas baik di sebelah kiri maupun sebelah kanan. Jika penulisannya dalam bahasa Inggris maka sistematika penulisan tanggalnya mengikuti aturan bahasa Inggris.

2. Nama penerima

Dalam hal ini bisa menyebutkan nama langsung atau menyebut kata sandangnya, contohnya seperti : Kepada bunda tercinta, kepada guru tersayang, dan lain – lain.

3. Kata sapaan pembuka

Jika pada surat resmi ditulis ‘dengan hormat’, maka pada surat pribadi bisa menggunakan salam dalam bahasa arab seperti ‘assalamualaikum’, salam hangat, atau ‘hai’ dan ‘hello.’

4. Paragraf pembuka

Isi pada paragraf pembuka ini bisa berupa pertanyaan yang menanyakan kabar dan kondisi si penerima saat ini.

5. Paragraf isi

Sedangkan pada paragraf isi adalah berisi curahan hati atau ungkapan yang ingin disampaikan pada penerima. Pada paragraf isi ini tidak terbatas pada jumlah paragraf, bisa satu, dua atau lebih.

6. Paragraf penutup

Paragraf penutup berisi harapan dan doa si penerima baik itu harapan mendapatkan surat balasan atau doa lainnya. Selanjutnya diiringi salam penutup

7. Salam penutup

Salam penutup ditulis pada paragraf penutup, atau diluar paragraf.

8. Nama pengirim

Nama pengirim disertakan setelah salam penutup.

Untuk mengetahui tujuan surat pembuatan surat pribadi, berikut penjelasannya di bawah ini.

Tujuan Surat Pribadi

Tujuan Menulis Surat Pribadi

Surat pribadi ini ditulis karena jarak antara penulis dan penerima berjauhan atau berlainan tempat. Hal ini memungkinkan antara keduanya tidak intens bertemu sehingga membutuhkan surat untuk berkomunikasi diantara keduanya.

Tujuan surat pribadi umumnya ditulis untuk menanyakan kabar dan kondisi si penerima karena telah lama tidak bertemu. Dan isi suratnya biasanya berisi curahan hati si pengirim mengenai kondisinya saat ini serta pada akhir surat, biasanya pengirim mengharapkan balasan dari si penerima.

Untuk mengetahui contoh surat pribadi yang baik, berikut ini contoh lengkap berbagai jenis surat pribadi yang bisa anda pahami :

Contoh Surat Pribadi Singkat

Contoh Surat Pribadi Singkat

Isi panjang pendek surat pribadi umumnya bersifat bebas. Anda bisa membuatnya satu lembar halaman atau beberapa lembar halaman. Namun jika anda ingin mengirim surat pribadi yang singkat kepada teman sejawat, atau keluarga anda, anda bisa menggunakan contoh yang satu ini:

Jakarta, 10 Mei 2018

Kepada Sahabat baikku,

Karina

Di tempat

Assalamualaikum

Hai Karin! Apa kabar? Gimana dengan Yogyakarta tercintaku sekarang? Apa yang lagi ramai disana? Aku cuma mau ngasih kabar, bulan depan saat libur semester datang, aku bakal ke Yogyakarta  mengunjungi nenek, sekaligus liburan disana. Sekalian kita bertemu disana ya. Aku kangen juga sama teman – teman.

Aku meminta saranmu mengenai tempat liburan mana yang cocok untuk kita berlibur? Kutunggu balasanmu secepatnya ya. Sekian dulu dariku, sampai ketemu bulan depan.

Sahabat baikmu,

 

Terry

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Surat pribadi juga tidak heran bisa ditujukan kepada siapa saja, termasuk kepada guru. . Tentunya surat ini dibuat karena jarak antara penulis dan penerima tersebut berjauhan, sehingga berkirim surat adalah salah satu jalan untuk berkomunikasi.

Mengenai isi suratnya bisa berisi ungkapan menyampaikan rasa terima kasih, rasa kangen, ingin tahu kabar dan lainnya. Berikut contoh suratnya yang baik :

Melbourne, 13 Juni 2018

Kepada

Ibu Guru tercinta, Bu Dinda

Di tempat

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar Bu Dinda? Semoga sehat sejahtera selalu. Saya juga alhamdulilah sehat. Bagaimana dengan teman – teman sekelas? Semoga ibu tidak kesulitan menghadapi mereka ya bu!

Saya mengirim surat kepada ibu karena selain kangen dengan ibu Dinda yang selalu membimbing saya saat di sekolah dulu juga sekaligus ingin menceritakan keadaan sekolah baru saya di Melbourne, Australia.

Sejak saya pindah kesini dan bersekolah disini, kehidupan saya berubah. Saya harus beradaptasi dengan budaya dan aturan yang ada disini. Namun alhamdulilah saya tidak begitu kesulitan menghadapinya. Malah saya senang bisa belajar budaya baru sekaligus berteman dengan mereka yang budayanya sangat beda dengan kita di Indonesia.

Saya disini juga bersyukur tidak mengalami kendala komunikasi bahasa, semua berkat bimbingan Bahasa Inggris yang ibu ajarkan. O iya, saya disini juga sudah mempunyai sahabat yang baik hati yang mau menolong saya beradaptasi dengan budaya disini, namanya Karen. Orangnya supel, pintar dan baik hati.

Mengenai sekolahku disini, banyak mata pelajaran baru yang harus kupelajari. Tapi untungnya, banyak yang mau membantuku disini. Pada awalnya memang sulit, namun lama – kelamaan saya bisa mengikutinya cukup baik.

Saya juga kangen dengan makan nasi lho bu. Disini sulit sekali mendapatkan nasi. Namun saya menemukan makanan favorit baru, yaitu Chicken Parmigiana yang terbuat dari ayam dengan roti di panggang dengan saus tomat dan keju meleleh di atasnya. Ada juga beetroot yang seperti burger, namun lebih lezat dan sausnya lebih juicy. Ibu harus mencobanya kalau sempat kesini.

Selain makanan, banyak tempat – tempat baru yang indah disini yang mengasyikan untuk dijelajahi. Nanti kalau ada kesempatan, saya ingin mengajak ibu kesini. Semoga terwujud ya! Banyak sekali yang ingin saya ceritakan, namun selembar surat nampaknya takkan cukup.

Saya ingin mendengar keadaan bu Dinda saat ini berikut teman – teman sekelas. Saya dengan senang hati akan menunggu balasan dari ibu. Semoga nanti balasan surat dari ibu akan mengobati kangen saya pada teman – teman. Sekian dulu dari saya, salam hangat dari saya,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Muridmu,

 

Berlina

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Surat pribadi sering kita jumpai ditujukan kepada sahabat, baik itu sahabat pena maupun sahabat yang berjauhan lokasi.

Mengirim surat saat berjauhan adalah salah satu cara berkomunikasi untuk mengetahui kabar dan keadaan seseorang, dalam hal ini sahabat. Bagaimana cara mengirim surat kepada sahabat? Berikut contoh suratnya :

Semarang, 20 Februari 2018Teruntuk Sahabat Baikku

Vina

Di tempat

 

Assalamualaikum waruhmatullohi wabarokatuh

Apa kabar Vin? Semoga sehat dan bahagia selalu. Aku bersama teman – teman sekelas juga sehat. Gimana sekolahmu yang baru? Sudahkah kamu punya teman banyak di sekolah barumu? Semoga kamu punya sahabat baru ya!

Disini aku mewakili teman – teman sekelas untuk menulis surat padamu, ingin mengetahui kabarmu disana. Sejak kepindahanmu ke kota Banjarmasin, teman – teman sekelas disini kadang suka kangen lho sama kamu. Kangen keisenganmu dan kejailanmu.

Suasana kelas serasa ada yang kurang tanpa kehadiranmu. Setelah satu bulan kepindahanmu, ada juga murid baru yang pindah, namanya ilham. Orangnya ganteng dan pintar. Pasti kamu penasaran. Karena sebentar lagi ujian, teman sekelas disini juga sekarang mulai pada rajin belajar menghadapi ujian nasional 2 bulan lagi.

Bagaimana dengan persiapan ujianmu? Kamu rencananya akan memilih SMA mana vin? Beri kabar secepatnya ya. Supaya aku dan teman – teman tahu kabarmu dan sekolah barumu disana. Sekian dulu dariku, kutunggu balasan suratmu selanjutnya. Sampai jumpa.

Sahabatmu,

 

Marina

Contoh Surat Pribadi Pendek

Contoh Surat Pribadi Pendek

Seperti yang telah disebutkan, surat pribadi juga tidak melulu harus berisi panjang, jika anda ingin mengirimkan surat pribadi yang pendek kepada seseorang, maka hal yang perlu ditulis adalah isi pokok permasalahan yang ingin anda informasikan kepada orang yang dituju. Berikut contoh suratnya :

Bandung, 12 Januari 2018Kepada

Sahabatku, Tiara

Di tempat

 

Hai Tiara!

Bagaimana kabarmu dan sekolahmu? Semoga masih semangat belajar di semester baru ini. Di sekolahku ini akan ada kegiatan lomba pentas seni yang diselenggarakan bulan depan. Aku merasa bersemangat dan antusias sekali.

Aku yakin kamu bakalan suka. Seingatku, kamu pun tertarik sekali dengan kesenian. Bagaimana kalau kamu memberi saran mengenai acara lomba pentas seni yang akan diadakan di sekolahku. Aku dengan senang hati mendengar saranmu.

Ceritakan juga dengan sekolahmu. Apa kegiatan yang sedang sekolahmu persiapkan? Bagaimana dengan hobimu sekarang? Apakah kamu masih senang menari? Ceritakan semuanya melalui surat balasan ya. Sekian dulu dariku, kutunggu ceritamu. Salam hangat dariku.

Sahabatmu,

 

Kinanti

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Saat anda berjauhan dengan orang tua, tentunya untuk berkomunikasi dengan mereka adalah bisa dengan cara berkirim surat. Terutama jika orang tua tidak memiliki sarana gadget yang memungkinkannya untuk berkomunikasi dengan anda.

Cara berkirim surat pribadi kepada orang tua umumnya tidak jauh beda, namun harus menggunakan bahasa yang lebih sopan dan halus. Berikut contoh suratnya :

Kairo, 23 Maret 2018

Kepada

Bunda di rumah

Di rumah

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar bunda? Kabarku disini alhamdulilah sehat.  Semoga bunda selalu diberi kesehatan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Bagaimana juga kabar adik – adik? Semoga juga sehat selalu.

Melalui surat ini aku hanya mengabarkan bahwa aku sudah bisa menyesuaikan diri dengan sekolahku di Kairo. Banyak juga teman – teman dari Indonesia yang bersekolah disini, jadi bunda tidak perlu khawatir.

Aku juga tinggal di rumah sewa dengan orang Indonesia yang berasal dari Solo. Orangnya pengertian, rajin dan pinter. Di rumah sewa ini juga ada banyak teman seperjuangan dari Indonesia lainnya. Mengenai rumah sewanya, bunda pasti betah karena tempatnya bersih, luas dan ada jendela yang menghadap ke pemandangan kota Kairo yang indah.

Hal yang paling kukangenin saat ini adalah masakan bunda. Walau disini banyak sekali makanan baru yang tak kalah lezat, tapi aku masih terbayang – bayang soto favoritku yang dibuat bunda. Semoga  nanti aku bisa pulang secepatnya saat liburan nanti.

Doakan supaya aku bisa belajar dengan baik disini, berprestasi dan bisa membanggakan bunda. Sekian dulu surat dariku, kutunggu balasan surat dari bunda. Salam kangen dari anakmu.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ananda

 

Prasetyo

Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Disbanding dengan Indonesia yang telah lama meninggalkan surat menyurat dalam urusan komunikasi, di luar negeri masih umum orang melakukan komunikasi dengan surat.

Entah itu untuk berkirim sapa kepada kerabat jauh atau sahabat pena, surat masih dianggap penting sebagai alat komunikasi bagi mereka.

Cara mengirim surat dalam bahasa Inggris tentunya harus memperhatikan tata bahasa dan cara penulisannya yang baik yang menyesuaikan dengan penulisan surat sesuai standar umum internasional. Berikut contoh suratnya :

Bandung, October 12th , 2018To my beloved best friend, Kean

In London

Dear Kean,

Hi there! How are you? I hope you always have great time every day. It’s been a while since we met last year in London. I and my family here already miss you a lot.

How is London? I expect to see that beautiful city in very soon. Winter is coming and I really want to see snow falling in the town. By the way, because winter is coming, don’t forget to wear warm outfits, stock food and don’t get sick.

I also want to hear about your college now, tell me about your study. You know, my father will send me to the college that you are studying right now. I take psychology there. It’s cool isn’t it? We could meet, study and have fun again such the last time.

I will be starting my study in January 2019. I can’t wait to study there and to see you too. I’m very excited.

That’s all for now. Don’t forget to tell me everything about you, London and the college. I am waiting your reply. See you soon and good luck.

With Love,

 

Mahesa

Contoh surat yang kedua:

London, December 12th , 2018

Dear Mahesa,

Thank you very much for sending me a letter. I’m happy to hear from you after a year. And I’m very glad to know that you are going to study in London with me. It’s great.

I send you couple of photographs about my journey and trip in London. Hope you will be happy to see them. The winter is great this year, it’s little bit warmer than last year. Everyone here love to shop everything in town for Christmas.

I had busy time for my college. I had lot of homework and project for my college last time, but I’m grateful I could finish it very well. Now, I’m enjoying my holiday. I wish you were here with me spending holiday, we can hang out and do shopping.

But since you said that you would be coming this January, so it’s fine. I can’t wait to see you. Just tell me when you come here, or you can send me an email.

Ok maybe that’s all. I look forward to seeing your news soon. See you soon in college.

Your best friend,

 

Kean

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu

Ketika menulis surat pribadi kepada orang tua, mungkin anda akan lebih memilih ibu untuk dikirimi surat. Karena beliaulah yang mungkin paling sering menanyakan kabar anda dan ingin tahu keadaan anda saat sedang berjauhan.

Ketika berkomunikasi dengan beliau, pastikan menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Berikut contoh suratnya :

Yogyakarta, 13 Mei 2018

Kepada Ibu tercinta

Di rumah

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar bu? Semoga ibu dan sekeluarga sehat dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Aku menulis surat karena kangen pada ibu dan sekeluarga.

Bagaimana dengan sekolah adik – adik? Sebentar lagi Ika akan masuk SMA, sampaikan pesanku untuk rajin belajar dan jangan lupa sholat tahajud dan minta pada Allah untuk dilancarkan ujian nasional dan lulus dengan nilai yang baik supaya nanti masuk SMA favorit seperti yang Ika inginkan.

Bagaimana dengan Icha? Apakah ia masih sering manja pada ibu? Salam kangen buat Icha. Maaf kakak belum bisa membelikan hadiah seperti yang Icha minta, tapi saat pulang nanti kakak janji membawakan oleh – oleh yang Icha suka.

Bagaimana dengan pekerjaan menjahit ibu? Apakah masih ramai pesanan? Mudah – mudahan ibu selalu dilancarkan rezekinya dan selalu memberikan kesehatan pada ibu yang bekerja memenuhi kebutuhan keluarga.

O ya, aku sekarang sudah mendapatkan pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu kuliah. Aku mengajar di TK, dan berjualan online. Mudah – mudahan hasilnya cukup membantu biaya kuliah aku sendiri ya bu. Jadi tidak selalu mengandalkan jerih payah ibu lagi.

Aku harap ibu selalu mendoakanku yang terbaik. Nanti ketika liburan semester tiba, insyaallah kakak pulang. Salam kangen dari kakak pada sekeluarga, sampai ketemu di Bandung.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ananda

 

Firman

Contoh Surat Pribadi Bahasa Jawa

Contoh Surat Pribadi Bahasa Jawa

Berkirim surat dengan seseorang tidak membatasi jenis bahasa yang digunakan, seperti contoh surat dibawah ini yang menggunakan bahasa jawa. Isinya ditujukan kepada seorang sahabat yang sedang sakit di rumah. Berikut contoh suratnya :

Surabaya, 22 November 2018

Kanggo:

Teti Yanti

Jl. Jendral Mustofa No. 23

Surabaya

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hi Anita! Carane sampeyan Aku krungu sampeyan lara lan dianggep ing ngarep, apa sampeyan saiki, sampeyan wis apik?

Sampeyan wis lara rong minggu lan sampeyan ora lunga sekolah, atmosfep kelas iku tentrem tanpa sampeyan sing seneng nggawe tawa ing saindhenging kelas. Muga-muga awakmu bisa cepet lan bisa bali menyang sekolah kaya biasa.

Aku nggawa sampeyan parsel pangan. Pengen sampeyan seneng. Aku ndedonga, supaya kowe bisa urip kanthi tentrem banget. O ya, ora perlu wedi ngelingi pelajaran yen sampeyan bali menyang sekolah, Aku bakal utang sampeyan cathetan sandi mengko.

Dadi dhisik saka aku, aku arep krungu saka sampeyan. Yen sampeyan duwe wektu, wangsuli surat. Muga-muga bisa uga cepet.

 

Kanca paling apik,

 

 

Jihan

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Di bawah ini merupakan contoh surat pribadi yang dikirim seorang adik kepada kakaknya yang sedang belajar di luar negeri.

Berikirm surat seperti ini adalah salah satu contoh komunikasi yang baik karena dapat menyampaikan isi berita yang panjang tidak seperti hanya berkirim pesan singkat melalui aplikasi perpesanan. Berikut contoh suratnya :

Jakarta, 18 oktober 2018

Kepada

Kak Tio Sarjita

Di Melbourne

 

Assalamualaikum

Hai Kak, apa kabar? Semoga sehat selalu ya kak.  Aku, ibu dan ayah juga sehat disini. Kapan kakak pulang dari Melbourne? Sudah 1 tahun kakak belum pulang, Ibu dan ayah sudah kangen.

Bagaimana kuliah kakak? Kata ibu, jika ada apa – apa kabari ibu secepatnya. Semester ini kakak sibuk ya, jadi tak sempat membalas surat yang kemarin.

Aku sekarang baru naik kelas 3 SMA kak. Doakan aku supaya tahun ini aku lulus SMA dengan nilai yang terbaik. Aku berharap bisa seperti kakak, mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Cita – citaku ingin kuliah di Jerman. Doakan aku ya. O iya, kasih tahu juga bagaimana bisa lulus dengan nilai terbaik dan mendapatkan beasiswa ya kak?

Pesan dari ibu dan ayah, jika nanti waktu liburan tiba, kakak ditunggu pulang terutama lebaran tahun ini. Jangan sampai lupa ya kak! Sekian dulu dariku. Kutunggu balasan surat dari kakak. Sampai ketemu. Salam kangen dari keluarga.

Adikmu

 

Tia Triatna

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Sekelas

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Sekelas

Tidak dipungkiri, anda juga bisa mengirim surat kepada teman sekelas yang sedang sakit di rumah. Isi surat menyatakan untuk mendoakan si penerima supaya lekas sembuh dan dapat bersekolah lagi seperti sedia kala. Berikut contoh suratnya :

Bandung, 23 Januari 2018

Kepada

Anita

Di tempat

 

Hai Anita! Apa kabar? Kudengar kamu sakit dan sedang dirawat dirumah, bagaimana keadaanmu saat ini, sudah baikan?

Sudah dua minggu kamu sakit dan tidak masuk sekolah, suasana kelas sepi tanpa kehadiranmu yang suka membuat tawa seisi kelas. Aku harap kamu cepat sembuh dan bisa bersekolah lagi seperti sedia kala.

Aku bawakan bingkisan makanan buatmu. Semoga kamu menyukainya. Aku doakan kamu cepat sembuh dan ceria lagi. O iya, tidak perlu takut ketinggalan pelajaran jika masuk sekolah kembali, nanti aku pinjamkan catatanku.

Sekian dulu dariku, aku berharap mendengar kabar darimu. Kalau sempat, balas suratku ya. Semoga lekas sembuh.

Sahabatmu,

 

Kalia

Sejumlah referensi contoh surat  pribadi di atas bisa digunakan untuk contoh anda membuat surat pribadi di sekolah dalam pelajaran Bahasa Indonesia atau pelajaran surat menyurat. Anda juga bisa menggunakan contoh surat di atas untuk membuat surat kepada seseorang.

Baca juga: 13 Referensi Contoh Surat Izin Tidak Masuk Terbaru 2019

Hal yang harus diperhatikan adalah, bahasa dan format penulisannya. Jangan lupa untuk menuliskan tanggal dibuatnya surat, nama penerima, kata sapaan, isi, salam penutup dan paragraf penutup.

Author: Panduan Surat S

Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan konten yang bermanfaat. Jika anda tidak keberatan, bagikan tulisan ini ke teman, keluarga atau ke media sosial anda, agar manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *